Kebiasaan Mudah untuk Meningkatkan Nilai TOEFL dan IELTS Anda


TOEFL dan IELTS merupakan tes kelancaran berbahasa inggris untuk pembicara non-bahasa inggris. Tes-tes ini mengukur kemampuan anda dalam menggunakan dan mengerti bahasa inggris di level akademik. Mereka menilai seberapa baiknya anda menggabungkan keahlian pendengaran, pembacaan, pembicaraan dan penulisan dalam melakukan tugas-tugas akademik. Yang artinya pengertian dan kemudahan merupakan hal penting dari tes ini dibandingkan dengan pembelajaran hafalan. Bahkan, sering kali jawaban yang dibaca sebagai definisi kata-per-kata biasanya terlihat kaku.

(source: azimuthacademy.com)


Kunci untuk meningkatkan nilai anda pada tes bahasa inggris bukan dengan megetahui bagaimana cara menjawab soal-soal tersebut, tetapi dengan persiapan yang mantab dalam menghadapi berbagai macam soal yang akan anda dapat. Tes-tes ini mengukur kelancaran anda dalan berbahasa inggris bukan tingkat penguasaan anda. Anda tidak bisa diharapkan untuk menghafal setiap kata vocab di buku-buku persiapan, dan juga mengingat setiap peraturan grammar. Apa yang ada perlukan adalah untuk mengerti formasi kalimat dasar dan gaya bahasa.


Meskipun ini terlihat rumit dan membingungkan, anda hanya perlu melihat bahasa pertama anda untuk menyadari bahwa anda telah mempelajari bahasa tersebut tanpa memikirkannya. Kelancarannya datang dengan pengertian yang dalam tentang bagaimana cara bahasa itu bekerja dibandingkan pengertian struktur peraturan mereka. Cara untuk meningkatkan pengertian dan perintah bahasa tersebut adalah dengan mempraktekannya. Ada banyak cara untuk belajar dan mempraktekannya, seperti berbicara lebih sering dengan pembicara asli bahasa inggris, nonton acara TV atau film dalam bahasa inggris dan juga focus terhadap bagaimana kata-kata yang digunakan secara formal, dan favorit kami, baca lebih banyak buku.

Membaca buku bisa membantu anda dalam mengerti bahasa inggris lebih baik. Karena tertulis, anda dapat membacanya hingga berulang kali atau mencari tahu kata-kata yang tidak anda mengerti. Selain itu buku memiliki banyak jenis yang dapat disesuaikan dengan ketertarikan setiap orang. Anda bisa mendapatkan buku yang ditulis untuk pembicara asli bahasa inggris, atau memulai dengan level dasar. Walaupun anda membaca buku-buku fiksi, anda telah meningkatkan vocab anda. Buku-buku lebih murah dibandingkan dengan kelas-kelas khusus dan juga mereka juga menarik.


Jadi sekarang bagaimana cara anda memulai membaca? Jika anda merasa ini tidak sesederhana memilih buku apa saja dan membacanya, jangan khawatir. Anda tidak sendiri. Terkadang buku bisa terlihat sangat lama untuk diselesaikan, atau tidak begitu menarik. Beberapa buku bisa menjadi obat untuk orang yang menderita insomnia. Sedangkan yang lain, terkadang sulit untuk dimengerti. Ini semua merupakan keluhan biasa dari para mahasiswa. Membaca tentu memerlukan perhatian yang lama dan juga dedikasi. Jadi, bagaiman cara agar mahasiswa dapat memiliki kebiasaan membaca?

Cara termudah tentunya dengan memulai membaca dari kecil. Pikiran anak-anak masih sangat baru. Anak-anak sering memperhatikan dunia disekeliling mereka dan mengambil kebiasaan-kebiasaan yang sering kali tidak disadari orang tua mereka. Salah satu cara paling mudah bagi anak-anak untuk belajar adalah melalui observasi, anda bisa memulainya ketika mereka masih sangat muda. Contohnya, orang tua dapat membacakan cerita sebelum tidur, dan ketika anak-anak sudah tumbuh lebih besar, anda dapat menyuruh mereka mengikuti anda membaca. Anda juga dapat membawa anak-anak anda yang sudah tumbuh lebih dewasa ke perpustakaan, dan menentukan waktu membaca bersama-sama dan memberi mereka akses ke dunia baru yang berisi banyak cerita. Saat anda mendorong mereka untuk membaca bersama dengan anda, anda memperlihatkan mereka buku-buku yang tidak membosankan atau hanya untuk sekolah. Dengan menyediakan buku yang menarik untuk mereka, anda memberikan kebiasaan yang akan berlangsung seumur hidup yang akan bermanfaat bagi mereka.

Jika anda sedang membaca ini dan akan mengikuti tes bahasa inggris dalam beberapa waktu ini, jangan khawatir. Membaca tidak pernah ada kata terlambat. Semua jenis buku, bahkan buku-buku pendidikan yang anda gunakan di kelas, akan membantu anda mengembangkan keahlian berbahasa anda. Ingat, berlatih membuat anda lebih mengerti dan membaca merupakan kebiasaan yang bagus untuk dimiliki kapanpun anda memulainya. Dengan membaca, anda memperoleh perspekif, dan dengan memiliki banyak perspektif, anda akan semakin bisa berpikir secara kritis dan secara terbuka.

 

Diposting pada 09 Okt 2017
Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini