Kuliah Seni Kreatif & Desain di Singapura

Selengkapnya tentang kuliah MBA di Malaysia persyaratan masuk daftar universitas terbaik hingga biaya kuliah MBA
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Sebagai negara maju dengan kultur budaya yang beragam, tak heran jika banyak pelajar yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke Singapura. Negara maju di kawasan Asia ini dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik dan diakui secara internasional.

Meski ukuran negaranya kecil, namun negara ini memiliki banyak universitas maupun institut pendidikan tinggi yang menawarkan pendidikan terbaik di berbagai jurusan populer. Termasuk di antaranya adalah seni kreatif & desain.

mahasiswa jurusan seni kreatif & desain
Sumber: Pixabay

Jurusan seni kreatif dan desain memiliki ruang lingkup yang luas karena sama-sama mencakup bidang ilmu tentang cara mengekspresikan diri menggunakan karya (yang terlihat maupun tidak) maupun menggunakan tubuh. Jurusan ini banyak disukai pelajar yang memiliki ketertarikan pada berbagai jenis seni. Selain itu, industri kreatif diprediksi akan terus berkembang sehingga jurusan ini pun tak akan pernah sepi peminat.

Sebagai negara multikultural, Singapura memberikan atmosfer dan juga situasi yang kondusif untuk memperdalam seni dan juga desain. Selain itu Singapura juga sangat terbuka terhadap mahasiswa asing dan memiliki fasilitas umum yang lengkap, sehingga akan memudahkan mahasiswa untuk beraktivitas.

Dengan kelebihan-kelebihan ini, memang tidak salah jika banyak yang memilih untuk melanjutkan kuliah ke Singapura.

Mengapa Pilih Kuliah Seni Kreatif & Desain di Singapura?

Ada banyak alasan yang bisa mendasari mengapa banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Singapura dan mengambil jurusan seni kreatif & desain. Berikut 5 alasan yang seringkali diutarakan dan jadi pertimbangan mengapa memilih kuliah di Singapura.

1. Sistem Pendidikan

Singapura dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia, bahkan dunia. Dengan dukungan kurikulum dan fasilitas pendukung yang lengkap, kuliah di Singapura adalah pilihan yang tepat. Uang kuliahnya juga lebih terjangkau jika dibandingkan kuliah di Amerika Serikat atau negara-negara di Eropa.

2. Kesempatan Magang

Jurusan seni kreatif dan desain merupakan ilmu praktikal yang memberi kesempatan magang bagi mahasiswa. Biasanya setiap universitas maupun institut sudah memiliki perusahaan partner di industri kreatif dunia yang tentunya akan memberi pengalaman baru serta membuka kesempatan berkarir yang menguntungkan di masa depan.

3. Potensi Pekerjaan yang Begitu Banyak

Industri kreatif masa kini menyediakan begitu banyak pekerjaan menarik yang bisa digeluti oleh lulusan kuliah seni kreatif & desain, Jurusan ini mencakup bidang yang luas dan bisa ditekuni saat lulus kuliah nantinya. Tak menutup kemungkinan Anda bisa bekerja di industri kreatif Singapura atau negara lain, bahkan sangat terbuka lebar kesempatan berkarir di industri kreatif dalam negeri yang juga terus berkembang dengan pesat.

kehidupan di singapura sebagai pelajar
Sumber: Pexel

4. Negara yang Teratur dan Aman

Singapura dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat kejahatan di bawah rata-rata. Singapura juga dikenal memiliki pengamanan yang baik dan sistem yang teratur. Mulai dari sistem transportasi umum yang begitu nyaman dan meng-cover semua sudut Singapura, masyarakatnya juga terbiasa hidup bersih dan tertib. Selain itu negara ini minum gejolak politik yang bisa mengganggu keamanan, sehingga menyediakan tempat yang nyaman dan aman untuk melanjutkan pendidikan.

5. Dekat dengan Indonesia

Tidak dipungkiri, dekatnya jarak antara wilayah Indonesia dengan Singapura menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan sebagian calon mahasiswa dalam memilih negara ini sebagai tujuan studi. Ada banyak alasan yang diutarakan. Mulai dari meminimalisir biaya akomodasi jika ingin pulang ke Indonesia, memudahkan orang tua berkunjung serta budaya yang tak begitu berbeda sehingga Anda dijamin tidak akan terlalu merasakan yang namanya cultural shock.

Universitas Terbaik di Singapura untuk Kuliah Seni Kreatif & Desain

Memilih universitas terbaik merupakan langkah utama yang penting saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri agar mendapat pendidikan terbaik. Singapura memiliki 4 universitas lokal, 5 politeknik dan sejumlah Private Education Organisations (institusi swasta) serta banyak institusi pendidikan kelas dunia.

Berikut ini adalah 5 universitas terbaik di Singapura yang menawarkan jurusan seni kreatif & desain yang bisa jadi referensi pilihan universitas.

1. National University of Singapore

Universitas yang pertama kali berdiri pada 1905 sebagai sekolah kedokteran sederhana kini menjelma menjadi universitas negeri terbaik di Singapura dengan berbagai jurusan populer, seperti sains, kedokteran, desain, hukum, seni, teknik, bisnis, teknologi komputer dan musik untuk jenjang S1 dan S2. Universitas ini juga memiliki school of design and environment (SDE).

National University of Singapore juga merupakan universitas tertua di negara ini dengan tiga kampus; Kent Ridge (kampus utama), Bukit Timah (kampus untuk fakultas hukum, Lee Kuan Yew School of Public Policy dan beberapa institut riset) dan Outram (untuk postgraduate Duke-NUS Medical School).

Universitas yang fokus pada riset ini memiliki program NUS Overseas College dimana mahasiswa NUS bisa menghabiskan 6-12 bulan di luar negeri di universitas rekanan NUS di New York, Beijing, Munich, Silicon Valley dan sebagainya.

NUS juga memiliki program double degree untuk S1 dengan sistem cross-disciplinary, seperti misalnya jurusan arts & social sciences dan hukum, bisnis dan teknik, bisnis dan hukum, dan arts & social sciences dan teknik.

2. Nanyang Technological University, Singapore

Universitas yang berfokus pada riset ini merupakan salah satu universitas terbaik di dunia dan dikenal memiliki sistem taman kampus yang menggunakan teknologi smart dan eco-friendly sehingga dijuluki salah satu universitas terindah di dunia.

Fakultas paling populer di NTU adalah teknik dan juga bisnis. Namun di universitas ini juga tersedia fakultas The School of Art, Design and Media yang merupakan fakultas seni profesional pertama di Singapura yang menawarkan kuliah S1 di jurusan Art, Design dan Media dan juga S2 di jurusan Art Research.

3. LASALLE College of the Arts

Sering hanya disebut sebagai LASALLE, universitas swasta di Singapura ini berdiri pada tahun 1984 dengan 8 jurusan seni dan desain untuk jenjang diploma hingga S2.

Kampus utama LASALLE yang dikenal dengan nama kampus McNally berada di Rochor dengan luas mencapai satu hektar. Kampus kedua Winstedt berada di daerah Newton.

Universitas yang memfokuskan pada seni kontemporer dan pendidikan desain ini memiliki program jurusan yang sudah divalidasi oleh Goldsmiths College, University of London yang merupakan salah satu universitas terbaik di dunia untuk Arts dan Humanities.

4. Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA)

Universitas yang termasuk dalam universitas tertua di Singapura ini sudah berdiri sejak 1918 dan menjadi pelopor pendidikan seni di Singapura. Universitas yang dikelola swasta namun mendapatkan uang dari pemerintah Singapura ini menawarkan program diploma (D3) dalam berbagai jurusan menarik di bidang seni kreatif & desain.

NAFA memiliki kerjasama dengan NTU untuk mahasiswanya, yaitu lulusan NAFA bisa melanjutkan pendidikan di program S1 akselerasi selama 3 tahun di NTU. Selain itu NAFA juga memiliki program studi ke luar negeri untuk S1 yang bekerja sama dengan lima universitas di Inggris.

Jurusan yang terdapat di kampus ini berfokus pada seni kreatif dan juga desain. Seperti jurusan arsitektur & desain interior, manajemen seni, desain produk, desain visual, fashion, 3D design, film & animasi, fine arts, media & komunikasi, musik dan audio, performing arts dan fotografi.

5. Singapore University of Technology and Design (SUTD)

SUTD merupakan universitas negeri terbaru yang beroperasi mulai tahun 2009. Universitas yang berfokus pada desain dan teknologi ini berfokus pada riset dalam teknologi sehingga mahasiswa bisa merancang berbagai inovasi-inovasi canggih di masa depan di bidang desain dan juga teknologi.

Mahasiswa S1 di SUTD akan mendapatkan gelar Bachelor of Engineering atau Bachelor of Science dengan empat pilihan jurusan utama yang disebut pilar, yaitu Architecture and Sustainable Design (ASD), Engineering Product Development (EPD), Engineering Systems dan Design (ESD) or Information Systems Technology and Design (ISTD). SUTD juga menawarkan kelas hingga S3 untuk keempat jurusan pilar ini.

Oh ya, untuk semua mahasiswa di SUTD diwajibkan untuk magang selama 16 bulan yang bisa saja termasuk di dalamnya pertukaran pelajar ke Massachusetts Institute of Technology (MIT) atau Zhejiang University (ZJU). Universitas ini juga menawarkan program double degree untuk S2 dengan MIT.

Universitas ini juga memiliki banyak fasilitas riset yang bekerja sama dengan banyak pihak, termasuk universitas dari luar negeri dan pemerintah Singapura. Seperti misalnya Lee Kuan Yew Centre for Innovative Cities (LKY CICI) yang berfokus pada penggunaan teknologi dan desain yang terintegrasi untuk perencanaan, desain, pengembangan dan juga manajemen kota.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Seni Kreatif & Desain

Seperti disebutkan di awal, peluang pekerjaan yang tersedia untuk lulusan seni kreatif dan desain ada begitu banyak dan mencakup banyak bidang. Hal ini didukung oleh industri seni kreatif yang semakin berkembang dan populer.

Beberapa contoh prospek kerja bagi lulusan dari jurusan seni kreatif & desain yang bisa menjadi pilihan karir yang baik untuk masa depan adalah sebagai berikut:

siswa jurusan seni kreatif & desain
Sumber: Pexel

  • Bidang Seni. Ada banyak pekerjaan di bidang seni yang bisa digeluti. Seperti misalnya musisi, komposer, penyanyi, music director, program director, aktor/aktris, seniman, kurator museum, penulis kreatif (naskah drama/film), penari, koreografer, make-up artist, fotografer, sinematografer, dan masih banyak lainnya.

  • Bidang Desain. Bidang ini juga memiliki banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa digeluti. Seperti misalnya fashion desainer, stylist untuk artis/tokoh tertentu, animator, illustrator, art director, arsitektur, web designer, desainer grafis, desainer interior/eksterior, desainer perhiasan, produser (TV, radio, film dan sebagainya) dan masih banyak lainnya.

Biaya Kuliah di Singapura

Biaya yang harus dibayar untuk menempuh pendidikan S1 hingga S2 di Singapura bergantung pada universitas yang dipilih. Anda disarankan untuk selalu mengecek biaya kuliah secara terperinci di universitas yang dituju. Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di Singapura bagi mahasiswa asing.

Kualifikasi

Biaya Kuliah

S1

220-660 juta

S2

330-990 juta


Masih ingin tahu lebih lanjut mengenai serba serbi kuliah di Singapura? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai jurusan ini ya!

You might be interested in...