Kuliah Jurusan Psikologi Konseling di Luar Negeri

Karakter dan perilaku seseorang termasuk salah satu hal terpenting yang dilirik para perekrut karyawan di perusahaan besar, membuat konseling menjadi salah satu skill yang penting untuk dipelajari.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Konseling (Psikologi) Sebenarnya Apa Sih?

jurusan psikologi kounseling semakin diperlukan di indonesia
Sumber: Flickr

Konseling bisa dibilang sebagai sebuah jurusan yang sangat membantu. Melalui jurusan ini, anda bisa mempelajari mengenai karakter manusia dan juga masalah untuk membantu seseorang mengatasi masalah yang dimilikinya.

Selain masalah kehidupan, konseling juga bisa membantu anda untuk memahami lebih lanjut mengenai kesehatan mental kronik seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Apa yang Unik dari Konseling (Psikologi)?

Dalam konseling, anda tidak hanya akan mempelajari tentang perilaku manusia dan bukan hanya itu, tapi juga skill interpersonal yang sesuai dengan bidang-bidang tertentu.

Dengan begitu, anda bisa memposisikan diri anda dengan tepat dan jauh lebih baik di masing-masing bidang.

Dari semua penjelasan diatas, bisa disimpulkan bahwa konseling adalah jurusan yang mempelajari perilaku manusia yang didominasi oleh emosi.

Maka dari itu, anda perlu memiliki rasa percaya diri dan empati yang tinggi untuk mempelajari konseling lebih lanjut.

9 Bidang yang Paling Populer dan Berpengaruh dalam Konseling (Psikologi)

Selain mempelajari konseling umum, anda juga akan belajar mengenai beberapa bidang psikologi konseling lainnya. Dari beberapa bidang psikologi konseling ini, ada 10 bidang yang paling diminati publik dengan prospek kerja yang baik.

Berikut adalah top 9 bidang Psikolgi Konseling:

Bidang Anak-anak

psikologi kounseling di sekolah untuk anak-anak
Sumber: Flickr

Sesuai dengan namanya, di bidang ini anda akan belajar lebih lanjut mengenai anak-anak, terutama kesehatan psikologis serta tingkah laku dan emosinya.

Yang sekarang sedang di ekspos habis-habisan adalah kesehatan mental pada anak-anak yang dimana kurang disadari oleh publik

Bidang Kesehatan Seksual

Dengan fokus yang ditujukan pada kesehatan seksual, otomatis anda akan mempelajari lebih dalam mengenai kesehatan seksual. Yang paling umum di bidang ini adalah kekerasan seksual dimana pasien biasanya mengalami trauma pasca-kejadian.

Bidang Pernikahan dan Keluarga

Anda pasti bertanya-tanya apa maksudnya konseling di bidang keluarga dan pernikahan. Namun nyatanya, banyak juga keluarga-keluarga di seluruh dunia yang mencari jawaban mengenai permasalahan keluarga serta berharap ada solusi untuk apa yang ingin mereka temukan dalam kehidupan keluarga dan pernikahan mereka.

Bidang Sumber Daya Manusia

bidang kounseling di perkatoran sumber daya manusia (SDM) (HRD)
Sumber: Unsplash

Anda pasti sudah tidak  asing lagi dengan kata Human Resource. Departemen ini selalu ada di hampir seluruh perusahaan dengan tujuan untuk menyelesaikan isu dan menangani konflik yang terjadi di perusahaan.

Dengan mempelajari konseling SDM, anda harus memiliki pengetahuan umum mengenai managing people serta struktur organisasi dalam perusahaan.

Bidang Kesehatan Mental

Dari semua bidang konseling, bidang kesehatan dan gangguan mental adalah yang banyak dibutuhkan publik. Kenapa? Karna 1 di antara 5 orang Amerika mengalami gangguan mental.

Dengan meningkatnya kasus-kasus yang disebabkan oleh gangguan mental, bidang ini termasuk salah satu yang paling banyak di promosikan oleh publik, bahkan pemerintah berbagai negara di dunia.

Bidang Rehabilitasi dan Obat-obatan Terlarang

Dari namanya saja anda pasti sudah tahu bahwa konseling di bidang ini fokus pada area obat-obatan terlarang, serta proses rehabilitasi dari orang yang sudah adiktif terhadap obat-obatan tersebut.

Karena buruknya akibat yang dapat ditimbulkan oleh substansi tersebut, dapat dibilang perawatan terhadap orang yang sudah terjangkit adiksi dan rehabilitasi adalah sesuatu yang amat penting.  

Bidang Gangguan perilaku

Ada banyak gangguan perilaku yang belum diketahui oleh publik. Dalam bidang ini, tentunya anda akan mempelajari tipe-tipe gangguan tersebut. Nilai plusnya adalah anda juga akan mempelajari bagaimana cara mengatasi gangguan perilaku tersebut.

Bidang Keuangan

kounseling keuangan di perbankan
Sumber: Flickr

Konseling dalam bidang keuangan berarti anda akan berhadapan dengan client yang memiliki masalah keuangan, entah itu dengan masalah budget, kelebihan pemakaian uang, perencanaan keuangan perusahaan dan masalah keuangan lainnya.

Untuk mempelajari bidang ini anda diharuskan mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan keuangan dan bisnis.

Bidang Pendidikan

Konseling pendidikan bisa dengan mudah ditemukan di sekolah dan universitas yang lebih biasa dikenal dengan bimbingan konseling. Di bidang ini tentunya anda tentunya akan banyak terlibat dalam masalah yang dialami oleh murid dan mahasiswa.

Kuliah Konseling (Psikologi), Bagusnya Dimana?

Kalau anda sudah yakin untuk mengambil jurusan ini, jangan takut karena kami akan membantu anda mengumpulkan daftar kampus-kampus top di seluruh dunia di jurusan psikologi konseling. Daftar universitas di bawah ini diambil dari Top University Rankings.

1. Amerika Serikat

Bagi banyak orang, Amerika adalah salah satu mimpi yang mereka anggap sebagai titik sepak terjang di masa dewasa mereka. Dan jangan salah, anda juga bisa memulainya dari kuliah. Dibawah ini adalah universitas top Amerika yang bukan hanya terbaik di bidang psikologi konseling, namun juga banyak jurusan lainnya.  

2. Kerajaan Inggris

Universitas bergengsi di Inggris seperti Oxford dan Cambridge tentunya sudah diketahui oleh banyak orang. Namun apakah anda tahu bahwa jurusan konseling dan psikologi disini adalah salah satu yang terbaik di dunia?

3. Australia

Sebagai salah satu benua yang paling dekat dengan Asia, Australia adalah tempat dimana banyak remaja di seluruh dunia ingin mengunjunginya untuk menempuh pendidikan lebih lanjut. Jadi jangan khawatir, dibawah ini sudah kami cantumkan universitas terbaik Australia yang menawarkan jurusan psikologi konseling.

4. Asia

Jika kamu tidak ingin jauh dari rumah dan berharap bisa pulang sewaktu-waktu tanpa harus menunggu lama, Asia adalah pilihan yang tepat. Meski banyak orang yang berharap untuk berkuliah jauh-jauh, sebenarnya banyak juga loh universitas di seluruh penjuru Asia yang sangat bagus. Contohnya saja di Korea, Hongkong, Jepang, dan Cina. Simak ya daftarnya dibawah ini.

Jika anda ingin mendaftar di salah satu universitas di atas, anda boleh menghubungi pihak EasyUni untuk membimbingmu lebih lanjut mengenai proses pendaftarannya dan apa saja yang dibutuhkan.

Sertifikasi untuk Konselor Profesional

Sama seperti pekerjaan lainnya, seorang konselor juga butuh sertifikasi yang menyatakan bahwa profesinya adalah seorang konselor profesional untuk membuktikan bahwa si konselor memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan tertentu.

Sesuai dengan bidang masing-masing, sertifikasi yang harus didapatkan berbeda-beda untuk setiap konselor. Meski sertifikasi ini opsional, kepemilikan sertifikasi bisa membantu dalam prospek kerja dimasa depan.

Sertifikasi yang biasanya banyak diminati antara lain adalah sertifikasi di bidang karir, kesehatan medis, pendidikan, pernikahan & keluarga, dan lainnya.

Kalau Jadi Lulusan Konseling (Psikologi), Prospek Kerjanya Apa Saja?

Meski konseling adalah salah satu bidang yang dilihat kurang menjanjikan bagi banyak masyarakat Indonesia, namun sebenarnya jurusan ini menyimpan banyak prospek pekerjaan yang menarik.

Yang uniknya lagi, anda akan banyak bekerja dengan orang lain mengenai emosi dan masalah mereka. Simpelnya, ini adalah pekerjaan curhat sesuai bidang konseling anda.

Nah, jika anda tidak suka pekerjaan 9-5 dan lebih memilih pekerjaan yang tidak mengandalkan komputer, kemungkinan besar anda akan tertarik.

Berikut adalah beberapa pekerjaan paling diminati di bidang psikologi konseling:

1. Pendidik dan Konselor Seksual

Seperti yang kita tahu, pendidikan mengenai perilaku seksual masih minim dan dianggap tabu di beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Dengan begitu banyak masyarakat yang memiliki keraguan atau kesulitan dalam area ini, dan disinilah peran pendidik seksual serta Konselor seksual yang bertujuan untuk membantu mereka.

2. Children Safety and Protection counselor

Banyaknya kasus penganiayaan, pemaksaan, dan pemerkosaan anak dibawah umur membuat banyak dari publik yang meminta pertanggung jawaban untuk menyediakan sarana perlindungan anak yang lebih ketat lagi.

Dengan begitu, pekerjaan sebagai konselor keselamatan dan perlindungan anak adalah salah satu pekerjaan yang amat dipandang dan dibutuhkan di lingkungan sosial sekarang.

3. Human Resource Manager

Setiap perusahaan atau organisasi tentunya membutuhkan manajemen sumber daya manusia (HRD).

Tujuannya adalah untuk mempermudah perusahaan dalam menyelesaikan konflik-konflik yang ada. Dengan begitu sudah pasti kan jika anda memiliki pengetahuan dibidang ini, anda bisa bekerja di perusahaan apa saja dimana saja.

4. Mental Health Counselor

Dengan meningkatnya korban gangguan mental, banyak sekali orang yang mendorong kemunculan konselor atau sarana untuk membantu korban gangguan mental untuk mengurangi resiko.

Selain itu, di Indonesia sendiri, gangguan mental masih belum dikenal dengan baik oleh masyarakat sehingga banyak dari para korban yang dia mengerti dan memahami diri mereka sendiri.

5. Therapist (inc. Sex, marriage, family, psycho, eating disorder)

Selain itu, lulusan jurusan konseling ini biasanya bisa menjadi dokter terapi yang beroperasi di bidang masing-masing.

Tidak seperti konselor yang membantu menyelesaikan sebuah masalah, dokter terapi umumnya membantu pasien untuk sembuh dari kondisi kesehatan psikologis yang dialami.

Contohnya gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia, juga gangguan mental seperti depresi dan anxiety.


Jangan lupa bahwa beberapa dari pekerjaan diatas ini tentunya memerlukan izin serta sertifikasi profesional konseling. Jadi jika kamu ragu, kamu bisa mencoba mengunjungi situs EasyUni terlebih dahulu untuk membaca-baca jurusan dan spesifikasi apa saja yang ditawarkan di Universitas pilihan kamu.