Minat Kuliah di Malaysia? Berikut 10 Kampus Terbaiknya!

By Mutiara | Last modified 06 Sep 2019
Sebarkan laman ini

Kualitas hidup dan pendidikan akademik yang baik dengan biaya hidup yang masuk di kantong menjadikan Malaysia negara tujuan kuliah populer para pelajar di Indonesia dan juga di Asia.

Jadi ga perlu jauh-jauh sampai Eropa buat cobain rasanya tinggal dan studi di luar negri! Tertarik kuliah di Malaysia? Cek dulu list 10 Universitas terbaik di Malaysia versi QS (Quacquarelli Symonds 2019)!

1. Universiti Malaya (UM)

Berada di peringkat ke 19 Universitas terbaik se Asia dan peringkat ke 87 Universitas terbaik didunia (berdasarkan QS membuat Universiti Malaya menduduki peringkat pertama di Universitas terbaik di Malaysia. Ga harus ke negara barat untuk berkuliah di Universitas kelas dunia ;)

Universiti Malaya cocok untuk kalian yang berminat di bidang linguistik, sastra, ekonomi, hingga ilmu sosial. selengkapnya tentang Universiti Malaya di sini.

gerbang universiti malaya di malaysia
Sumber: The Star

2. Universiti Putra Malaysia (UPM)

suasana kampus UPM beserta mahasiswa internasionalnya
Sumber: UPM

Universitas dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 19,000 ini menempati posisi ke 2 di Universitas terbaik di Malaysia. Universiti Putra Pertanian juga selalu masuk dalam daftar Universitas terbaik dunia loh dengan peringkat 202 ! Jurusan paling diminati di Universiti Putra Malaysia adalah Jurusan Agrikultur / Pertanian. Siapa nih calon anak Pertanian yg pengen kuliah di luar negri?

3. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Walaupun peringkat di Asia dibawah UPM yaitu berada di posisi peringkat 41 tapi Universiti Kebangsaan Malaysia berhasil menduduki peringkat 184 di peringkat dunia. UKM terletak di sebuah lembah yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau, membuat suasana menjadi tenang dan kondusif untuk belajar.

Jadi kalo stress belajar bisa jalan-jalan buat cuci mata lihat pemandangan! Universitas yg satu ini cocok untuk kalian yg pengen masuk akultas ilmu sosial dan budaya, sains dan teknologi, studi keislaman, kedokteran, hingga bisnis. Apakah kamu salah satunya ? Selengkapnya ada di sini.

 

 

penampakan atas dari universitas kebangsaan malaysia
Sumber: UKM

4. Universiti Sains Malaysia (USM)

mahasiswa di USM yang penuh keceriaan
Sumber: USM

Dari namanya udah ketauan kalo Universitas satu ini untuk para pecinta Ilmu Pengetahuan Alam. Universiti Sains Malaysia memiliki 3 kampus, diantaranya ada di Penang (Malaysia) ini adalah kampus utama USM, Kelantan (Malaysia) dan Belgaum (India). USM juga masuk dalam list 50 Universitas terbaik yg berusia dibawah 50 tahun loh! Selengkapnya ada di sini.

5. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

Universitas peringkat ke 228 di dunia dan peringkat 47 se Asia ini cocok untuk kalian yang berminat di bidang bangunan, teknik sipil, teknis medis dan komputerisasi. UTM juga memiliki 4 kampus dan yang berpusat di Johor Bahru.

universiti teknologi malaysia yang top di negaranya
Sumber: UTM

6. Universiti Teknologi Petronas (UTP)

Dari namanya Universiti Teknologi Petronas, Universitas yang berada di peringkat ke 99 di Asia ini menawarkan jurusan seperti Teknik Kimia, Teknik Mekanik, Teknik Minyak Bumi, Geosains Minyak Bumi, dan sebagainya. UTP juga memiliki fasilitas tingkat dunia untuk menunjang proyek-proyek dan penelitian-penelitian yang di laksanakan di UTP.

penampakan teater belajar di universiti teknologi petronas
Sumber: UTP

7. Universiti Utara Malaysia (UUM)

Universitas UUM meraih peringkat ke 128 se Asia dan Ini Universitas yg cocok untuk kalian yang berminat di jurusan manajemen. Dengan luasnya cakupan manajemen, kamu bisa memilih jurusannya dari akuntansi, ekonomi, teknologi informasi, administrasi publik, manajemen sumber daya manusia, kewirausahaan, keuangan, perbankan, manajemen bisnis dan jurusan lain nya yang berhubungan , Pasalnya, Universitas ini didirikan untuk mengembangkan dan mempromosikan manajemen negri Malaysia.


Sumber: UUM

8. Taylor’s University

Menjadi Universitas terbaik peringkat 21 di dunia dalam bidang perhotelan  (versi QS 2018) menjadikan Taylor’s University salah satu Universitas favorit bagi yang berminat di bidang perhotelan untuk melanjutkan studinya. Taylor’s University memiliki berbagai fasilitas yang akan mendukung pelajar dalam studi nya, salah satunya adalah perpustakaan sekaligus ruang belajar sebanyak 4 lantai yang nyaman dan kondusif!

Dan tidak lupa Taylor’s University terkenal dengan danau buatan nya dan juga angsa dan bebek yg berkeliaran di pinggir danau.

 

9. Universiti Teknologi Mara (UiTM)

wajah para lulusan universiti teknologi mara malaysia di wisuda
Sumber: darkspoon photo journey

Menduduki posisi ke 137 di Universitas terbaik di Asia, Universiti Teknologi Mara menyediakan 508 program untuk dipilih oleh para calon pelajar, diantaranya adalah Teknik Elektrik, Teknik Mekanik, Teknik Kimia, Teknik Sipil dan masih banyak lagi. UiTM memiliki total 37 kampus yang berpusat di Shah Alam, Malaysia.

10. International Islamic University (IIUM)

kampus IIUM yang berletak di gombak menyerupai masjid

Teknik Manufaktur, Teknik Elektronik – Komputer dan Informasi, Teknik Komunikasi, Teknik Material, Teknik Sipil, Teknik Bio teknologi, Teknik Mekanik Automotif adalah beberapa jurusan andalan di International Islamic University. IIUM memiliki gedung yang sangat indah menyerupai Masjid.

Diposting pada 28 Jan 2019
Aplikasi Kuliah