Kuliah di Kanada

Panduan tentang kuliah di Kanada. Daftar universitas, pilihan jurusan, biaya kuliah, syarat masuk dan informasi lainnya.
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Diakui sebagai negara kedua terbaik di dunia, Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai kuliah di Kanada yang perlu kamu ketahui sebelum mengambil keputusan untuk melanjutkan studi di sana.

Kanada dikenal memiliki kualitas kehidupan yang sangat baik, terutama dalam segi keindahan alamnya -- kota yang hidup, pegunungan yang indah, hutan lebat, danau kristal, sungai yang mengalir deras, hamparan rumput dan masyarakat multikultural yang menerima dengan senang hati.

Selain standar hidup yang luar biasa, keselamatan dan kesehatan kelas satu, Kanada juga diakui secara internasional untuk pendekatan pengajaran berbasis kompetensi yang mempersiapkan siswa untuk menjadi produktif di tempat kerja segera setelah lulus.

Berbondong-bondong siswa internasional yang menginginkan untuk kuliah di luar negeri memilih Kanada sebagai negara tujuannya. Di tahun 2018, Kanada adalah negara ke-3 dengan populasi mahasiswa asing terbanyak. Kanada memiliki lebih dari 3 juta mahasiswa internasional, menurut data dari imigrasi Kanada. Provinsi yang paling populer di Kanada untuk siswa internasional adalah British Columbia, Ontario, dan Quebec. Setiap provinsi menawarkan hidup yang khas dan pengalaman belajar. Quebec memiliki arsitektur sejarah Eropa yang menarik, British Columbia menawarkan rekreasi luar ruangan besar untuk bertualang, dan Ontario yang populer untuk dataran tinggi yang besar dan zona hutan.

Berbagai Alasan Untuk Kuliah di Kanada

Belajar dan hidup di Kanada memberi pengalaman kehidupan yang tidak akan terlupakan. Penelusuran akan budaya baru dan unik akan memperkaya cerita dunia perkuliahan anda. Anda mungkin pernah mendengar tentang kualitas seperti keramahan dan kebaikkan orang-orang Kanada secara garis besarnya, dan itu bukanlah sebuah hiperbola melainkan kenyataan.

Masyarakat Indonesia, sebagai penghuni negara beriklim tropis, akan meragukan kehidupan di Kanada yang identik dengan musim saljunya yang sangat dingin. Tapi sebenarnya, ini tidak berlaku untuk seluruh bagian negara Kanada dan bahkan ada beberapa daerah yang memiliki suhu harian 30 derajat celcius.

Dalam segi kenyamanan, tinggal di Kanada sebagai pelajar juga berarti anda akan menikmati fasilitas pelayanan kesehatan kelas satu yang gratis. Dan lagi, Kanada menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, persamaan, dan perdamaian di masyarakatnya. Tingkat kejahatan di Kanada sangatlah rendah, membuat bepergian dan melancong secara bebas di Kanada sangatlah memungkinkan.

Pendidikan dalam dwibahasa juga merupakan salah satu keuntungan yg bisa ditawarkan dari kuliah di Kanada. Anda bisa mendapatkan manfaat dalam meningkatkan kelancaran berbahasa asing karena penggunaan dua bahasa di Kanada sebagai bahasa pemersatu, yaitu Inggris dan Perancis. Walaupun tidak semua universitas mempraktikkan dwibahasa, tetapi ada kemungkinan untuk menggunakan kedua bahasanya dalam percakapan sehari-hari.   

Tingkat pendidikan yang berskala global adalah motivasi siswa untuk memilih kuliah di Kanada. Tidak dipungkiri lagi bahwa kualitas pendidikan di Kanada telah diakui kelas dunia. Gelar dari Kanada diakui di seluruh dunia dan dipuji karena paling mudah diakses dari mana saja.

Tidak hanya itu, Kanada terkenal populer sebagai destinasi belajar yang terjangkau. Siswa yang mencari pendidikan tinggi terbaik dalam bahasa Inggris dan opsi bahasa Prancis menemukan biaya kuliah Kanada dan biaya hidup yang lebih rendah dibandingkan dengan negara maju lainnya yang menawarkan standar kualitas pendidikan tinggi. Dikombinasikan dengan jalur imigrasi yang fleksibel untuk bekerja dan tinggal di negara tersebut, belajar di Kanada mungkin saja merupakan peluang pendidikan luar negeri yang paling menarik.

Daftar Perguruan Tinggi dan Universitas Terbaik di Kanada

Dengan adanya pilihan mata pelajaran yang beragam, universitas-universitas di Kanada menawarkan hampir apa saja dan semua hal yang ingin dipelajari oleh mahasiswanya.

Sama halnya dengan Ivy League di Amerika, terdapat gabungan antar universitas di Kanada yang memiliki ranking tinggi dalam bidang riset internasionalnya, secara kolektif lebih dikenal sebagai “U15 Group of Canadian Research Universities. Berikut adalah beberapa daftar universitasnya:

  • University of Alberta
  • University of British Columbia
  • McGill University
  • Queen's University
  • University of Toronto
  • University of Waterloo
  • University of Western Ontario

 

University of Alberta

Kemajuan akan riset di University of Alberta, terutama di ilmu kesehatan dibuktikan dengan adanya Institut Nanoteknologi Nasional Kanada dan Institut Li Ka Shing (Virologi) yang merupakan badan riset yang ternama di dunia. Jurusan terbaik di universitas ini meliputi sastra, bisnis, teknik, sains, seni kreatif, dan ilmu kesehatan.

University of British Columbia

Relasi yang erat dengan berbagai perusahaan besar di dunia didapatkan dari banyaknya tenaga pengajar asing di University of British Columbia. Terdapat juga berbagai fasilitas yang memukau, bermulai dari gedung konser, skeleton paus biru terbesar dalam skala lokal, lapangan olahraga hockey standar olimpiade dunia, hingga laboratorium fisika subatomik yang berkelas dunia. Universitas ini terkait erat dengan bidang teknik dan pertambangan, olahraga, dan geografisnya.

McGill University

Terletak di salah satu kota pelajar terbaik di dunia, University of Montreal (UdeM) masuk dalam 5 besar terbaik di Kanada dan 100 besar universitas terbaik di dunia untuk bidang kuliah sains dan kedokteran. Universitas ini juga memiliki program kuliah bidang Life Sciences paling lengkap di Kanada. UdeM juga menyediakan kelas bahasa Perancis sewaktu musim panas bagi mahasiswa yang ingin fasih berbahasa Perancis

Queen's University

Queen’s University merupakan salah satu universitas tertua di Kanada. Program terbaik yang ditawarkan di universitas berlokasi di Ontarion ini beragam dari teknik, seni, bisnis, sains, ilmu terapan, pendidikan, dan hukum. Universitas ini juga memiliki galeri musem dan juga 6 perpustakaan.

University of Toronto

Menempati tingkat top 20 di dunia dalam segi prospek kerja mahasiswa, University of Toronto juga dikenal dengan kampusnya yang elit. Pilihan jurusan yang paling ternama meliputi geografi, olahraga, fisiologi, dan anatomi.

University of Waterloo

Dikenal sebagai penggerak penelitian ter-inovatif di Kanada, University of Waterloo juga merupakan salah satu universitas yang memiliki jalinan kerjasama yang luas, antar institusi dan industri secara global maupun lokal. Pilihan jurusan yang paling diminati di jurusan ini adalah psikologi, komputer, teknik, ilmu kesehatan, nanoteknologi.

University of Western Ontario

Dari segi riset, hasil penelitian dari University of Western Ontario memang tidak bisa dipandang sebelah mata karena adanya dampak positif yang memang dialami di sektor ekonomi, sosial budaya, dan kesehatan di Kanada.

Biaya Kuliah di Kanada Dalam Rupiah 2018

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, biaya kuliah di Kanada bisa terbilang terjangkau kalau dibandingkan dengan biaya kuliah mahasiswa asing di negara lain seperti Amerika atau Inggris. Namun, Kanada tetaplah terhitung sebagai negara urban dan perencanaan akan biaya harus dibuat sebelum memutuskan untuk kuliah.

Biaya kuliah bisa berbeda tergantung dengan pilihan universitas, program dan lokasinya. Program jurusan seperti bisnis dan kesenian terbilang terjangkau, berbanding terbalik dengan kedokteran dan teknik.

Rata-rata biaya kuliah (per tahun) pada tahun 2018

Level Studi

CA$

IDR

Foundation/ Pre-U

8,000 - 10,500

90 juta  - 120 juta

Diploma

13,500 - 19,500

155 juta - 230 juta

Bachelor's Degree

14,000 - 25,000

160 juta - 290 juta

Masters Degree

13,000 - 40,000

150 juta - 450 juta

Doctorate Degree (PhD)

8,000 - 10,100

90 juta - 120 juta

* Biaya dalam IDR akan tergantung dengan kurs terhadap CA$

Persyaratan Masuk Kuliah di Kanada

Sebagai negara persemakmuran, di mana bahasa Inggris adalah bahasa nasionalnya serta dengan bahasa Prancis, hasil IELTS adalah persyaratan bahasa yang paling umum yang diterapkan di universitas-universitas di Kanada tetapi TOEFL dan Cambridge English: advanced level juga dapat diterima.

Selain nilai IELTS, syarat kriteria minimal rata-rata universitas di Kanada adalah sebagai berikut:

  • Transkrip akademik resmi yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Perancis (tergantung dengan ketentuan dari universitasnya)

  • Untuk gelar S1, tamatan dari sekolah yang memiliki tingkat sama dengan sistem pendidikan di Kanada

  • Untuk gelar pascasarjana (S2), tamatan dari gelar sarjana S1 atau program diploma dengan nilai yang baik

  • Beberapa sekolah mungkin mengharuskan mahasiswa untuk mengikuti kuliah “pre-requisite” untuk meyakinkan bahwa mereka mempunyai latar belakang akademis yang sesuai

 

*Jika anda berusia di atas 25 tahun dan sudah menyelesaikan gelar S1 dalam tempo 2 tahun yang lampau, anda akan dikategorikan sebagai ‘mature student’ atau mahasiswa dewasa. Anda diwajibkan untuk mengumpulkan berkas lainnya yang menjelaskan keterangan mengenai background pekerjaan anda dan skill yang anda raih dari pengalaman pekerjaan.

 

Selain nilai akademik, anda juga diharuskan untuk mempersiapkan CV yang menunjukkan kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan organisasi, dan pekerjaan sukarelawan (volunteering). Anda juga harus menguratori Letter of Intent yang menunjukkan motivasi di balik alasan anda memilih universitas tersebut dan hal yang anda maksud untuk pelajari dari studi di sana.

Kehidupan dan Biaya Kebutuhan Hidup di Kanada

Provinsi dan kota Kanada memiliki begitu banyak hal yang dapat ditawarkan, tetapi masing-masing datang dengan biaya hidup yang berbeda sebagai siswa internasional.

Montreal, Quebec

pemandangan kampus kuliah di luar negeri (montreal, kanada) malam hari

Baru-baru ini dinobatkan sebagai kota pelajar terbaik di dunia, Montreal adalah “Ibu Kota Budaya” Kanada; terkenal karena kehidupannya yang dinamis. Kota Perancis ini menawarkan hiburan non-stop dan perusahaan high-life, dengan tindakan kelas dunia yang berasal dan beroperasi di jantung Quebec seperti Cirque du Soleil, Just For Laughs, Montreal International Jazz Festival, dan banyak lagi. Daerah bersejarah,

Para siswa telah mencatat bahwa kesulitan terbesar hidup di Montreal bukanlah biaya, tetapi kurangnya keterampilan bahasa Prancis, yang digunakan Montreal sebagai bahasa resminya. Anda mungkin memiliki sedikit kesulitan bertualang di luar kampus, tetapi sebagian besar penduduk dapat berbicara bahasa Inggris dan akan cukup sopan untuk memandu Anda berkeliling.

Montreal adalah yang termurah dari tiga kota besar (Vancouver, Toronto dan sendiri) - biaya setidaknya CA $1,800 (IDR 21 juta) per bulan dalam biaya hidup sebagai mahasiswa.

Vancouver, British Columbia

pemandangan kampus kuliah di luar negeri (vancouver, kanada) malam hari

Judul sebagai kota pelajar yang paling diinginkan untuk berada bersama Montreal, lanskap alam yang indah di Vancouver dan kehidupan kota yang menyenangkan menarik siswa untuk asimilasi yang mudah dan populasi yang beragam. Kota terbesar kedua di Kanada, memiliki semua hub utama negara. Dengan julukan seperti North Hollywood untuk produksi medianya, kehadiran olahraga yang sangat kuat, perkembangan industri yang tinggi dan dengan 52% penduduk yang bukan berasal dari bahasa Inggris yang membawa begitu banyak keragaman etnis dan bahasa, selalu ada sesuatu untuk semua orang dari mana saja.

Vancouver, meskipun sedikit lebih murah daripada Toronto, kota-kota besar Kanada, juga dapat menghabiskan biaya sekitar $2.200 atau IDR 25 juta per bulan.

Toronto, Ontario

pemandangan kampus kuliah di luar negeri (toronto, kanada) malam hari

Toronto adalah New York di Kanada, penuh kehidupan bisnis yang chic kosmopolitan. Sektor bisnis raksasa internasionalnya telah membuat kota ini penuh dengan peluang kerja dan terus menarik perhatian global pada konsentrasinya pada profesionalisme dan ekonomi yang sangat terdiversifikasi. Siswa yang berjuang untuk melihat “Big Five” beraksi (lima lembaga keuangan terbesar Kanada yang menjadikan Toronto sebagai ibukota keuangan Kanada) akan menikmati kota ini yang bertindak sebagai bisnis utama dan distribusi industri negara. Toronto telah diidentifikasi sebagai yang paling mahal untuk ditinggali, karena lingkungan bisnis yang kuat menyajikan kenaikan umum dalam biaya dasar.

Tidak termasuk biaya kuliah, biaya tinggal per bulan di Toronto sebagai siswa dapat biaya sebanyak CA $ 2.500 (IDR 30 juta) pada anggaran, tanpa sewa.

Edmonton, Alberta

pemandangan kampus kuliah di luar negeri (alberta, kanada) siang hari

Pada dasarnya Kanada, provinsi Alberta terkenal untuk banyak industri outdoor. Para penjelajah senang berbondong-bondong ke kota-kota untuk sejarah kolonialisme yang berkembang, pelestarian yang indah dari budaya asli Bangsa Pertama, dan pameran terbesar fosil dinosaurus di Amerika Utara. Pencari sensasi terutama akan menyukai suhu rendah yang mengamuk cukup dingin untuk membentuk istana es setiap musim dingin dan West Edmonton Mall yang fantastis yang berisi taman hiburan dalam ruangan rekor dunia.

Hidup di Alberta bisa dibilang membahagiakan dibandingkan dengan sebagian besar wilayah lain di Kanada, karena memiliki biaya hidup terendah. Rata-rata, seorang siswa internasional harus menghabiskan hanya CA $ 1.200 (IDR 14 juta) per bulan dan masih dapat bersenang-senang melakukan semua olahraga ekstrim di daerah tersebut.

Ottawa

pemandangan kampus kuliah di luar negeri (ottawa, kanada)

Kota kecil ini sebenarnya adalah ibukota Kanada, dan merupakan kota pelajar paling populer yang diberi peringkat oleh siswa untuk siswa. Banyak yang akan menghargai gaya hidup yang kurang padat dibandingkan kota-kota metropolitan besar lainnya dan banyak kesenangan sederhana namun indah yang ditawarkannya. Kota ini memiliki banyak museum terkenal, teater, ruang sipil dan lebih didedikasikan untuk melestarikan dan memamerkan Kanada dan orang-orangnya. Banyak penduduknya menyebut komunitasnya yang ramah dan toleran sebagai faktor besar mengapa mereka tetap tinggal.

Ibu kota Ottawa menarik dekat ke Alberta favorit siswa, hanya membutuhkan CA $ 1.600 (IDR 19 juta) per bulan.

Proses Pendaftaran Kuliah ke Kanada

Sebagian besar universitas di Kanada mengikuti kalender akademik yang dimulai pada awal September dan diakhiri pada akhir April atau awal Mei; dengan jeda pendek antara Desember dan Januari untuk memisahkan semester.

 

Tip: Sebagai siswa asing, penerimaan ke jurusan populer yang ditawarkan oleh universitas Kanada mungkin memiliki slot terbatas.

 

Waktu yang paling disarankan untuk mulai mendaftar ke universitas pilihan Anda harus dilakukan secepatnya satu bulan sebelum semester awal dimulai, atau paling lambat pada bulan Maret tahun yang sama untuk intake bulan September. Anda juga perlu memberikan bukti kesanggupan finansial anda yang menunjukkan kemampuan untuk mempertahankan biaya hidup dan biaya kuliah.

Segera setelah Anda menerima surat penawaran atau penerimaan ke universitas di Kanada, Anda dapat mulai mengajukan permohonan untuk keperluan perjalanan Anda seperti izin siswa, asuransi kesehatan, pembaruan paspor dan dokumen penting lainnya yang diperlukan untuk pergi ke luar negeri.

Visa Pelajar Untuk Kuliah di Kanada

Jika program studi Anda akan berlangsung lebih dari enam bulan, mendapatkan izin tinggal harus dilakukan untuk belajar di Kanada, di mana beberapa dokumen dan formulir diperlukan harus dipersiapkan. Izin tinggal dapat diperoleh secara online di situs web Citizenship and Immigration Canada (CIC) atau melalui pendaftaran dari surat, meskipun akan memakan waktu dua kali lipat. Namun, agar dapat diterapkan pada proses online, anda pertama-tama diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan di situs web CIC, setelah itu anda akan menerima kode daftar periksa pribadi selama durasi proses aplikasi Anda. Buat akun MyCIC, dan lanjutkan mengajukan permohonan izin tinggal anda.

Setelah siswa diterima di universitas di Kanada, proses aplikasi visa dapat dimulai dengan mengirimkan dokumen-dokumen berikut:

  • Surat penerimaan masuk dari universitas pilihan Anda, yang harus menjadi universitas yang diakui

  • Catatan akademis sebelumnya

  • Bukti kemahiran bahasa Inggris

  • Pernyataan bank untuk bukti stabilitas keuangan untuk biaya kuliah tahunan, biaya hidup dan transportasi kembali

  • Catatan bebas tindak kriminal

  • Biometrik (bagi siswa dari negara-negara tertentu)

  • Laporan ujian medis/ medical check up

  • Dua lembar foto berukuran paspor

Setelah visa anda mendapatkan persetujuan, anda akan menerima surat pengantar atau electronic Travel Authorization (eTA). Setibanya di Kanada, anda harus menunjukkan paspor, bukti keuangan, dan surat penerimaan anda ke “Canada Border Services Agency” (CBSA) untuk izin tinggal dan masuk ke negaranya.

Kesempatan Bekerja Selama dan Sesudah Kuliah di Kanada

Siswa yang berkuliah di Kanada juga mendapatkan hak peluang pekerjaan yang tinggi. Terdapat kemungkinan bagi anda untuk mengembangkan diri anda di bidang yang anda sukai. Program Co Operative Education membolehkan siswanya untuk diberi kesempatan bekerja selama beberapa periode di area bisnis, industri, bakti sosial, pemerintahan selama berada di bidang studi yang dipelajari. Selama menjalani pengalaman pekerjaan tersebut, anda juga akan sekaligus belajar untuk menjalin kerjasama dengan profesional yang membantu dalam pencarian pekerjaan selanjutnya.

Dengan Izin Belajar yang valid, siswa internasional dapat memenuhi syarat untuk bekerja paruh waktu di luar kampus selama 20 jam per minggu. Siswa diperbolehkan untuk bekerja penuh waktu di waktu liburan seperti di musim dingin dan musim panas atau musim semi. Anda juga harus dipastikan untuk memiliki nilai akademis yang memuaskan sebagaimana ditentukan oleh institusi. Ada kelonggaran bagi siswa yang memilih untuk bekerja paruh waktu meskipun studinya sudah selesai selama tidak terdaftar dalam kelas apapun.

Setelah siswa internasional lulus, Izin Kerja Pasca Wisuda dapat diperoleh. Dalam beberapa kasus, pasangan atau mitra hukum umum siswa internasional yang belajar penuh waktu dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan izin kerja terbuka.

Sudah mempunyai gambaran lebih jelas mengenai apa yang diperlukan untuk belajar di Kanada? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni untuk info lebih lanjut!