Kuliah di Hong Kong

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai kuliah di Hong Kong yang perlu kamu ketahui.

Dikenal akan perkembangan dan percampuran antar kultur timur dan barat di negaranya, Hong Kong telah mendirikan pamornya sebagai salah satu ekonomi terkuat di Asia -- yang juga muncul sebagai negara tujuan utama dalam sektor edukasi. Terbukti dengan adanya tiga universitas di Hong Kong yang masuk ke dalam ranking top 50 secara global dan tiga universitas lainnya di ranking ke-300 besar.

5 Alasan Mengapa Memilih Kuliah di Hong Kong

Kultur tradisional dan bentuk bangunan serta arsitektur dari China dapat ditemukan di setiap sisi gedung-gedung bertingkat, sebagai pengingat bahwa Hong Kong merupakan wilayah dengan status pusat dunia dalam bidang perdagangan, logistik, dan finansial. Ditambah dengan ladang pendidikan, Hong Kong juga memiliki misi untuk menaikkan tingkat pendaftaran universitas bagi siswa asing, memberdayakan sektor pendidikan tersier dan meningkatkan riset dan inovasi.

Beragam alasan mengapa Hong Kong merupakan salah satu destinasi untuk menimba edukasi.

Tak sedikit universitas di Hong Kong yang menyokong nilai reputasinya untuk mendapatkan siswa dan lulusan sarjana di seluruh dunia. Dalam lain kata, biaya yang keluar untuk pendidikan Anda akan sepadan dengan benih yang ditanam selama perkuliahan. Pemerintah Hong Kong memiliki tekad yang tinggi untuk menjadikan negaranya sebagai pusat edukasi, maka tidak perlu ditanyakan lagi peningkatan mutu pendidikannya.

Salah satu nilai tambahan dari kehidupan mahasiswa di Hong Kong - multikultural dan masyarakat yang menawarkan pengalaman berbagai macam yang didapatkan dalam negara mungil ini. Lingkungan akademik di Hong Kong sangatlah bersahabat bagi siswa internasional. Terbukti dengan jumlah siswa internasional sebanyak 14,000 yang menempuh studi di negara ini.

Penggunaan bahasa Inggris, baik sebagai penggunaan interaksi sehari-hari dan dalam konteks pendidikan tingkat tinggi, membuat calon mahasiswa tertarik dengan Hong Kong meskipun kedekatan lokasi di jarak antar negara Asia. Kesediaan universitas asing yang menggunakan bahasa Inggris dalam metode pengajarannya membuat mahasiswa asing amat tertarik untuk kuliah di Hong Kong. Sembari itu, belajar di Hong Kong juga memberi kesempatan untuk dikenalkan dengan bahasa Mandarin dan Cantonese (terutama Cantonese, sebagai bahasa yang paling dominan digunakan) -- tentunya akan lebih dibuat terbiasa setelah bertahun-tahun kuliah di sana, baik di negara bagian Timur dan Barat.

Terutama bagi mahasiswa S2, kesempatan untuk mengikutsertakan dalam kegiatan riset juga menaruh penekanan akan kolaborasi di berbagai macam bidang dan institusi. Tidak diragukan lagi bahwa mutu dan kualitas dari institusi di Hong Kong yang menyebabkan faktor pendorong bagi siswa yang ingin terlibat dalam kegiatan riset di fasilitas kelas dunia.  

Sistem edukasi di Hong Kong

Saat ini, ada 8 universitas dan 11 institusi pendidikan tinggi lainnya yang tidak menyandang status universitas. Semua lembaga tersier menawarkan beragam program berkualitas tinggi termasuk gelar sarjana dan pascasarjana, serta gelar associate dan diploma yang lebih tinggi. Untuk siswa yang gagal masuk ke program sarjana, menambil gelar associate atau advanced diploma, yang akan menjadi batu loncatan ketika mendaftar ke program sarjana nanti. Dan tidak sedikit jumlah siswa yang mengambil pathway atau jalur seperti ini. Anda juga dapat transfer kredit ijazah S1 Anda jika Anda ingin melanjutkan studi Anda di negara lainnya.

Daftar Universitas Terbaik di Hong Kong

Hong Kong memiliki banyak universitas kelas dunia. Dari 19 universitas lokal di Hong Kong, tiga di antaranya menduduki peringkat 50 teratas global di QS World University Rankings 2015 dan tiga universitas lainnya di peringkat 300 teratas. Universitas Hong Kong juga menjadi tuan rumah program manajemen bisnis eksekutif terbaik di dunia. Mereka juga menawarkan beragam program bersama dalam kerja sama dengan universitas bergengsi di seluruh dunia.

Delapan institusi didanai dan disubusidi oleh negara melalui UGC (University Grants Committee):

  • City University of Hong Kong

  • Hong Kong Baptist University

  • Lingnan University

  • The Chinese University of Hong Kong

  • The Hong Kong Institute of Education

  • The Hong Kong Polytechnic University

  • The Hong Kong University of Science and Technology

  • The University of Hong Kong

 

Delapan institusi swadana:

  • The Open University of Hong Kong

  • Hong Kong Shue Yan University

  • Chu Hai College of Higher Education

  • Hang Seng Management College

  • Tung Wah College

  • Caritas Institute of Higher Education

  • Centennial College

  • Technological and Higher Education Institute of Hong Kong, Vocational Training Council

 

Lembaga yang didanai negara:

  • Hong Kong Academy for Performing Arts

 

Biaya Kuliah di Hong Kong Dalam Rupiah

Menyangkut masalah pembiayaan kuliah di Hong Kong, tentunya akan berbeda untuk masing-masing universitas yang menempuh untuk menyelesaikan studi. Untuk program S1, secara umum, bisa diperkirakan biaya pertahun yang berkisar di antara HKD 70,000 - HKD 140,000 dengan program durasi 4 tahun. Dengan konversi kurs Rupiah saat ini, maka ekuivalensinya jatuh pada IDR 136 - 270 juta. Biaya yang disebutkan merupakan biaya kuliah saja, tidak termasuk biaya tambahan yang berbeda-beda untuk masing-masing universitas.

Sementara untuk program pascasarjana, biaya perguruan tinggi di Hong Kong berkisar pada HKD 70,000 - 500,000 pertahunnya, tergantung dengan program yang diambil. Di luar itu, biasanya ada biaya tambahan berupa biaya pendaftaran (di awal dan pertahun), deposit yang bisa di-refund setelah lulus, dan biaya tambahan lainnya yang bergantung dengan universitasnya.

Perkiraan biaya yang disebutkan untuk universitas di Hong Kong hanya mengcover uang SPP nya saja. Setiap universitas memiliki skema biaya kuliah yang berbeda, biaya tambahannya bisa dalam bentuk deposit, biaya fasilitas, biaya pendaftaran (baik di muka dan pertahun), dan lainnya.

Adapun kesempatan untuk mendapatkan bantuan dana atau beasiswa, supaya tidak harus ditanggung sendiri, tersedia di berbagai universitas di Hong Kong. Tapi harus dicermati lagi bahwa kadang beasiswa tidak mengcover semua, tapi kadang hanya setengah dari biaya kuliah (partial scholarship).

Biaya Akomodasi dan Kebutuhan Hidup di Hong Kong Dalam Rupiah

Meliputi biaya hidup, Hong Kong bukanlah tempat murah untuk ditinggali. Biaya hidupnya bisa setara dengan London atau New York, namun orang asing yang ingin belajar di Hong Kong dapat menggunakan berbagai diskon siswa untuk membuat masa tinggal mereka di Hong Kong lebih terjangkau.

Untuk pilihan akomodasi, siswa dapat memilih untuk tinggal di asrama yang disediakan universitas sebagai pilihan yang paling terjangkau. Pilihan lain jika Anda ingin mencoba akomodasi di luar kampus yaitu dengan menyewa kamar di sebuah rumah atau apartment. Untuk biaya sewa kamar sekitar HKD 5.000 - 8.500 perbulan, tergantung dengan pilihan tipe kamar dan lokasinya.

Secara garis besar, biaya hidup di Hong Kong sebagai siswa internasional bisa mencapai sekitar HKD 4,000 perbulan atau sama dengan IDR 7.000.000. Biaya ini di luar biaya akomodasi dan mencakup hal-hal seperti buku, transportasi, uang keperluan kuliah, alat tulis, cuci baju, dan makan.

Persyaratan Masuk Untuk Bisa Kuliah di Hong Kong

Persyaratan masuk berbeda-beda tergantung universitas, jenjang pendidikan, dan jurusan. Kebanyakan universitas juga mengharuskan calon mahasiswa mereka menghadiri wawancara sebelum memutuskan mereka diterima atau tidak.

Di Hong Kong pelajaran disampaikan dalam Bahasa Inggris, sehingga pada saat pendaftaran, mahasiswa harus menyertakan bukti kelancaran berbahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS.

Mahasiswa internasional dapat mendaftar langsung ke universitas secara online melalui situs untiversitas. EasyUni juga bisa membantu dalam pencarian dan pendaftaran diri Anda ke universitas favoritmu!

Kesempatan Bekerja di Waktu Luang

Setiap siswa harus menghadapi setiap tantangan setelah kelulusan. Untuk itu, banyak siswa yang mengambil inisiatif untuk mencari pengalaman pekerjaan dan menaikkan nilai jual CV nya yang juga akan membantu dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan.

Dalam garis besar, mahasiswa internasional/ asing di Hong Kong tidak diperolehkan untuk bekerja sebagai karyawan, baik tergolong digaji atau tidak digaji. Namun, larangan ini tidak berlaku dalam konteks magang, kerja paruh waktu (part-time), dan kerja di kala libur musim panas untuk mahasiswa asing. Kedua syarat yang harus dipenuhi dalam pengambilan magang selama berkuliah di Hong Kong:

  • Bersifat seirama atau linear terhadap jurusan dan

  • Durasi program magang tidak lebih dari 1 tahun (menurut kalender akademik)

 

Selain itu, tidak ada larangan mengenai jenis pekerjaan, level atau tingkat gaji, lokasi, jam kerja, dan perusahaan di penempatan magang.

Ada pengecualian terhadap syarat magang bagi siswa asing yang hanya bersituasi di Hong Kong kurang dari 2 tahun:

  • Pengambilan program magang merupakan kewajiban dari pihak kurikulum atau universitasnya dan

  • Durasi magang sampai dengan 6 bulan

Visa Pelajar di Hong Kong

Sebelum kuliah di Hong Kong, Anda diperlukan untuk melengkapi beberapa dokumen sebelum melewati imigrasi Hong Kong, yaitu visa pelajar, paspor, dan surat penerimaan masuk dari universitas (Letter of Acceptance).

Adapun dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi untuk pengajuan pembuatan visa yaitu surat penerimaan dari universitas, pasfoto terbaru, fotokopi paspor, surat yang menyatakan mampu membiayai kuliah (bisa dalam bentuk surat pernyataan bank atau tanggungan beasiswa).

Baca lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa di Hong Kong di sini.

Kehidupan di Hong Kong

Kehidupan di Hong Kong bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan kehidupan di Indonesia. Mungkin ini yang membuat para pelajar asal Indonesia yang kuliah di Hong Kong tidak terlalu merasakan perbedaan drastis.

Penduduk Hong Kong

Penduduk Hong Kong sebagian besar adalah keturunan Tiong Kok (92%) dan sisa 8% lainnya termasuk dalam etnis grup lainnya, dengan porsi etnis Indonesia dan Filipin yang terbesar.

Bahasa Sehari-hari

Bahasa sehari-hari yang sering digunakan adalah bahasa Cantonese. Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar utama di lembaga formal.

Walau memang bila ada di daerah yang didominasi etnis Cina maka mereka akan menggunakan bahasa Mandarin dan Cantonese sebagai bahasa sehari-hari hanya ke sesama etnis mereka.

Transportasi Aman dan Nyaman

Transportasi sehari-hari di Hong Kong terdiri dari kereta listrik, monorel, bis, taksi, mobil, dan sepeda motor. Keamanan dalam berkendara di Hong Kong amatlah terjaga. Namun, kalau dalam masalah berkendara pribadi, masih terdapat problema kemacetan di Hong Kong.

Lingkungan Bersih, Rapi, dan Teratur

Lingkungan di Hong Kong terlihat begitu bersih dan teratur. Perumahan tertata dengan rapi. Di Hong Kong, jumlah pengemis hanya sedikit dan ditindak tegas.

Fasilitas umum terjaga kebersihan dan terawat. Anda pun akan sangat nyaman menikmati kehidupan sambil kuliah di Malaysia.

Banyak Tempat Rekreasi

Hong Kong memiliki banyak sekali tempat untuk berekreasi. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Hong Kong diminati para pelancong dan juga pelajar Internasional. Jenis rekreasi di Hong Kong berbagai jenis seperti, rekreasi alam, modern, historis, dan lainnya.

Universitas unggulan