Gelar Sarjana Akuntansi di Luar Negeri

Akuntansi merupakan salah satu jurusan paling populer yang dipilih calon mahasiswa, baik untuk kuliah di dalam maupun luar negeri.
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Gelar Sarjana Akuntansi di Luar Negeri

Pengenalan ilmu akuntansi biasanya sudah dimulai di bangku SMA. Merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi, pengertian akuntansi mencakup bidang yang luas, tak hanya sekedar tentang mengurus keuangan.

Akuntansi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pencatatan, pengklasifikasian, pengukuran, pengolahan dan penyajian data serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan, sehingga dapat digunakan oleh orang yang berkepentingan untuk mengambil keputusan dan tujuan lainnya. Akuntansi memberikan berbagai informasi mengenai kegiatan keuangan dalam perusahaan maupun instansi yang bisa jadi tolok ukur performa dan juga alat kontrol sebuah perusahaan. Akuntansi digunakan di hampir semua kegiatan bisnis di seluruh dunia, sehingga potensi karir bagi yang mengambil jurusan ini sangatlah besar.

Spesialisasi Akuntansi

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, akuntansi juga mengalami perkembangan cukup pesat yang didukung pertumbuhan ekonomi dunia. Hal ini kemudian memunculkan berbagai bidang spesialisasi akuntansi yang berfokus pada bidang-bidang tertentu.

Berikut 10 bidang spesialisasi akuntansi yang patut diketahui:

  • Akuntansi keuangan (financial accounting)
  • Akuntansi pemeriksaan (auditing)
  • Akuntansi biaya (cost accounting)
  • Akuntansi manajemen (Management accounting)
  • Akuntansi pajak (tax accounting)
  • Akuntansi anggaran (budgeting accounting)
  • Akuntansi internasional (international accounting)
  • Akuntansi lembaga nirlaba (non-profit accounting)
  • Akuntansi pemerintah/sektor publik (government accounting)
  • Sistem akuntansi (Accounting system)

Jika ingin berfokus pada satu bidang spesialisasi akuntansi tertentu, mengambil sertifikasi untuk bidang yang dipilih sangat dianjurkan. Hal ini agar menambah nilai jual diri saat melamar pekerjaan. Beberapa sertifikasi populer untuk akuntansi adalah Certified Public Accountant (CPA), Certified Management Accountant (CMA), Certified Internal Auditor (CIA), Certified Financial Planner (CFP), dan Certified Information Systems Auditor (CISA).

Mengapa Pilih Jurusan Akuntansi?

Dari sekian banyak jurusan yang tersedia untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas, mengapa pilih akuntansi? Well, berikut 4 alasan pilih kuliah jurusan akuntansi yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih jurusan untuk kuliah ke luar negeri.

1. Esensial

Seperti dijelaskan di bagian awal, akuntansi dibutuhkan di hampir semua bisnis di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan / organisasi membutuhkan pengukuran yang tepat terhadap kondisi keuangan sehingga bisa menentukan apakah mendapat laba atau rugi. Oleh karena itu kebutuhan akan akuntan profesional akan selalu meningkat di seluruh dunia.

2. Beragam Peluang Kerja

Lulusan akuntansi memiliki peluang kerja yang lebih beragam. Hampir semua sektor dan industri di dalam dan luar negeri membutuhkan akuntansi dalam proses operasionalnya. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai potensi kerja lulusan akuntansi akan dibahas lebih mendalam di bagian bawah. Keep reading!

3. Dinamis

Akuntansi menawarkan prospek kerja yang dinamis karena tak hanya akan stuck di bidang keuangan perusahaan, lulusan akuntansi juga bisa mencoba profesi lain yang masih berhubungan dengan keuangan, seperti konsultan pajak, financial analyst dan sebagainya. Lulusan akuntansi juga bisa memulai bisnis sendiri.

4. Gaji lebih baik

Untuk urusan gaji, lulusan akuntansi biasanya bisa menikmati gaji yang ‘lebih baik’. Berdasarkan data statistik Biro Tenaga Kerja Amerika, rata-rata gaji seorang akuntan adalah $65.940 per tahun. Jumlah ini bervariasi sesuai dengan bidang, lokasi, pengalaman kerja dan faktor lainnya.

Sedangkan untuk Indonesia, gaji akuntan umumnya di angka 10 juta rupiah dan bisa lebih besar lagi tergantung apakah bekerja di perusahaan swasta, asing maupun pemerintahan. Selain itu, lulusan luar negeri biasanya juga mendapat gaji yang lebih tinggi.

Persyaratan Kuliah Akuntansi di Luar Negeri

Secara umum, persyaratan masuk ke universitas luar negeri yang menawarkan jurusan akuntansi terbagi dalam persyaratan akademis dan kemampuan bahasa. Persyaratan masuk ini bisa berbeda-beda setiap jurusan dan universitas. Oleh karena itu pelajari dahulu persyaratan masuk ke universitas yang dipilih untuk belajar akuntansi untuk menyiapkan diri.

1. Persyaratan akademis

Pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri harus menyelesaikan tingkat pendidikan tertentu, biasanya 12 tahun yang meliputi pendidikan dasar hingga menengah (setara dengan SMA). Kualifikasi internasional seperti A-Level juga bisa membantu ketika ingin kulaih ke luar negeri.

2. Dokumen pendukung

Ijazah, transkrip nilai, surat rekomendasi dan dokumen pendukung lainnya harus dipersiapkan dengan baik karena semua harus ditranslate ke bahasa Inggris atau bahasa pengantar universitas yang dipilih.

3. Kemampuan bahasa

Tergantung negara mana yang dituju, kamu harus menguasai bahasa pengantar yang dipakai di universitas tersebut sebagai salah satu syarat pendaftaran masuk. Jika ingin kuliah ke negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris, seperti Amerika, Australia dan sebagian Eropa, pastikan kamu memiliki sertifikat kemampuan bahasa yang dibutuhkan, yaitu TOEFL dan IELTS. Umumnya, nilai minimal untuk IELTS adalah 6.0 (tergantung universitas dan jurusan), sedangkan untuk TOEFL minimal 500-550 tergantung universitas yang dipilih.

Karakter yang Cocok Kuliah Akuntansi

Setiap orang memiliki karakter masing-masing yang sedikit banyak bisa mendukung kesuksesan selama belajar di luar negeri. Maka dari itu perlu sekali memilih jurusan kuliah berdasarkan minat dan juga karakter agar empat tahun atau bahkan lebih di luar negeri tidak sia-sia.

Secara umum, karakter pelajar yang cocok kuliah akuntansi adalah sebagai berikut:

1. Teliti dan detail

Karena dalam akuntansi kamu akan dihadapkan pada berbagai jenis transaksi dan bagaimana cara pencatatan dan pelaporan yang benar yang melibatkan jumlah uang yang tidak sedikit, kamu dituntut memiliki sifat teliti dan detail.

Salah satu angka saja bisa membuat laporan tidak balance dan harus diulang dari awal. Salah dalam mengelompokkan akun pun bisa membuat laporan berantakan. So, jika kamu orangnya teliti dan sangat memperhatikan detail, akuntansi adalah jurusan yang sesuai.

2. Perfeksionis

Dalam akuntansi kamu akan menganalisa berbagai dokumen, nota, slip dan sebagainya. Angka-angka dalam jurnal maupun neraca semua harus balance dan rapi, sistem perhitungan yang tidak bisa asal-asalan dan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan keuangan membutuhkan sifat perfeksionis yang ingin semua hal dilakukan dengan rapi dan teratur.

3. Menyukai perhitungan matematis

Sudah jelas jika akuntansi memerlukan kemampuan hitung-hitungan matematis dalam menghitung berbagai aspek dalam keuangan bisnis / instansi. Jadi jika kamu menyukai hal yang berbau hitung menghitung, apalagi menghitung uang (meski uangnya tidak kelihatan), jurusan ini cocok untuk kamu.

4. Tertarik dengan ekonomi dan bisnis

Ilmu akuntansi sangat dekat hubungannya dengan ekonomi dan juga bisnis. Jika kamu memiliki ketertarikan dalam dunia bisnis, akuntansi adalah jurusan yang tepat untuk diambil. Kamu akan belajar banyak hal mengenai mengatur keuangan perusahaan, keadaan ekonomi dunia dan masih banyak lainnya.

5. Kritis

Pelajar dengan sifat kritis juga cocok untuk kuliah akuntansi karena dalam banyak hal, misalnya pelaporan maupun perhitungan memerlukan analisa yang baik dan keingintahuan yang tinggi.

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

Seperti disebutkan di awal, lulusan akuntansi memiliki prospek kerja yang baik karena hampir semua jenis usaha memerlukan akuntansi dalam kegiatan operasionalnya. Untuk lulusan akuntansi dari universitas luar negeri bahkan berkesempatan bekerja di perusahaan top dunia seperti Google, Amazon dan banyak lainnya.

Pilihan pekerjaan bagi lulusan akuntansi ada banyak sekali, beberapa di antaranya yang menjadi favorit adalah sebagai berikut:

1. Akuntan Publik

Profesi akuntan publik merupakan akuntan yang bekerja di Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit klien. Kalau di luar negeri profesi ini disebut CPA (Certified Public Accountant) atau sering juga disebut auditor independen. Kantor Akuntan Publik yang menjadi favorit lulusan akuntansi untuk bekerja diantaranya adalah PricewaterhouseCoopers (PwC), Deloitte dan Ernst & Young.

2. Auditor Internal

Bekerja sebagai auditor internal di perusahaan juga menjadi salah satu peluang kerja yang terbuka lebar untuk lulusan akuntansi.Auditor internal bertugas untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan untuk kepentingan manajeman.

3. Akuntan Internal

Sama seperti auditor internal, akuntan internal juga bekerja di suatu perusahaan atau instansi. Tugas yang biasa dikerjakan adalah mencatat dan menyusun laporan keungan untuk keperluan internal perusahaan, menyusun budget, menghitung pajak perusahaan dan sebagainya.

4. Perencana Keuangan

Seiring dengan pertumbuhan golongan menengah dan juga kesejahteraan, profesi perencana keuangan juga semakin populer. Tugasnya adalah memberi saran kepada klien (individu maupun perusahaan) dalam mengatur keuangan dan pendapatan mereka. Dibutuhkan sertifikasi Certified Financial Planner (CFP) untuk meningkatkan kredibilitas kamu di mata calon klien.

5. Konsultan Pajak

Memberikan konsultasi perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan merupakan tugas dari profesi ini. Jasa konsultasi yang biasa diberikan adalah perencanaan pajak, pelayanan pembuatan SPT, review pajak, jasa pendampingan pemeriksaan pajak, restitusi pajak dan sebagainya.

6. Analis Keuangan

Hampir mirip dengan perencana keuangan, profesi analis keuangan juga semakin populer dan dibutuhkan oleh perorangan hingga perusahaan/institusi untuk menerjemahkan informasi keuangan. Dengan begitu mereka bisa mengambil keputusan bisnis yang terbaik untuk kepentingan perusahaan, termasuk investasi untuk perorangan. Dibutuhkan sertifikasi Certified Financial Analyst (CPA) untuk profesi ini.

7. Guru/Dosen Akuntansi

Bagi kamu yang suka dengan dunia mengajar, menjadi guru maupun dosen akuntansi setelah lulus kuliah juga bisa jadi pilihan profesi yang menarik. Selain itu, profesi guru/dosen bisa dijadikan pekerjaan sampingan, misalnya hanya dilakukan saat weekend sementara saat weekday bekerja di kantor.

Universitas Terbaik untuk Kuliah Akuntansi

Berminat untuk kuliah akuntansi di luar negeri? Pastikan kamu memilih universitas yang memiliki reputasi baik untuk jurusan akuntansinya untuk mengembangkan diri dan mendapat kesempatan eskposur lebih tinggi untuk bekerja di perusahaan kelas dunia.

Dilansir dari QS World University Rankings 2018 berikut ini adalah top 10 universitas terbaik di dunia untuk jurusan akuntansi dan keuangan.

  1. Harvard University
  2. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
  3. Stanford University
  4. University of Oxford
  5. London School of Economics and Political Science (LSE)
  6. University of Pennsylvania
  7. University of Chicago
  8. University of Cambridge
  9. University of California, Berkeley (UCB)
  10. The University of Melbourne

Sementara itu, dari website yang sama, berikut top 10 universitas terbaik di Asia untuk jurusan akuntansi dan keuangan di tahun 2018.

  1. The Hong Kong University of Science and Technology
  2. National University of Singapore (NUS)
  3. Nanyang Technological University (NTU) di Singapura
  4. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)
  5. The University of Hong Kong
  6. Peking University
  7. Tsinghua University
  8. Seoul National University
  9. The University of Tokyo
  10. Korea University

Bagaimana? Apakah kamu sudah ada gambaran ingin kuliah akuntansi di universitas / negara mana? Jangan ragu untuk hubungi EasyUni jika ada pertanyaan seputar kuliah di luar negeri ya!