Cara Mendapatkan Visa Pelajar di Malaysia, Khususnya Untuk Pelajar Indonesia.

kuliah di Malysia

Berencana kuliah di Malaysia? Bingung cara mendapatkan Visa Pelajar? Buat kamu yang lagi cari tahu tentang cara mendapatkan Visa Pelajar di Malaysia, mungkin artikel ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di pikiran kamu. Yuk kita bahas secara ringkas 6 cara mendapatkan Visa dan Student Pass di Malaysia.

1. Mengirim Formulir Pendaftaran.

Kamu harus mengirimkan formulir aplikasi serta dokumen-dokumen yang relevan untuk mendapatkan Student Pass dengan Universitas yang memiliki izin resmi dari Ministry of Home Affairs (Malaysia Immigration Department) untuk merekrut mahasiswa internasional. Beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan, yaitu:

  • Surat dari Universitas yang menyatakan bahwa kamu sudah diterima.
  • 2 foto kopi paspor / dokumen perjalanan.
  • 3 pas foto ukuran foto paspor (3cm x 4cm).
  • Surat pernyataan kesanggupan secara finansial.
  • Surat cek kesehatan.

2. Memohon Student Pass.

Setelah permohonan aplikasi kamu diterima, pihak Universitas akan membantu kamu untuk memohon Student Pass di Malaysian Immigration Department di Malaysia sebelum kedatangan kamu. Untuk menjamin bahwa kamu memenuhi semua persyaratan imigrasi (Personal Bond), kamu perlu membayar RM500 untuk Personal Bond kamu (beda negara beda harga yang harus di bayar, maks. RM1500). Permohonan Visa diperkirakan akan selesai dalam waktu 2 minggu dari waktu surat permohonan diberikan.

3. Approval Letter.

Surat pernyataan (Approval Letter) bahwa kamu telah diterima akan dikeluarkan oleh Malaysian Immigration Department dan akan diberikan kepada pihak Universitas kamu. Setelah itu, pihak Universitas akan mengirimkan Approval Letter kepada kamu sewaktu kamu masih di Indonesia.

4. Sebelum ke Malaysia.

Sebelum berangkat ke Malaysia, kamu harus memberitahu port of entry (airport), flight number, arrival date and time ke Universitas kamu.

5. Sampai di Malaysia.

Sesampainya kamu di bandara Malaysia, perwakilan dari Universitas kamu akan menjemput kamu di Imigration Check-point di Bandara Malaysia. Visa akan diberikan kepada kamu dalam bentuk dukungan pada paspor kamu yang masih berlaku. Special Pass akan diterbitkan juga untuk mengacu pada State Immigration Department terdekat untuk asuransi Student Pass kamu.

6. Student Pass Sticker.

Dalam jangka waktu 2 minggu dari kedatangan kamu, Universitas kamu akan menyerahkan paspor kamu ke Immigration Department untuk menempelkan stiker Student Pass. Proses ini biasanya membutuhkan 6-8 minggu.

Buat kamu yang masih bingung setelah baca artikel ini, jangan khawatir apalagi sampai tidak jadi kuliah di Malaysia gara-gara prosesnya yang ribet. Kaunselor kami siap membantu dan menjawab semua persoalan kamu tentang kuliah di luar negeri. Informasi lebih lanjut klik gambar di bawah ini atau akses langsung ke www.easyuni.co.id

easyuni

Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Kuliah di Luar Negeri, Tips & saran

Bagikan ini