Soekarno: Bapak Proklamator Indonesia!

Biografi Singkat Soekarno.

soekarno muda

Sumber: inddit.com

Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dengan nama asli Kusno Sosrodihardjo. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, dan Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai yang berasal dari Buleleng, Bali. Soekarno kecil sering sakit-sakitan dan menurut tradisi Jawa, orang tuanya mengganti namanya menjadi Soekarno. Di usianya yang ke-14 tahun, Soekarno bersekolah di Hoogere Burger School (H.B.S), Surabaya dan tinggal bersama teman ayahnya yang bernama Oemar Said Tjokroaminoto. Tamat pada tahun 1920, Soekarno melanjutkan pendidikannya ke Technische Hoge School (sekarang ITB), Bandung.

Perjuangan Soekarno Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

soekarno

Sumber: sp.beritasatu.com

Soekarno muda mendirikan Algemene Studie Club di Bandung pada tahun 1926 yang setahun kemudian menjadi Partai Nasional Indonesia (PNI). Akibat tindakannya ini, Soekarno ditangkap oleh Belanda pada tahun 1929 dan dibebaskan kembali pada tahun 1931. Pada bulan Juli 1932, Soekarno bergabung dengan Partai Indonesia yang merupakan pecahan dari PNI dan akibatnya Soekarno kembali ditangkap pada bulan Agustus 1933 dan diasingkan ke Flores. Dan pada tahun 1938 – 1942, Soekarno diasingkan ke provinsi Bengkulu sampai masa penjajahan Jepang selesai di tahun 1942.

Pada tahun 1943, Soekarno bersama Mohammad Hatta dan Ki Bagoes Hadikoesoemo diundang ke Jepang dan mereka menerima bintang kekaisaran (Ratna Suci) dari Kaisar Hirohito sendiri. Kejadian ini pun membuat pemerintah Jepang terkejut, pasalnya dengan pemberian bintang kekaisaran berarti tokoh Indonesia tersebut dianggap seperti keluarga Kaisar Jepang sendiri.

soekarno

 

Sumber: bio.or.id

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945. Tujuan dari Dokuritsu Junbi Cosakai (BPUPKI dalam Bahasa Jepang) ini bermaksud untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang penting yang berkaitan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembentukan Negara Indonesia Merdeka. Pada tanggal 16 Agustus 1945, terjadilah peristiwa Rengasdengklok, dimana Soekarno dan Hatta didesak oleh para pemuda untuk segeran mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia. Keesokan harinya Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 pada pukul 10.00 pagi.

Prestasi Ir. Soekarno.

soekarno

Sumber: bio.or.id

Dengan masa jabatan 21 tahun (18 Agustus 1945 – 12 Maret 1967), tentu banyak prestasi dan pencapaian yang dihasilkan oleh Soekarno. Sebelum beliau menjabat sebagai Presiden RI, beliau sudah menggagas dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Lahirnya Pancasila adalah salah satu bukti dari visi Bung Karno tentang pentingnya dasar negara yang ditetapkan pada tanggal 1 Juni 1945.

Pada tanggal 18-25 April 1955, Soekarno berhasil membawa Indonesia dalam menyelenggarakan Konfrensi Asia Afrika di Bandung dengan 28 negara lainnya. Hasil terpenting dari sidang ini adalah menghormati hak-hak dasar manusia seperti yang tercantum di piagam PBB, menghormati kedaulatan dan integritas semua bangsa, menghormati dan menghargai perbedaan ras serta mengakui persamaan semua ras dan bangsa di dunia, dan tidak ikut campur dan intervensi persoalan negara lain. 30 september 1960 Soekarno mengingatkan pembebasan Irian Barat dan direalisasikan dengan Trikora. 14 Januari 1999 mendapat tanda penghargaan lencana tugas kencana, sebagian dari sederet gelar lainya, termasuk 27 gelar doktor kehormatan.

Di tahun ini, logo 71 tahun Indonesia merdeka pun mempunyai makna yang penting. Seperti yang tercantum di bawah ini.

logo 71 tahun indonesia

Sumber: www.psmk.kemdikbud.go.id

"Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia!" -Ir Soekarno. Dirgahayu Indonesia yang ke 71 tahun!

Diposting pada 09 Okt 2017
Berita, Tips & saran

Bagikan ini