Bachelor of Engineering (Mechanical)

Course overview

Statistics
Qualification Sarjana (S1)
Study mode Full-time
Durasi 4 years
Intakes Maret
Tuition (Local students) Rp 42.130.328
Tuition (Foreign students) Rp 217.446.857
Advertisement

Admissions

Intakes

Fees

Tuition

Rp 42.130.328
Local students
Rp 217.446.857
Foreign students

Estimated cost as reported by the Institution.

Application

Data not available
Local students
Data not available
Foreign students

Student Visa

Data not available
Foreign students

Every effort has been made to ensure that information contained in this website is correct. Changes to any aspects of the programmes may be made from time to time due to unforeseeable circumstances beyond our control and the Institution and EasyUni reserve the right to make amendments to any information contained in this website without prior notice. The Institution and EasyUni accept no liability for any loss or damage arising from any use or misuse of or reliance on any information contained in this website.

Entry Requirements

Berikut kriteria syarat masuk:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7-9
  • Ijazah D3 dengan IPK minimum 2.5

Syarat bahasa inggris:

  • Nilai TOEFL tidak kurang dari 500 atau TOEFL IBT > 59
  • Nilai IELTS minimal 5.5 (Akademik)
  • Nilai TEEP minimal 5.5 (UTMSPACE)

Curriculum

Subyek mendasar seorang Teknik Mekanis membentuk inti dari studi teknik di Fakultas Teknik Mesin. Mahasiswa yang ingin mengambil spesialisasi dalam bidang tertentu harus mengambil mata pelajaran pilihan tambahan. Subyek mendasar yang ditawarkan adalah:

Applied Mechanics

Mekanika Terapan adalah bidang ilmu yang mempelajari tubuh stasioner atau gerak tubuh ketika mengalami kekuatan eksternal. Bidang ini dapat dibagi menjadi tiga bidang:

  • Mekanik Material dan Struktur
  • Mekanika Mesin
  • Kontrol dan instrumentasi

Thermodynamics

Termodinamika diajarkan pada dua tingkat - dasar dan terapan. Di tingkat dasar, fokus diberikan kepada pemahaman tentang konsep sistem, panas, kerja serta sifat material dalam hubungannya dengan panas dan kerja, dan pengaruh mereka pada sistem termodinamika tertentu. Tingkat kedua melibatkan penerapan teori berdasarkan hukum termodinamika dalam mempelajari dan menganalisis perangkat utama. Fokus pada metode menghasilkan panas dan listrik, minimalisasi penggunaan bahan bakar, efisiensi, dan parameter lainnya. Termodinamika adalah bidang penting, sangat diperlukan di beberapa sektor industri seperti pembangkit listrik, kimia minyak bumi, otomotif dan pemeliharaan gedung. Ini adalah subjek yang terlibat langsung dalam penghematan energi pembangkit / energi, desain mesin yang berbeda, dan sistem pendukung dengan kemampuan tinggi dan efektivitas biaya. Contoh mata pelajaran tambahan elektif di Termodinamika adalah:

  • Pemanfaatan energi
  • AC
  • Mesin pembakaran internal
  • Perpindahan panas
  • Teknologi Pembangkit Listrik

Fluid Mechanics

Ini adalah bidang studi yang menyangkut dengan: sifat fluida, permukaan kekuatan hidrostatik (contoh: gerbang bendungan, waduk, tekanan dan pengukuran aliran, desain sistem perpipaan, potensi aliran dan lapisan batas) untuk menentukan jenis aliran dan kekuatan yang dihasilkan, pompa, dan turbin. Prinsip-prinsip yang diterapkan meliputi hukum Newton, hukum termodinamika dan pengetahuan dasar dalam Matematika (seperti integrasi, diferensiasi dan operasi matematika standar). Ruang lingkup penelitian didasarkan pada aplikasi di bidang teknik. Contoh mata pelajaran pilihan:

  • Turbo-Mesin
  • Hidrolik dan pneumatik Sistem
  • Komputasi Dinamika Fluida (CFD)

Machine Design

Desain Mesin dimulai dengan Teknik Menggambar, metode untuk komunikasi rekayasa. Ini berlanjut dengan desain Komponen Mesin, memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh dari studi di Mekanika Rekayasa dan Bahan. Kombinasi Mesin Desain dan Desain Industri dapat menghasilkan dimodifikasi atau baru desain yang memenuhi kebutuhan konsumen, mudah digunakan dan terlihat menarik.

System Design
Desain sistem, melalui kreativitas, menggabungkan pengetahuan Sains, Matematika, Teknik, Desain, dan Teknologi serta aspek sosial untuk solusi terbaik untuk masalah. Teori-teori yang telah dipelajari akan digunakan untuk menghasilkan produk atau mesin desain. hal ini akan memberikan informasi, metode, dan pelatihan untuk sarjana dalam pemahaman dan pelaksanaan proses desain dengan mempertimbangkan fisik, teknologi, manufaktur, faktor biaya serta lingkungan sosial.

Material Science and Materials Technology
Subjek ini penting untuk insinyur karena memberikan pengetahuan dasar tentang bahan rekayasa seperti logam, polimer, keramik dan komposit sehingga bahan yang tepat dapat dipilih untuk desain tertentu atau produk. hal ini berkaitan struktur dengan sifat bahan sehingga perilaku bahan dapat dipahami lebih baik

 

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison