Kuliah Jurusan Perfilman & Televisi

Selalu ingin menjadi sutradara? Membuat mahakarya yang menayangkan sebuah cerita melalui alurmu sendiri?
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah perfilman dan sinematografi

Perkenalan
Apa itu jurusan Perfilman & Sinematografi
Spesialisasi jurusan Perfilman & Sinematografi
Alasan kuliah jurusan Perfilman & Sinematografi
Yang dipelajari dalam Perfilman & Sinematografi
Keterampilan yang diperlukan
Universitas Perfilman & Sinematografi terbaik di dunia
Prospek kerja dan gaji lulusan Perfilman & Sinematografi
Durasi kuliah Perfilman & Sinematografi
Persyaratan kuliah Perfilman & Sinematografi
Biaya kuliah Perfilman & Sinematografi
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Film dan acara TV merupakan bagian dari kehidupan masyarakat modern. Sebagai masyarakat yang hidup di era informasi, kita semua pasti pernah merasakan menyaksikan film atau acara TV sebagai sarana hiburan.

Sejalan dengan perkembangan budaya modern dan media, film dan acara TV menjadi semakin diminati.

Seiring berkembangnya teknologi informasi, saat ini banyak bermunculan sarana hiburan online yang menyajikan berbagai film dan acara TV online seperti Netflix, Iflix, dan masih banyak lagi.

 

Seperti Apa Kuliah Perfilman dan Sinematografi?

apa saja yang dipelajari anak jurusan perfilman

Ilmu studi perfilman dan sinematografi amatlah luas. 

Mulai dari pengarahan kamera hingga directing, dari penulisan naskah skrip dan screenplays hingga pencayahaan diatas panggung, terdapat banyak pekerjaan yang ditawarkan untuk gelar studi perfilman.

Kalau anda memilih untuk mengambil kuliah perfilman dan televisi, kebanyakkan program kuliahnya akan mewajibkan anda untuk mengambil satu fokus area. 

Jurusan dalam ilmu perfilman dapat mengajarkan anda hal-hal mengenai pengembangan teknologi dalam ruang biosokop, screenwriting dan box office international. Anda biasanya akan mengambil konsentrasi yang mencakup analisa film, screenwriting, bioskop dan perfilman dunia dan pertunjukkan. 

Melalui sarana penyajian film dan acara TV yang semakin berkembang, perusahaan-perusahaan yang memproduksi film dan acara TV kini menikmati keuntungan yang semakin berlipat. Seiring berkembangnya industri ini, kebutuhan akan sumber daya di bidang perfilman dan pertelevisian semakin meningkat juga.

Apabila anda hendak menempuh karir sebagai pembuat film atau acara TV, maka kuliah di jurusan perfilman dan pertelevisian di luar negeri dapat menjadi pilihan yang tepat.

Umumnya, lulusan jurusan perfilman dan pertelevisian dari luar negeri dapat berkarya di studio perfilman atau pertelevisian internasional serta menikmati penghasilan yang sangat tinggi.

 

Apa Saja Spesialisasi Dalam Bidang Perfilman dan Perbedaannya?

kuliah perfilman di kampus terbaik di dunia

Berikut adalah 4 bidang konsentrasi yang ditawarkan dalam bidang perfilman dan televisi:

1. Produksi Film

Dalam produksi perfilman, anda dapat belajar mengenai perlengkapan teknis, seperti cara beroperasi dan memegang kamera, pengetahuan dasar (basic) mengenai pencahayaan dan suara beserta software editing. 

Anda juga akan belajar desain grafis dan cara mengedit dan memperbaiki foto, menulis yang bertujuan untuk produksi dan perencanaan sebuah film.

Mahasiswa di jurusan ini juga akan belajar tentang komponen teori yang mengkomposisikan sebuah film yang bagus. 

2. Film Studies

Ilmu Perfilman atau Film Studies dapat dikenal sebagai Ilmu Media dan Biosko (Cinema and Media Studies).

Anda tidak akan bekerja dengan perlengkapan teknis atau mensyuting video, ilmu ini lebih menjurus ke eksplorasi dan pemahaman mengenai film klasik.

Mahasiswa akan menonton dan mendiskusikan banyak film yang terkenal dan menulis riset mengenai hal yang signifikan dan bagaimana hal tersebut menyerupai dan memberi dampak terhadap masyarakat secara sosial dan politik. 

3. Komunikasi Massa

Berbeda dengan jurusan Perfilman, Komunikasi Massa bercondong terhadap berita, bukan storytelling secara kreatif.

Komunikasi massa akan menelusuri cara mencari bahan berita, sejarah dan dampaknya kepada masyarakat. Mahasiswa akan belajar bagaimana cara menulis koran, majalah, website dan TV. Selain itu, pembelajaran dasar mengenai kameran dan studio produksi pertelevisian juga bagian dari jurusan ini.

Baca juga mengenai kuliah jurusan Komunikasi Massa dan Media.  

4. Animasi

Kalau anda suka menggambar, baik secara pensil atau digital, maka animasi mungkin adalah jurusan yang menarik.

Sama halnya dengan jurusan produksi film, program animasi akan mengajarkan anda ilmu dasar mengenai perfilman beserta dengan kelas yang mengajarkan keterampilan dalam perencanaan, software editing, software animasi, dan script writing. 

Modul dalam jurusan animasi mencakup pembuatan model 3D (3 dimensi), animasi karakter digital, menggambar, sejarah animasi, media interaktif, pengantar ke perfilman dan video, sound design, dan pembuatan storyboard. 

Baca juga mengenai kuliah jurusan Seni Kreatif dan Desain.

 

Mengapa Kuliah Perfilman dan Sinematografi?

apakah kuliah perfilman mahal?

Berikut beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah jurusan Perfilman dan Pertelevisian di luar negeri:

1. Kesuksesan Banyak Studio Film dan Acara TV Internasional

Pada tahun 2018, film box office global sukses meraih 96,8 milyar USD dari seluruh dunia. Sementara acara TV memang mengalami pengurangan pemirsa sejak era internet, namun acara TV streaming dari internet makin banyak digemari.

 Apabila anda berminat melanjutkan kuliah di bidang Perfilman dan Pertelevisian di luar negeri, anda dapat turut serta menjadi bagian dalam dunia bisnis Perfilman dan Pertelevisian internasional yang akan sangat menguntungkan bagi anda.

2. Beragam Pilihan Universitas dan Akademi di Bidang Perfilman dan Pertelevisian

Terdapat berbagai macam pilihan universitas dan akademi di bidang Perfilman dan Pertelevisian di luar negeri. Beberapa yang terbaik di antaranya adalah Boston University dan Ithaca College di Amerika Serikat.

Di antara banyaknya pilihan universitas dan akademi yang menyediakan jurusan Perfilman dan Pertelevisian di dunia, anda dapat memilih jurusan Perfilman dan Pertelevisian yang sesuai dengan kebutuhan personal dan profesional anda.

3. Prospek Kerja Internasional yang Menjanjikan

Lulusan jurusan perfilman dan pertelevisian dapat menempuh karir berpenghasilan tinggi dalam industri film dan TV. Beberapa prospek kerja berpenghasilan tinggi tersebut di antaranya editor film atau acara TV, sutradara, penulis skenario, serta produser.

Apabila anda merasa memiliki bakat lebih, bukan tidak mungkin anda akan dapat direkrut sebagai aktor atau artis dengan penghasilan yang lebih fantastis lagi.

4. Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di luar negeri telah diakui oleh berbagai akreditor dari seluruh dunia maupun internasional.

Lulusan jurusan Perfilman dan Pertelevisian dari luar negeri telah diakui oleh berbagai perusahaan dan institusi di bidang Perfilman dan Pertelevisian dengan jenjang karir internasional.

Baca juga: 

 

Apa Saja yang Akan Dipelajari Kuliah Perfilman dan Sinematografi?

apa saja dalam kuliah perfilman dan sinematografi

Di jurusan perfilman dan pertelevisian, anda akan mempelajari berbagai hal terkait dengan pembuatan acara film dan TV, mulai dari produksi film dan acara TV, penulisan skenario, hingga manajemen industri film dan TV.

Mata kuliah yang akan anda ambil bervariasi, tergantung pada spesialisasi jurusan perfilman dan pertelevisian yang akan anda tempuh.

Contoh beberapa mata kuliah yang akan anda pelajari pada jurusan perfilman dan pertelevisian yang dapat anda temukan di universitas terbaik dunia di antaranya:

Tahun Pertama

  • Kritik Film dan Acara TV
  • Sejarah Film dan Pertelevisian
  • Budaya Visual
  • Teori Gambar Bergerak

Tahun Kedua hingga Akhir

  • Sinema Hollywood
  • Sinema Nasional
  • Sinema Bisu
  • Audio Visual
  • Estetika Film dan Acara TV
  • Produksi Film/Acara TV
  • Postmodernisme dalam Film/Acara TV
  • Penulisan Skenario
  • Genre Film
  • Karya Akhir (Final Year Project)

 

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah Perfilman dan Sinematografi?

keterampilan yang diperlukan kuliah perfilman dan sinematografi

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan Perfilman dan Pertelevisian:

1. Kreatif dan Imajinatif

Bidang perfilman dan pertelevisian menuntut anda untuk kreatif serta mampu mengembangkan imajinasi. Hal ini penting agar film atau acara TV yang anda hasilkan menjadi karya yang orisinil dan dapat diterima oleh masyarakat luas.

Untuk bekerja di bidang Perfilman dan Pertelevisian, anda perlu membiasakan untuk berpikir out of the box. Banyak film dan acara TV yang sukses meraup banyak keuntungan terinspirasi dari hal-hal yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.

 2. Mampu Menghadapi Tekanan

Karir di bidang perfilman dan pertelevisian bisa jadi sangat menyenangkan, namun anda akan sering menjumpai pekerjaan dengan tenggat waktu yang sangat ketat. Untuk itu, anda perlu mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan deadline.

Selain itu, anda akan banyak menghadapi tekanan dan kritik terhadap film dan acara TV yang anda buat. Oleh karena itu, diperlukan mental yang tahan banting apabila anda berminat untuk bekerja di bidang Perfilman dan Pertelevisian.

3. Mampu Bekerja dalam Tim

Film dan acara TV biasanya dibuat oleh suatu tim produksi dengan tugas dan pekerjaan yang berbeda-beda. Setiap anggota tim akan mengerjakan hal yang berbeda.

Untuk itu, anda perlu mampu mengkoordinasikan pekerjaan yang anda buat dengan pekerjaan rekan tim anda. Anda perlu memahami pekerjaan yang berada di luar tanggung jawab anda sebagai satu kesatuan dengan pekerjaan yang anda sendiri kerjakan.

4. Dinamis, Aktif, dan Mampu Berinisiatif

Perkuliahan di bidang perfilman dan pertelevisian akan menuntut anda untuk menjadi pribadi yang dinamis dan aktif. Hal ini dikarenakan studio TV atau film akan menjadi sangat sibuk dalam proses produksi. 

Hal penting lainnya dalam karir di bidang perfilman dan pertelevisian adalah mampu mengambil inisiatif. Pekerjaan di tingkat detil dalam produksi acara TV atau film sangatlah banyak dan kadang inisiatif akan dibutuhkan untuk mengambil alih pekerjaan yang perlu keputusan cepat.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan perfilman dan pertelevisian.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan perfilman dan pertelevisian serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

 

Apa Saja Universitas Terbaik di Luar Negeri yang Menawarkan Kuliah Perfilman dan Sinematografi?

universitas terbaik jurusan perfilman dan sinematografi

Banyak universitas berkualitas internasional yang dapat anda pilih di luar negeri jika hendak kuliah di jurusan Perfilman dan Pertelevisian. Berikut daftar 10 universitas terbaik di dunia di bidang perfilman dan pertelevisian:

Universitas

Lokasi

American Film Institute

Amerika Serikat

University of Southern California

Amerika Serikat

Beijing Film Academy

China

New York University, Tisch School of the Arts

Amerika Serikat

University of California Los Angeles

Amerika Serikat

California Institute of the Arts

Amerika Serikat

The Film and TV School of the Academy of Performing Arts in Prague

Ceko

Columbia University School of the Arts

Amerika Serikat

Wesleyan University

Amerika Serikat

The National Film and Television School

Inggris

Beberapa negara favorit di dunia lainnya yang secara umum menjadi negara tujuan untuk melanjutkan kuliah pada jurusan Perfilman dan Pertelevisian di antaranya:

1. Belanda

2. Australia

3. Hong Kong

4. Denmark

5. Norwegia

6. Jepang

7. Finlandia

8. Taiwan

9. Swedia

10. Korea Selatan

 

Bagaimana Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Kuliah Perfilman dan Sinematografi?

sekolah khusus untuk perfilman dan sinematografi

Prospek karir utama lulusan jurusan Perfilman dan Pertelevisian terletak di bidang perancangan pakaian dan perhiasan serta manajemen bisnis Perfilman dan Pertelevisian. Setelah lulus, anda dapat memilih berbagai jenis karir profesional di bidang tersebut, bergantung pada spesialisasi jurusan yang anda pilih.

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan Perfilman dan Pertelevisian di antaranya:

  • Presenter broadcast
  • Direktor film
  • Editor acara TV/film
  • Operator kamera
  • Produser film
  • Produser acara TV
  • Koordinator produksi

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan perfilman dan pertelevisian di Amerika Serikat umumnya sangat tinggi, bergantung pada bidang pekerjaannya.

Sebagai contoh, berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan perfilman dan pertelevisian di Amerika Serikat beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Presenter broadcast

26,000 - 103,000 USD per tahun

Direktor film

32,000 - 126,000 USD per tahun

Editor acara TV/film

30,000 - 77,000 USD per tahun

Operator kamera

23,000 - 101,000 USD per tahun

Produser film/acara TV

39,000 - 130,000 USD per tahun

 

Berapa Lama Durasi Kuliah Perfilman dan Sinematografi?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan Perfilman dan Pertelevisian di luar negeri ditentukan oleh jenjang kuliah yang anda ambil.

Foundation

1 tahun

Associate Degree Program

1-2 tahun

Sarjana (S1)

3 tahun

Magister (S2)

1 tahun

 

Bagaimana Persyaratan Masuk Universitas untuk Kuliah Perfilman dan Pertelevisian?

Masing-masing universitas di bidang Perfilman dan Pertelevisian di dunia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan Perfilman dan Pertelevisian.

Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas yang terdapat di berbagai negara di dunia.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA/IPS)

IELTS

Minimal 6.0 - 6.5 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.5 - 7.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Perfilman dan Pertelevisian di Luar Negeri?

Biaya kuliah di luar negeri bervariasi, bergantung pada negara, universitas, dan jurusan yang dipilih.

Perkiraan biaya kuliah rata-rata per tahun untuk jurusan perfilman dan pertelevisian di beberapa universitas terbaik di dunia di antaranya sebagai berikut:

American Film Institute

USD 38,416

University of Southern California

USD 42,000

Beijing Film Academy

USD 7,905

New York University, Tisch School of the Arts

USD 45,674

University of California Los Angeles

USD 35,720

California Institute of the Arts

USD 37,684

The Film and TV School of the Academy of Performing Arts in Prague

USD 45,674

Columbia University School of the Arts

USD 50,873

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri bergantung dari negara dan kota tempat universitas berada.


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Untuk menjadi seorang pembuat film atau acara TV ternama, bukankah tidak dibutuhkan gelar universitas?

Memang banyak pembuat film atau acara TV ternama yang tidak memiliki gelar universitas.

Akan tetapi, memiliki gelar universitas di bidang perfilman dan pertelevisian akan membantu anda memperoleh pengakuan dari berbagai studio film dan TV berkelas internasional dan mempercepat karir anda di bidang perfilman dan pertelevisian.

2. Seberapa berat menempuh perkuliahan di jurusan perfilman dan pertelevisian?

Sebagaimana jurusan lainnya, dosen jurusan perfilman dan pertelevisian umumnya akan membiarkan anda lebih banyak belajar sendiri. Anda akan dituntut lebih aktif untuk mencari bahan dan materi kuliah sendiri.

Jurusan perfilman dan pertelevisian biasanya hanya akan menerima mahasiswa yang benar-benar berbakat seni dan berjiwa kreatif. Untuk itu, perkuliahan tidak akan terlalu berat apabila anda menikmati prosesnya.

3. Bagaimana menyiapkan diri saya untuk kuliah di jurusan perfilman dan pertelevisian?

Mengasah kreativitas dan kemampuan seni anda, terutama terkait dengan penggunaan perangkat lunak untuk seni dan desain. Menambah wawasan anda mengenai budaya populer melalui buku dan film juga akan banyak membantu.

4. Bagaimana cara memilih kampus yang baik untuk kuliah di jurusan Perfilman dan Pertelevisian?

Anda sebaiknya memilih kampus yang anda rasa cocok dengan diri anda. Beberapa faktor yang dapat anda pertimbangkan di antaranya lingkungan kampus, lokasinya, dan harganya.

Anda mungkin dapat mempertimbangkan banyak sekolah perfilman dan pertelevisian di dunia yang tidak termasuk dalam top 10.

Berbagai informasi mengenai sekolah perfilman dan pertelevisian di dunia dapat anda peroleh secara bebas di internet. Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan perfilman dan pertelevisian di dunia yang sesuai bagi anda.

Jika anda sudah membulatkan tekad untuk melanjutkan kuliah pada jurusan perfilman dan pertelevisian di luar negeri, anda dapat langsung menyiapkan dokumen dan persyaratan untuk proses pendaftaran mulai dari sekarang.

Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan seperti EasyUni!

You might be interested in...