Kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri

Minat Kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri? Ini Panduannya!
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Perkenalan
Apa itu jurusan Kedokteran Gigi?
Alasan kuliah jurusan Kedokteran Gigi
Yang dipelajari dalam jurusan Kedokteran Gigi
Syarat masuk universitas jurusan Kedokteran Gigi
Prospek kerja lulusan Kedokteran Gigi
Prospek gaji lulusan Kedokteran Gigi
Karakter yang cocok untuk jurusan Kedokteran Gigi
Spesialisasi dalam jurusan Kedokteran Gigi
Universitas terbaik di luar negeri Kedokteran Gigi

 

Tertarik untuk menjadi seorang dokter gigi di masa depan? Kuliah jurusan Kedokteran Gigi adalah jalan yang harus Anda jalani.

Apabila Anda memiliki ketertarikan untuk kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri maka Anda bisa memilih Irlandia sebagai negara tujuan.

Ada beberapa alasan kuat mengapa kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri adalah keputusan yang tepat.

Baca terus panduan kuliah jurusan Kedokteran Gigi di luar negeri ini untuk menemukan beberapa informasi penting dan bermanfaat.

Temukan apa itu ilmu Kedokteran Gigi, keunggulan kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri, biaya kuliah, persyaratan masuk kuliah, spesialisasi jurusan, mata kuliah, prospek karir, tempat kuliah terbaik, dan informasi lainnya yang terkait.

 

Apa Itu Ilmu Kedokteran Gigi?

kuliah kedokteran gigi

Ilmu Kedokteran Gigi adalah ilmu kedokteran yang mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan dengan kesehatan gigi, gusi, dan mulut.

Sebenarnya, cakupan ilmu Kedokteran Gigi tidak hanya tentang kondisi kesehatan saja melainkan juga meliputi aspek estetika atau keindahan pada gigi, gusi, dan mulut.

Anda akan belajar tentang cara mendiagnosis masalah kesehatan yang ada di dalam mulut dan gigi pasien.

Anda juga akan belajar cara mencari solusi yang tepat atas masalah kesehatan yang terjadi pada gigi pasien. Ilmu Kedokteran Gigi sangat berkaitan dengan syaraf yang ada di leher dan kepala.

Jadi, Anda pun akan belajar tentang pengaruh kondisi gigi dan tindakan terhadap leher dan kepala. Anda harus memiliki ingatan yang kuat karena program studi Kedokteran Gigi harus menghafal banyak hal.

Baca juga panduan kuliah jurusan Kedokteran dan Kesehatan di luar negeri disini.

 

Mengapa kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri?

Program studi Kedokteran Gigi di luar negeri cukup banyak menarik perhatian para pelajar Indonesia, termasuk Anda kan? Ini adalah hal yang lumrah.

Salah satu negara yang tepat untuk dijadikan destinasi kuliah jurusan Kedokteran Gigi adalah di luar negeri.

Ada beberapa alasan kuat mengapa kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri merupakan keputusan tepat.

Ingin tahu apa saja alasannya? Langsung saja, berikut ini adalah beberapa alasan kuat mengapa sebaiknya Anda memilih kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri:

1. Mendapatkan pendidikan berkualitas

Program studi Kedokteran Gigi di luar negeri telah memberikan kepuasan tersendiri bagi para pelajarnya. Hal ini dikarenakan kualitas pendidikan yang didapatkan cukup bermutu tinggi.

Berbagai universitas di luar negeri yang menyediakan jurusan Kedokteran Gigi telah memiliki komitmen untuk memberikan pengajaran dan layanan pendidikan berkualitas tinggi. 

Kurikulum pendidikan dan mata kuliah telah dirancang agar para pelajar siap menghadapi dunia karir dengan baik. Berbagai penelitian banyak dilakukan dan dimasukkan ke dalam materi-materi kuliah.

Para pengajar merupakan para ahli dan juga para peneliti sehingga tetap mengikuti informasi ilmiah terkini. Para pelajar akan diajarkan sesuai bukti ilmiah yang juga didukung dengan teknologi mutakhir. 

Baca juga: Kamu Kepikiran Untuk Kuliah di Luar Negeri?

2. Sistem pendidikan berbasis praktik

Para pelajar yang memilih kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri akan diajar dengan menggunakan metode praktik yang lebih intensif dibanding secara teoritis. Ini merupakan hal penting karena dunia karir para lulusan Kedokteran Gigi adalah berbasis praktik.

Anda akan melakukan banyak praktik di berbagai rumah sakit dan klinik yang telah bekerja sama dengan kampus. Para lulusan pun akan memiliki bekal pengalaman klinis yang mumpuni.

3. Berpengalaman mencetak lulusan yang sukses

Universitas-universitas di luar negeri memiliki jam terbang yang tinggi dan pengalaman yang kaya sehingga mampu melahirkan banyak lulusan Kedokteran Gigi yang sukses baik pada tingkat Nasional maupun Internasional.

Banyak praktisi kesehatan atau kedokteran gigi dan para profesional di bidang kesehatan mulut yang merupakan lulusan dari kampus luar negeri. Inilah mengapa banyak pelajar asal Indonesia yang memutuskan untuk kuliah di luar negeri.

4. Memiliki akreditasi

asosiasi kedokteran gigi Amerika

Para lulusan kuliah jurusan Kedokteran Gigi dari kampus-kampus di luar negeri telah memiliki reputasi positif dan kredibilitas tinggi di mata perusahaan atau lembaga kesehatan yang ada di berbagai belahan dunia.

Salah satu hal yang menjadi penyebabnya adalah adanya akreditasi yang dimiliki oleh kebanyakan universitas di luar negeri.

Ada banyak universitas di luar negeri yang menawarkan program studi Kedokteran Gigi telah memiliki akreditasi oleh berbagai asosiasi dan lembaga resmi perserikatan kedokteran gigi di negara masing-masing. 

Selain itu, para lulusan juga akan terdaftar sebagai praktisi gigi di asosiasi terkait. Contohnya, lulusan kedokteran gigi dari universitas di Amerika dapat melakukan praktek di American Dentist Association.

Akreditasi dan bukti registrasi tersebut bisa meningkatkan peluang dan pengembangan karir Anda sebagai dokter gigi atau ahli kesehatan mulut dan gigi.

5. Berpeluang memiliki penghasilan tinggi

Penghasilan dokter gigi atau praktisi kesehatan mulut dan gigi itu tinggi lho! Tidak percaya?

Ada informasi gaji yang diterima oleh para lulusan Kedokteran Gigi. Gaji seorang Kedokteran Gigi bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan lho!

Penghasilan Anda tergantung pada jam terbang dan tingkat pendidikan Anda. Spesialisasi jurusan dan tempat bekerja juga memengaruhi tingkat penghasilan. 

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

 

Apa Saja Mata Kuliah yang Akan Anda Pelajari pada Jurusan Kedokteran Gigi?

Mata kuliah adalah salah satu informasi perkuliahan yang cukup penting untuk diketahui sebelum Anda mengambil keputusan yang mantap untuk melakukan pendaftaran kuliah pada sebuah program studi tertentu.

Dengan mengetahui daftar mata kuliah terlebih dahulu maka Anda akan mengetahui apa-apa saja yang nanti akan Anda pelajari saat kuliah. Anda pun akan memiliki persiapan yang lebih matang. 

Sebagai contoh, inilah daftar mata kuliah program pendidikan tingkat Sarjana jurusan Dental Health Science di luar negeri:

Tahun ke-1
  • Chemistry of Biological Systems I 

  • Anatomy and Physiology Systems I 

  • Cells, Tissues and Regulation 

  • Clinical Dental Practice 1

  • Genes and Disease 

  • Chemistry of Biological Systems II 

  • Clinical Dental Practice 1

  • Anatomy and Physiology Systems II 

Tahun ke-2
  • Biochemistry 

  • Clinical Dental Practice 2

  • Microbiology for Oral Health 

  • Microbiology for Oral Health 

  • Clinical Dental Practice 2

  • Pathology General 

  • Pharmacology for Oral Health 

Tahun ke-3
  • Clinical Dental Practice 3

  • Clinical Dental Practice 3

 ​​Berapa Lama Durasi Kuliah yang Dibutuhkan?

Durasi kuliah Kedokteran Gigi yang ada di luar negeri berbeda tergantung pada jenjang pendidikan dan spesialisasi jurusan yang dipilih.

Diploma 2 tahun
Sarjana (S1) 3-5 tahun
Pascasarjana (S2) 2-3 tahun

Sekarang, Anda telah tahu kira-kira berapa lama Anda akan lulus dan bisa segera bekerja.

 

Apa Persyaratan Masuk Kuliah Kedokteran Gigi?

Setiap pelajar yang bermaksud untuk melakukan pendaftaran kuliah jurusan apapun termasuk Kedokteran Gigi harus memenuhi persyaratan masuk kuliah yang ditetapkan oleh setiap lembaga pendidikan yang dituju.

Anda harus memenuhi persyaratan masuk tersebut dan menyiapkan segala dokumennya untuk dikirim. Jadi, cari tahulah daftar persyaratan masuk kuliah Kedokteran Gigi di universitas yang hendak Anda tuju di luar negeri.

Di bawah ini adalah contoh persyaratan kuliah Kedokteran Gigi tingkat Sarjana dengan spesialisasi jurusan Dental Surgery di luar negeri:

  • Ijazah SMA or

  • Ijazah Diploma or

  • International Baccalaureate (IB) skor 33 or

  • General Certificate of Education (GCE) Advanced Level skor 12

  • IELTS skor 7

  • TOEFL skor 94 (overall)

  • Cambridge skor 185 (overall)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di luar negeri adalah Paspor dan visa pelajar yang wajib dimiliki.

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Kuliah Kedokteran Gigi?

Prospek masa depan lulusan kuliah bidang Kedokteran Gigi memiliki prospek yang sama cerahnya dengan lulusan Kedokteran secara umum.

Semakin banyak orang yang sadar dengan kesehatan giginya dan ditambah pula dengan kesadaran orang untuk memiliki gigi yang indah membuat prospek karir pada bidang ini memiliki prospek yang menjanjikan.

Selain itu, pada zaman sekarang ada banyak tempat yang membuka kesempatan bagi para lulusan Kedokteran Gigi untuk berkarir. 

 

Berapa Kisaran Gaji untuk Setiap Peluang Profesi Lulusan Kedokteran Gigi?

Telah disinggung sebelumnya bahwa gaji yang didapatkan oleh para lulusan Kedokteran Gigi yang berkarir di luar negeri cukup tinggi. Terlebih lagi, bila Anda memilih berkarir di negara maju dan di pusat kesehatan terkemuka.

Tentunya hal tersebut harus ditunjang dengan keterampilan dan jam terbang serta jenjang pendidikan yang harus Anda miliki.

Dilansir dari Prospects, beragam gaji Kedokteran Gigi bisa dilihat pada data di bawah ini:

Jenis perawat

Gaji per bulan

Dokter Gigi baru terkualifikasi

Rp 47.500.000,- 

Dokter Gigi berpengalaman terkualifikasi di lembaga pemerintah

Rp 75.000.000,- hingga Rp 166.000.000,-

Dokter Gigi berpengalaman terkualifikasi di lembaga swasta

Rp 212.000.000,- 

 

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Gigi dalam Rupiah?

Biaya kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri memiliki jumlah biaya yang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi biaya kuliah jurusan Kedokteran Gigi di luar negeri.

Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya kuliah jurusan Kedokteran Gigi di luar negeri di antaranya adalah lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan, dan spesialisasi jurusan. 

Biaya kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri tingkat Sarjana memiliki kisaran antara Rp 330.000.000,- hingga Rp 800.000.000,- per tahun, sedangkan pada tingkat pascasarjana berkisar 590.000.000,- hingga Rp 778.000.000,- per tahun.

Jika Anda memiliki rencana untuk mengambil program sertifikasi Kedokteran Gigi di luar negeri maka besarnya biaya yang harus Anda keluarkan adalah sekitar Rp 120.000.000,- per tahun.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Baca juga:

 

Karakter seperti apa yang cocok kuliah jurusan Kedokteran Gigi?

Para pelajar yang memilih jurusan Kedokteran Gigi perlu memastikan bahwa ia memiliki beberapa karakter penting. Mengapa Anda harus memiliki karakter-karakter tersebut? Hal tersebut memiliki dampak terhadap kelancaran dan prestasi akademis. 

Inilah beberapa karakter yang cocok untuk kuliah Kedokteran Gigi untuk mendukung kelancaran dan prestasi akademisnya:

  1. Teliti dan cermat pada hal detail

  2. Peduli pada pasien

  3. Memiliki komitmen dan tanggungjawab penuh

  4. Memiliki kesabaran dalam mendengarkan keluh kesah orang

  5. Piawai dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik pada semua golongan usia (anak-anak hingga lansia)

 

Apa saja peminatan atau jurusan pada bidang Kedokteran Gigi di luar negeri?

Kedokteran Gigi merupakan bidang kuliah yang memiliki beberapa pilihan spesialisasi jurusan. Hal ini disebabkan banyaknya cabang ilmu dan konsentrasi di bidang Kedokteran Gigi.

Apakah Anda sudah tahu apa saja spesialisasi yang ada pada jurusan Kedokteran Gigi?

Berikut adalah pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan Kedokteran Gigi: 

  • Dentistry

  • Oral health

  • Dental Health Science

  • Dental Prosthetics

  • Dental Technology

  • Dental Surgery

  • Orthodontics

  • Oral implant

  • Oral medicine and oral pathology

  • Pediatric Dentistry

  • Periodontics

  • Prosthodontics

  • Special Care Dentistry.

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

 

Di mana universitas terbaik di luar negeri untuk kuliah Kedokteran Gigi?

Keputusan untuk memilih kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri akan memberikan Anda kelebihan dalam hal pilihan tempat kuliah.

Ada banyak universitas di luar negeri yang memiliki program studi Kedokteran Gigi yang dilengkapi dengan beragam spesialisasi jurusan. Anda ingin kuliah di mana? 

Berikut ini adalah beberapa universitas terbaik di luar negeri untuk jurusan Kedokteran Gigi berdasarkan zona wilayahnya.

Global

king's college

No

Nama Universitas

Negara

1.

University of Hong Kong

Hong Kong

2.

King's College London

Inggris

3.

University of Michigan

Amerika Serikat

4.

Academic Centre for Dentistry Amsterdam

Belanda

5.

Tokyo Medical and Dental University

Jepang

6.

Karolinska Institute Swedia
7.  University of Bern Swiss
8. UCL (University College London) Inggris
9. KU Leuven Belgia
10. University of Gothenburg Swedia

Asia

University of Hong Kong

No

Nama Universitas

Negara

1.

University of Hong Kong

Hong Kong

2.

Tokyo Medical and Dental University Jepang

3.

Peking University

Amerika Serikat

4.

Seoul National University

Korea Selatan

5.

Sichuan University

China

6.

Wuhan University China

Apakah Anda semakin antusias dan mantap untuk merencanakan kuliah Kedokteran Gigi di luar negeri? Jangan ragu untuk bertanya kepada EasyUni seputar kuliah di luar negeri. Penasihat profesional EasyUni akan selalu siap membantu Anda untuk mewujudkan rencana pendidikan di luar negeri.


FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Haruskah mengambil jurusan IPA di SMA? Apakah kedokteran gigi membolehkan lintas jurusan buat lulusan IPS? 

Sama dengan jurusan kedokteran dan kesehatan, jurusan kedokteran gigi mensyaratkan siswa untuk mengambil bidang IPA.

Mata pelajaran yang wajib diambil adalah Biologi, Kimia dan Matematika.

Karena sekarang sistem UN membolehkan siswanya untuk memilih mata pelajaran ujiannya, disarankan supaya kamu mengambil mara pelajaran Biologi atau Kimia untuk ranah IPA-nya.

2. Berapa nilai minimal pelajaran IPA saya untuk masuk jurusan kedokteran gigi?

Tidak seketat syarat masuk kedokteran pada umumnya, nilai dengan kategori Bagus (70% ke atas) mencukupi syarat masuk kedokteran gigi di luar negeri. 

3. Apakah mahasiswa Indonesia boleh praktek di luar negeri?

Beberapa negara memberi kelonggaran untuk mahasiswa asing melakukan praktek dan mengambil magang di negaranya.

Di Amerika, sebagai contohnya, ada program Foreign-Trained Dentists bagi orang berwarganegara asing untuk melakukan praktek di Amerika. 

4. Apakah seseorang dengan buta warna diperbolehkan untuk mendafar ke sekolah kedokteran gigi?

Tidak. Siswa dengan kondisi buta warna tidak diperbolehkan dan disarankan untuk mengambil karir di kedokteran gigi. 

You might be interested in...