Kamu Kepikiran Untuk Kuliah di Luar Negeri?

By Mutiara | Last modified 27 Sep 2019
Sebarkan laman ini

kuliah di luar negeri

Setiap kali ada seorang yang memberitahu kalau mereka berpikiran untuk kuliah di luar negeri, biasanya mereka akan memulainya dengan kontra-kontra yang datang bersama dengan keputusan itu.

Dalam tempo beberapa bulan, beberapa dari mereka akhirnya memutuskan untuk tidak pergi. 

Satu hal mengenai kuliah di luar negeri yaitu kamu dapat melihatnya sebagai hal yang mengkonsumsi banyaknya kerjaan; persiapan dokumen, stres, atau kamu juga bisa melihatnya sebagai tantangan yang setimpal walaupun banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Karena semuanya worth it!

Dalam beberapa jurusan dan program, terdapat proses pendaftaran yang berbeda-beda dan ada juga yang lebih terus-terang dan lebih mudah. 

Tapi, apalah kehidupan tanpa adanya usaha, ya gak?

Tentunya, ada hal-hal yang perlu diselesaikan dan stres yan gak kunjung beres disaat proses pendaftaran kuliah di luar negeri. Tapi, semuanya bisa diselesaikan disaat semuanya berdatangan begitu saja.

Ada banyak staf dari universitas yang dapat membantu menjawab semua pertanyaanmu yang kian datang saat kamu disana. 

Sekalinya kamu sudah mengambil langkah dalam pendaftaran dan menerima bahwa kamu akan mendapatkan dirimu sendiri dalam pesawat, kamu akan mulai heran akan cepatnya semuanya berlalu.

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan dirimu sendiri mendapatkan tempat tinggal baru yang dikelilingi oleh seperangkat orang-orang yang tidak kamu kenal dan berasal dari berbagai penjuru dunia. 

Secepat itu juga, mereka akan menjadi teman-temanmu.

Kamu akan pergi traveling, mengambil kelas, traveling lebih lagi, mengikuti kelas-kelas lainnya.

Pada akhirnya, waktu telah pergi dan kamu akan berpikir dan heran akan adanya kontra lainnya yang perlu dikhawatirkan.

Kamu akan mengingat waktu yang kamu lalui di luar negeri dan bukanlah semua stres dan pekerjaan yang kamu lalui untuk menuju sana.

Jadi, tips Pertama -- Jangan biarkan proses pendaftaran menghalangimu! Kamu punya banyak waktu dan bantuan.

Kuliah di luar negeri membantu kamu mengerti bahwa ada tantangan dalam semua resiko tapi tanpa menaruh kamu di luar sana, kamu tidak akan tahu apakah kamu bisa mencapainya atau tidak.

Not gonna lie, tapi terkadang hal-hal bisa terasa sulit dan masalah keseharian akan terbit disaat kamu menjalani masa yang paling membahagiakan bagi kamu.

Kamu akan bangun dan kembali ke rumah di kasurmu, di negaramu dan memikirkan apabila semuanya itu adalah mimpi atau akan menjadi realita.

Tips nomor 2 -- Tetap positif dan percaya dalam dirimu sendiri! Kamu disini untuk memberi kejutan untuk dirimu sendiri dalam situasi baru dan sulit!

Kamu akan dihadapi dengan banyaknya tanggung jawab - profesional dan pribadi, termasuk tugas sekolah, pendaftaran kerja sambilan, pencarian tempat tinggal baru, ujian, jalan-jalan di akhir pekan.

Hal-hal ini akan memberi stres dalam mencoba mencari waktu untuk mencocokkan semua tugas-tugas ini dan menjadikan kesempatan kuliahmu menjadi yang terbaik.

Kamu bisa mengatasinya dengan membuat jadwal untuk kegiatan sehari-harimu sampai semua tanggung jawab telah tuntas.

Setelah itu, kamu bisa meluangkan waktumu untuk bersosialisasi, bertemu dengan teman-teman, pergi untuk makan malam dan acara lainnya. 

Memberi dirimu gambaran yang jelas soal harimu dan mengetahui secara detil apa yang ingin kamu selesaikan akan membuat kamu menjadi lebih tenang dalam pengerjaannya.

Tips nomor 3 -- belajar mengatur waktumu! Tetap tenang dan kalem dan jangan biarkan hal-hal kecil mengkonsumsimu!

Ingatlah bahwa kamu mempunyai banyak orang lain dan teman-teman yang dapat diajak bicara dan membantumu dalam menangani semua hal yang kamu perjuangkan. In fact, teman-teman kamu mungkin mengalami dan mempunyai perasaan yang sama!

Pada akhirnya, semua keputusan berada di tanganmu. Kuliah di luar negeri adalah salah satunya yang dapat kamu upayakan!

Semua orang akan mempunyai pengalaman-pengalaman yang berbeda-beda dan tentunya kamu akan mengalami yang menyenangkan!

 

 

Diposting pada 27 Sep 2019
Kuliah di Luar Negeri, Tips & saran