9 Langkah untuk Sukses Mendaftar ke Universitas di Inggris

(Source:http://sixthformstjames.files.wordpress.com/2010/09/ucas_logo_rgb300.png)

1. Mendaftar ke UCAS

Langkah pertama adalah untuk mendaftar di UCAS agar anda bisa memulai pendaftaran. Proses ini memakan waktu kira-kira 15 menit dan anda perlu memasukan data pribadi anda, seperti nama anda, tanggal lahir, alamat, email, dan lain-lain.

Setelah anda menyelesaikan proses registrasi ini, anda bisa mulai daftar pada jurusan yang anda mau.

2. Menentukan Jurusan yang Anda Sukai

Entah anda telah mengetahui karir impian anda (dan jurusan anda) sejak anda balita atau masih mencari tahu apa yang ingin anda lakukan dengan hidup anda, anda membutuhkan daftar pendek tentang jurusan-jurusan yang akan anda ambil. Jika anda masih mencari tahu, atau kurang yakin tentang jurusan mana yang mesti anda ambil untuk mencapai impian anda, anda bisa mencari tahu melalui nama jurusan tersebut (contohnya bisnis dan managemen) di website UCAS. Ini juga akan membantu anda mencari universitas-universitas yang menawarkan jurusan tersebut. Alternatif lainnya, jika ada satu universitas tertentu yang anda ingin daftar, anda bisa langsung ke website universitas tersebut dan mencari jurusan yang sesuai dengan anda.

Pilihlah 5 jurusan yang anda inginkan. UCAS mengizinkan anda untuk mendaftarkan diri hanya pada 5 jurusan, jurusan-jurusan ini bisa dari universitas yang sama atau beberapa universitas berbeda.

3. Memeriksa Persyaratan Masuk

Setelah anda menentukan jurusan yang anda inginkan, buatlah sebuah daftar yang isinya jurusan tersebut dan persyaratan masuknya. Setiap universitas akan memiliki persyaratan nilai dan pelajaran untuk A-levels, IBDP (International Baccalaureate Diploma) pada bagian deskripsi jurusan. Untuk kualifikasi lainnya anda mesti memeriksa bagian penerimaan internasional universitas tersebut di website universitas mereka atau langsung menghubungi universitas tersebut.


Langkah ini sangat penting karena beberapa universitas tidak menerima kualifikasi-kualifikasi tertentu. Contohnya, Universitas Warwick tidak menerima UEC program dasar kampus atau martikulasi penduduk Malaysia. Jika kualifikasi anda tidak diterima, maka anda mungkin ingin mempertimbangkan pendaftaran untuk tahun pertama (atau tahun dasar) di universitas tersebut (tidak semua universitas menawarkan pilihan ini), atau mengikuti ujian kualifikasi lainnya. Hal lainnya yang mesti anda simak adalah beberapa kualifikasi bebas dari tes bahasa Inggris.


UCAS juga memiliki bagian konversi tabel tarif di website mereka dimana anda bisa mengkonversi nilai kualifikasi anda ke nilai tariff UCAS untuk membandingkannya dengan nilai rata-rata untuk masuk, dengan begitu universitas tersebut memiliki sebuah gambaran akan kesempatan masuk anda.

(Source:www.icos2014.com)

4. Mengetahui Batas Waktu Perdaftaran

Pendaftaran UCAS dibuka dari pertengahan September. Ini akan membuang-buang waktu dan energi anda jika anda berusaha hanya untuk mengetahui bahwa anda telah melewati batas waktu pendaftaran jurusan anda. Tulislah tanggal-tanggal penting pada catatan daftar jurusan dan persyaratan anda.


Di tahun 2014, pendaftaran ke Oxbridge (Oxford dan Cambridge) dan untuk jurusan kesehatan∕dokter gigi memiliki batas waktu sampai pada 15 Oktober, pada jam 18:00 jam inggris. Bagi kebanyakan jurusan lainnya, batas waktu mereka sampai pada 15 Januari, pada jam 18:00 jam inggirs. Namun, disarankan anda mendaftarkan diri secepat mungkin. Semakin dekat jarak pendaftaran anda dengan batas waktu, maka universitas akan semakin sibuk dengan banyak pendaftaran dan akan memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pendaftaran anda.


Anda harus mendapatkan informasi yang ditawarkan dari universitas anda pada tanggal 31 Maret.

5. Mempersiapkan Seluruh Dokumen yang Diperlukan

Universitas-universitas di Inggris membutuhkan sebagian besar dokumen-dokumen yang sama dengan universitas luar negeri lainnya. Anda akan membutuhkan surat rekomendasi dari guru anda, pernyataan pribadi atau esai untuk menyakinkan karyawan yang menerima untuk memilih anda, hasil martikulasi anda, dan tes bahasa inggris.

6. Konsultasi dengan Sekolah Anda

Anda akan butuh sebuah koneksi dengan konselor anda untuk menghubungkannya dengan pendaftaran anda (langkah dalam proses registrasi) jika anda masih berada di sekolah dan tidak memiliki hasil martikulasi anda pada saat batas waktu pendaftaran (15 Januari). Mereka akan mengumpulkan nilai prediksi anda (jika anda sedang melakukan IB atau A-levels), atau transkrip anda sekarang serta nama pembimbing akademik anda.

(Source:www.assets.nerdwallet.com)

7. Konsultasi dengan Guru Anda.

Anda mesti memutuskan guru yang mana yang akan anda minta untuk menulis surat referensi. Setelah anda hal tersebut, konsultasi dengan mereka dan jelaskanlah jurusan yang anda ambil (dan di universitas mana). konsultasi dengan mereka tentang alasan mengapa hal ini penting bagi anda, dan juga berikan mereka informasi lebih mengenai kegiatan ekstrakurikuler yang anda ikuti dan apa ketertarikan dan mimpi anda akan masa depan.


Sangat penting untuk memilih guru yang mengenal anda baik secara pribadi dan mengetahui dimana kekuatan anda (dalam pelajaran) dan ketrampilan. Jangan memilih guru yang anda kenal dalam satu atau dua bulan, guru yang tidak menyukai anda atau yang tidak puas dengan nilai akademik anda. Guru tersebut akan memulis surat referensi untuk universitas dimana mereka akan menjelas mengapa anda adalah kandidat yang baik untuk universitas mereka. Jadi, pastikan bahwa anda meninggalkan kesan yang baik pada guru mu dari awal sekolah.

8. Mempersiapkan pernyataan pribadi anda

Anda harus menulis sekitar 4000 kata untuk pernyataan pribadi anda. Pernyataan ini bertujuan untuk menunjukan siapa diri anda kepada universitas, kenapa anda tertarik di jurusan ini, dan lain-lain. Setiap universitas memiliki bagian penjelasan yang menjelaskan apa yang mereka cari pada calon mahasiswa. Pastikan anda membaca pedoman dan saran mereka. Pernyataan pribadi anda merupakan bagian dimana anda mempromosikan diri anda ke pegawai yang menerima di universitas. Ini merupakan satu-satunya cara dimana universitas melihat diri anda secara individual.


Selain itu anda juga mungkin akan menulis satu pernyataan pribadi per pendaftaran. Artinya, jika lima jurusan yang anda pilih mencakup 3 jurusan manajemen dan bisnis, 1 jurusan psikologi dan 1 jurusan sains computer, anda hanya memiliki kesempatan untuk menulis satu pernyataan pribadi, yang menjelaskan kepada universitas akan alasan-alasan anda dalam memilih jurusan-jurusan tersebut dan mengapa mereka harus menerima anda.


Anda bisa mengunggah pernyataan pribadi anda ke UCAS. Anda direkomendasikan untuk tidak mengetik pernyataan pribadi anda langsung di UCAS, akan tetapi lebih baik anda menulisnya dan menyelesaikan pernyataan pribadi anda. (TIP: jangan salin dan menaruh pernyataan pribadi anda dari MS Word. Sering kali Ms Word akan menambahkan karakter tambahan atau spasi yang akan mengurangi jumlah karakter yang anda miliki. Ini sangat penting jika anda sudah mencapai batas karakter. Kami merekomendasikan untuk menyalinnya nya ke Notepad (Windows) atau TextEdit (Mac) terlebih dahulu dan mengedit format dan kesalahannya.)

9. Mengoreksi dan Mengirim Pendaftaran

Langkah terakhir dan terpenting untuk pendaftaran anda adalah untuk mengumpulkannya. Semua pekerjaan anda sejauh ini akan menjadi sia-sia jika anda tidak membayar biaya pendaftaran dan mengumpulkan pendaftaran anda. Sebelum anda mengumpulkan pendaftaran anda, periksalah terlebih dahulu bahwa anda telah menyelesaikan setiap bagian dan pendaftaran anda cukup sempurna. Bagaimanapun juga pegawai yang menerima akan menilai anda tergantung pada dokumen-dokumen ini.

Penawaran apa yang saya dapatkan?

Anda akan menerima surat pernyataan dari kampus anda pada tanggal 31 Maret. Anda akan menerima salah satu dari tiga jenis surat pernyataan penerimaan dari kampus anda, sebagai berikut:


Surat Penawaran tanpa syarat (Uncondtional Offer) Pernyataan ini menunjukan bahwa anda telah mendapatkan tempat di universitas. Secara umum, surat pernyataan jenis ini hanya diberikan pada mahasiswa yang hasil akhirnya telah keluar.


Surat Penawaran dengan syarat (Conditional Offer) Pernyataan ini menunjukan bahwa anda telah mendapatkan tempat di universitas yang menginginkan anda memenuhi persyaratan nilai tertentu setelah anda selesai martikulasi anda. Setelah nilai anda dikeluarkan dan anda telah memenuhi persyararatan ini, maka surat pernyataannya akan berubah menjadi surat pernyataan tanpa syarat.


Tidak SuksesSurat pernyataan ini menunjukan bahwa universitas pilihan anda telah memutuskan untuk tidak menerima anda di jurusan tersebut. Ini mungkin karena anda tidak memenuhi persyaratan mereka, atau ada mahasiswa yang lebih berkualifikasi, atau mahasiswa yang lebih pantas untuk universitas atau jurusan tersebut.

(Source:www.i.dailymail.co.uk)

Apa yang Anda Lakukan setelah Anda Menerima Surat Penawaran Anda?

Setelah anda menerima surat penawaran anda, anda harus memilih satu jurusan sebagai pilihan utama dan satu sebagai pilihan kedua. Jika anda memenuhi semua persyaratan tersebut dan menerima surat pernyataan tak bersyarat untuk pilihan utama anda, maka itu akan menjadi universitas pilihan anda. Namun, jika anda tidak memenuhi persyaratan nilai atau surat pernyataan anda telah berubah dari bersyarat menjadi gagal untuk pilihan utama anda, maka pilihan kedua anda akan menjadi pilihan utama anda (itu jika anda memenuhi persyaratan mereka dan mendapatkan surat penawaran tak bersyarat.).

Apa yang bisa Saya Lakukan ketika Saya Tidak Mendapat Pilihan Pertama Saya (atau pilihan lainnya)?

Masih terdapat pilihan lain yang tersedia jika anda tidak mendapatkan pilihan-pilihan anda. Penjelasan dan penyesuaian merupakan dua pilihan anda.


Penjelasan berlaku untuk anda jika anda belum menerima surat pernyataan dari universitas. Universitas akan membuat daftar jurusan yang tersedia untuk sebuah penjelasan entah karena mereka tidak memilih mahasiswa yang cukup dengan kuota mereka atau karena banyak mahasiswa menolak surat pernyataan mereka. Putaran kedua dari lowongan di jurusan tersebut berlaku bagi anda jika status anda “Anda sedang diberi penjelasan” atau “Penjelasan telah dimulai”. Penjelasan secara umum dibuka pada bulan Agustus atau September diikuti dengan universitas yang menyelesaikan tempat-tempat manakah yang tersedia dan jurusan mana yang kosong.


Penyesuaian berlaku untuk anda jika anda telah mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari yang anda harapkan atau prediksi. Daftar jurusan yang tersedia untuk setiap universitas akan disediakan di website universitas tersebut. Jika anda memenuhi dan melebihi persyaratan surat pernyataan bersyarat anda, maka anda mungkin akan dipindahkan ke universitas lain. Anda hanya akan memiliki periode 24-jam, yang dimulai dari kapan surat pernyataan bersyarat anda diubah menjadi surat pernyataan tak bersyarat. Setelah anda melihat perubahan itu, anda bisa menghubungi universitas lain (atau universitas yang sama dengan jurusan yang lain) dan melihat lowongan mana yang mereka miliki dan apakah anda diterima di salah satu lowongan tersebut. Sambil melakukan ini, pilihan pertama anda akan tetap sama meskipun anda memilih untuk tidak mengubah jurusan anda.


Untuk penjelasan dan penyesuaian, anda harus menghubungi universitas yang bersangkutan dan menanyai mereka apakah terdapat tempat untuk jurusan-jurusan tersebut. Surat pernyataan akan dibuat kepada anda secara verbal. Mereka akan mencatat ID anda dan memasukan anda ke jurusan di UCAS. Namun, tidak semua universitas berpartisipasi dalam penjelasan dan penyesuaian, dan tidak semua jurusan akan menyediakan pilihan-pilihan ini.

Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini