Dokter Gigi: Dimana Mulut Anda Berada, Disitulah Uang Anda Berada


Mempersiapkan diri untuk karir sebagai dokter gigi

Jika anda ingin menjadi dokter gigi, sangat penting bagi anda untuk membangun dasar yangkokoh di bidang sains, matematika dan keahlian sosial. Anda dapat merencanakan pendidikan serta persiapan universitas anda dengan tujuan untuk membangun keahlian yang lebih luas. Setelah itu, pilihlah jurusan yang tidak hanya menantang anda akan tetapi yang juga menarik bagi anda.


Selain memperkuat dasar di mata pelajaran sains, seorang dokter gigi yang bagus juga perlu memiliki keahlian komunikasi yang bagus, diikuti dengan penyelesaian masalah, dan juga keahlian menganalisis. Untuk mengembangkan keahlian intelektual anda, anda mungkin perlu melakukan tugas dan kursus yang lebih maju di bidang ilmu sosial dan kemanusiaan.


Mahasiswa yang memilih jurusan di sains perlu mempertimbangkan kegiatan ilmu sosial dan kemanusiaan; ini akan meningkatkan keahlian komunikasi dan analisa mereka. Namun, untuk mahasiswa yang mengambil area non-sains, menyelesaikan beberapa pelajaran kimia dan biologi dapat membantu mereka dalam mempersiapkan diri mereka untuk masuk ke sekolah gigi. Dan juga, mahasiswa pra-gigi harus mempunyai tujuan dalam mengembangkan keahlian kecekatan tangan mereka karena ini merupakan pelatihan yang sangat penting di dalam dunia kedokteran gigi.


Di beberapa tahun yang lalu, terdapat peningkatan pesat akan orang-orang yang ingin masuk ke area gigi. Ini telah meningkatkan kompetisi penerimaan di sekolah-sekolah kedokteran gigi, dan akibatnya standart penerimaannya juga meningkat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki prestasi yang bagus di kelas maupun di kegiatan ekstrakurikuler agar dapat meningkatkan kesempatan anda untuk diterima di sekolah kedokteran gigi.

 


Pilihan Karir

Jurusan kedokteran gigi memiliki beberapa jenis pilihan karir dan pekerjaan ditingkat pendidikan dan professional. Para professional di tingkat ini bekerja sama dalam menyediakan pelayanan pertahanan kesehatan gigi dan perawatan mulut, yang diikuti dengan pembersihan dasar sampai pada prosedur dan operasi yang lebih maju. Pilihan-pilihan berikut ini menjelaskan beberapa pilihan karir di kedokteran gigi

  • Dokter gigi

Ini biasanya dipanggil DDS (Doctor in Dental Surgery) dan ini merupakan dokter gigi yang sama dengan dokter umum di area medis. Sebagai dokter gigi umum, anda akan ditugaskan untuk menyediakan kebersihan serta perawatan kesehatan gigi secara umum. Tugas-tugas disini mencakup perawatan fluoride, pembersihan gigi, saluran akar dan rongga tambalan.

  • Ahli kesehatan gigi

Ahli gigi ini diizinkan untuk melakukan perawatan gigi dasar akan tetapi harus dibimbing oleh dokter gigi yang sudah lulus.

  • Terapis Ortodontik

Untuk karir ini mereka berspesialisasi di bagian pengaturan rahang dan gigi. Mereka sering menggunakan beberapa metode dan alat seperti behel dan pengikat untuk melurusan dan mensejajarkan gigi yang miring.

Lebih utamanya, terapis ortodontik merawat pasien yang lebih muda, lebih tepatnya anak-anak yang masih bertumbuh, yang giginya lebih mudah diluruskan dan dicabut. Namun, pasien dari semua umur bisa berkonsultasi dengan terapis ortodontik.

  • Maxillofacial prosthetist

Para professional ini bekerja di unit kanker, luka bakar, bedah mulut dan ophthalmic di rumah sakit. Mereka membantu memperbaiki ulang muka pasien setelah mengalami kecelakaanatau penyakit yang mematikan. Pekerjaan mereka mencakup bertemu dengan pasien untuk menjelaskan kepada mereka tentang perbaikan wajah apa yang diperlukan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Bagian dari pekerjaan mereka mencakup ekspresi wajah.

  • Terapis gigi

Terapis gigi juga dikenal dengan praktisi kesehatan mulut yang memiliki peran penting dalam mempromosikan kebersihan gigi. Mereka mengobati orang dewasa dan juga anak-anak.

 
Diposting pada 09 Okt 2017
Tips & saran

Bagikan ini