Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Destinasi Studi Di Luar Negeri

Ketersediaan Jurusan

Beberapa negara tidak menawarkan jurusan-jurusan tertentu, terutama untuk mahasiswa internasional, entah itu karena sistem pendidikan atau peraturan pemerintah. Contohnya, di Amerika Serikat obat-obatan dan hukum tidak tersedia untuk tingkat S1, tetapi mereka tersedia di negara Inggris dan Australia. Di AS hanya bisa mengambil jurusan obat-obatan dan hukum di tingkat S2. Ini artinya anda hanya bisa praktek setelah anda menyelesaikan kuliah S2 anda, meskipun jika anda berada di Inggris atau Australia anda bisa praktek juga setelah mendapat gelar sarjana anda. Negara seperti Singapura dan Indonesia lebih menyukai mahasiswa lokal di jurusan-jurusan ini dan memberikan prioritas utama kepada mahasiswa lokal di bidang obat-obatan dan hukum. Anda sebaiknya selalu memeriksa ketersediaan jurusan sebelum memutuskan untuk masuk ke sebuah universitas dan jurusan.

Keuangan

Lebih mahal untuk berkuliah di negara-negara tertentu dibandingkan dengan negara lain. Dibandingkan dengan biaya kuliah di universitas yang anda inginkan. (Ini membuang-buang waktu dan usaha anda untuk mendaftarkan diri ke universitas yang tidak terjangkau ataupun tidak menyediakan beasiswa atau bantuan apapun). Juga anda perlu mempertimbangkan bahwa biaya hidup di beberapa negara tidak hanya tinggi, akan tetapi biaya ini biasanya lebh tinggi di kota-kota besar dibandingkan dengan kota-kota kecil. Contohnya, biaya kehidupan, seperti sewa, itu lebih tinggi di tempat-tempat seperti London daripada mereka yang berada di Bristol.

Selain itu anda harus mencari tahu beasiswa manakah yang cocok untuk anda. Namun, tetaplah ingat bahwa angka beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa internasional sangatlah terbatas di sebagian besar tempat.

Keluarga

Tinggal di luar negeri selalu lebih mudah jika anda memiliki keluarga di sebuah kota atau kota tetangga. Mereka tidak hanya menyediakan dukungan moral dan emosional akan tetapi juga keamanan. Ketika sesuatu terjadi pada anda atau anda terkena masalah, kerabat anda akan membantu anda. Ini juga merupakan hal bagus, karena ketika anda merasa perasaan rindu akan rumah, mereka berada di sana untuk anda.

Cuaca

Di beberapa tempat cuacanya sangatlah parah meskipun di tempat lain cuacanya bisa lebih tropis dan panas sepanjang tahun. Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang cuaca negara tersebut sebelum membuat keputusan. Jika anda tidak bisa bertahan di cuaca-cuaca tertentu, mungkin karena alasan pribadi atau kesehatan, maka universitas-universitas di negara tersebut mungkin tidak akan menjadi pilihan ideal anda. Juga anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti matahari terbit dan terbenam. Di Inggris, contohnya, matahari terbenam jam 4 sore selama setengah tahun. Jika anda lebih menyukai waktu-waktu yang lebih lama dan tidak suka cuaca hujan dan dingin, maka Inggris mungkin tidak akan menjadi pilihan yang bagus untuk anda.

Lingkungan Politik dan Sosial

Banyak negara yang menghadapi ketidakstabilan politik dengan kerusuhan, pembunuhan, dan perubahan di struktur politik. Negara-negara ini lebih baik di hindari untuk keselamatan diri sendiri. Juga untuk beberapa negara yang dikenal akan rasisme terhadap bangsa-bangsa tertentu, sebaiknya anda juga mempertimbangkannya. Cari tahu terlebih dahulu mengenai latar belakang kota dan negara tersebut sebelum anda membuat keputusan. Negara-negara tertentu mungkin lebih stabil daripada negara lainnya, dan wilayah-wilayah tertentu atau area perbatasan mungkin lebih berbahaya. Oleh karena itu sangat tidak bagus untuk berkuliah di negara yang sedang diserang, atau dikenal sebagai negara yang menyerang mahasiswa karena perbedaan ras dan kebangsaan. Jangan biarkan diri anda masuk ke dalam situasi yang berbahaya.

Keamanan

Beberapa tempat dikenal oleh karena angka kriminalitasnya yang tinggi. Berkuliah di daerah ini bukanlah ide yang bagus. Carilah tempat yang lebih aman. Tidak hanya daerah tempat tinggal anda, akan tetapi lokasi universitas anda harus aman juga. Anda tidak akan mau merasa khawatir tentang keamanan anda sepanjang hari dan tidak mampu untuk fokus pada pekerjaan dan aktivitas lainnya. Anda juga tidak akan mau orang tua anda ikut khawatir tentang keamanan anda setiap hari.

Pengajaran Bahasa

Beberapa universitas hanya memiliki jurusan yang bahasa pengantarnya bahasa lokal meskipun universitas lainnya menawarkan pilihan lain seperti bahasa lokal dan bahasa inggris. Contohnya, hampir semua universitas lokal di Italia mengajarkan jurusan mereka dengan menggunakan bahasa Italia, meskipun univeritas Amerika di Italia mengajar dalam bahasa inggris. Terkadang ini mungkin merupakan persyaratan untuk mendapatkan visa pelajar. Contohnya Jerman, memiliki pendidikan yang sempurna dan gratis. Namun, bahasa jerman tingkat tinggi dibutuhkan di sebagian besar jurusan yang diajarkan di Jerman. Jadi, sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu apa bahasa pengantar yang digunakan universitas tersebut. Jika anda belum mempelajari bahasa pegantar di universitas tersebut, jangan berasumsi bahwa anda akan memahaminya karena anda tinggal di sana. Ini akan memberikan anda tantangan yang tidak anda butuhkan karena bahan-bahan kuliah anda sudah cukup memberikan anda beban.

Diposting pada 09 Okt 2017
Tips & saran

Bagikan ini