Jurusan Informatika Popular - Jurusan Mana yang Sesuai dengan Anda

1. Sarjana Informatika Spesialisasi Intelligent System


Pernahkah anda berpikir siapa yang mengontrol Lone Rnager AI di DOTA? Karakter-karakter ini diprogram untuk memperlihatkan manusia –seperti tingkah laku yang dibentuk dengan menggunakan prinsip-prinsip Intelligent System. Tidak hanya itu, intelligent system mencakup keahlian IT seperti jaringan neural, sistem ekspert dan proses bahasa.


Dengan masuk ke jurusan ini, anda akan diberikan pengetahuan teknis yang dibutuhkan untuk memahami dan mendesain sistem intelligent. Anda juga akan mendapatkan pengalaman langsung untuk mengatur proyek AI dan, di waktu yang bersamaan, mengaplikasikan keahlian lainnya seperti pemasaran dan manajemen proyek yang diajarkan juga oleh program tersebut. Tentu saja, program ini menyediakan keahlian teknis dan juga keahlian lainnya seperti komunikasi, manajemen yang akan anda butuhkan untuk meningkatkan peluang kerja anda di industri IT.

2. Sarjana Teknik Website


Dengan banyaknya perusahaan melakukan bisnis online, permintaan akan teknisi website pun meningkat pesat. Bahkan sekarang bisnis brick-dan-mortar memilih untuk menggapai masyarakat mereka melalui media digital disebabkan oleh biayanya yang lebih ekonomis dan penggapaian yang lebih jauh.


Gelar sarjana di bidang teknik website akan menunjukan area-area yang berbeda-beda, sepert: UI (user interface), pengalaman pengguna (user experience), struktur bangunan website desain grafik, dan lain-lain. Dalam hal pemasaran, anda secara umum akan diajarkan bagaimana cara menganalisa data website, bagaimana cara memahami algoritma pencarian internet, bagaimana cara mengembangkan kesesuaian antara alat teknologi dengan website, etc.


Anda juga akan membutuhkan keahlian fotografi dan videografi agar dapat berhubungan dengan komunitas tertentu yang tertarik. Ini artinya anda memiliki keuntungan jika anda lebih menyukai hal-hal disekitar anda untuk terlihat menyenangkan dan rapi.

3. Sarjana Mobile Technology

Mencari sesuatu yang menyenangkan dan menantang untuk dilakukan? Tahanlah diri anda untuk tidak menggunakan ponsel anda ketika menunggu makan malam. Kenapa ini merupakan suatu tantangan? Karena peralatan seluler telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita, mereka sekarang sangat dibutuhkan.


Manusia secara umum suka memiliki kontrol mengenai apa yang mereka lakukan dan mereka lebih suka diberikan pilihan daripada instruksi. Sarjana di bidang teknologi selular memperlihatkan anda tentang interaksi komputer dengan manusia, pembelajaran yang membantu anda memahami bagaimana cara membentuk tampilan dari sudut pandang pengguna ponsel, dan juga membuat aplikasi anda lebih menyenangkan untuk digunakan.


Anda juga perlu memahami, mendesain dan menjalankan program ponsel tersebut. Di jurusan ini, anda juga akan diajarkan tentang pentingnya jaringan wifi dalam membantu aplikasi ponsel anda online. Juga, anda akan memperlajari tentang bagaimana mengatur database dan memperlihatkan informasi dengan struktur yang teratur, agar sesuai dengan aplikasi penyedia-informasi.

4. Sarjana Ilmu Komputer 

Mirip dengan jurusan administrasi bisnis, gelar sarjana di bidang ilmu komputer mencakup banyak hal yang berkaitan dengan pengetahuan yang berhubungan dengan komputer yang meliputi pemrograman, arsitektur komputer, dan kepastian informasi. Kepastian informasi mencakup latihan dalam mengatur resiko-resiko yang berhubungan dengan penyimpanan, penggunaan dan pengiriman informasi. Beberapa universitas tidak hanya mencakup pelajaran-pelajaran yang berhubungan dengan komputer. Untuk memastikan bahwa mahasiswa mereka bisa menggunakan pengetahuan mereka di dunia bisnis dan mendapatkan keuntungan kompetitif, mereka mungkin akan memasukkan manajemen dan prisip-prinsip ekonomi di sillabus mereka.


Sangat berhubungan dengan matematika dan logika, gelar sarjana di bidang ilmu komputer sangatlah teknis. Dengan terus menerus mencari cara yang lebih baik untuk ujian-ujian kita setiap hari, ilmuwan komputer mencari cara yang lebih baik bagi kita untuk menggunakan komputer kita – mereka menyelesaikan masalah komputer kita. Jika anda menggangap diri anda sebagai orang yang mampu menyelesaikan masalah, maka jurusan ini cocok untuk anda.

Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Karir

Bagikan ini