Panduan Universitas di Amerika


Paragraf berikut ini menjelaskan beberapa panduan singkat tentang hal-hal penting yang diperlukan dalam melakukan pendaftaran di universitas dan kampus di Amerika.


Penelitian: Universitas Mana Yang Cocok Untuk Anda?

Langkah pertama dan yang terpenting dalam melakukan pendaftaran adalah mengetahui tujuan anda. Pendidikan Amerika yang lebih tinggi memiliki beberapa pilihan, dari kampus-kampus komunitas sampai pada institusi-institusi teknologi, juga universitas swasta, serta sekolah-sekolah hukum dan lain-lain. Negara ini menawarkan gelar-gelar pendidikan yang mencakup diploma, sarjana dan sertifikasi di jurusan-jurusan yang beranekaragam. Kita merekomendasikan agar anda memulai dengan mencari terlebih dahulu jurusan-jurusan apa yang tersedia, universitas apa yang ingin anda pilih, kota-kota seperti apa yang ada di dekat universitas tersebut, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang harus anda tanyakan kepada diri anda sendiri ketika anda memilih universitas dan jurusan anda.


Setelah anda memilih universitas anda, anda juga perlu melihat sisi keterjangkauan, kemungkinan dan keamanan universitas-universitas tersebut. Universitas-universitas yang terjangkau merupakan universitas yang memiliki nilai dan profil rata-rata yang tingkatnya lebih tinggi daripada anda, akan tetapi anda akan mendapatkan kemungkinan kecil untuk dapat masuk ke universitas tersebut. Universitas-universitas yang mungkin merupakan universitas yang profil rata-rata mahasiswanya cocok dengan anda dan anda mungkin akan diterima di universitas tersebut. Yang terakhir adalah universitas yang aman. Ini merupakan universitas yang akan menerima anda karena nilai anda melebihi standart nilai mereka. Kita merekomendasikan anda untuk menyimpan tiga jenis universitas ini di dalam buku catatan anda.

(Source:hdwallpaperszon.in)

Perencanaan Masa Depan: Apa Yang Anda Butuhkan, Dan Kapan?

Setelah anda selesai melakukan pencarian anda dan telah menentukan program mana yang ingin anda daftar, maka sekarang waktunya anda membuat sebuah jadwal dengan semua batas waktu dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk dikumpulkan. Selanjutnya, buatlah jadwal untuk diri anda sendiri agar anda tidak lupa tentang pendaftaran anda dan batas waktu pendaftaran tersebut. Jika anda perlu mengikuti beberapa tes, maka anda perlu menentukan kapan anda akan mengerjakan tes tersebut agar anda bisa mengumpulkan hasil tes tersebut tepat pada waktunya. Selain itu, anda juga perlu meminta transkip dan surat rekomendasi guru dari kantor sekolah anda secepat mungkin, agar anda tidak terburu-buru untuk mengumpulkan dokumen-dokumen ini pada menit-menit terakhir.


Pilihan: Apa Itu Tindakan Awal Dan Keputusan Pendaftaran Awal?

Tindakan awal merupakan cara anda dalam memberi respon kepada universitas pilihan anda bahwa anda tertarik dengan mereka, lebih awal. Mereka juga akan merespon pendaftaran anda lebih awal dibandingkan dengan pendaftaran regular. Dengan cara tersebut, anda bisa mendapatkan rencana masa depan anda lebih cepat dibandingkan dengan pendaftar-pendaftar lain! Keputusan awal merupakan hal berbeda karena ini mengikat anda jika anda telah diterima, dan anda mungkin hanya akan mendaftar pada satu universitas dengan membuat keputusan tersebut lebih awal. Anda akan menolak semua pendaftaran regular di universitas-universitas lain, jika anda sudah mendapatkan tempat di pilihan awal anda.


Jika anda memiliki universitas impian yang anda inginkan sejak anda anak-anak dan tahu dengan pasti ke jalur mana anda ingin pergi, maka akan lebih baik jika anda mempertimbangkan ini, karena tidak banyak mahasiswa yang mendaftarkan diri. Manfaat lainnya dari tindakan awal dan keputusan pendaftaran awal adalah karyawan-karyawan di departemen penerimaan mahasiswa baru lebih fokus dan santai karena siklus pendaftarannya lebih awal, jadi anda juga akan mendapatkan respon dari mereka lebih awal. Apapun pilihan anda, anda tetap harus mengingat bahwa program, universitas dan jenis pendaftaran yang anda pilih memiliki batas waktu yang berbeda-beda.


Batas Waktu: Kapan Anda Harus Mengumpulkan?

Pendaftaran universitas Amerika biasanya dibuka dari Agustus. Batas waktu tindakan awal dan keputusan awal dimulai dari Oktober sampai November pertengahan, tergantung pada universitasnya. Batas waktu pendaftaran regular dimulai dari awal Desember sampai pada Januari akhir, tergantung pada universitas yang anda pilih. Pastikan anda memeriksa kalender penerimaan universitas pilihan anda karena universitas tersebut mungkin memiliki batas waktu untuk tindakan awal di November pertengahan, sedangkan yang lain memiliki batas waktu regular di pertengahan atau akhir November. Dan juga, anda perlu mengingat, semakin cepat anda mengumpulkan perndaftaran anda, maka semakin bagus.

(Source:commonapp.org)


Bagaimana Cara Mendaftar: Apa Itu Aplikasi Umum? Dimana Anda Bisa Mendaftar?

Pendaftaran umum merupakan pendaftaran laporan online yang telah diterima oleh 450 institusi sarjana di Amerika Serikat sebagai pengganti dari pendaftaran universitas. Aplikasi umum merupakan bentuk dari gabungan soal-soal dasar yang sebagian besar diminta oleh pendaftaran, agar anda dapat menghemat waktu dan usaha. Anda hanya akan mengumpulkan detil-detil pribadi anda, laporan ekstrakurikuller, rekomendasi guru, transkirp, nilai-nilai yang terstandarisasi, dan resume anda atau daftar kegiatan ekstrakurikuller anda. Halaman pendaftaran universitas akan memberikan detil-detil ini kepada anda agar anda bisa mempersiapkan detil-detil pribadi anda lebih cepat. Biasanya, anda perlu menulis esai terpisah karena topic dan pilihan mereka akan berbeda dari apa yang diberikan oleh aplikasi umum.


Suplemen Universitas: Apa Saja Hal Penting Di Universitas?

Suplemen-suplemen universitas biasanya memiliki informasi atau pertanyaan yang menurut universitas tersebut cukup penting sebagai tambahan dari informasi yang telah anda sediakan di aplikasi umum. Ini artinya bahwa hal-hal ini merupakan hal penentu di proses seleksi. Ingatlah bahwa universitas-universitas Amerika suka melihat “yang terbaik” dan pendaftaran anda adalah satu-satunya kesempatan untuk membuktikan kepada karyawan universitas bahwa anda tidak hanya sekedar nilai. Bahan tambahan biasanya merupakan cara anda berkomunikasi tentang kepribadian anda dan menunjukan kepada mereka siapa diri anda. Anda bisa menunjukan ketertarikan, cita-cita, karir dan tujuan hidup anda, dan secara keseluruhan kepribadian anda akan hal-hal ini. Jadi, pastikan anda memberikan waktu yang cukup untu mempersiapkan ini semua, agar anda bisa menunjukan diri anda secara sempurna.


Jurusan: Apa Itu Besar Dan Kecil?

Sambil melakukan pendaftaran, sebagian besar mahasiswa merasa bingung tentang jurusan besar dan kecil. Anda mungkin akan bertanya, jika saya ingin melakukan gelar sarjana dengan jurusan tertentu, apakah jurusan tersebut merupakan jurusan besar (utama) saya? Apakah saya mendapatkan gelar sarjana di jurusan kecil (tidak utama)? Apa perbedaan keduanya?


Jurusan besar merupakan fokus utama dari gelar sarjana anda. Biasanya, anda tidak perlu memilih jurusan utama anda sampai pada tahun kedua anda. Ada sejumlah nilai dan kelas yang mesti anda penuhi agar anda bisa memenuhi persyaratan jurusan anda dan juga lulus. Jurusan kecil akan membutuhkan nilai dan kelas yang lebih sedikit. Anda juga bisa melakukan jurusan ganda atau gelar ganda, atau bahkan kombinasi dari jurusan besar dan kecil tergantung pada pilihan yang diberikan oleh fakultas atau universitas anda. Namun, anda tidak perlu khawatir saat proses pendaftaran anda, karena anda hanya akan memutuskan ini setelah anda mendapatkan martikulasi dan mulai belajar di universitas.
 

(Source:egsabg.eu) 

Tips Dan Saran

  • Penting untuk mengingat tanggal dan batas waktu dan dokumen-dokumen untuk pendaftaran anda. Serta mengingat bahwa batas waktu biasanya berdasarkan pada waktu lokal.
  • Bertanyalah pada mentor atau guru anda untuk mndapatkan surat rekomendasi sebelum batas waktu agar mereka bisa menulis secara adil untuk anda. Catatan lainnya, pastikan anda memberikan mereka semua informasi relevan tentang diri anda, seperti jurusan dan universitas apa yang anda pilih, daftar kegiatan ekstrakurikuller anda, rencana anda tentang masa depan, dan lain-lain.
  • Periksalah kehadiran anda secara online dan pastikan profil social media anda tidak mempengaruhi pendaftaran anda.
  • Bersamaan dengan pendaftaran universitas anda, anda harus mendaftarkan diri untuk pembayaran, beasiswa, atau bantuan finansial dari universitas atau sumber luar.
  • Anda harus memiliki rencana ketika anda mendapatkan tempat. Anda hanya akan memiliki waktu terbatas untuk menerima penawaran dan membayar deposit yang tidak dapat dikembalikan. Lebih baik untuk melihat peringkat universitas-universitas yang anda pilih dengan melihat preferensi dan keterjangkauan (berdasarkan bantuan finansial) untuk membantu anda memutuskan pilihan terakhir anda.
Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini