Saran Belajar Yang Disesuaikan Untuk 3 Jenis Gaya Belajar


Masih terdapat banyak argumentasi tentang pembentukan gaya-gaya pembelajaran ini, entah mereka dibentuk saat masa anak-anak atau saat masih didalam kandungan. Hal yang menyakinkan hanyalah, para mahasiswa bisa mendapatkan manfaat yang sangat bagus dengan menggunakan gaya-gaya pembelajaran ini sesuai dengan kecocokan mereka. Daripada mencoba untuk mengadaptasikan cara belajar yang ‘benar’, anda harus mencoba untuk mencari tahu apa gaya pembelajaran anda dan bagaimana anda memanfaatkannya!


Juga ingatlah, tidak semua orang cocok dengan gaya pembelajaran ini. Sebagian besar mahasiswa harus memakai kombinasi tips belajar berikut ini. Silahkan baca untuk mencari tahu gaya pembelajaran anda dan tips tentang bagaimana cara mengoptimalkan rencana belajar anda.

Dengan Pendengaran


Pembelajar melalui pendengaran lebih suka mendapatkan informasi melalui mendengarkan. Mereka perlu mendengar untuk mengetahui. Dengan keahlian pendengaran yang bagus dan pemahaman akan materi-materi ketika mereka mendengar, pembelajar melalui pendengaran biasanya mengalami kesulitan dengan membaca text yang terlalu panjang. Pembelajar ini juga lebih suka mendengar podcast atau rekaman dosen daripada membaca buku atau melakukan eksperimen.


Mereka lebih suka memberikan presentasi oral daripada menulis laporan. Di waktu-waktu tertentu, mereka mungkin memiliki kesulitan dengan menulis dan mengikuti arah yang ditulis atau peta. Pembelajar ini mengingat percakapan, diskusi, bahkan lagu-lagu dengan mudah. Orang dengan pendengaran yang bagus mungkin juga akan kurang tertarik dengan membaca gerakan tubuh dan ekspresi wajah, karena mereka lebih suka berbicara.

Ini merupakan beberapa tips pembelajaran untuk anda jika anda termasuk kategori pembelajar ini:

  • Bertanyalah pada professor anda jika anda bisa merekam diskusi atau pengajaran di kelas. Jika bisa, makan anda bisa selalu mendengarkannya lagi ketika anda sendiri daripada membaca catatan anda. Ini juga membebaskan anda untuk memperhatikan apapun yang dikatakan professor tanpa beban untuk mencatat. Buku-buku audio juga akan lebih baik untuk anda dibandingkan dengan membaca novel.
     
  • Ketika anda melakukan bacaan anda di kelas, cobalah untuk membacanya dengan suara anda jika memungkinkan. Anda bisa melakukan ini dikamar anda, jika anda khawatir akan mengganggu mahasiswa lainnya. Membaca dengan suara anda akan membantu anda fokus terhadap pesannya dibandingkan dengan distraksi yang anda dapatkan dengan membaca tulisan.
     
  • Tanyalah pertanyaan. Tanya professor, teman anda atau mahasiswa lainnya jika anda bingung tentang sesuatu. Mendengarkan penjelasan akan membantu anda memahami lebih baik. Mirip dengan, menjelaskan konsep-konsep sulit dengan menjelaskannya kepada peserta di imajinasi anda juga akan membant anda memahami konsep tersebut lebih baik.
     
  • Peralatan vocal bisa membantu anda mengingat rumus, definisi dan informasi lainnya. Coba menggunakan peralatan mnemonic dengan suara atau menghubungkannya dengan sebuah lagu akan membanti anda mengingat dan menghafal daftar dan formula yang sulit.
     
  • Cobalah belajar dengan teman. Ketika anda mengambil bagian didalam sebuah diskusi dan mendengar informasi, ini akan membantu anda memahami dan mengingat konsep-konsep tersebut lebih baik. Memikirkan percakapan tersebut ketika ujian atau presentasi akan membantu anda mengingat lebih baik daripada mencoba mengingat halaman yang penuh akan kata-kata.
     
  • Belajarlah di tempat yang hening. Pembelajar melalui pendengaran cenderung lebih mudah terdistraksi oleh percakapan atau music di latarbelakang. Karena anda akan merasa lebih mudah fokus terhadap suara, maka terlalu banyak suara akan membuat fokus anda hilang.

Dengan Pengelihatan

 

Tidak seperti para pembelajar melalui pendengaran, pembelajar ini perlu melihat untuk mengetahuinya. Mereka juga memiliki kesan yang sangat kuat terhadap warna dan desain. Mereka juga mungkin memiliki kemampuan artistic yang kuat. Mereka bisa memvisualisasikan konsep-konsep yang berbeda dan lebih suka memproses informasi melalui gambar atau modeling. Pembelajar jenis ini juga memiliki kesulitan dengan arah yang dibicarakan dan podcast atau pengajaran.


Pembelajar jenis ini sering kali merasa takut salah memahami kata-kata karena mereka memahami gambar dan diagram lebih baik. Meskipun mereka memiliki reaksi yang terlalu berlebihan terhadap suara dan memiliki waktu yang lebih lama untuk memproses percakapan dan pembicaraan, mereka bisa membentuk gambar dipikiran mereka dengan baik saat membaca.


Ini merupakan beberapa tips pembelajaran untuk anda jika anda termasuk kategori pembelajar ini:

  • Ketika membaca lebih dahulu atau mempersiapkan diri untuk kelas, pelajarilah bab-bab secara cepat. Perhatikan judul, definisi yang diwarnai dan lain-lain. Ini akan memberikan anda sebuah struktur dipikiran anda, untuk menaruh semua informasi ketika anda membaca.
     
  • Gunakan stabilo dan pewarna untuk mengidentifikasikan bagian-bagian penting. Anda bisa mencoba menggunakan warna-warna tertentu untuk catatan anda seperti, stabile biru untuk definisi, stabile oren untuk konsep-konsep penting dan stabile hijau untuk formula.
     
  • Ketika anda dikelas, lihatlah pembicara dan fokuslah pada papn tulis, terutama juka professor anda menggunakan bantuan visual atau presentasi. Cobalah memvisualisasikan konsep-konsep berbeda seperti sebuah cerita yang berjalan di pikiran anda.
     
  • Saat dikelas, sebaiknya anda duduk di deretan depan agar posisi anda lebih dekat dengan pembicara. Ini akan membantu anda tidak terkena distraksi, seperti layar laptop, mahasiswa-mahasisw ayang berbicara, atau orang-orang yang berjalan keluar masuk ruangan kelas dan membantu anda fokus hanya pada professor anda. Coba untuk tidak membuka laptop anda atau telpon genggam anda. Lebih baik anda mencatat agar tidak terdistraksi oleh layar komputer anda.
     
  • Saat mengambil catatan dari buku, materi Anda di kelas, atau hanya mengatur dan merevisi konsep Anda, pohon konsep (mind map), jadwal dan alat bantu visual lainnya dapat membantu Anda memvisualisasikan konsep abstrak dan samar. Mereka dapat membantu Anda membuat berbagai hubungan antara bagian-bagian yang berbeda dari apa yang telah Anda pelajari dan menempatkan semuanya pada tempatnya, visual.
     
  • Ketika anda mencoba untuk menghapalkan informasi-informasi pendek, seperti definisi, formula, atau teori, gunakan flashcard. Flashcard akan membantu anda menggambarkan formula atau definisi lebih baik dibandingkan dengan mewarnai dan membaca. Ini karena ketika anda mencoba menggambarkannya, anda bisa dengan mudah mengingat flashcard daripada beberapa kata di antara banyak kata.

Dengan Praktek

 

Pembelajar jenis ini menyerap informasi dengan melakukan. Mereka lebih suka belajar dengan langsung, dan berpartisipasi dalam hal yang mereka pelajari. Sebagai pembelajar yang langsung mempraktekan, pembelajar jenis ini tidak akan cocok dengan cara belajar tradisional di kelas. Mereka mungkin perlu berdiri dan berjalan keliling-keliling, atau ikut berpartisipasi secara fisik saat belajar. Mereka sangat handal dengan tangan mereka.


Mereka cenderung hebat dalam membangun model dan bisa menggabungkan bagian-bagian secara intuitif, tanpa membaca panduan. Pembelajar jenis ini juga memilki kemampuan akan pemahaman ruang yang bagus. Mereka belajar lebih baik ketika berhubungan dengan aktivitas fisik; sering kali, mereka cenderung lebih mengingat hal-hal yang telah mereka lakukan dibandingkan ketika mereka mendengar atau membaca. Mereka perlu berhubungan secara aktif dengan materi pembelajaran mereka dan cederung merasa gelisah jika mereka terlalu lama duduk.


Ini merupakan beberapa tips pembelajaran untuk anda jika anda termasuk kategori pembelajar ini:

  • Gunakan flashcard. Ini merupakan alat yang bagus untuk pembelajar visual karena mereka bisa mengisolasikan informasi. Akan tetapi untuk pembelajar kinestetik, ini bisa menyediakan informasi nyata yang bisa berinteraksi dengan mereka ketika belajar. Jadi, catatlah catatan anda di kartu indeks dan berjalanlah untuk menghapal informasi tersebut lebih baik.
     
  • Pembelajar kinestetik cenderung tidak mudah terdistraksi oleh musik dibandingkan dengan pembelajar lainnya. Banyak orang mengakui bahwa ini membantu bagian dari otak mereka untuk berkonsentrasi terhadap apa yang mereka pelajari. Ini, tentunya, tergantung pada preferensi personal anda, juga jenis musik yang anda dengarkan.
     
  • Memeragakan informasi, kata-kata atau acara dengan gaya sederhana bisa membantu anda mengingat mereka nantinya. Menggunakan model-model fisik atau objek untuk mengvisualisasikan konsep-konsep sulit akan membantu anda mengingat cerita ketika anda sedang diuji. Contoh nyata dan cerita yang berhubungan merupakan alat pembantu menghapal untuk pembelajar jenis ini.
     
  • Gunakan stabile atau pensil untuk menggaris bawahi ketika anda membaca. Ini membuat tangan anda bergerak dan memberikan anda sesuatu yang tidak mendistraksi pikiran anda ketika anda membaca. Cara alternative lainnya, anda bisa mengetuk-ngetuk dengan pensil, meremas stress ball, atau bahkan memutar-mutarkan tali ketika anda membaca untuk membuat diri anda tetap fokus.
     
  • Ubahlah lingkungan belajar anda sesering mungkin. Mengubah posisi akan membuat anda merasa tenang jika anda sedang membaca atau mendengarkan dosen.
     
  • Saat memungkinkan, anda harus mencoba untuk “melakukan” tugas, proyek atau eksperimen anda dengan cara yang aktif. Jika anda dikelas, catatlah sambil menyimak dosen anda. Ini memberikan anda fokus. Mencatat atau mengetik saat dosen mengajar atau ketika sedang membaca merupakan aktivitas yang membantu karena proses penulisan akan membantu anda dalam memproses informasi.
Diposting pada 09 Okt 2017
Tips & saran

Bagikan ini