Kuliah Jurusan Perbankan di Luar Negeri

Perkembangan industri perbankan dunia yang semakin pesat tentunya membutuhkan tenaga profesional di bidang keuangan dan perbankan
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Ingin Kuliah Perbankan di Luar Negeri?

Perkembangan industri perbankan dunia yang semakin pesat tentunya membutuhkan tenaga profesional di bidang keuangan dan perbankan. Hal ini yang menjadi alasan kenapa jurusan perbankan semakin diminati karena menjanjikan pekerjaan bergengsi dan bergaji tinggi bagi lulusannya.

Tak heran jika jurusan perbankan semakin banyak dipilih pelajar asal Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri. Apakah Anda salah satunya?

Apa itu Jurusan Perbankan?

Secara umum perbankan merupakan jurusan yang mempelajari proses operasional bisnis dunia perbankan secara keseluruhan, mulai dari tugas-tugas frontliner dan back office hingga lalu lintas pembayaran luar negeri, manajemen resiko dan kredit, ekonomi dunia dan banyak lainnya.

lanskap gedung pencakar langit penanda dunia perbankan
Sumber: Pixabay

Bank sebagai lembaga keuangan memainkan peran penting dalam perekonomian suatu negara; sebagai lembaga tempat penyimpanan uang, pemberian kredit, investasi dan pembiayaan bisnis melalui pinjaman.

Melalui jurusan perbankan ini Anda akan mempelajari seluk beluk bagaimana bank beroperasi secara internal, pengelolaan dana nasabah, manajemen serta regulasi yang mengatur industri keuangan di suatu negara maupun dunia.

Selain itu Anda juga akan mempelajari inovasi dan teknologi yang berhubungan dengan perbankan dan keuangan.

Pesatnya perkembangan industri keuangan dunia ini tentu saja memberikan peluang kerja yang cerah di masa depan. Tak heran jika jurusan ini semakin banyak peminatnya.

Namun untuk mampu bersaing di industri keuangan dalam maupun luar negeri, Anda harus memilih universitas terbaik, terutama jika memilih kuliah perbankan di luar negeri agar memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri.

Mata Kuliah yang Akan Dipelajari di Jurusan Perbankan?

Setiap universitas di dunia yang menawarkan perkuliahan di bidang perbankan dan keuangan pasti memiliki kurikulum masing-masing, apalagi jika Anda memilih kuliah di luar negeri.

Beda negara, bisa jadi beda peraturan yang mengatur soal keuangan dan juga sektor perbankan.

Namun umumnya jurusan perbankan akan mempelajari hal yang sama. Tahun pertama kuliah perbankan biasanya akan dimulai dengan mata kuliah umum, seperti:

  • Pengantar Akuntansi

  • Manajemen Keuangan

  • Perpajakan

  • Bank dan Lembaga Keuangan Lain

  • Produk-produk Bank

  • Jasa-jasa Bank

  • Komunikasi Bisnis

  • Audit Perbankan

  • Matematika Ekonomi

  • Ekonomi Moneter

  • Manajemen Pemasaran Bank

  • Pasar dan Instrumen Keuangan

  • Teori Perbankan Modern

Memasuki tahun kedua dan seterusnya, mahasiswa akan mempelajari mata kuliah yang lebih spesifik, seperti:

  • Akuntansi Perbankan

  • Analisa Laporan Keuangan

  • Perdagangan Internasional

  • Keuangan dan Perbankan Internasional

  • Manajemen Kredit

  • Manajemen Operasional

  • Manajemen Supervisi

  • Studi Kelayakan Bisnis

  • Hukum Perbankan

  • Lembaga Keuangan

  • Lalu Lintas Pembayaran Luar Negeri

  • Mata Uang Asing

Mengapa Pilih Kuliah Perbankan di Luar Negeri?

Bagi Anda yang sedang memilih jurusan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, perbankan bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan industri keuangan dalam maupun luar negeri.

Mengapa kuliah perbankan di luar negeri? Tanpa merendahkan kualitas universitas dalam negeri, berikut 5 alasan yang sering jadi alasan mengapa banyak pelajar yang memilih melanjutkan studi ke luar negeri.

1. Kualitas Pendidikan

Setiap negara tentu memiliki kualitas pendidikan yang berbeda-beda, namun umumnya negara-negara yang jadi tujuan kuliah mahasiswa asing memiliki sistem pendidikan terbaik yang dirancang untuk keperluan pasar saat ini.

Setiap negara memiliki badan sertifikasi, akreditasi dan pengawas masing-masing untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan pada para pelajar, tak terkecuali mahasiswa asing. Hal ini tentu jadi salah satu daya tarik utama mengapa banyak yang memilih kuliah di luar negeri.

2. Kurikulum Berorientasi Karir

Tak melulu soal teori, kurikulum di universitas di luar negeri biasanya disusun sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini sehingga mahasiswa dipersiapkan untuk bisa langsung bekerja saat lulus kuliah.

Kurikulum ini tentu sangat menguntungkan bagi mahasiswa karena akan mendapatkan pendidikan berbasis teori dan praktek yang seimbang sehingga memberikan kompetensi terbaik bagi mahasiswa yang mengambil jurusan ini.

kerja sebagai lulusan jurusan perbankan
Sumber: Pixabay

3. Dukungan Fasilitas Lengkap

Universitas di luar negeri yang menawarkan perkuliahan di bidang perbankan biasanya dilengkapi dengan fasilitas pendukung lengkap untuk para mahasiswa.

Mulai dari modul belajar hingga akses ke jurnal-jurnal keuangan dunia dan perpustakaan lengkap untuk sumber referensi.

Selain itu, universitas di luar negeri biasanya juga dilengkapi dengan student center dan pusat-pusat riset untuk membantu mahasiswa semakin memahami dan mendalami bahan yang didapat dari perkuliahan.

Hal ini tentu akan membuat mahasiswa memiliki dukungan penuh untuk menyelesaikan perkuliahan dengan baik dan mendapatkan kompetensi sesuai kebutuhan industri keuangan dan perbankan.

4. Program yang Beragam

Jurusan perbankan dari universitas di luar negeri biasanya menawarkan berbagai program menarik yang bisa dipilih sesuai minat.

Hal ini memberikan banyak pilihan bagi mahasiswa untuk mengambil spesialisasi maupun bidang yang menjadi pilihan maupun tujuan karir di masa depan.

5. Prospek Kerja Global

Bagi Anda yang bercita-cita menjadi bankir profesional di luar negeri maupun posisi lain di pusat-pusat keuangan dunia, kuliah perbankan di luar negeri membuka jalan untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Ijazah yang diakui dunia, sertifikasi yang mungkin didapatkan saat kuliah juga bisa membantu saat mencari pekerjaan di luar negeri.

Selain itu universitas di luar negeri biasanya memiliki hubungan baik dengan pelaku bisnis di bidang keuangan yang bisa merekrut lulusan terbaik universitas tersebut untuk bekerja.

Negara Terpopuler Pelajar Indonesia untuk Kuliah Perbankan

Untuk pelajar Indonesia yang memiliki rencana melanjutkan kuliah perbankan di luar negeri, baik untuk jenjang S1 maupun S2, ada negara-negara populer yang jadi tujuan pelajar Indonesia lho.

Negara-negara berikut ini banyak dijadikan tujuan kuliah jurusan perbankan karena menawarkan program yang lebih beragam, kurikulum yang berorientasi karir, kesempatan melakukan penelitian dan juga prospek kerja global.

Berikut adalah informasi tentang negara-negara populer tersebut beserta universitas favoritnya.

1. Amerika Serikat

Sebagai salah satu pusat ekonomi dan keuangan dunia, tidak ada yang lebih menarik daripada menimba ilmu perbankan di Amerika Serikat. Ada banyak sekali universitas top kelas dunia yang menawarkan perkuliahan di jurusan perbankan dan keuangan. Seperti misalnya Harvard University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of California, University of Chicago, Stanford University, Yale University dan masih banyak lainnya.

2. Inggris

Inggris juga masuk dalam radar negara populer pilihan pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, terutama di jurusan perbankan. Sebagai salah satu negara penting di Eropa dan juga dunia, Inggris menawarkan kesempatan belajar perbankan di universitas-universitas terbaik dunia yang didukung oleh tenaga pengajar kompeten di bidangnya.

Inggris juga memiliki banyak universitas terbaik dan bergengsi yang menawarkan perkuliahan di bidang perbankan. Sebut saja University of Oxford dan London School of Economics and Political Science (LSE) yang berada di peringkat atas universitas terbaik dunia untuk jurusan keuangan dan perbankan di 2018.

3. Hong Kong

Sebagai salah satu pusat keuangan penting di Asia, Hong Kong yang merupakan hub keuangan internasional menawarkan berbagai jurusan menarik di bidang perbankan dan keuangan yang bisa Anda pilih.

Universitas-universitas di Hong Kong ini memiliki sistem pendidikan yang baik serta kurikulum yang didasarkan pada perkembangan keuangan dunia saat ini, sehingga mahasiswa akan terus update mengenai tren maupun teknologi keuangan yang mempengaruhi industri perbankan maupun keuangan dunia. Universitas yang bisa jadi pilihan misalnya The Hong Kong University of Science and Technology, The University of Hong Kong, City University of Hong Kong dan The Chinese University of Hong Kong (CUHK).

4. Singapura

Tak jauh dari Indonesia, Singapura juga jadi negara terfavorit untuk melanjutkan kuliah di luar negeri dan mengambil jurusan perbankan dan keuangan. Dikenal sebagai negara Safe Haven dan juga hub keuangan dan perbankan dunia, Singapura menawarkan kesempatan untuk mempelajari perbankan dan juga keuangan secara real time dan terus berkembang.

Universitas top yang populer jadi tujuan kuliah S1 maupun S2 perbankan adalah National University of Singapore dan Nanyang Technological University

5. Australia

Masih negara tetangga Indonesia, Australia juga menawarkan perkuliahan di jurusan perbankan dan keuangan di berbagai universitas terbaiknya. Universitas top yang populer jadi tujuan kuliah perbankan di Australia ada banyak. Sebut saja The University of Melbourne, University of New South Wales. The University of Sydney, Monash University, RMIT University, Curtin University dan masih banyak lainnya.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Perbankan

kuliah jurusan perbankan di luar negeri
Sumber: Pixabay

Seperti disebutkan di atas, industri keuangan dan juga perbankan yang terus berkembang pesat tentu membutuhkan dukungan profesional di bidangnya. Lulusan jurusan perbankan tak hanya bisa bekerja di bank maupun lembaga keuangan lainnya, namun bisa juga di perusahaan biasa yang membutuhkan karyawan di bidang keuangan dan perpajakan.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan perbankan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Analis Kredit

  • Supervisor Kredit

  • Ekspor-impor

  • Valuta Asing

  • Administrasi

  • Marketing Bank

  • Funding Officer

  • Account Officer

  • Customer Service

  • Teller

  • Akuntansi & Perpajakan

  • Back Office

  • Analis Keuangan

Universitas Terbaik untuk Kuliah Perbankan di Luar Negeri

Memiliki rencana kuliah perbankan di luar negeri untuk jenjang S1 maupun S2? Ada baiknya pilihlah universitas terbaik dunia untuk kesempatan belajar dan berkarir yang lebih baik.

Dilansir dari QS World University Rankings 2018 berikut ini adalah top 10 universitas terbaik di dunia untuk jurusan keuangan dan perbankan.

1. Harvard University

2. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

3. Stanford University

4. University of Oxford

5. London School of Economics and Political Science (LSE)

6. University of Chicago

7. University of Cambridge

8. University of California, Berkeley (UCB)

9. The University of Melbourne

Sementara itu, dari website yang sama, berikut top 10 universitas terbaik di Asia untuk jurusan keuangan dan perbankan di tahun 2018.

1. The Hong Kong University of Science and Technology

2. National University of Singapore (NUS)

3. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)

4. Peking University

5. Nanyang Technological University

6. The University of Hong Kong

7. Tsinghua University

8. University of Tokyo

9. Seoul National University

10.  City University of Hong Kong


Sudah siap untuk kuliah perbankan di luar negeri? Mulai rencanakan dari sekarang dan jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai jurusan ini, ya!

You might be interested in...