Kuliah Jurusan Logistik dan Rantai Pasokan di Luar Negeri

Logistik dan Manajemen Rantai Pasokan merupakan salah satu aspek bisnis yang belum mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah jurusan logistik dan manajemen rantai pasok

Apa itu jurusan Logistik dan Manajemen Rantai Pasok?
Alasan kuliah jurusan Logistik dan Manajemen Rantai Pasok
Keterampilan yang diperlukan
Yang dipelajari dalam Logistik dan Manajemen Rantai Pasok
Negara terbaik untuk kuliah Logistik dan Manajemen Rantai Pasok
Persyaratan kuliah Logistik dan Manajemen Rantai Pasok
Pilihan universitas terbaik
Prospek kerja dan gaji lulusan Logistik dan Manajemen Rantai Pasok
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Apa Itu Kuliah Logistik dan Rantai Pasokan?

kuliah logistik manajemen rantai pasok

Sebelum menjelaskan lebih detail mengenai kuliah jurusan logistik dan rantai pasokan, sebaiknya kita pahami dulu mengenai definisi dan perbedaan antara Logistik dan Rantai Pasokan.

  • Apa Itu “Rantai Pasokan”?

Manajemen rantai pasokan (Supply chain management) merupakan suatu kegiatan yang melibatkan kolaborasi di antara perusahaan untuk menghubungkan pemasok, pelanggan dan mitra lainnya. 

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan menghasilkan nilai bagi konsumen akhir. Rantai pasokan ini merupakan keputusan yang strategis dan sebagai kerangka kerja operasional, dimana logistik akan dilakukan.

  • Apa Itu “Logistik”?

Menurut Dewan Profesional Manajemen Rantai Pasokan, definisi Logistik adalah bagian dari proses rantai pasokan yang merencanakan, mengimplementasikan serta mengontrol efisiensi, keefektifan dan membalikan aliran serta penyimpanan barang. 

Selain itu, juga membalikan aliran layanan dan informasi terkait dari titik asal ke titik konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Logistik dilakukan untuk memastikan bahwa pelanggan sudah menerima produk yang diinginkan di waktu, tempat dan harga yang tepat.

Dari kedua definisi di atas dapat disimpulkan bahwa rantai pasokan dan logistic ini merupakan kegiatan yang saling bergantian dan saling melengkapi. Jika proses rantai pasokan ada tanpa proses logistic, maka kegiatan tersebut tidak akan berjalan. 

Kuliah logistik dan rantai pasokan merupakan kegiatan kuliah yang akan mempelajari seputar proses dari kedua kegiatan yang penting dalam dunia bisnis ini

Kegiatan bisnis merupakan bagian penting dalam kehidupan perekonomian manusia saat ini. Agar bisnis berjalan lancar, maka kegiatan rantai pasokan dan logistic ini harus dilakukan bersamaan.

Kuliah jurusan logistic dan rantai pasokan di luar negeri, akan banyak memberikan Anda keterampilan penting yang dibutuhkan, baik di sektor publik hingga swasta. 

Lulusan dari kuliah logistic dan rantai pasokan ini akan membuat Anda memiliki keahlian yang diminati di dunia bisnis dan dunia kerja saat ini.

Di semester akhir, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan program pelatihan, berupa magang di industri. Proses magang akan memberikan pengalaman kepada para siswa mengenai proses operasional dari awal hingga akhir.

 

Apa Alasan Kuliah Logistik dan Rantai Pasokan di Luar Negeri?

mengapa kuliah logistik manajemen rantai pasok di luar negeri

Alasan para calon mahasiswa dan mahasiswi Indonesia memilih kuliah logistik dan rantai pasokan di luar negeri adalah agar mendapatkan pengalaman baru kuliah di luar negeri dan pengalaman magang hingga mendapatkan pekerjaan di luar negeri, dengan tawaran gaji yang tinggi.

Selain itu, rupanya ada beberapa alasan lainya yang membuat mereka ingin kuliah jurusan logistik dan rantai pasokan di luar negeri, yaitu:

1. Pengalaman Magang Sebelum Bekerja

Kuliah di jurusan logistic dan rantai pasokan di luar negeri, akan memberikan pengalaman akademis dan praktik yang maksimal.

Setelah lulus dari jurusan ini, Anda bahkan sudah memiliki pengalaman magang di bidang yang sesuai. Dengan pengalaman magang tersebut, tentunya kesempatan kerja Anda di bidang bisnis administrasi, khususnya logistic dan manajemen rantai pasokan akan terbuka luas.

2. Networking yang Luas

Kuliah di luar negeri tentunya akan mempertemukan kita dengan banyak mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai Negara. Networking Anda akan lebih luas dan membuka peluang untuk masa depan yang lebih baik.

Dunia internasional memang memiliki kelebihan dalam jaringan pertemanan, dimana saat akan bekerja nanti, informasi lowongan kerja akan lebih mudah didapatkan.

3. Memiliki Passion di Bidang Manajemen dan Bisnis

Anda yang suka terlibat dalam proses pengambilan keputusan di suatu organisasi tempat Anda magang atau komunitas yang diikuti, sangat cocok memilih kuliah di jurusan ini.

Logistik dan rantai pasokan memang bagian dari manajemen dan bisnis yang harus berjalan teratur dan bersamaan. Dengan passion di bidang ini, Anda tentu akan lebih bersemangat saat kuliah nanti. 

4. Pilihan Karir yang Luas

Dengan memilih kuliah jurusan logistic dan rantai pasokan, Anda tidak perlu takut setelah lulus nanti akan sulit bekerja. Alasanya, karena lulusan dari jurusan logistic dan rantai pasokan di luar negeri memiliki prospek kerja yang luas.

Anda bisa bekerja di bidang bisnis, manajemen, bahkan di bidang keuangan.

 

Apa Saja Karakter yang Cocok untuk Kuliah Logistik dan Rantai Pasokan?

keterampilan yang diperlukan dalam jurusan logistik dan manajemen rantai pasok

Sudah memutuskan untuk kuliah jurusan logistik dan rantai pasokan di luar negeri? Belum lengkap jika Anda belum mengetahui karakter pribadi Anda yang memang cocok untuk kuliah logistik dan rantai pasokan.

Mengetahui karakter pribadi seperti ini, dapat membuat Anda lebih fokus kuliah dan mengejar karir terbaik untuk masa depan. Berikut ini beberapa karakter yang cocok untuk kuliah logistik dan rantai pasokan: 

  1. Harus teliti

  2. Harus detail

  3. Berfikir rasional

  4. Senang berhitung

  5. Suka menganalisis

  6. Memiliki keterampilan komunikasi

  7. Suka memecahkan masalah

  8. Berwawasan luas

  9. Suka bekerja sendiri

  10. Memiliki keterampilan interpersonal

  11. Bekerja sama dengan team

 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Logistik dan Rantai Pasokan?

Kuliah jurusan logistic dan rantai pasokan di luar negeri, merupakan subjek yang sangat penting untuk semua jenis bisnis tingkat lokal maupun global.

Program kuliah ini akan mempersiapkan siswanya untuk bekerja di bidang logistic dengan sangat menantang dan dinamis.

Para mahasiswa dan mahasiswi akan dihadapkan pada berbagai kegiatan logistic serta aplikasi keluar masuk logistic, penerbangan, transportasi darat (termasuk kereta api, jalan dan off-road). 

Lalu apa saja mata kuliah yang umumnya dipelajari di jurusan logistik dan rantai pasokan di luar negeri? Berikut ini gambaran mata kuliahnya secara umum:

Tahun Pertama

  • General subject

  • Organizational Management

  • Business Mathematics

  • Introduction to financial accounting

  • Microeconomics

  • Management information system

  • Basic marketing

  • Product design and Innovation

  • Macroeconomics

  • Report writing

  • Introduction to statistics

  • Calculus

  • Business Ethics

Tahun Kedua

  • Business Law

  • Organizational Behaviour

  • Operations Management

  • Cost Accounting

  • Financial management

  • Quantitative Methods and Statistics

  • Intro to Logistics Management

  • Transport Theory and Practise

  • Professional Communication

  • Research Method

  • Basic Econometrics

  • Supply Chain Management

  • Procurement Management

  • International trade Law

Tahun Ketiga 

  • International Business

  • Export Management and Practice

  • Supply Chain Logistics Management

  • Strategic Management

  • Warehouse Management

  • Strategic Logistics Management

  • International Logistics

  • Quality management

  • Inventory Management

  • Industrial Training

Mata kuliah tersebut hanya sebagai gambaran umum kuliah di jurusan logistik dan rantai pasokan di luar negeri. Adapun masing-masing universitas mungkin memiliki mata kuliah yang berbeda. Anda bisa cek melalui website universitas masing-masing yang Anda pilih.

 

Apa Saja Pilihan Negara Favorit untuk Kuliah Logistik dan Rantai Pasokan di Luar Negeri?

Selain memiliki pemahaman terhadap mata kuliah ilmu agama islam yang akan dipelajari, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan hal penting lainya seperti lokasi kuliah jurusan logistik dan rantai pasokan di luar negeri.

Lokasi kuliah yang terbaik dengan fasilitas yang maksimal, nantinya akan mendukung perkuliahan Anda, agar bisa lulus dengan cepat.

Memilih universitas terbaik untuk kuliah logistik dan rantai pasokan di luar negeri, tentunya akan berdampak terhadap pencapaian karir Anda di masa depan nanti. 

Adapun beberapa universitas terbaik yang direkomendasikan untuk kuliah Logistik dan rantai pasokan, Sebagai berikut:

Amerika Serikat

Negara tujuan favorit kuliah yang banyak peminatnya adalah Amerika serikat. Meskipun kuliah di USA ini memerlukan biaya yang cukup tinggi, namun pengalaman kuliah yang akan diberikan tentunya lebih seru. Tidak hanya pendidikan teori, pendidikan praktik juga diberikan.

Khusus untuk jurusan kuliah logistik dan rantai pasokan di Amerika serikat, salah satu universitas yang menawarkan program kuliah ini adalah Michigan State University, Amerika serikat. 

Durasi Kuliah

Rata-rata 3 tahun

In take

September

Estimasi biaya kuliah 

$ 14.970 Per Tahun atau Rp. 212 jutaan Per Tahun

Australia

Australia juga merupakan negara favorit yang menjadi tujuan para mahasiswa dan mahasiswi dari Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Jika Anda ingin mengambil program kuliah sarjana (S1) di jurusan logistik dan rantai pasokan, maka salah satu universitas di Australia, The University of Sydney menawarkan program kuliah ini. 

Durasi Kuliah

Rata-rata 3 tahun

In take

Februari 2020

Estimasi biaya kuliah 

AUD 69.750  Per Tahun atau Rp 671 jutaan Per Tahun

Malaysia

Malaysia memiliki jarak yang cukup dekat dengan Indonesia, hanya sekitar 2 Jam dengan menggunakan pesawat. Alasan ini yang membuat para calon mahasiswa dan mahasiswi dari Indonesia banyak yang memilih kuliah di Malaysia. Salah satu universitas yang direkomendasikan untuk kuliah logistik dan rantai pasokan adalah Infrastructure University Malaysia.

Durasi Kuliah

Rata-rata 3 tahun

In take

Maret, Juni, Oktober

Estimasi biaya kuliah 

RM 66.700 Per Tahun atau Rp. 226 juta Per Tahun

China

Perusahaan logistik terbesar berawal dari China, hal ini tentu didukung karena adanya jurusan kuliah logistik dan rantai pasokan yang berkualitas. Salah satu universitas yang direkomendasikan, terutama untuk program master (S2) jurusan logistik dan rantai pasokan adalah University of International Business and Economics (UIBE) China. 

Durasi Kuliah

Rata-rata 3 tahun (S1) 2 Tahun (S2)

In take

November

Estimasi biaya kuliah 

RMB 99.160 Per Tahun atau Rp. 199 juta per tahun

Inggris

Siapa yang tidak mau kuliah di negara Inggris, yang memiliki banyak universitas terbaik top dunia. Jika ingin kuliah program bisnis dan mengambil jurusan logistik dan rantai pasokan, University of Manchester bisa Anda pilih. 

Durasi Kuliah

Rata-rata 3 tahun (S1) 2 Tahun (S2)

In take

September, November

Estimasi biaya kuliah 

EURO  21.000 Per Tahun atau Rp. 344 Juta Per Tahun

 

Apa Saja Persyaratan Kuliah Logistik dan Rantai Pasokan di Luar Negeri?

persyaratan pendaftaran masuk kuliah jurusan logistik

Persyaratan kuliah di luar negeri tentunya menjadi hal penting yang harus disiapkan oleh para calon mahasiswi dan mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. 

Kriteria dan syarat-syarat untuk memasuki setiap universitas tentunya berbeda-beda. Setiap universitas memiliki syarat-syarat tersendiri untuk menerima para mahasiswa dan mahasiswi baru.

Pada umumnya, jika ingin melanjutkan kuliah meraih gelar sarjana (S1) dan (S2) di luar negeri akan memerlukan:

  • Sertifikat kemampuan Bahasa inggris seperti IELTS 

  • Ijazah sekolah menengah atas (SMA) dengan nilai rata-rata keseluruhan minimal 80% dengan bukti lulus ujian nasional pastinya

Adapun informasi syarat-syarat masuk atau pendaftaran dari beberapa universitas di dunia seperti berikut:

Amerika Serikat

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA

IELTS

Skor Minimal 6.5 

TOEFL

iBT 68-80 (internet based)

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1)

IELTS

Skor Minimal 7.0

TOEFL 

iBT 79- 95 (internet based)

lainya

Surat rekomendasi (dari perusahaan)

Australia

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA

IELTS

Skor Minimal 5.0 (jika diminta)

Bahasa Lokal

Menguasai bahasa Turki dasar

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1)

IELTS

Skor Minimal 6.0 (jika diminta)

TOEFL 

iBT 79- 95 (internet based)

lainya

Surat rekomendasi (dari perusahaan)

Malaysia

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA

IELTS

Skor Minimal 5.5 

TOEFL

iBT 68-80 (internet based)

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1)

IELTS

Skor Minimal 6.0

TOEFL 

iBT 79- 95 (internet based)

lainya

Surat rekomendasi (dari perusahaan)

Inggris

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA

IELTS

Skor Minimal 6.5 

TOEFL

iBT 68-80 (internet based)

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1)

IELTS

Skor Minimal 7.0

TOEFL 

iBT 79- 95 (internet based)

lainya

Surat rekomendasi (dari perusahaan)

China

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA

IELTS

Skor Minimal 6.0

TOEFL

iBT 86 (internet based)/550 PBT

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1)

IELTS

Skor Minimal 6.0

TOEFL 

550 PBT

lainya

Surat rekomendasi (dari perusahaan)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di luar negeri adalah Paspor dan visa pelajar yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar di universitas favorit Anda, silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Karir dan Pekerjaan Apa Saja yang Ditawarkan untuk Lulusan Logistik dan Rantai Pasokan?

prospek kerja lulusan jurusan logistik dan manajemen rantai pasok

Pada umumnya, karir atau pekerjaan yang ditujukan untuk lulusan jurusan logistik dan rantai pasokan, akan banyak dibutuhkan di bidang bisnis dan manajemen. 

Pasalnya, dalam kedua bidang tersebut selalu ada proses distribusi barang atau jasa yang harus disampaikan ke pelanggan. Adapun karir atau pekerjaan yang cocok untuk lulusan jurusan logistik dan rantai pasokan sebagai berikut:

  • Administration and supervisory roles in export/import, bertanggung jawab atas pergerakan barang yang masuk dan keluar dari satu Negara ke Negara lain dan memahami aturan dari masing-masing negara

  • Procurement and distribution manager, bertugas untuk mengorganisasi gudang dan distribusi dan memastikannya dengan baik

  • Freight forwarding and customs officer, bertugas untuk memastikan bahwa suatu barang telah berpindah dari satu tempat ke tempat lainya

  • Warehousing and Inventory controller, bertugas di gudang untuk mencatat inventory (persediaan), memberi label hingga menyiapkan inventory untuk tahun berikutnya

  • Stock analyst, bertugas untuk menganalisa dan memprediksi akan kebutuhan perusahaan di masa yang akan datang

  • Researcher, bertugas untuk melakukan penelitian akan kebutuhan masyarakat yang harus diketahui oleh suatu organisasi tertentu

  • Consultants, bertugas untuk memberikan nasihat kepada organisasi dalam menolong mereka meningkatkan kemampuan bisnisnya

Bagaimana? Sudah yakin untuk memilih kuliah jurusan logistik dan rantai pasokan di luar negeri? Jika Anda masih ragu, segera hubungi tim Easyuni yang akan selalu siap membantu Anda memberikan informasi selengkapnya.


 

FAQ Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Logistik dan Rantai Pasokan

1. Apakah Lulusan dari Jurusan Logistik dan Rantai pasokan akan Mendapatkan Gaji Tinggi?

Ya, bahkan lebih dari itu. Di Tahun 2002, rata-rata gaji di bidang logistic sekarang ini sekitar $ 74.000 (paling tinggi) dan $ 43.500 paling rendah di tahun 2010. Kebutuhan logistic dan rantai pasokan dalam bisnis akan selalu ada dan berkembang pesat.

2. Bagaimana cara agar bisa bekerja di perusahaan logistic ternama?

Untuk itu, Anda tentu harus menempuh jalur kuliah pendidikan tinggi. Ambil program kuliah (S1) dan (S2) di jurusan logistic dan rantai pasokan. Beberapa pilihan Negara favorit juga menawarkan program kuliah terbaiknya di bidang ini.

3. Apakah Kuliah Jurusan Logistik biaya kuliahnya Mahal?

Bisa iya dan tidak. Biaya kuliah memang tergantung dari pilihan Negara dan universitas yang dipilih. Namun, jika memang ingin yang biaya kuliah serta biaya sehari-harinya lebih hemat, pilih saja universitas di Negara yang masih berada di kawasan Asia.

You might be interested in...