Cover Image

Kuliah Jurusan ACCA (Professional Accounting)

Mungkin masih ada yang ragu untuk kuliah akuntansi. Kan sudah banyak lulusan jurusan ini? Nah, sebenarnya ada satu hal yang bisa membantu Anda untuk menonjol dibanding lulusan akuntansi lainnya, yaitu ACCA.

Find your university

Jurusan kuliah akuntansi dan finance seringkali menjadi pilihan banyak murid yang akan melanjutkan pendidikan S1. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kesempatan kerja karena lapangan kerja di bidang ini bisa dibilang luas.

perbedaan akuntansi dan keuangan dalam kursus sertifikasi profesional
Sumber: Unsplash

Apa itu ACCA?

Mungkin masih banyak yang tidak familiar dengan ACCA. ACCA adalah singkatan dari Association of Chartered Certified Accountants. Pada dasarnya, ACCA adalah sebuah organisasi global untuk pekerja profesional di bidang akuntansi dan finance.

Sampai saat ini, organisasi ini memiliki lebih dari 208 ribu member dan 503 murid di 180 negara di seluruh dunia. Angka ini diperkirakan akan terus tumbuh.

Pekerja profesional yang memiliki sertifikasi ACCA banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Kenapa? Karena sertifikat ini merepresentasikan integritas, kemampuan bisnis yang andal, dan pengetahuan dalam tentang akuntansi dan finance.

Perusahaan mana yang tidak mau pekerja dengan kualifikasi seperti ini? ACCA juga diakui oleh Uni Eropa (European Union/EU) dan PBB (United Nations). Jadi, kalau Anda tertarik untuk bekerja di luar negeri, ACCA bisa menjadi salah satu batu loncatan untuk Anda.

Apa Keuntungan Memilih ACCA?

ACCA adalah sertifikasi akuntansi dan bukan kuliah
Sumber: London School of Accountancy & Finance (LSAF)

Dengan mengambil ACCA, Anda akan lebih unggul jika dibanding dengan lulusan akuntansi lainnya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil ACCA, yaitu:

Diakui di seluruh dunia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ACCA memiliki member di 180 negara di dunia. Tidak hanya itu, sertifikat ACCA sendiri juga diakui di berbagai negara. Jadi, kalau Anda memilih untuk mengambil ACCA, Anda akan menjadi bagian dari jaringan profesional akuntansi dan finance di seluruh dunia.

Selain itu, jika Anda memang tertarik untuk bekerja di luar negeri, ACCA bisa sangat membantu Anda untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Akuntansi sendiri adalah salah satu industry yang dibutuhkan di seluruh dunia dan Anda bisa bekerja dimana saja. Banyak orang yang sudah memiliki sertifikasi ACCA memanfaatkannya untuk mencoba bekerja di negara baru.

Kesempatan bekerja di perusahaan-perusahaan besar

Ada banyak perusahaan yang mencari profesional dengan sertifikasi ACCA. Ini karena pemegang sertifikasi ACCA dikenal dengan kemampuan seperti strategic thinking dan berbagai skill teknis yang dihargai perusahaan-perusahaan besar. Sampai saat ini, ACCA bekerja dengan lebih dari 7,400 perusahaan di dunia.

Selain itu, ACCA juga menyediakan ACCA Careers Job Board yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari pekerjaan.

Anda bisa menemukan pendidikan dengan biaya yang sesuai

Karena luasnya jaringan mitra belajar ACCA, Anda bisa memilih apakah Anda ingin belajar penuh waktu atau paruh waktu. Selain itu, ACCA juga bisa dipelajari secara offline maupun online. Dengan fleksibilitas ini, Anda bisa dengan mudah menemukan jalur ACCA yang sesuai dengan budget dan gaya hidup Anda.

Fleksibilitas untuk memilih jalur Anda sendiri

Sebetulnya, ACCA mengadakan sesi ujian setiap kuartal atau 3 bulan sekali. Tetapi, Anda juga bisa mengambil ujian sesuai dengan permintaan Anda sehingga Anda bisa mengikuti pelajar ACCA dengan kecepatan Anda sendiri. Selain itu, dengan fleksibilitas ini, Anda juga berkesempatan untuk mengambil spesialisasi dalam bidang yang Anda pilih.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan kualifikasi tambahan seperti misalnya BSc in Applied Accounting dari Oxford Brookes University atau MSc in Professional Account from University of London.

Baca juga: Universitas yang menawarkan program ACCA

Dapatkan dukungan yang Anda butuhkan

ACCA menyediakan layanan dukungan 24 jam untuk menjawab pertanyaan atau memberikan saran, dan Anda dapat mengakses resource dan materi khusus yang mereka siapkan. Kalau bahasa Inggris bukan bahasa utama Anda, kami menawarkan dukungan tambahan melalui mitra pelatihan mereka yaitu BPP - yang akan memberi Anda dukungan sesuai kebutuhan Anda untuk setiap ujian Anda.

Bergabung dengan jaringan internasional

Bangun jaringan profesional yang kuat sangat Anda butuhkan di dunia bisnis yang bergerak cepat saat ini. Ketika Anda mengambil ACCA, Anda akan berkesempatan untuk bertemu dengan banyak orang melalui acara-acara networking dan mengobrol dengan sesama siswa di komunitas pembelajaran virtual kami. Kalau Anda bergabung dengan ACCA, Anda akan tergabung dalam jaringan global ACCA dengan lebih dari 200.000 anggota, yang menghubungkan Anda dengan ribuan profesional keuangan di seluruh dunia.

Apa Yang Membedakan ACCA Dengan Gelar Akuntansi?

akuntansi dan keuangan merupakan dua hal yang berbeda
Sumber: Pixabay

Mungkin dari Anda masih ada yang bingung apa perbedaan antara ACCA dengan gelar akuntansi biasa. Berikut adalah beberapa perbedaannya.

ACCA adalah sertifikasi, bukan gelar dari universitas

Sudah jelas bahwa gelar akuntansi akan Anda dapatkan melalui pendidikan universitas, sementara ACCA adalah sertifikasi bagi para akuntan profesional. Gelar Akuntansi adalah gelar sarjana dan Anda mendapat pengetahuan akademik dari jurusan yang Anda pilih. Sementara itu, ACCA adalah kualifikasi akuntansi profesional dan bukan gelar universitas.

Mata pelajaran juga berbeda

Kalau Anda kuliah akuntansi, Anda akan belajar semua hal yang berhubungan dengan akuntansi. Dalam perkuliahan, Anda juga bisa memilih mata pelajaran apa yang ingin Anda pelajari. Mata pelajaran inti tentu mencakup audit, keuangan, perpajakan, dan sebagainya. Sementara mata pelajaran pilihan biasa merupakan mata pelajaran terkait seperti bisnis, marketing, dan sebagainya. Jadi Anda bisa menggabungkan berbagai minat Anda.

Sementara itu, ACCA benar-benar fokus pada akuntansi. Dengan ACCA, Anda akan mendapat jauh lebih banyak informasi tentang akuntansi. Pelajaran ACCA biasa mencakup hal-hal seperti teknik-teknik akuntansi yang mungkin tidak Anda dapatkan di perkuliahan karena biasanya mereka lebih detail dan memang dikhususkan untuk profesional.

ACCA lebih sulit dari kuliah akuntansi

Karena ACCA lebih ditujukan bagi para profesional akuntansi, pelajaran ACCA bisa dibilang lebih sulit jika dibanding pelajaran kuliah akuntansi. Kalau di dunia kuliah, Anda akan mengerjakan tugas, kerja kelompok, dan ujian kelas serta ujian akhir Anda. Anda harus memiliki manajemen waktu yang baik dan belajar secara konsisten agar Anda bisa lulus dengan nilai bagus. Sementara itu, kalau Anda mengambil ACCA, Anda akan bekerja sendiri. Karena pelajaran ACCA mempelajari hal-hal fundamental, materi pelajaran akan menjadi semakin sulit.

ACCA lebih cepat dari kuliah

Kalau Anda ingin cepat-cepat bekerja, ACCA bisa menjadi rute paling cepat untuk Anda. Bagi Anda yang ingin mengambil ACCA, Anda bisa mengambil foundation jurusan akuntansi dan kemudian langsung mengambil ACCA setelah foundation.

ACCA lebih murah dibanding kuliah

Jika biaya merupakan pertimbangan utama bagi Anda, ACCA adalah pilihan yang lebih murah dibandingkan dengan gelar akuntansi. Tidak hanya itu, Anda dapat mengambil kualifikasi ACCA sendiri tanpa melalui perguruan tinggi atau universitas. Ini akan menurunkan biaya Anda lebih jauh, karena Anda hanya akan membayar biaya pendaftaran, ujian, dan navigasi daripada biaya sekolah dan resources dari universitas.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk mengambil ACCA. Jika iya, berikut adalah syarat-syarat untuk mengambil ACCA.

Seperti Apa Persyaratan Masuk ACCA?

Untuk mengambil ACCA, ACCA menerima ijazah SMA dan SMK. Kalau Anda sekolah di sekolah internasional, ACCA menerima dua A-Levels dan tiga GCSEs dengan lima mata pelajaran berbeda dimana dua di antaranya harus Matematika dan Bahasa Inggris. Kalau Anda tidak memiliki kualifikasi yang sudah disebutkan, Anda bisa mengambil Foundation di bidang Accounting. Setelah Anda mendapatkan diploma foundation Accounting and Business, Anda bisa men-transfer diploma Anda ke kualifikasi ACCA dan Anda tidak perlu mengambil tiga ujian ACCA.

Bagaimana Struktur Ujian ACCA?

Ujian ACCA sendiri dibagi menjadi tiga elemen yaitu,

  • Ujian ACCA

  • Ethics and Professional Skills module

  • Professional Experience Requirement

Ketiga elemen ini terdiri dari 13 ujian dalam Bahasa Inggris serta membutuhkan pengalaman kerja yang relevan. Ini semua harus dilakukan untuk mendapatkan sertifikasinya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengambil ujiannya kapan saja Anda mau. ACCA memberikan waktu sampai 10 tahun untuk Anda menyelesaikan semua ujiannya.

Ujian ACCA

Ujian ACCA adalah langkah pertama untuk mendapatkan sertifikasi ACCA. Ujiannya sendiri dibagi menjadi tiga kategori besar. Berikut ini adalah detail untuk setiap ujian ACCA.

Applied Knowledge

Ujian Applied Knowledge memperkenalkan Anda ke dunia finance serta mengembangkan teknik dan teori fundamental dalam accounting. Ujiannya terdiri dari:

  • Accountant in Business

  • Financial Accounting

  • Management Accounting

Applied Skills

Ujian Applied Skills membangun skill accounting dan finance Anda berdasarkan teori yang Anda pelajari di Applied Knowledge. Ini adalah salah satu skill yang sangat dibutuhkan oleh akuntan professional. Ujiannya terdiri dari:

  • Taxation

  • Corporate and Business Law

  • Performance Management

  • Audit and Assurance

  • Financial Reporting

  • Financial Management

Strategic Professional

Ujian Strategic Professional mempersiapkan Anda untuk menjadi pemimpin di dunia accounting. Melalui ujian ini, Anda akan belajar bagaimana menyusun strategi berdasarkan teori teknis dan ethic serta skill profesional. Anda juga bisa mengambil spesialisasi yang Anda rasa cocok untuk karir Anda. Setiap murid harus mengikuti ujian Essentials dan memilih dua dari ujian Options. Ujiannya adalah:

Essentials

  • Strategic Business Leader

  • Strategic Business Reporting

Options

  • Advanced Financial Management

  • Advanced Audit and Assurance

  • Advanced Performance Management

  • Advanced Taxation

Ethics and Professional Skills Module

Mereka yang mengambil ACCA diminta untuk mengambil Ethics dan Professional Skills Module. Melalui mata pelajaran ini, Anda akan belajar berbagai skill yang dibutuhkan oleh perusahan-perusahaan.

Dengan memperkenalkan Anda ke berbagai keterampilan etis dan profesional serta menunjukkan Anda berbagai situasi yang biasa terjadi di dunia bisnis, ACCA berharap mereka akan membantu Anda dalam mendapatkan skill-skill yang tidak banyak diajarkan di level pendidikan. Ini tentu akan menjadi nilai plus bagi Anda saat Anda mencari pekerjaan.

Professional Experience Requirement

Untuk menjadi seorang profesional yang percaya diri dan dapat dipercaya, Anda memerlukan pengalaman bekerja. Oleh karena itu ACCA mengharuskan setiap pesertanya untuk memiliki pengalaman kerja. Setiap peserta harus menyelesaikan pengalaman kerja yang relevan selama 36 bulan.

Selama Anda bekerja, Anda memerlukan tanda tangan dari supervisor Anda selama bekerja untuk dianggap berhasil. Persyaratan pengalaman ini memungkinkan siswa mempraktikkan pengetahuan mereka yang sudah dipelajari di ACCA langsung ke lingkungan pekerjaan.


Bagi Anda yang tertarik untuk memulai pendidikan ACCA, Anda juga bisa menghubungi easyuni untuk membantu Anda menentukan dimana sekolah terbaik untuk Anda memulai sertifikasi ACCA Anda. Kami selalu siap untuk membantu Anda!

Advertisement

Universities with courses in ACCA

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison