Kuliah Ilmu Agama Islam di Luar Negeri

Ingin menjadi cendekiawan muslim dan pengajar di bidang pendidikan agama islam dengan gelar sarjana dan pascasarjana lulusan luar negeri
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah ilmu agama islam

Perkenalan
Apa itu jurusan Ilmu Agama Islam?
Alasan kuliah jurusan Ilmu Agama Islam
Keterampilan yang diperlukan
Yang dipelajari dalam Ilmu Agama Islam
Pilihan negara untuk kuliah Ilmu Agama Islam
Persyaratan kuliah Ilmu Agama Islam
Prospek kerja dan gaji lulusan Ilmu Agama Islam
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Programa kuliah ilmu pendidikan agama islam menjadi program kuliah yang bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang ahli di bidang pendidikan dan pengajaran agama islam, yang dapat menguasai materi serta metodologinya, untuk menjadi seorang profesional pengajar dan cendikiawan islam.

 

Apa Itu Kuliah Ilmu Agama Islam?

apa itu jurusan ilmu agama islam

Dalam konteks agama islam, ilmu pengetahuan islam merupakan sebuah payung untuk pengetahuan seputar agama islam. Termasuk di dalamnya teori islam (kalam) dan yurisprudensi islam (fiqih).

Sementara dalam konteks non islam, ilmu pengetahuan agama islam secara umum meliputi beberapa hal seperti sejarah pendidikan agama islam, sejarah peradaban islam, hukum islam, pilosofi islam, ekonomi islam, perbandingan agama dan lain sebagainya.

Program kuliah jurusan ilmu agama islam atau dikenal juga dengan pendidikan agama islam, merupakan salah satu program studi kuliah yang tersedia di beberapa Negara, dengan tujuan untuk mencetak para sarjana dan pascasarjana di bidang ilmu agama islam.

Dalam kuliah ini, Anda akan banyak dilatih untuk mengembangkan pikiran dan wawasan dalam menghasilkan suatu karya penelitian untuk kontribusi pada bidang pendidikan agama islam.

Disamping itu, kuliah ini juga cocok bagi Anda yang  berminat untuk menjadi pengajar dan pendakwah di bidang pendidikan agama islam di berbagai belahan dunia. Memilih kuliah di jurusan ilmu agama islam ini, tentunya memiliki peluang yang terbuka luas. 

Masyarakat yang mayoritas beragama islam seperti di Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, hingga jazirah Arab, akan banyak membutuhkan peran pengajar (ulama) untuk menyeimbangkan antara kehidupan duniawi dan akhirat mereka kelak.

Peran seorang lulusan jurusan ilmu agama islam tentunya bukan hanya sebatas berdakwah saja. Anda dapat memilih profesi lainya seperti menjadi peneliti, pendidik, penulis buku, kepala sekolah hingga menjadi seorang wirausaha.

Baca juga mengenai jurusan terikat: Kuliah Keuangan dan Perbankan Syariah di Malaysia

 

Apa Alasan Kuliah Ilmu Agama Islam di Luar Negeri?

Alasan utama para calon mahasiswa dan mahasiswi Indonesia memilih kuliah ilmu agama islam di luar negeri adalah agar mereka dapat membantu umat islam untuk mencapai keseimbangan duniawi dan akhirat dalam hidup mereka  

Lulusan kuliah ilmu agama islam dari luar negeri juga memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan terbaik di bidangnya.

Selain itu, dilansir dari matadornetwork rupanya ada beberapa alasan lainya yang membuat mereka ingin kuliah ilmu agama islam di luar negeri, yaitu:

1. Berpartisipasi dalam Perdamaian Dunia

Dengan kuliah di jurusan Ilmu Agama Islam di luar negeri, Anda dapat ikut berkontribusi dalam perdamaian dunia. Meski secara tidak langsung, pendidikan yang anda tempuh akan banyak memberikan Anda gambaran tentang bagaimana Islam menjadi pilar untuk perdamaian dunia. 

Hingga saat ini, konflik dunia yang berkaitan dengan Islam masih sering terjadi. Melalui pendidikan dan profesional, diharapkan Perdamaian dunia dapat tercipta.

2. Membangun Portofolio 

Setelah lulus dari jurusan ilmu agama islam nanti, Anda tentunya memerlukan resume dengan portofolio di bidang agama islam itu sendiri.

Kuliah di jurusan ini, dapat membantu Anda membangun portofolio karir untuk memasuki dunia politik, bisnis dan travel internasional, hingga hubungan interkultur yang baik, yang umumnya membutuhkan portofolio yang sesuai.

3. Mempelajari Bahasa Arab

Rata-rata kuliah jurusan ilmu agama islam ditawarkan oleh Negara-negara yang memiliki populasi umat islam cukup besar. 

Beberapa dari Negara tersebut berada di wilayah jazirah Arab, yang umumnya menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa utama mereka. 

Dengan kuliah jurusan ilmu agama islam di luar negeri, tidak hanya Bahasa Inggris, Anda juga akan belajar Bahasa Arab.

4. Lebih Hemat Biaya Pendidikan

Beberapa orang yang berpengalaman kuliah di universitas yang berada di Negara Islam, merasa lebih berhemat dalam biaya pendidikan dibandingkan jurusan kuliah lainnya. 

Meski begitu, kuliah jurusan agama islam ini tetap memberikan pengalaman kuliah yang menyenangkan dan tawaran pekerjaan yang menarik, setelah lulus nanti.

5. Menghilangkan Stereotype Tentang Islam

Selama ini di dunia barat, Islam digambarkan sebagai suatu ancaman monolitik dan selalu identic dengan amarah serta tindakan anarkis. Kenyataan, dalam kuliah ilmu agama islam di luar negeri, Anda akan menemukan sebaliknya.

Islam merupakan sesuatu yang harus dipelajari dari berbagai sisi. Kuliah ilmu agama islam dapat memberikan Anda pengalaman serta interaksi langsung untuk menghilangkan stereotip tentang islam itu sendiri.

 

Apa Saja Karakter yang Cocok untuk Kuliah Ilmu Agama Islam?

keterampilan yang diperlukan untuk ilmu agama islam

Sudah memutuskan untuk kuliah ilmu agama islam di luar negeri? Belum lengkap jika Anda belum mengetahui karakter pribadi Anda yang memang cocok untuk kuliah ilmu agama islam.

Mengetahui karakter pribadi seperti ini, dapat membuat Anda lebih fokus kuliah dan mengejar karir terbaik untuk masa depan. Berikut ini beberapa karakter yang cocok untuk kuliah ilmu agama islam:

  1. Harus teliti

  2. Harus tekun

  3. Memiliki pemikiran yang rasional

  4. Senang melakukan observasi (penelitian)

  5. Senang menganalisis

  6. Memiliki keterampilan komunikasi

  7. Bisa bekerja sama dalam team

  8. Memiliki wawasan yang luas

 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Agama Islam di Luar Negeri?

apa yang dipelajari dalam jurusan ilmu agama islam

Bidang ilmu agama islam tentunya sangat berperan dalam bidang pendidikan Islam di masa depan. Maka dari itu, dalam kuliah ini Anda akan belajar lebih detail mengenai bidang pendidikan islam beserta bidang-bidang lainya seputar islam. 

Hal tersebut dilakukan untuk menghasilkan suatu karya penelitian dan berkontribusi dalam  kemajuan pendidikan islam dan Islam di berbagai sektor. Adapun beberapa bidang yang akan dipelajari dalam kuliah jurusan ilmu agama islam meliputi:

  1. History of Islam

  2. Theology

  3. Mysticism

  4. Law

  5. Philosophy

  6. Sciences

  7. Literature

  8. Architecture

  9. Art

  10. Comparative Religion

  11. Economics

  12. Psychology

  13. Islam and Modernity

Adapun contoh mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan ilmu agama islam, dari setiap bidang di atas secara umum sebagai berikut:

Tahun Pertama dan Kedua

  • Islamic Worldview and Faith Essentials

  • Fiqh (Islamic law) of the Five Pillars

  • Ihsan (spirituality) Essentials

  • Sirah (Life of Prophet Muhammad)

  • Usul al-Din (Islamic Theology)

  • Usul al-Fiqh (Methodology of Islamic Law)

  • Usul al Tafsir

  • Usul al hadith

  • Advanced Study of Tafsir

  • Advanced Study of Hadith Literature

  • Arabic Skills

  • Introduction to Arabic Reading

  • Beginner Arabic Language

  • Intermediate Arabic Grammar

  • Advanced Arabic Grammar

Tahun Ketiga dan Keempat

  • Mantiq (logic) and critical reasoning

  • Islam in the Modern World

  • Akhlaq (Morality) and Adab (Manners) in Islam

  • Purification of the Heart

  • History of Prophets: Adam to Jesus

  • Religious Service and Community Leadership

  • Islamic Family Law

  • Women in Islam and Islamic Cultures

  • Islamic History and Civilisations

  • Guided Research

Beberapa contoh mata kuliah jurusan ilmu agama islam di atas, diambil dari salah satu universitas yang direkomendasikan untuk kuliah jurusan ini di Australia. Nama Universitas tersebut adalah Charles Sturt University, Australia.

Mata kuliah tersebut hanya sebagai gambaran umum kuliah di jurusan ilmu agama islam di luar negeri. Adapun masing-masing universitas mungkin memiliki mata kuliah yang berbeda. Anda bisa cek melalui website universitas masing-masing yang Anda pilih.

 

Apa Saja Pilihan Negara Favorit untuk Kuliah Ilmu Agama Islam di Luar Negeri?

Selain memiliki pemahaman terhadap mata kuliah ilmu agama islam yang akan dipelajari, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan hal penting lainya seperti lokasi kuliah ilmu agama islam di luar negeri.

Lokasi kuliah yang terbaik dengan fasilitas yang maksimal, nantinya akan mendukung perkuliahan Anda, agar bisa lulus dengan cepat.

Memilih universitas terbaik untuk kuliah ilmu agama islam di luar negeri, tentunya akan berdampak terhadap pencapaian karir Anda di masa depan nanti. 

Adapun beberapa universitas terbaik yang direkomendasikan untuk kuliah ilmu agama islam, Sebagai berikut:

1. Colorado State University, United State

colorado state university untuk jurusan ilmu agama islam

Kuliah jurusan ilmu agama islam ternyata juga dapat ditempuh jika Anda memilih Negara Amerika serikat sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Dengan memilih spesifikasi International Studies- Middle East and North, Anda akan banyak mempelajari mengenai Islam dalam berbagai bidang.

Durasi

4 Tahun (S1)

Intake

November 2019

Perkiraan Biaya Kuliah

26.901 Euro/years atau  Rp.430 juta per tahun

2. Istanbul Sehir University, Turkiye

istanbul sehir university kuliah jurusan ilmu agama islam

Program kuliah ilmu agama islam yang ditawarkan Universitas Sehir Istanbul, Turki ini memiliki tujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan kemampuan dalam memahami Islam sebagai kepercayaan dan kehidupan sosial dari zaman dulu hingga saat ini.

Durasi

4 Tahun (S1)

Intake

August 2019

Perkiraan Biaya Kuliah

5.391 Euro/years atau  Rp. 86 juta per tahun

3. McGill University, Quebec Canada

mcgill university ilmu agama islam

Kanada juga menjadi salah satu Negara favorit yang menjadi tujuan kuliah di luar negeri, bagi para mahasiswa dan mahasiswi dari Indonesia. Untuk kuliah jurusan ilmu agama islam, Anda bisa memilih Mcgill University dengan program kuliah World Islamic and Middle East Studies. Disana, Anda akan banyak belajar Islam mulai dari Bahasa Arab hingga dunia islam di zaman modern saat ini.

Durasi

4 Tahun (S1)

Intake

November 2019

Perkiraan Biaya Kuliah

11.120 Euro/years atau  Rp.117 juta per tahun

4. International Islamic University of Malaysia, Kuala Lumpur 

iium untuk kuliah jurusan agama islam

Ingin kuliah di luar negeri tetapi yang masih dekat dengan Indonesia, Anda bisa memilih kuliah ilmu agama islam di Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan memilih program kuliah sarjana Usul Al-Din and Comparative religion atau Islamic Studies Humanities, Anda bisa meraih gelar sarjana dan pascasarjana dalam bidang pengetahuan dan pengajaran agama islam.

Durasi

4 Tahun (S1)

Intake

November 2019

Perkiraan Biaya Kuliah

MYR 37.760 atau Rp. 128 jutaan per tahun

5. The University of Edinburgh , United Kingdom

Ingin kuliah jurusan ilmu agama islam di Inggris, The University of Edinburgh bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan menawarkan program kuliah dan spesifikasi jurusan Persian and Middle Eastern Studies, Anda dapat memperdalam mengenai agama islam khususnya di wilayah Persia dan Timur tengah.

Durasi

4 Tahun (S1)

Intake

January 2020

Perkiraan Biaya Kuliah

21.665 Euro atau Rp. 346 juta per tahun

 

Apa Saja Persyaratan Kuliah Ilmu Agama Islam di Luar Negeri?

Persyaratan kuliah di luar negeri tentunya menjadi hal penting yang harus disiapkan oleh para calon mahasiswi dan mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. 

Kriteria dan syarat-syarat untuk memasuki setiap universitas tentunya berbeda-beda. Setiap universitas memiliki syarat-syarat tersendiri untuk menerima para mahasiswa dan mahasiswi bar

Pada umumnya, jika ingin melanjutkan kuliah meraih gelar sarjana (S1) dan (S2) di luar negeri akan memerlukan:

  • Sertifikat kemampuan Bahasa inggris seperti IELTS 

  • Ijazah sekolah menengah atas (SMA) dengan nilai rata-rata keseluruhan minimal 80% dengan bukti lulus ujian nasional pastinya

Adapun informasi syarat-syarat masuk atau pendaftaran dari beberapa universitas di dunia seperti berikut:

Amerika Serikat dan Kanada

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA

IELTS

Skor Minimal 6.5 

TOEFL

iBT 68-80 (internet based)

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1)

IELTS

Skor Minimal 7.0

TOEFL 

iBT 79- 95 (internet based)

lainya

Surat rekomendasi (dari perusahaan)

Turki

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA

IELTS

Skor Minimal 5.0 (jika diminta)

Bahasa Lokal

Menguasai bahasa Turki dasar

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1)

IELTS

Skor Minimal 6.0 (jika diminta)

TOEFL 

iBT 79- 95 (internet based)

lainya

Surat rekomendasi (dari perusahaan)

Malaysia

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA

IELTS

Skor Minimal 5.5 

TOEFL

iBT 68-80 (internet based)

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1)

IELTS

Skor Minimal 6.0

TOEFL 

iBT 79- 95 (internet based)

lainya

Surat rekomendasi (dari perusahaan)

Inggris

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA

IELTS

Skor Minimal 6.5 

TOEFL

iBT 68-80 (internet based)

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1)

IELTS

Skor Minimal 7.0

TOEFL 

iBT 79- 95 (internet based)

lainya

Surat rekomendasi (dari perusahaan)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di luar negeri adalah Paspor dan visa pelajar yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar di universitas favorit Anda, silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Karir dan Pekerjaan Apa Saja yang Ditawarkan untuk Lulusan Ilmu Agama Islam?

Pada umumnya, karir atau pekerjaan yang ditujukan untuk lulusan jurusan ilmu agama islam, lebih menekankan pada karir tenaga pengajar agama islam, pendakwah dan cendikiawan muslim. Namun, lulusan jurusan ilmu agama islam juga dapat mencoba karir lainya yang ditawarkan seperti:

  • Wirausaha/Bisnis, menjadi seorang pebisnis di sektor pribadi 

  • Public policy, bekerja di sektor pemerintah atau institusi kepolisian hingga organisasi special seperti NGO

  • Researcher, bertugas untuk melakukan research (penelitian) di area tempat kuliah dan pendidikan lainya.

  • International Relations, bekerja di sektor pemerintah dan pelayanan public dengan bidang immigration

  • International development, bekerja di sektor pemerintah dengan lebih layak

  • Defence and Security, bertugas di sektor pemerintah atau public yang lebih menekankan pada keamanan publik seperti  AFP, ASIO.

  • Law firm, memiliki perusahaan di bidang hukum yang didirikan secara mandiri (milik sendiri)

  • Journalism dan Media, bekerja di media lokal maupun asing untuk mengumpulkan dan menyampaikan informasi/berita penting

  • Teacher, bekerja menjadi seorang pengajar di sekolah Islam, Madrasah, Aliyah hingga Universitas

  • Penulis buku, menulis tentang sejarah Islam, peradaban Islam hingga Islam di dunia modern saat ini

Bagaimana? Sudah yakin untuk memilih kuliah jurusan akuntansi dan keuangan di luar negeri? Jika Anda masih ragu, segera hubungi tim Easyuni yang akan selalu siap membantu Anda.


 

FAQ Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Ilmu Agama Islam

1. Apakah Mahasiswa Non- Muslim Bisa Mendaftar Kuliah di Jurusan Ilmu Agama Islam di Luar Negeri?

Kuliah di luar negeri sangat transparan. Tidak saja para mahasiswa dan mahasiswi yang beragama Islam yang dapat kuliah di jurusan ini, namun non-muslim juga dapat berkuliah di program kuliah yang sama. Jurusan ilmu agama islam juga memiliki spesifikasi yang beragam, sehingga bisa Anda pilih sesuai keinginan.

  2. Apakah Semua Pelajaran dalam Kuliah Jurusan Agama Islam Berbahasa Arab?

Tidak juga. Beberapa universitas yang menawarkan program kuliah ilmu agama islam ini berada di Negara barat seperti Amerika serikat dan Inggris. Bahasa pengantar yang mereka gunakan saat proses kuliah adalah Bahasa Inggris. Terkecuali, jika memang mata kuliah yang diambil adalah Bahasa Arab, maka akan menggunakan Bahasa Arab.

 3. Apakah Setelah Lulus dari jurusan Ilmu Agama Islam di Luar Negeri, Saya harus menjadi  Pendakwah?

Pekerjaan sebagai pengajar atau pendakwah hanya salah satu pilihan karir yang bisa diambil. Bagi Anda yang tidak berminat untuk karir tersebut, maka pekerjaan lain tentu terbuka bagi Anda.

Sebut saja bekerja di sektor pemerintah, Institusi politik dan keamanan, hingga menjadi jurnalis dan seorang penulis buku juga bisa Anda jadikan sebagai karir utama.

4. Bidang Pekerjaan Apa Saja yang Bisa Dipilih Setelah Lulus dari Jurusan kuliah Ilmu Agama Islam?

Lulusan dari jurusan Ilmu Agama Islam, selalu identik dengan menjadi pendakwah dan pengajar di sekolah Islam berbagai tingkat. Namun, kenyataanya, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di sektor pemerintah dan sektor publik lainya.  

You might be interested in...