Cover Image

Kuliah Jurusan Pemasaran (Marketing) di Luar Negeri

Banyak salah kaprah tentang ilmu pemasaran atau marketing di Indonesia. Spoiler: marketing itu tidak sama dengan sales (penjualan)!

Find your university

Konsep pemasaran atau yang juga dikenal sebagai marketing memegang peran penting dalam perekonomian.

Melalui pemasaran, konsumen suatu produk dapat mengetahui dengan baik kegunaan dan kualitas barang atau jasa yang diproduksi oleh suatu perusahaan. Pemasaran yang baik dapat memberikan informasi kepada konsumen sehingga mereka mengetahui hal-hal yang mereka butuhkan.

Peran bidang pemasaran dalam perekonomian terletak pada penyebaran informasi mengenai suatu produk. Baik perusahaan maupun konsumen produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut diuntungkan dengan adanya bidang pemasaran.

Pemasaran membuat konsumen mengerti mengenai produk yang mereka butuhkan, juga mampu meningkatkan penjualan produk sehingga keuntungan yang diperoleh perusahaan juga meningkat.

Peran penting bidang pemasaran tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, melainkan para target pasar perusahaan tersebut, yakni konsumen.

Luasnya dampak yang dirasakan bidang pemasaran bagi masyarakat inilah yang menjadi alasan mengapa permintaan akan lulusan jurusan Pemasaran dari tahun ke tahun selalu meningkat. Selain itu, kesempatan kerja di bidang pemasaran juga mencakup berbagai bidang sehingga peluang karir bagi seorang lulusan jurusan Pemasaran sangatlah besar.


Sumber: prestigeacademy.co.za

Jika anda memiliki minat untuk melanjutkan kuliah ke jurusan Pemasaran, anda akan memiliki prospek karir yang sangat cemerlang. Softskill yang anda akan peroleh selama perkuliahan di jurusan Pemasaran tidak hanya akan menyiapkan anda untuk bekerja di bidang pemasaran saja. Anda dapat fleksibel bekerja di bidang lain karena sifat keilmuan di bidang pemasaran yang sangat fleksibel. Tidak lama setelah lulus, anda akan memperoleh pekerjaan dengan cepat.

Mengapa Kuliah di Jurusan Pemasaran?

Sebagai salah satu cabang bidang bisnis, pemasaran sangat penting bagi peningkatan keuntungan perusahaan, juga bagi peningkatan pengetahuan konsumen akan kualitas produk yang mereka butuhkan.

Berikut merupakan beberapa alasan yang menjelaskan mengapa kami merekomendasikan anda untuk melanjutkan kuliah di jurusan Pemasaran:

1. Menawarkan Pilihan Jalur Karir yang Sangat Beragam

Bidang pemasaran merupakan bidang dengan ragam ilmu yang sangat luas. Jalur karir yang anda tempuh dapat berkaitan dengan riset dan analisis yang berbasis data perilaku konsumen.

Jika anda lebih menyukai pekerjaan yang lebih banyak mengandung interaksi, anda dapat menempuh jalur karir terkait penjualan atau promosi produk. Selain itu, banyak juga lulusan jurusan Pemasaran yang menempuh karir di bidang hubungan masyarakat, periklanan, atau manajemen.

Saking luasnya, terdapat banyak kawasan yang mencakup. Ada apa berapa cabang dalam ilmu marketing? Berikut adalah 5 cabang utama ilmu marketing.

  • Market research - menggabungkan, analisa dan mengartikan informasi tentang apa yang konsumen beli dan alsannya
  • Brand management - bertujuan untuk memberi konsep kepada produk. Termasuk market research (riset pasar), research and development (R&D), production, distribution, advertising and sales.
  • Advertising & Public relations - cara yang tepat dalam menggunakan media dalam menjelaskan produk secara kreatif dan melalui analisa
  • Promotions - membangun hubungan antara para pedagang grosiran dan eceran untuk menarik perhatian pembeli
  • Sales - mengatur proses penyampaian produk kepada konsumen

Kalau anda menonton video melalui kanalYoutube pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan iklan yang dimulai sebelum atau ditengah video. Penempatan iklan tersebut merupakan salah satu aplikasi digital marketing yang semakin menjadi marak di linimasa medsos anda.

Memerhatikan hal-hal sekitar ini juga bagian utama dari ilmu ini. Menarik bukan?

2. Permintaan Lulusan Jurusan Pemasaran yang Sangat Tinggi

Seperti telah dijelaskan diatas, peran lulusan jurusan pemasaran bagi perekonomian sangatlah penting. Lulusan jurusan pemasaran dilatih dengan berbagai softskill, khususnya terkait dengan teknik-teknik komunikasi yang tidak akan pernah kadaluarsa.

Tidak hanya bidang pemasaran saja, bidang lain juga sangat membutuhkan lulusan jurusan Pemasaran karena banyaknya softskill yang mereka kuasai.

3. Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Jika anda menempuh karir di bidang pemasaran, anda dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara tidak langsung.

Bidang pemasaran mampu memfasilitasi terjadinya perdagangan antara pembuat produk serta konsumen yang membutuhkan barang dan jasa. Selain itu, bidang pemasaran yang baik juga meningkatkan pengetahuan konsumen sehingga konsumen mengerti mengenai hal-hal yang akan mereka konsumsi.

4. Membangun Softskill untuk Kehidupan di Masa Mendatang

Softskill yang akan anda pelajari, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam perkuliahan di bidang pemasaran.

Hal ini tidak hanya berguna untuk diterapkan apabila anda hendak menempuh karir di bidang pemasaran, namun juga berguna jika anda memilih untuk menempuh karir di bidang lain. Selain itu, tidak hanya dalam kehidupan profesional, softskill yang akan anda peroleh juga dapat bermanfaat dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial anda.

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Pemasaran?

Mata kuliah yang anda akan pelajari pada jurusan Pemasaran di perguruan-perguruan tinggi terbaik di dunia pada jenjang sarjana secara umum di antaranya:

  • Prinsip-Prinsip Pemasaran

  • Pengantar Harga dan Pasar

  • Pengantar Manajemen

  • Pengantar Akuntansi

  • Statistika Bisnis

  • Ekonomi Makro

  • Sistem Informasi Bisnis

  • Perilaku Konsumen

  • Komunikasi Pemasaran

  • Riset Pasar

  • Hukum Komersil

  • Kualitas Jasa

  • Manajemen Brand

  • Inovasi dan Manajemen Produk

  • Pemasaran Strategis

  • Pemasaran Digital

Sumber: myoffice.com.ph

Selain mengambil mata kuliah-mata kuliah tersebut, beberapa perguruan tinggi di luar negeri juga mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan praktek lapangan. Praktek lapangan ini penting agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana bidang Pemasaran dipraktekkan secara langsung di lapangan sehingga mahasiswa kelak siap untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Pemasaran?

Secara umum, karakteristik lulusan jurusan Pemasaran yang karirnya dapat meningkat dengan pesat di antaranya adalah dapat berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja sama dengan tim, serta mampu mengatur pekerjaan dengan baik.

Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan analisis yang baik serta kreativitas untuk memecahkan persoalan. Karakteristik seseorang yang cocok untuk kuliah di jurusan Pemasaran secara lebih lengkap dijelaskan melalui daftar berikut:

1. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Karir di bidang Pemasaran akan menuntut anda untuk dapat berkomunikasi dengan berbagai macam pihak dengan berbagai latar belakang dan kepribadian yang berbeda-beda.

Tidak hanya komunikasi verbal atau tatap muka, anda juga perlu menguasai teknik komunikasi tertulis atau melalui berbagai media komunikasi di era informasi ini, khususnya media sosial.

2. Kreatif dan Memiliki Kemampuan Analisis

Tidak hanya akan mempelajari berbagai cara untuk meyakinkan orang lain dan mempromosikan suatu produk, anda juga akan menghadapi permasalahan-permasalahan seperti analisis data perilaku konsumen.

Kuliah di jurusan Pemasaran akan menuntut anda untuk dapat memecahkan masalah-masalah tersebut menggunakan kemampuan analisis yang baik.

3. Mampu Bekerja dalam Tim

Sebagai bidang yang penting dalam suatu perusahaan, pekerjaan anda di bidang pemasaran banyak dipengaruhi oleh pekerjaan orang lain. Untuk menawarkan produk yang perusahaan anda hasilkan, anda perlu memahami seluk beluk terkait dengan produk tersebut.

Untuk itu, anda perlu memahami pekerjaan yang berada di luar tanggung jawab anda sebagai satu kesatuan dengan pekerjaan yang anda sendiri kerjakan.

4. Dinamis dan Aktif

Perkuliahan di bidang Pemasaran akan menuntut anda untuk menjadi pribadi yang dinamis dan aktif. Hal ini dikarenakan sifat dari disiplin tersebut yang lebih fokus pada kasus-kasus yang ada di lapangan dibandingan dengan teori.

Untuk itu, anda perlu fleksibel dalam setiap keadaan dan aktif dalam merespon semua tantangan yang mungkin akan muncul.  

5. Mampu Berpikir Out of the Box

Sebagai lulusan jurusan Pemasaran, anda dituntut untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah serta dapat berpikir lain dari yang lain. Berbagai pekerjaan dalam dunia pemasaran membutuhkan banyak ide-ide segar, inovatif, dan kreatif untuk dapat diselesaikan.

Ide-ide baru cenderung lebih dapat diterima dan dimengerti oleh konsumen yang menjadi target pasar anda.

Sumber: cancapital.com

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan Pemasaran.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan Pemasaran serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan, juga dapat berkembang dengan baik dalam karir di bidang Pemasaran.

Universitas Terbaik Mana Saja di Luar Negeri yang Menawarkan Jurusan Pemasaran?

Beberapa perguruan tinggi di dunia yang menyediakan program Pemasaran terbaik menurut QS Universities pada tahun 2019 berdasarkan rankingnya:

Universitas

Negara

Columbia University

Amerika Serikat

Imperial College London

Inggris

HEC Paris

Perancis

ESADE Ramon Llull University

Spanyol

ESCP Europe Business School

Inggris dan Perancis

Manchester University

Inggris

University of Texas

Amerika Serikat

University of Southern California

Amerika Serikat

Vlerick Business School

Belgia dan Rusia

The University of Warwick

Inggris

Pada perguruan-perguruan tinggi tersebut, umumnya program pemasaran atau manajemen pemasaran ditawarkan pada jenjang magister, sementara untuk jenjang sarjana umumnya program terkait pemasaran menjadi sub-jurusan dari jurusan bisnis.

Beberapa negara favorit di dunia secara umum yang menjadi negara tujuan untuk melanjutkan kuliah pada jurusan Pemasaran di antaranya:

  1. Amerika Serikat

  2. Inggris

  3. Spanyol

  4. Swiss

  5. Italia

  6. Jerman

  7. Singapura

  8. Australia

  9. China

  10. Malaysia

Bagaimana Prospek Karir Lulusan Jurusan Pemasaran?

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan Pemasaran di antaranya:

  • Marketing executive

  • Account executive pemasaran

  • Account executive periklanan

  • Penasihat bisnis

  • Periset pasar

  • Manajer pemasaran

  • Manajer brand

  • Manajer event

  • Manajer media sosial

  • Manajer produk

  • Account executive hubungan masyarakat

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan Pemasaran cukup tinggi. Di Amerika Serikat, pada pekerjaan di tingkat manajer gaji lulusan jurusan Pemasaran dapat mencapai 184,000 USD.

Sebagai contoh, berikut merupakan jenis pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan Pemasaran di Amerika Serikat beserta kisaran gaji perbulannya dalam Rupiah menurut Qerja:

Pekerjaan

Kisaran Gaji (Rp)

Manajer media sosial

8 juta - 10 juta

Manajer pemasaran

10 - 40 juta

Marketing executive

6 -12 juta

Manajer produk

15 - 55 juta

Manajer brand

15 - 30 juta

Manajer event

6 - 12 juta

Periset pasar

4 - 10 juta

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Pemasaran?

Waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan Pemasaran di luar negeri bervariasi, bergantung pada pilihan perguruan tinggi dan negaranya. Untuk tingkat diploma, diperlukan waktu selama 2 hingga 2,5 tahun.

Untuk program studi sarjana (S1), diperlukan waktu kuliah sekitar 3 tahun, sedangkan untuk program studi magister (S2), umumnya diperlukan waktu 1 - 2 tahun untuk program penuh waktu.

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Pemasaran?

Berbagai perguruan tinggi di berbagai belahan dunia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan Pemasaran. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas di berbagai negara.

Umumnya, untuk jenjang diploma diperlukan ijazah SMA serta sertifikat IELTS dengan skor minimal 5.0. Untuk jenjang sarjana (S1) dibutuhkan ijazah SMA serta sertifikat IELTS dengan skor minimal 6,0. Untuk jenjang magister (S2), diperlukan ijazah tingkat sarjana dan sertifikat IELTS dengan skor minimal 6,5.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Pemasaran?

Biaya kuliah jurusan Pemasaran umumnya sangat tinggi. Bergantung pada pilihan universitas dan negaranya, rentang biayanya cukup bervariasi. Berikut merupakan perkiraan biaya kuliah program jenjang magister (MBA) jurusan Pemasaran di beberapa kampus pilihan di dunia (dalam USD):

Perguruan Tinggi

Negara

Biaya Kuliah

University of Columbia (Columbia Business School)

Amerika Serikat

USD 170,000

ESCP Europe Business School

Inggris dan Perancis

USD 29,000

HEC Paris

Perancis

USD 79,000

Vlerick Business School

Belgia dan Rusia

USD 47,000

The University of Warwick (Warwick Business School)

Inggris

USD 45,000

Biaya tersebut hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri sangat bervariasi, tergantung pada negara tujuan dan gaya hidup anda masing-masing.


Apakah Anda semakin tertarik untuk memilih kuliah jurusan Marketing (Pemasaran) di luar negeri? Ingin kuliah di negara mana? Jangan ragu untuk bertanya kepada EasyUni mengenai kuliah di luar negeri bila masih bingung. Penasihat akademis EasyUni yang profesional selalu siap membantu untuk mewujudkan rencana pendidikan Anda.

Advertisement

Universities with courses in Pemasaran

See more related universities

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison