Kuliah Jurusan Teknologi Pangan di Luar Negeri

Tuntutan pasar akan produk pangan yang inovatif dan lebih sehat membuat lulusan Teknologi Pangan semakin dibutuhkan. Kuliah Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri pun semakin diminati!
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah jurusan teknologi pangan

Apakah Anda tertarik untuk melakukan berbagai eksperimen terhadap produk pangan? Punya impian untuk membuat produk pangan yang lebih inovatif?

Program studi Ilmu Teknologi Pangan adalah program studi yang cocok bagi Anda. Anda bisa mewujudkan cita-cita Anda untuk menghasilkan penemuan-penemuan produk pangan yang lebih lezat, sehat, aman, dan inovatif.

Banyak pelajar yang memilih kuliah di luar negeri untuk melanjutkan pendidikan tinggi jurusan Ilmu Teknologi Pangan.

Apakah Anda termasuk pelajar yang akan mengikuti jejak mereka? Simak panduan ini untuk mendapatkan beberapa informasi penting terkait kuliah Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri.  

Panduan ini juga berisikan spesialisasi jurusan, biaya kuliah, prospek masa depan, hingga tempat kuliah terbaik.

Apa Itu Ilmu Teknologi Pangan?

apa yang dipelajari ilmu teknologi pangan

Ilmu Teknologi Pangan adalah ilmu yang mempelajari segala aspek yang terkait dengan proses pengubahan bahan baku pangan hingga menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi. Tujuan proses pengubahan tersebut bertujuan untuk menghasilkan bahan pangan yang lebih awet, lebih enak, lebih sehat, atau lebih aman.

Ada beberapa jenis ilmu yang terkait dengan jurusan Teknologi Pangan. Beberapa ilmu yang terkait dengan Ilmu Teknologi Pangan adalah ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu matematikan dan teknik. Saat kuliah Ilmu Teknologi Pangan, Anda akan ditekankan pada ilmu pengetahuan teknologi pangan modern dan teknologi pangan canggih.

Produk pangan yang dihasilkan pun akan memiliki nilai ekonomis dan karakteristik yang lebih baik dari bahan bakunya.

Mengapa kuliah Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri?

Para pelajar yang memilih kuliah Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan umum mengapa para pelajar Indonesia yang tertarik pada jurusan Ilmu Teknologi Pangan memilih untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa alasan umum mengapa memilih kuliah Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri:

1. Membuat Berbagai Produk Pangan yang Canggih

Para pelajar yang memilih untuk kuliah Ilmu Teknologi Pangan di mana pun akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat berbagai temuan produk pangan yang canggih. Bayangkan berapa banyak orang yang akan menikmati hasil karya Anda. Ada banyak pihak yang akan diuntungkan karena Anda telah berhasil membuat bahan setengah jadi atau bahan pangan jadi yang lebih awet, lebih sehat, dan lebih aman.

2.  Diajar oleh para pakar

Alasan berikutnya mengapa kuliah Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri bisa membantu mewujudkan karir impian Anda adalah karena Anda akan diajar oleh para pakar di bidangnya masing-masing. Banyak dosen atau pengajar di universitas luar negeri yang merupakan para peneliti. Ini membuat para pelajar akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan berdasarkan temuan ilmiah terkini.

Selain itu, Anda pun juga dapat bertanya atau berdiskusi lebih dalam mengenai topik atau hal tertentu kepada para pengajar yang siap membimbing Anda. Tak menutup kemungkinan, para pengajar akan mengikutsertakan anak didiknya untuk terlibat dalam penelitian pangan yang sedang dilakukan. Anda pun akan memiliki banyak pengetahuan berdasarkan hasil riset bersama para ahli di bidang Teknologi Pangan.

3. Mendapatkan akses ke fasilitas canggih

Teknologi Pangan adalah ilmu yang sangat terkait dengan alat-alat dan fasilitas canggih. Berbagai percobaan untuk menemukan produk pangan inovatif pastinya membutuhkan fasilitas penunjang yang mutakhir. Tak perlu menunggu di tempat kerja, Anda pun akan kenal dan mampu mengoperasikan berbagai fasilitas penunjang yang canggih dan berskala global untuk menemukan berbagai produk pangan yang canggih.

4. Memiliki bekal ilmu yang sangat mumpuni

Berbagai universitas di luar negeri telah memiliki komitmen untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Para pelajar yang memilih melanjutkan program diploma, sarjana, maupun program pascasarjana pada jurusan Teknologi Pangan akan mendapatkan sistem pendidikan bermutu tinggi. Kualitas para pengajar yang handal, fasilitas canggih, dan kurikulum berorientasi industri akan mendukung Anda untuk mendapatkan bekal ilmu yang sangat mumpuni.

5. Mendapatkan pengalaman profesional Internasional

Tidak sedikit institusi di luar negeri yang menawarkan program studi Teknologi Pangan telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Kerjasama tersebut dijalin kepada banyak pihak terkait di berbagai negara. Adanya jalinan kerjasama tersebut akan mendukung akademis para pelajar. Beberapa bentuk kerjasama tersebut adalah pertukaran pelajar Internasional dan magang. Anda akan memiliki pengalaman profesional secara global.

6. Berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan tinggi

Lulusan Ilmu Teknologi Pangan memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi. Terlebih lagi, jika berhasil berkarir di negara maju dan mampu menghasilkan banyak temuan pangan inovatif. Jenjang pendidikan Anda pun juga turut meningkatkan penghasilan yang bisa Anda terima. Sebagai contoh, Teknisi Pangan di Amerika bisa mendapatkan gaji hingga Rp 100.000.000,-. Nominal yang cukup tinggi bukan? Pastinya ini menarik!

Apa Saja Mata Kuliah yang Akan Anda Pelajari pada Jurusan Ilmu Teknologi Pangan?

bidang yang terkait teknologi pangan

Mata kuliah merupakan informasi perkuliahan yang cukup penting untuk diketahui sebelum mendaftar kuliah.

Sebaiknya Anda mengetahui daftar mata kuliah program studi Teknologi Pangan pada universitas yang ingin Anda tuju. Hal ini bisa memberikan Anda gambaran mengenai materi apa saja yang nanti akan dipelajari di bangku kuliah.

Sebagai contoh, berikut ini adalah daftar mata kuliah program pendidikan tingkat Sarjana jurusan Ilmu Teknologi Pangan di Universiti Sains Malaysia:

Mata kuliah wajib:

  • Introduction to Food Science and Technology

  • Introduction to Food Engineering

  • Unit Operation In Food Processing

  • Food Chemistry

  • Biochemistry

  • Nutrition

  • Food Microbiology I & II

  • Chemical Food Analysis

  • Instrumental Food Analysis

  • Processing Technology of Animal-Based Food Products

  • Food Processing Technology of Plant-Based food Products

  • Food Quality Management and Food Regulations

  • Food Sensory Evaluation

  • Food Product Development  

Mata kuliah pilihan:

  • Physical Properties of Food

  • Food Ingredient

  • Management of Halal Food

  • Industrial Waste Management

  • Food Bioprocess Technology

  • Food Packaging

  • Product Primer Technology

  • Enzyme Technology

  • Post Harvest Technology of Fruits and Vegetables                     

  • Functional Foods

  • Food Borne Pathogens

  • Food Safety

Berapa Lama Durasi Kuliah yang Dibutuhkan?

Program Ilmu Teknologi Pangan memiliki durasi kuliah yang berbeda-beda tergantung pada jenis jenjang pendidikan yang diambil. Jenjang pendidikan tingkat Diploma 3 pada jurusan Ilmu Teknologi Pangan membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 3 tahun, sedangkan jenjang pendidikan Sarjana membutuhkan waktu 3 hingga 4 tahun. Durasi kuliah program pascasarjana berbeda dari jenjang pendidikan sarjana dan diploma.

Program pendidikan Magister (S2) memerlukan durasi kuliah 1 hingga 2 tahun. Program pendidikan jenjang Doktor (S3) jurusan Ilmu Teknologi Pangan memerlukan durasi kuliah selama 3 tahun. Kini, apakah Anda sudah terbayang berapa lama dan pada tahun berapa Anda akan menyelesaikan studi pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan yang diambil? Pastinya sudah tahu kan.

Apa Persyaratan Masuk Kuliah Ilmu Teknologi Pangan?

Semua kampus di luar negeri yang menyediakan program studi Ilmu Teknologi Pangan pastinya memiliki daftar persyaratan masuk kuliah. Ada pun kebijakan setiap universitas perihal persyaratan masuk kuliah ini berbeda-beda. Jadi, Anda perlu mengetahui apa saja persyaratan masuk kuliah program studi Ilmu Teknologi Pangan di universitas yang Anda ingin tuju.

Di bawah ini adalah contoh persyaratan kuliah Ilmu Teknologi Pangan dengan spesialisasi jurusan Food Technology and Operations Management di British Columbia Institute of Technology, Kanada:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 - 9 atau

  • Ijazah D3

  • TOEFL skor 91 (12 B)

  • TOEFL skor 94 (12 C)

  • TOEFL skor 80 (Technology Entry)

  • TOEFL skor 70 (Business Management Studies)

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Kuliah Ilmu Teknologi Pangan?

lab teknologi pangan kampus luar negeri
Sumber: Flickr

Lulusan kuliah bidang Ilmu Teknologi Pangan memiliki prospek masa depan yang menjanjikan. Pasalnya, lulusan Teknologi Pangan akan semakin dibutuhkan. Hal ini dikarenakan semakin banyak konsumen yang menginginkan produk pangan yang lebih sehat, lebih lezat, lebih aman, dan lebih inovatif. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pangan atau industri pangan saling berlomba untuk menyediakan produk pangan yang menarik konsumen.

Berapa Kisaran Gaji untuk Setiap Peluang Profesi Lulusan Ilmu Teknologi Pangan?

Besarnya penghasilan yang bisa didapatkan oleh lulusan kuliah jurusan Ilmu Teknologi Pangan berbeda-beda. Gaji yang didapatkan tergantung pada lokasi bekerja, jenis profesi, dan pengalaman kerja. Dilansir dari GlassDoor, kisaran gaji para lulusan Ilmu Teknologi Pangan biisa dilihat pada data di bawah ini:

Jenis profesi Gaji
Food Technologist Rp 50-89 juta/ bulan
Food Scientist Rp 61-115 juta/ bulan
R&D Food Technologist: Rp 65-90,5 juta/ bulan
Associate Food Scientist: Rp 53-97,5 juta/ bulan
Senior Food Technologist: Rp 86-152 juta/ bulan
Senior Food Scientist: Rp 76-129 juta/ bulan
Quality Assurance Manager Rp 73-94 juta/ bulan

Berapa Biaya Kuliah Ilmu Teknologi Pangan dalam Rupiah?

Besarnya biaya kuliah Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri yang dibayar oleh setiap pelajar tidak sama. Biaya pendidikan Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri bervariasi tergantung pada beberapa faktor yang memengaruhinya. Faktor-faktor yang memengaruhi di antaranya adalah lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan, dan spesialisasi jurusan. Kisaran biaya kuliah Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri ada di rentang Rp 50.000.000,- hingga lebih dari Rp 1.000.000.000,- per tahun.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Karakter seperti apa yang cocok kuliah jurusan Ilmu Teknologi Pangan?

karakter yang cocok jurusan teknologi pangan

Pelajar yang memilih kuliah pada jurusan Ilmu Teknologi Pangan harus memiliki beberapa karakter tertentu. Ada beberapa karakter yang harus dimiliki oleh para calon pelajar jurusan Ilmu Teknologi Pangan.

Jika Anda memiliki beberapa karakter tersebut maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengikuti kegiatan akademis dan memiliki prestasi.

Inilah beberapa karakter yang cocok untuk kuliah Ilmu Teknologi Pangan:

  1. Memiliki ketertarikan terhadap penelitian

  2. Suka melakukan percobaan makanan dan minuman

  3. Teliti dan cekatan terhadap hal detail

  4. Mampu memahami ilmu biologi, fisika, dan teknik

  5. Kuat dalam melakukan analisis

Apa saja program studi yang tersedia pada bidang Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri?

Ada berbagai jenjang pendidikan jurusan lmu Teknologi Pangan di luar negeri. Jenjang pendidikan yang ada cukup lengkap. Anda berkesempatan untuk kuliah Ilmu Teknologi Pangan mulai dari jenjang Diploma hingga program pascasarjana dan vokasi.

Berikut ini adalah berbagai jenis jenjang pendidikan jurusan Ilmu Teknologi Pangan yang tersedia di luar negeri:

  • Diploma

  • Sarjana (S1)

  • Magister (S2)

  • Doktoral (S3)

  • Vokasional

  • Dan lainnya

Apa saja peminatan atau jurusan pada bidang Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri?

Program studi Ilmu Teknologi Pangan memiliki peminatan atau spesialisasi jurusan yang cukup beragam.

Spesialisasi jurusan yang Anda pilih akan menentukan jenis profesi yang kelak Anda jalani. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui beragam spesialisasi jurusan Ilmu Teknologi Pangan yang ada dan tentukan yang sesuai dengan bakat minat Anda.

Berikut adalah pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan Ilmu Teknologi Pangan:

  • Food Technology

  • Food Science and Technology

  • Food Science and Nutrition

  • Food Safety and Technology

  • Food Manufacturing

  • Food Biotechnology

  • Food Process Engineering

  • Food Service Technology

  • Halal Products Development

  • Food Quality and Innovation

  • Food Technology and Operations Management

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Di mana universitas terbaik di luar negeri untuk kuliah Ilmu Teknologi Pangan?

Sudah menentukan ingin kuliah Ilmu Teknologi Pangan di negara mana atau masih bingung? Bagi Anda yang masih bingung untuk menentukan tempat kuliah maka beberapa daftar universitas terbaik di luar negeri untuk jurusan Ilmu Teknologi Pangan ini bisa membantu. Ada banyak pilihan tempat kuliah Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa contoh universitas terbaik di luar negeri jurusan Ilmu Teknologi Pangan:

Amerika Serikat:

  • Cornell University

  • University of California

  • University of Florida

  • University of Illinois

  • Pennsylvania State University

Inggris:

  • University of Reading

  • University of Nottingham

  • University of Newcastle

  • King’s College London

  • University of Lincoln

Kanada:

  • University of British Columbia

  • Mcgill University

  • Univeristy of Alberta

Australia:

  • University of Melbourne

  • University of Adelaide

  • University of Sydney

Eropa:

  • Maastricht University (Belanda)

  • University College Dublin (Irlandia)

  • Swiss German University (Jerman)

  • University of Gothenburg (Swedia)

  • KU Leuven (Belgia)

Asia:

  • Jiangsu University (Cina)

  • Hongkong Polytechnic University (Hongkong)

  • Universiti Tunku Abdul Rahman (Malaysia)

  • National Univeristy of Singapore (Singapura)

  • Mahidol Univeristy (Thailand)


Apakah Anda semakin tertarik untuk memilih kuliah Ilmu Teknologi Pangan di luar negeri? Ingin kuliah di negara mana? Jangan ragu untuk bertanya kepada EasyUni mengenai kuliah di luar negeri bila masih bingung. Penasihat akademis EasyUni yang profesional selalu siap membantu untuk mewujudkan rencana pendidikan Anda.

You might be interested in...