Kuliah Jurusan Sistem Informasi di luar negeri

Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah jurusan Sistem Informasi

Perkenalan
Apa itu Sistem Informasi?
Alasan kuliah jurusan Sistem Informasi
Keterampilan yang diperlukan
Yang dipelajari dalam Sistem Informasi
Persyaratan kuliah jurusan Sistem Informasi
Universitas terbaik & biaya kuliah
Prospek kerja lulusan jurusan Sistem Informasi
Gaji lulusan Sistem Informasi

 

Kuliah Sistem Informasi di luar negeri merupakan peluang kuliah terbaik, bagi para siswa dan siswi yang sudah lulus sekolah menengah dalam negeri dan memiliki rencana untuk meraih gelar sarjana dan pascasarjana Sistem Informasi dari universitas di luar negeri.

Dalam pelaksanaanya, kuliah Sistem Informasi akan banyak mempelajari mengenai komputer secara detail, mulai dari bagian kecil komputer seperti prosesor, masalah bug hingga pemrograman perangkat lunak dari suatu komputer.

 

Apa Itu Kuliah Sistem Informasi?

apa itu kuliah jurusan Sistem Informasi

Kuliah Sistem Informasi adalah kegiatan kuliah yang banyak mempelajari tentang landasan teori informasi serta komputasi, dan teknik praktis untuk diaplikasikan pada sistem komputer.

Program studi Sistem Informasi ini juga menggabungkan antara teknik listrik dari ilmu komputer itu sendiri.

Tidak hanya itu, para mahasiswa dan mahasiswi yang memilih kuliah Sistem Informasi, akan mempelajari juga tentang desain perangkat keras serta perangkat lunak pada system digital.

Memilih kuliah Sistem Informasi, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan untuk masa depan Anda.

Lulusan dari jurusan Sistem Informasi luar negeri banyak yang bekerja di berbagai negara dengan tawaran gaji yang tinggi.

Waktu kerja seorang profesional di bidang Sistem Informasi itu sendiri bahkan fleksibel, karena mereka bisa membawa pekerjaan ke rumah. Dan yang paling penting, Anda yang suka dengan komputer sangat cocok untuk kuliah Sistem Informasi di luar negeri dan bekerja di bidang yang sama nantinya.

 

Apa Alasan Kuliah Sistem Informasi di Luar Negeri?

kuliah Sistem Informasi di luar negeri terbaik

Saat memutuskan untuk kuliah Sistem Informasi di luar negeri, sebaiknya Anda mengetahui dulu apa saja yang menjadi alasan tepat untuk menjalani kuliah Sistem Informasi. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus saat menjalani kuliah dan meraih gelar sarjana Sistem Informasi dalam waktu yang lebih cepat.

Apa saja alasan sebagian besar orang memilih kuliah Sistem Informasi di luar negeri, berikut ulasanya:

1. Era Digital Membutuhkan Insinyur Komputer

Di era digital seperti sekarang ini, komputer sangat dibutuhkan dalam banyak aspek kehidupan kita. Tersedianya seorang insinyur komputer, akan bisa membantu dalam berteori, merancang, mengembangkan hingga menerapkan perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Kehadiran insinyur komputer dapat membantu untuk mengaplikasikan ide kreatif dari inovasi yang tercipta saat ini.

2. Profesi Pekerjaan dengan Tawaran Gaji Tinggi

Pekerjaan di bidang komputasi adalah profesi yang menawarkan gaji yang tinggi.  Menurut majalah Forbes, seorang insinyur komputer merupakan salah satu yang sumber pendapatannya tertinggi di dunia di tahun 2016. Mengingat pekerjaan di bidang Sistem Informasi harus detail, maka pekerjaan yang dilakukan sebanding dengan pendapatan yang diterima.

3. Tingkat Kepuasan Kerja Tertinggi

Selain pendapatan yang tinggi, ternyata bidang pekerjaan bagi lulusan sarjana dan pascasarjana dari jurusan Sistem Informasi ini juga termasuk salah satu jenis pekerjaan yang memiliki tingkat kepuasan kerja tertinggi. Berdasarkan hasil penelitian di Inggris, berhasil menemukan bahwa kepuasan kerja di bidang komputer dan IT, dua kali lipat dibandingkan sektor pekerjaan lainya. Dua alasan utamanya adalah kebebasan kerja serta fleksibilitas pekerjaan yang mereka miliki.

4. Selalu Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi

Sistem Informasi ternyata lebih dari sekedar pemrograman. Sistem Informasi juga dapat menciptakan serta membangun solusi dari suatu masalah. Seorang insinyur computer juga merupakan seorang seniman yang kanvasnya adalah komputer itu sendiri. Bagaimana Instagram, Facebook, Twitter bisa muncul dan terkenal? Alasanya karena kreativitas dan inovasi dari para mahasiswa di bidang Sistem Informasi.

5. Banyak Peluang di Masa Depan

Maksud dari peluang ini adalah bukan hanya pekerjaan di bidang Sistem Informasi yang penuh kreatifitas dan inovasi, tetapi memang benar adanya bahwa seorang insinyur computer memang bisa mengubah seperti apa kondisi internet di beberapa tahun kedepan bahkan di masa depan. Kedepannya, mungkin inovasi akan lebih memudahkan kehidupan kita. Insinyur komputer akan memiliki banyak hal untuk dilakukan di masa depan, baik itu ketika bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.

 

Seperti Apa Karakter yang Cocok Untuk Kuliah Sistem Informasi?

perempuan di bidang Sistem Informasi

Memilih jurusan kuliah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri sebaiknya harus disesuaikan dengan karakter pribadi dari calon mahasiswa dan mahasiswi baru.

Tujuannya, agar saat menjalani kuliah, Anda bisa lebih fokus pada mata kuliah yang harus diselesaikan, serta dapat lulus dalam waktu yang cepat. Lalu seperti apa karakter yang cocok untuk kuliah di jurusan Sistem Informasi? Berikut ulasanya:

  1. Memiliki minat dalam bidang computer

  2. Memiliki pemikiran yang analitis

  3. Memiliki keterampilan logis dan penalaran yang baik

  4. Berfokus pada ilmiah

  5. Memiliki keterampilan matematika yang baik

  6. Memiliki kemampuan untuk bekerja keras dan duduk di depan komputer selama berjam-jam

  7. Menyukai wawasan pengetahuan seputar IT

  8. Memiliki kemampuan Bahasa asing (Bahasa inggris)

 

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi?

mata kuliah jurusan Sistem Informasi

Program kuliah sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) jurusan Sistem Informasi, akan mengajak para mahasiswa dan mahasiswi yang berkuliah di jurusan ini untuk mempelajari beberapa mata kuliah wajib. Beberapa mata kuliah tersebut umumnya sebagai berikut:

Program kuliah sarjana (S1)
  • Pengenalan Software

  • Computer organization

  • Aplikasi Algoritma

  • Microprocessors

  • Probability theory

  • System programming

  • Control systems

  • Microcomputer architecture

  • Differential Equations

  • Computer science

  • Operating systems

Program kuliah pascasarjana (S2)
  • Software

  • Cybersecurity

  • Hardware and computer architecture

  • Computer connections and networks

  • Digital communication

  • Advanced data structure

  • Electronic design

  • Operating systems

Beberapa mata kuliah di atas, hanya berupa gambaran umum dari mata kuliah jurusan Sistem Informasi di luar negeri. Informasi seputar mata kuliah lebih detailnya, bisa Anda akses di website universitas yang dipilih.

 

Bagaimana Persyaratan Kuliah Sistem Informasi di Luar Negeri?

Persyaratan kuliah di luar negeri merupakan hal yang penting dan harus dipersiapkan oleh para calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan memilih kuliah di jurusan Sistem Informasi. Beberapa persyaratan khusus dari setiap Negara serta dari universitas yang dipilih, mungkin akan berbeda. Namun secara garis besar, persyaratan untuk program kuliah sarjana (S1) serta program kuliah pascasarjana (S2) Sistem Informasi di luar negeri sebagai berikut:

Program kuliah sarjana (S1)
  • UN SMA: lulus, jurusan IPA. Nilai IPA & Matematika

  • TOEFL: 550 (paper-based), 90 (internet-based)

  • IELTS: 5,5 - 6,5 (overall)

  • Bukti kursus prerequisite mata pelajaran terkait (beberapa universitas)

  • Biaya pendaftaran

Program kuliah pascasarjana (S2)
  • Luus S1 jurusan yang serupa, min. IPK 2,5 - 3,0 

  • Memiliki pengalaman kerja di bidang Sistem Informasi atau IT min. 2 tahun

  • Membuat CV

  • Personal statement: tentang diri sendiri dan alasan mengambil S2 jurusan tersebut.

 

Apa Saja Rekomendasi Universitas Terbaik Kuliah Sistem Informasi di Luar Negeri?

universitas nanyang technology di singapura

Setelah mengetahui beberapa persyaratan kuliah Sistem Informasi di luar negeri, saatnya Anda mengetahui rekomendasi universitas terbaik yang menawarkan program kuliah sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) jurusan Sistem Informasi. Beberapa universitas ini hadir di beberapa Negara di kawasan Asia, Eropa dan Amerika. Berikut ulasanya:

1. Australia

Negeri kangguru ini sudah menjadi tujuan Negara favorit bagi para mahasiswa dan mahasiswi Indonesia untuk menempuh kuliah di luar negeri.

Khusus untuk jurusan Sistem Informasi, beberapa universitas rekomendasi EasyUni adalah Curtin College, The University of Southern Queensland, University of Technology Sydney dan lainya.

 2.  Singapura

Jarak Negara Singapura yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, hanya berkisar 1.5 jam dengan menggunakan pesawat ini, juga menawarkan beberapa universitas terbaiknya.

Anda bisa memilih School of Computer Science and Engineering, Nasional university of Singapore Engineering, Nanyang Technological University dan lain sebagainya.

  3. Amerika Serikat

Kuliah di Amerika serikat memang akan membutuhkan biaya kuliah yang cukup tinggi. Meski begitu, khusus untuk jurusan Sistem Informasi, Amerika memiliki beberapa universitas terbaiknya, yang bahkan masuk dalam World report sebagai universitas terbaik di jurusan Sistem Informasi.

Beberapa universitas tersebut seperti  Massachusetts Institute of Technology, Georgia Institute of Technology, Stanford University dan lain sebagainya.

 4. London

Bagi Anda yang berminat melanjutkan kuliah di benua Eropa dan memilih jurusan Sistem Informasi, beberapa universitas terbaik disana siap menyambut Anda.

Jurusan Sistem Informasi yang masuk dalam computer science, banyak ditawarkan di Oxford university, University of Cambridge, hingga di university College London.

   5. India

Bagi yang masih ingin melanjutkan kuliah di benua Asia, seperti India, bisa menjadi pilihan kuliah di luar negeri yang tepat, sebab khusus untuk Sistem Informasi.

Negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak no. 2 di dunia ini, juga memiliki universitas terbaik.

Beberapa universitas tersebut seperti IIT Bombay, Indian Institute of Science, Indian Institute of Technology dan lain sebagainya.

Adapun rata-rata biaya kuliah untuk jurusan Sistem Informasi di beberapa negara tersebut, bisa Anda lihat pada tabel berikut ini:

Negara Tujuan Kuliah

Biaya Kuliah (dollar)

Dalam Rupiah (Rp)

Australia

US $ 22.170

Rp. 315 juta

Amerika Serikat

US$ 51.520

Rp. 733 juta

Singapura

SGD$ 24.000 - 40.000

Rp. 251 - 418 juta

London

US $ 34.670

Rp. 493 juta

India

US$ 2.500 - 6.000

Rp. 35 -  85 juta

*sesuai kurs rupiah bulan April 2019

Memutuskan kuliah di luar negeri, Anda juga harus mempertimbangkan mengenai biaya kuliah bidang Sistem Informasi, ilmu komputer dan teknologi informasi, agar bisa mempersiapkannya terlebih dulu. Untuk informasi biaya kuliah di luar negeri, Anda juga bisa bertanya pada kami EasyUni, untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

 

Apa Saja Prospek Kerja Untuk Lulusan Sistem Informasi Luar Negeri?

prospek kerja lulusan jurusan Sistem Informasi

Profesi para sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) lulusan jurusan Sistem Informasi, memiliki cakupan profesi kerja yang sesuai di bidang teknologi informasi dengan tawaran gaji yang tinggi.

Di zaman teknologi yang maju seperti sekarang ini, tentu saja profesi seorang lulusan teknik omputer akan banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan besar, bahkan raksasa teknologi seperti Google pun membuka peluang kerja yang baik untuk para lulusan dari jurusan Sistem Informasi luar negeri.

Dilansir dari learnhowtobecome.org, berikut ini beberapa prospek kerja untuk lulusan Sistem Informasi :

  • Computer and Information Scientist and Researchers, bertugas untuk memberikan solusi bagi permasalahan setiap hardware dan software yang ada di berbagai bidang.

  • Computer Hardware Engineer, bertugas untuk memastikan komponen hardware komputer dapat berfungsi bersama dengan softwarenya juga melakukan test computer code

  • Software Engineer Applications, bertugas sebagai software developers yang harus berpikir kreatif dibalik terciptanya program-program komputer

  • Software Engineer System Software, bertugas untuk menganalisis kebutuhan dari pengguna komputer, beserta software yang berada dalam komputer itu sendiri. Profesi ini harus menguasai software structure, computing system hingga hardware

  • Network Security Administrator, bertugas untuk melakukan pendesainan, implementasi serta mengatur masalah network security policy dan konfigurasi security software.

  • Professional Hackers, bertugas dalam suatu organisasi tertentu untuk mencegah peretasan komputer, aktivitas kriminal dalam komputer, serta beberapa serangan illegal dan serangat jahat lainya pada system computer.

 

Berapa Ekspektasi Gaji yang Diterima Pekerja di Bidang Sistem Informasi?

Seperti kita ketahui, pekerjaan di bidang IT, komputer dan perangkat lunak, merupakan salah satu jenis pekerjaan yang diklaim memiliki pendapatan per tahun paling tinggi dibandingkan profesi lainnya. Lalu berapa ekspektasi pendapatan rata-rata yang diperoleh di bidang teknik computer, dilansir dari bestcollegeonline.org berikut ulasanya:

Profesi Pekerjaan

Pendapatan/Gaji

Pendapatan dalam Rupiah

Computer Hardware Engineer

$108.430 per tahun

Rp. 128 juta per bulan

Software Engineer Applications

$ 95.510 per tahun

Rp. 113 juta per bulan

Network Security Administrator

$ 68.000 per tahun

Rp. 80 jutaan per bulan

Professional Hackers

$ 81.000 per tahun

Rp. 95 jutaan per bulan

Software Engineer System Software

$ 102.880 per tahun

Rp. 121 jutaan per bulan

*Sesuai kurs rupiah bulan April 2019


Demikian pembahasan mengenai gambaran secara umum tentang kuliah Sistem Informasi di luar negeri. Pastikan Anda juga bisa menyiapkan biaya kuliah dan visa pelajar ke luar negeri agar tidak mengalami hambatan saat mendaftar kuliah. Hubungi tim EasyUni untuk informasi selengkapnya mengenai kuliah di luar negeri.

You might be interested in...