Kenapa engga kuliah sambil kerja paruh waktu

Well, Sebagai mahasiswa kamu harus menyeimbangkan antara pekerjaan dan kuliah kamu. Bahkan kamu bisa saja tidak ada waktu untuk bersama teman-teman kamu. Tapi coba bayangkan keuntungan yang akan kamu akan dapatkan dari kerja paruh waktu, selain dapat uang jajan tambahan, kamu belajar untuk mengelola uang dan kamu akan mendapatkan banyak pengalaman lainnya yang tidak dapat kamu alami sebelumnya.

Nah yang terpenting dari bekerja paruh waktu, Sebelum melamar kerja kamu harus cari tahu tentang regulasi dan peraturan di negara tempat kamu berada. Ada beberapa negara yang tidak memperbolehkan mahasiswa internasional untuk bekerja dan sebaliknya ada yang memperbolehkan mahasiswa mereka bekerja tapi dengan regulasi dan peraturan tertentu.

Kamu dapat melamar kerja paruh waktu dengan daftar pekerjaan berikut,

Waiter/Waitress Restoran

Waiter

sumber: luciavieira.com.br

Banyak mahasiswa dari indonesia yang memilih bidang ini sebagai kerja paruh waktu. Selain banyak tersedia lowongan, ini termasuk pekerjaan yang paling mudah dan waktu yang flexible karena shift kerja kamu bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah kamu. Walaupun bayaran terhitung rendah daripada upah minimum tapi keuntungan bekerja sebagai waiter/ waitress restoran kamu akan dapat jatah makanan gratis dan kadang pelanggan pun dapat memberikan tip.

Pekerja Retail

retailer

sumber: hoffbusinessadvisors.com

Mahasiswa perempuan sangat menyukai bekerja paruh waktu di toko retail. Selain jadwal kerja yang ringan, kamu juga akan mendapatkan potongan khusus untuk pekerja dan dapat bekerja bareng dengan teman-teman kamu. Pada umumnya, pekerja paruh waktu di toko retail akan mendapatkan gaji sesuai dengan upah minimum tapi kamu relain weekend kamu untuk bekerja. Sebagai pekerja retail kamu akan diajari bagaimana dalam bertanggung jawab, mengatur keuangan dan menangani pelanggan. Ini pekerjaan yang sangat menguntungkan bukan? Dapat uang saku plus pelajaran yang akan berguna banget buat kamu kerja nantinya.

Freelance Designer

freelance designer

sumber: i2.wp.com

Jika kamu anak jurusan desain atau punya keterampilan dalam mendesain. Kamu dapat menyalurkan bakat kamu dengan bekerja freelance desain dari rumah untuk perusahaan. Terdengar mudahkan!? Kamu dapat membuat postingan di sosmed beserta portfolio kamu untuk mencari pekerjaan freelance. Tentunya kamu akan berjam-jam di depan komputer tapi kamu dapat menyesuaikan jadwal kerja dan upah yang lumayan tinggi. Selain mendapatkan upah cukup tinggi dan kerja yang santai, kamu juga bisa menambah portfolio kamu yang akan berguna banget pas kamu sudah lulus nanti.

Babysitter

babysitter

sumber: topnews.in

Nah pekerjaan ini sangat cocok banget bagi kamu yang suka anak-anak. Babysitter biasanya bekerja pas weekend dan kamu tidak perlu khawatir kuliah kamu terganggu. Walaupun kamu harus merelakan weekend kamu, gaji jadi babysitter itu lumayan tinggi loh. Jaga anak- anak kecil memang tidak mudah dan ada tantangan tersendiri tapi kamu bisa menyesuaikan waktu dengan atasan kamu dan negosiasi gaji.

Kerja di tempat penampungan hewan (Animal Shelter)

pecinta hewan

sumber: c2.staticflickr.com

Kabar gembira buat para pecinta hewan, jangan khawatir kamu dapat bekerja di penampungan hewan. Biasanya penampungan hewan mempekerjakan karyawan dengan upah minimum untuk menghabiskan waktu dengan hewan-hewan dan membersihkan kandang mereka. Ini hal yang sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin jadi dokter hewan karena pekerjaan ini akan memberikan pengalaman dalam menangani hewan secara langsung.

Guru les

guru les

sumber: static.wixstatic.com

Biasanya orang tua rela mengeluarkan uang untuk meningkatkan performa pendidikan anak-anak mereka. Ini menjadi kesempatan emas buat kamu yang punya prestasi tinggi dalam beberapa mata pelajaran. Bagi kamu yang punya prestasi pas-pasan, kamu bisa menjadi guru les untuk anak-anak kecil dalam membaca ataupun menulis. Pekerjaan ini memerlukan kesabaran yang tinggi supaya murid-murid kamu betah di ajarin sama kamu. Bayaran jadi guru les sama dengan babysitter dan kamu dapat mengatur waktu kerja kamu.

Tukang Cuci Mobil

tukang cuci mobil\

sumber: c3.staticflickr.com

Saat musim panas, kamu juga bisa menjadi tukang cuci mobil. Pasti kamu akan sibuk banget karena selalu ada aja orang yang ingin di cuci mobilnya. Walaupun upah yang tidak seberapa kamu pasti dapet tip dari pelanggan kamu. Kan lumayan buat nambah-nambah pendapatan ya kan?!

Fotografer

fotografer

sumber: pixabay.com

Hobi foto-foto? Nggak ada salahnya kan kamu jadikan hobi kamu ini menjadi pekerjaan paruh waktu kamu. Sama seperti freelancer designer, kamu bisa mulai mempromosikan diri kamu melalui sosmed atau kerabat terdekat kamu untuk acara-acara penting. Selain menyalurkan hobi, kamu juga menghasilkan uang! Pasti kamu senang untuk melakukan hal yang kamu sukai walaupun sesusah apapun.

Kerja di Kampus

pustakawan

sumber: thetimes.co.uk

Kamu perlu memulai pencarian kerja kamu di kampus. Banyak kesempatan kerja di kampus dan kamu akan diberikan prioritas. Kerja di kampus akan menghemat biaya transportasi dan juga membangun hubungan dengan staf akademik di kampus. Kamu bisa mengunjungi career office untuk menanyakan lowongan yang tersedia. Kamu biasanya bisa bekerja sebagai, pustakawan, asisten pengajar ataupun staf restoran/ kantin kampus.

 

Sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan paruh waktu yang dapat kamu temukan melalui internet ataupun dari tempat di sekitar kampus kamu. Jadi kapan lagi dapat menghasilkan dan belajar pengalaman baru?

Diposting pada 09 Okt 2017
Karir, Kehidupan Mahasiswa, Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini