Kuliah Jurusan Hukum Internasional di Luar Negeri

Segala sesuatu yang perlu kamu ketahui sebelum memilih jurusan hukum internasional di luar negeri
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah jurusan hukum internasional

Perkenalan
Apa itu jurusan Hukum Internasional?
Alasan kuliah jurusan Hukum Internasional
Yang dipelajari dalam jurusan Hukum Internasional
Peminatan dalam jurusan Hukum Internasional
Karakter yang cocok jurusan Hukum Internasional
Durasi kuliah jurusan Hukum Internasional
Persyaratan masuk universitas jurusan Hukum Internasional
Prospek kerja lulusan Hukum Internasional
Prospek gaji lulusan Hukum Internasional
Biaya kuliah di luar negeri jurusan Hukum Internasional
Universitas terbaik di dunia jurusan Hukum Internasional
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Apakah Anda tertarik mempelajari bidang hukum dalam skala global? Jurusan Hukum Internasional merupakan jurusan yang tepat bagi Anda. Hukum Internasional merupakan jurusan yang menarik untuk ditekuni.

Adanya kerjasama bilateral maupun multilateral antar negara membuat hubungan Internasional tidak bisa dipungkiri. Belum lagi, aktivitas bisnis atau pilihan individu untuk tinggal di negara lain membuat semua negara seyogyanya memahami dan menaati Hukum Internasional.

Adanya perkembangan pada Hukum Internasional membuat jurusan ini menarik. Semakin tertarik untuk mengambil jurusan ini? Simaklah beberapa informasi penting terkait kuliah Hukum Internasional di luar negeri melalui panduan berikut! 

 

Apa Itu Ilmu Hukum Internasional?

tentang hukum internasional

Hukum Internasional adalah program studi yang mempelajari keseluruhan peraturan yang mengatur hubungan atau permasalahan lintas negara. Program studi Hukum Internasional juga mempelajari beberapa asas yang dijadikan acuan untuk menyelesaikan persoalan.

Sebagai contoh, jika asas teritorial yang dipakai maka suatu negara berhak menerapkan hukum domestiknya kepada semua orang yang berada di seluruh wilayah negara tersebut termasuk untuk warga negara asing.

Namun, jika asas kebangsaan yang  digunakan maka warga negara asing mendapatkan perlakukan hukum sesuai hukum di negara asalnya. Penerapan asas-asas tersebut tergantung pada ada atau tidaknya perjanjian yang terjalin antar negara-negara tersebut.

Baca juga soal jurusan terkait:

 

Mengapa kuliah Hukum Internasional di luar negeri?

Suatu hal yang wajar jika banyak pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan jurusan Hukum Internasional memilih kuliah di luar negeri. Hukum Internasional merupakan hukum skala global yang memerlukan adanya tingkat pendidikan dan pengalaman global.

Selain itu, masih ada beberapa alasan mengapa banyak pelajar yang memilih kuliah Hukum Internasional di luar negeri. Berikut alasannya!

1. Banyak pilihan universitas terkemuka

Jika Anda merasa terlalu sedikit pilihan universitas yang menawarkan jurusan International Law di dalam negeri, maka keputusan untuk kuliah jurusan Hukum Internasional di luar negeri merupakan hal yang tepat.

Pasalnya, ada banyak pilihan universitas jurusan Hukum Internasional yang tersebar di berbagai benua. Tidak hanya dari segi kuantitas, kualitas universitas-universitas tersebut juga tidak perlu diragukan lagi. Kualifikasi pendidikan yang ditawarkan bermutu tinggi.

2. Kurikulum relevan dan teruji

Hukum Internasional merupakan program studi yang terus mengalami perkembangan dan evolusi dari zaman ke zaman. Hal ini dikarenakan hukum domestik setiap negara juga cenderung mengalami revisi karena beberapa alasan dan kondisi.

Perkembangan zaman juga menyebabkan perubahan terhadap aturan-aturan pada Hukum Internasional. Oleh karena itu, para pelajar membutuhkan materi-materi kuliah yang relevan sesuai kenyataan. 

Cukup banyak universitas di luar negeri yang memiliki program studi Internasional Law telah menerapkan kurikulum yang relevan sesuai dengan kehidupan di dunia nyata. Dengan begitu, Anda akan mempelajari ilmu-ilmu yang nantinya bermanfaat setelah kelulusan.

Baca juga: Alasan perusahaan menyukai lulusan luar negeri

3. Sistem pengajaran yang unggul

Tidak sedikit pelajar yang memilih kuliah Hukum Internasional di luar negeri karena ingin mendapatkan sistem pengajaran yang bermutu tinggi. Para pelajar memiliki peluang untuk diajar oleh para ahli yang cukup aktif melakukan berbagai kegiatan penelitian. 

Hal tersebut membawa manfaat bagi para pelajar karena Anda akan mendapatkan informasi terkait perubahan-perubahan atau ilmu-ilmu Hukum Internasional terkini. Banyak pengajar juga terlibat di beberapa lembaga hukum atau organisasi terkemuka. 

4. Memiliki banyak bekal penting

Universitas-universitas terkemuka yang membuka program studi Hukum Internasional di luar negeri memegang komitmen  untuk mendukung kemampuan akademis para pelajarnya. Serangkaian program baik di dalam kampus maupun di luar kampus telah dirancang untuk mewujudkan hal tersebut. 

Beberapa keterampilan penting bisa Anda dapatkan melalui program-program tersebut, seperti komunikasi lisan, komunikasi tulisan, kemampuan menganalisis dan mengevaluasi, pemecahan masalah, penelitian, dan lainnya.

5. Tersedia berbagai aktivitas penunjang akademis

Kampus-kampus jurusan Hukum Internasional di luar negeri memiliki berbagai aktivitas akademik yang mampu mendorong kemampuan dan prestasi akademis para pelajar. Ada kegiatan ekstrakurikuler hukum yang bisa mendongkrak keterampilan dan ilmu Anda.

Selain itu, ada juga beberapa kegiatan lainnya seperti kompetisi mooting, kelompok pro bono, berpartisipasi untuk mengisi jurnal-jurnal hukum, kesempatan terlibat dalam pengadilan kasus-kasus atau masalah hukum tertentu, dan lainnya.

6. Peluang belajar di luar negeri

Pada tahun terakhir, biasanya para pelajar memiliki kesempatan untuk belajar di luar negeri. Program tersebut tidak lain adalah hasil kerjasama universitas dengan lembaga pendidikan jurusan Hukum Internasional di negara lain.

Tentunya, Anda bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman mengikuti kuliah Hukum Internasional di negara lain. Dengan begitu, Anda bisa memperkaya ilmu, wawasan, perspektif terkait International Law. 

7. Kegiatan magang di luar negeri

Selain pertukaran pelajar, Anda juga memiliki peluang untuk bisa mengikuti kegiatan magang di lembaga atau organisasi tertentu di luar negeri. Tidak sedikit universitas terkemuka jurusan Hukum Internasional yang memfasilitasi kegiatan magang tingkat global.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

8. Hubungan profesional yang terjalin

Alasan pelajar yang memilih kuliah di luar negeri pada jurusan bergengsi ini bukan hanya karena alasan-alasan seputar perkuliahan melainkan juga terkait pengembangan karir. Tidak perlu gelisah, sebagian universitas jurusan Hukum Internasional terkemuka di luar negeri telah memiliki hubungan relasi yang kuat dengan beberapa industri hukum. 

Tentunya, hubungan tersebut merupakan hubungan profesional seperti kunjungan perusahaan, magang, workshop atau acara-acara karir, dan lainnya. Hal itu bisa memperluas jaringan profesional Anda di bidang Hukum Internasional.

9. Kemudahan mencapai kesuksesan karir

Lulusan Hukum Internasional dari salah satu universitas terkemuka di luar negeri tentunya cenderung lebih mudah meraih kesuksesan karir. Hal ini dikarenakan kualifikasi pendidikan di universitas-universitas tingkat global tentunya diakui berbagai pihak memiliki kualitas tinggi.

Oleh karena itu, jangan heran bila kebanyakan lulusan jurusan Hukum Internasional yang telah mengenyam di kampus bergengsi relatif mudah mendapatkan pekerjaan. Tak tanggung, pekerjaan yang bisa didapatkan bertaraf Internasional.

 

Apa saja mata kuliah yang akan Anda pelajari pada Jurusan Hukum Internasional?

Photo by rawpixel.com from Pexels

Materi-materi apa sajakah yang nanti akan Anda pelajari saat di kelas? Ketahuilah daftar mata kuliah jurusan Hukum Internasional di universitas yang Anda inginkan. Pasalnya, setiap universitas bisa saja memiliki susunan mata kuliah yang berbeda pada jurusan yang sama.

Sebagai contohnya, inilah daftar mata kuliah untuk program pendidikan tingkat Sarjana jurusan Hukum Internasional di Nottingham Trent University, Inggris:

Tahun ke-1

  • Law of Contract and Problem Solving

  • Legal and Professional Environment

  • Public Law and Research Skills

  • Law of Torts and Legal Reasoning

  • International, European and Comparative Law and Group Presentation Skills

Tahun ke-2

  • Criminal Law with Mooting

  • Land Law and Professional Advice

  • Law of Trusts and Advanced Legal Reasoning

  • Optional course

Tahun ke-3

  • Belajar di luar negeri atau

  • Magang di luar negeri

Tahun ke-4

  • Law in Practice

  • Path to Professional Practice

  • Introduction to Applied Legal Knowledge (Legal Advice Centre)

  • Optional Modules (3 pilihan)

 

Apa saja peminatan atau spesialisasi jurusan pada bidang Hukum Internasional di luar negeri?

cabang jurusan hukum

Kebanyakan orang tentu menganggap bahwa Hukum Internasional hanya program studi yang terkait bidang hukum skala global.

Pada kenyataannya, tidak sedikit pelajar yang kuliah jurusan Hukum Internasional bukan karena ingin terjun di bidang hukum.

Beberapa bidang seperti ekonomi dan perdagangan memerlukan orang-orang yang paham akan Hukum Internasional. Oleh karena itu, banyak kampus di luar negeri yang menawarkan peminatan Hukum Internasional dengan mengkombinasikan pada ilmu lain atau mempelajari lebih detail pada konsentrasi tertentu, seperti tentang Hak Asasi Manusia.

Berikut adalah pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan Hukum Internasional: 

  • International Politics

  • International Commerce Law

  • International Economic Law

  • International Tax Law

  • International Business

  • International Human Rights

  • International and European Law

  • International and Global Studies

  • International Law and International Relation

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya lho!

 

Karakter seperti apa yang cocok kuliah jurusan Hukum Internasional?

keterampilan yang diperlukan ilmu hukum

Hampir semua pelajar tentunya ingin kegiatan perkuliahan berjalan lancar tanpa hambatan bahkan dapat meraih prestasi akademis.

Apabila menginginkan hal tersebut, maka pastikan beberapa karakter penting bagi pelajar jurusan Hukum Internasional terdapat di dalam diri Anda.

Berikut ini adalah beberapa karakter yang seharusnya dimiliki oleh para pelajar jurusan Hukum Internasional, yaitu:

  1. Suka pelajaran terkait peraturan-peraturan

  2. Memiliki hafalan kuat

  3. Mampu menganalisis

  4. Berpikir kritis

  5. Mampu memecahkan masalah

  6. Memiliki keterampilan komunikasi efektif

  7. Terampil melakukan penelitian

  8. Bisa bekerja secara tim dan mandiri

 

Berapa lama durasi kuliah yang dibutuhkan?

Perlu diketahui bahwa setiap jenjang pendidikan memerlukan durasi kuliah yang bervariasi. Perbedaan durasi kuliah tiap jenjang ini karena setiap jenjang memiliki cakupan ilmu Hukum Internasional yang berbeda. 

Berikut ini adalah durasi kuliah untuk setiap jenjang pendidikan pada jurusan Hukum Internasional di luar negeri:

  • Pre-University : 9 bulan-1 tahun

  • Diploma : 1-2 tahun

  • Sarjana : 3-4 tahun

  • Graduate Diploma : 1-2 tahun

  • Magister : 1-2 tahun

  • Doktor : 3-4 tahun

 

Apa persyaratan masuk kuliah Hukum Internasional?

Jurusan Hukum termasuk Hukum Internasional merupakan jurusan favorit dan bergengsi di belahan dunia mana pun. Ada sederet persyaratan masuk yang harus Anda penuhi agar bisa menjadi pelajar jurusan Hukum Internasional.

Di bawah ini adalah contoh persyaratan masuk kuliah tingkat Magister untuk jurusan Hukum Internasional di University College Cork, Irlandia:

  • Memiliki ijazah SMA atau MA atau

  • Lulus Diploma II

  • Syarat bahasa inggris:

    • ‚ÄčIELTS, minimal skor: 6.5 (Minimum individual sections 5.5)

    • TOEFL, minimal skor: 90 

      • Listening: 17

      • Reading: 18

      • Speaking: 20

      • Writing: 17

 

Bagaimana prospek kerja lulusan kuliah Hukum Internasional?

Tentunya, hukum akan tetap tegak selama manusia masih memegang peradabannya dan selama itu pula ahli-ahli hukum dibutuhkan. Jadi, prospek masa depan yang dimiliki para lulusan Hukum Internasional cukup cerah.

Anda memiliki prospek karir tingkat global karena jurusan yang Anda ambil mendukung untuk hal tersebut. Ada beberapa pilihan profesi yang dapat Anda pilih setelah kelulusan. Sudah tahu ingin jadi apa kelak setelah lulus?

Inilah peluang karir yang bisa dimiliki oleh lulusan Hukum Internasional:

  • International Lawyer

  • Government Lawyer

  • Corporate Lawyer

  • Courts Officer

  • Counsel

  • Solicitor

  • Barrister

  • Legal journalist

  • Legal researcher

  • Lecture

  • Consultant

  • Mediator

  • Dan lainnya

 

Berapa prospek gaji untuk lulusan Hukum Internasional?

Mungkin Anda sudah pernah mendengar bahwa penghasilan orang-orang yang bekerja di ranah hukum cukup besar. Hal tersebut ada benarnya mengingat hukum merupakan suatu hal yang pelik dan krusial bagi manusia.

Tidak ada orang atau pun lembaga yang ingin terjerat masalah hukum dan menerima hukuman. Para ahli hukum dituntut untuk bisa berpikir kritis, cerdas, dan ulet untuk bisa melindungi klien atau tempatnya bekerja. 

Oleh karena itu, perkara tersebut bukanlah hal mudah. Bayaran yang diterima oleh lulusan Hukum Internasional pun setimpal dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, terlebih jika sudah dalam skala global.

Berikut ini adalah rata-rata gaji untuk beberapa contoh profesi yang berkaitan dengan Hukum Internasional jika Anda bekerja di luar negeri menurut Glassdoor.

No.

Jenis Profesi

Rata-Rata Gaji

1.

Legal researcher 

Rp74.000.000/bulan

2.

Lecture in Law 

Rp88.000.000/bulan

3.

Courts Officer 

Rp128.000.000/bulan

4.

Corporate Lawyer 

Rp156.000.000/bulan

5.

Counsel 

Rp159.000.000/bulan

 

Berapa biaya kuliah Hukum Internasional di luar negeri dalam Rupiah?

Memastikan Anda dapat membayar biaya kuliah merupakan hal penting. Oleh karena itu, biaya kuliah menjadi hal yang penting untuk diketahui sejak awal. Sebelumnya, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa faktor yang memengaruhi biaya kuliah di luar negeri.  

Beberapa faktor yang memengaruhinya seperti negara pilihan, universitas, jenjang pendidikan, spesialisasi jurusan, dan lainnya.

Kisaran biaya kuliah Hukum Internasional di luar negeri mulai Rp50.000.000,- hingga lebih dari Rp 700.000.000,- per tahun. 

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

 

Di mana universitas terbaik di luar negeri untuk kuliah Hukum Internasional?

Ada banyak universitas di luar negeri yang menawarkan jurusan Hukum Internasional. Universitas-universitas tersebut di berbagai negara dan benua. Apakah Anda sudah melirik negara atau universitas tertentu untuk dijadikan tujuan kuliah Hukum Internasional di luar negeri?

Berikut ini adalah daftar universitas terbaik di luar negeri jurusan Hukum Internasional:

Inggris

university of edinburgh

Australia

griffith university

Eropa

eth zurich

Amerika Serikat

harvard university

Asia

yonsei university


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Bagaimanakah cara memilih spesialisasi jurusan Hukum Internasional yang tepat?

Mungkin banyak pelajar yang bingung dalam memilih spesialisasi jurusan Hukum Internasional. Tidak perlu gelisah atau gusar karena ada cara mudah untuk memilih peminatan pada Hukum Internasional.

Pertama, ketahuilah lebih dahulu semua spesialisasi jurusan Hukum Internasional. Setelah itu, galilah lebih dalam informasi pada peminatan tersebut. Tentukan, spesialisasi mana yang paling cocok dengan minat dan bakat Anda.

2. Berapa biaya hidup di luar negeri?

Biaya hidup selama kuliah di luar negeri  tidak bisa dipukul rata mahal atau murah. Pengeluaran ini tergantung pada negara yang Anda pilih dan gaya hidup Anda selama di sana. Oleh karena itu, ketahui panduan kuliah di berbagai negara, sehingga Anda tahu besarnya biaya hidup dan biaya akomodasi di negara tersebut. 

3. Bagaimana cara memilih tujuan negara untuk kuliah di luar negeri?

Apabila Anda sudah menentukan ingin memilih spesialisasi jurusan Hukum Internasional, maka carilah universitas mana saja yang menyediakan program spesialisasi tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan ingin kuliah di negara mana.

Jika Anda tidak berminat untuk memilih spesialisasi jurusan secara khusus, maka Anda bisa menggunakan peringkat universitas dunia terbaik pada bidang hukum melalui World University Rankings.

Kebanyakan pelajar juga mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan negara tujuan kuliah jurusan Hukum Internasional di luar negeri, seperti budaya, lingkungan sosial, kemajemukan masyarakat, biaya hidup, biaya kuliah, dan lainnya.

Itulah panduan kuliah  Hukum Internasional di luar negeri. Semoga panduan ini bisa menjawab sebagian besar hal-hal yang ingin Anda ketahui. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar kuliah di luar negeri, segeralah menghubungi EasyUni!

You might be interested in...