Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Informasi lengkap seputar kuliah hubungan internasional alasan kuliah persyaratan masuk serta biaya kuliah
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Anda yang menyukai bidang politik dan ingin terlibat di dalamnya, bisa dimulai dengan memilih kuliah hubungan internasional.

Kuliah Hubungan Internasional (HI) memungkinkan Anda dapat memahami masalah politik dunia, ekonomi dan kesejahteraan manusia di seluruh dunia, serta dapat menjadi seseorang yang ikut menjaga ketertiban dunia di masa yang akan datang.

simulasi PBB model united nations jurusan hubungan internasional 

Sumber: Best Delegate

Apa Itu Kuliah Hubungan Internasional?

Kuliah hubungan internasional merupakan program studi kuliah  yang banyak dicari oleh calon mahasiswa dan mahasiswi baru yang akan melanjutkan pendidikan tingkat tinggi.

Pasalnya, program studi ini cukup bergengsi bagi calon mahasiswa dan mahasiswi Indonesia, karena memiliki prospek kerja yang menjanjikan dengan skala internasional.

Di Indonesia, jurusan hubungan internasional atau sering disingkat menjadi HI ini banyak ditawarkan di beberapa universitas negeri terkemuka juga universitas swasta.

Walau begitu, kuliah  HI di luar negeri rupanya menjadi tawaran yang berhasil menarik perhatian sebagian pelajar dari Indonesia.

Jurusan HI atau disebut dengan International Relations ternyata dibutuhkan untuk mencetak para profesional yang memiliki perspektif global dalam menangani suatu isu seputar politik dan bidang lainya di kancah internasional.

Hubungan internasional dalam mata kuliahnya akan banyak membahas mengenai beberapa isu, mulai dari ekonomi, politik dan sejarah.

Selain itu, beberapa topik penting yang berkaitan dengan hak dan asasi manusia, lingkungan, globalisasi, etnik, serta lingkungan politik dunia juga akan sering menjadi bahan pembahasan dalam kuliah hubungan internasional.

Apa Alasan Kuliah Hubungan Internasional?

Hal utama yang menjadi alasan sebagian orang Indonesia, kuliah hubungan internasional di luar negeri, karena dapat memperluas jaringan pertemanan dengan sesama siswa dari mancanegara. Lalu apa saja alasan lainya yang membuat mereka minat pada program sarjana (S1) atau program pasca sarjana (S2) jurusan hubungan internasional ini, berikut ulasanya:

Mempelajari Budaya Asing

Dengan kuliah di jurusan hubungan internasional, maka kita akan terbiasa dalam mempelajari berbagai budaya asing dari berbagai negara. Tidak hanya dari segi budayanya, tetapi sisi politik, ekonomi serta bidang lainya juga akan sering dibahas dalam kuliah HI.

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Karena jurusan hubungan internasional ini, termasuk pada program kuliah yang multidisipliner, yang dibahas di dalamnya tidak melulu soal politik.

Mengasah kemampuan komunikasi juga menjadi alasan banyak mahasiswa dan mahasiswi memilih jurusan ini, khususnya kemampuan komunikasi dalam bahasa inggris.

Kuliah Teori dan Praktik

Dalam kuliah hubungan internasional ini, teori yang disampaikan juga akan didukung dengan praktik secara langsung.

Praktik yang dilakukan tentunya sesuai dengan bidang politik, ekonomi serta isu penting lainya yang mendukung perkuliahan. Tidak menutup kemungkinan, praktik dilakukan hingga lintas negara.

Teman Mancanegara

Kuliah hubungan internasional di luar negeri, tentunya membuat kita terbiasa dengan pertemanan internasional. Orang-orang dari berbagai belahan dunia, mungkin akan menjadi teman satu kelas kita.

Pertukaran budaya, ekonomi dan politik tentunya akan lebih terbuka dan memudahkan kita dalam memahami inti dari kuliah HI ini.

Prospek Kerja di Luar Negeri

Jika setelah lulus dari kuliah hubungan internasional di luar negeri, Anda ingin memutuskan kembali ke tanah air, maka profesi yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama Anda dengan gaji yang cukup tinggi, seperti bekerja menjadi diplomat atau staff di kantor perwakilan suatu negara.

Anda juga berkesempatan bekerja di luar negeri, asalkan seluruh dokumen sudah resmi dan dimiliki secara lengkap oleh para lulusan HI di luar negeri.

Apa Saja Karakter yang Cocok untuk Kuliah Hubungan Internasional?

kegiatan simulasi PBB model united nations untuk jurusan hubungan internasional
Sumber: Ismonaco.org

Memilih jurusan kuliah sebaiknya disesuaikan dengan karakter Anda. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk lebih fokus dalam kuliah dan mengejar cita-cita.

Jika ingin melanjutkan kuliah jurusan hubungan internasional, berikut ini beberapa karakter yang cocok untuk kuliah HI:

  1. Memiliki wawasan luas
  2. Senang melakukan riset
  3. Memiliki keterampilan interpersonal
  4. Memiliki keterampilan komunikasi
  5. Memiliki keterampilan negosiasi
  6. Suka memecahkan masalah

Apa Saja Pilihan Negara Favorit untuk Kuliah Hubungan Internasional?

Memilih untuk kuliah jurusan hubungan internasional yang unggul, ternyata tidak saja dengan memahami setiap mata kuliahnya ketika berada di kelas. Faktanya, mempelajari mata kuliah hubungan internasional yang terbaik juga tergantung dari lokasi tempat kuliah itu sendiri.

Dengan memilih universitas terbaik di luar negeri, tentunya akan berdampak pada pencapaian karir Anda di masa depan nanti. Berikut ini beberapa Negara yang menjadi lokasi favorit untuk kuliah hubungan internasional, dilansir dari goabroad.com:

1. Switzerland

Negara Switzerland ini ternyata menduduki posisi pertama dalam hal dukungan kuliah hubungan internasional. Pasalnya, Negara ini menjadi rumah bagi bidang politik internasional serta beberapa organisasi ekonomi. Salah satu universitas yang direkomendasikan di Negara ini adalah Geneva School of Diplomacy and International Relations.

Institusi pendidikan tinggi ini sangat berfokus pada pemahaman bisnis, politik serta pemerintahnya dalam skala internasional. Switzerland juga memiliki akses yang dekat dengan beberapa Negara lainya seperti Perancis, Jerman dan Belgium.

2. The United Kingdom (Inggris)

Selain menjadi Negara terfavorit pada para pelajar yang kuliah di luar negeri, Inggris juga ternyata menjadi Negara favorit untuk kuliah jurusan hubungan internasional.

Banyak dari para profesional di bidang politik yang masih meneruskan pendidikanya di beberapa universitas terkenal di UK seperti Oxford University serta London School of Economics and Political Science. Kuliah hubungan internasional di UK, bahkan bisa memberikan Anda kesempatan magang di kawasan parlemen kerajaan Inggris.

3. The United States (Amerika)

Memilih kuliah hubungan internasional hingga ke Amerika tentunya merupakan suatu kebanggan bagi setiap orang yang menyukai jurusan ini. Melihat struktur pemerintahan di Amerika sendiri, kita dapat mempelajari banyak hal seputar lingkungan politik serta demokrasi di pemerintahan Amerika.

Kemampuan bahasa asing (inggris) yang baik tentunya dapat membantu Anda untuk bisa kuliah di The United States.

4. The Netherlands ( Belanda)
Masih di benua Eropa, Anda juga bisa merencanakan untuk kuliah hubungan internasional di Netherlands.

Kota yang menjadi idaman bagi para mahasiswa dan mahasiswi dari Indonesia, untuk berkuliah adalah Amsterdam.

Kuliah di sini, tidak hanya diperkenalkan tentang lingkungan global, tetapi juga membuka kesempatan bagi Anda yang sudah ingin melamar pekerjaan dan berkesempatan magang di Netherlands.

5. Singapura

Tidak hanya isu politik dan ekonomi di Negara-negara Eropa dan Amerika, benua Asia juga memiliki isu politik, ekonomi yang cukup kuat dan hal ini diwakili oleh Negara Singapura.

Belajar hubungan internasional di Singapura dapat memberikan pengetahuan mengenai internasional business. Multikultur di Singapura juga dapat menjadi bahan acuan bagi cerita-cerita yang akan Anda buat nanti, yang berkaitan dengan mata kuliah hubungan internasional.

Berapa Biaya Kuliah Hubungan Internasional di Luar Negeri?

Biaya kuliah di luar negeri memang cukup tinggi, dibandingkan dengan biaya kuliah di Indonesia serta kawasan Asia lainya.

Namun, pengalaman kuliah yang terbaik, serta kualitas pendidikan yang tinggi, tentunya sebanding dengan biaya kuliah yang dikeluarkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini estimasi biaya kuliah rata-rata di beberapa negara dengan jurusan Hubungan Internasional:

Negara Tujuan Biaya Kuliah Biaya dalam Rupiah
United Kingdom (UK) 18.900 Poundsterling Rp. 348 jutaan per tahun
Switzerland 12.450 CHF Rp. 184 jutaan per tahun
Singapura 14.000 SGD Rp. 148 jutaan per tahun

*Sesuai nilai kurs per awal 2019

Umumnya, biaya kuliah tersebut belum termasuk dengan biaya sehari-hari, akomodasi, serta biaya buku kuliah. Untuk membantu dalam segi dana kuliah di luar negeri, Anda bisa mencari informasi seputar beasiswa dari pemerintah negara yang dipilih. Informasi beasiswa tersebut, dapat diakses melalui situs universitas masing-masing.

Apa Saja Persyaratan Kuliah Hubungan Internasional di Luar Negeri?

Persyaratan kuliah merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui para calon mahasiswa dan mahasiswi internasional. Dengan begitu, mereka dapat menyiapkan beberapa berkas yang diperlukan jauh-jauh hari. Persyaratan kuliah hubungan internasional ini dibedakan berdasarkan program kuliah yang diambil, yaitu:

Program Sarjana (S1)

  • A Level tidak termasuk Critical thinking dan general studies
  • IB Diploma dengan point 28 dengan 5,5,4 higher level
  • Kemampuan bahasa inggris, jika bukan bahasa utama, maka melampirkan sertifikat TOEFL Ibt dengan skor 87 atau IELTS dengan skor 6.5
  • Membayar biaya pendaftaran (besarnya ditentukan pihak universitas)

Program Pasca Sarjana (S2)

  • Sudah lulus dari program sarjana (S1) dari universitas yang ada di negara yang Anda pilih untuk kuliah, dengan IPK atau GPA 3.6 ke atas
  • Kemampuan bahasa inggris TOEFL Pbt 550  atau IELTS dengan skor 6.5 
  • Membuat resume tentang diri sendiri
  • Menyiapkan biaya registrasi (biasanya harus bayar online)
  • Membuat portofolio tentang kuliah HI dan mengapa Anda layak kuliah HI di universitas terkait (syarat ini tidak diminta semua universitas)

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional?

Lulusan dari program kuliah hubungan internasional atau HI dari luar negeri, tentunya bisa mendapatkan prospek kerja yang bagus dengan tawaran gaji yang cukup tinggi, sesuai dengan bidangnya. Tidak hanya berkarir di bidang politik, lulusan HI juga dapat bekerja di perbankan hingga swasta. Berikut ini beberapa profesi yang dapat dicoba bersamaan dengan gajinya tiap bulan.

Duta Besar, profesi pekerjaan ini memiliki tugas untuk menjadi perwakilan dari negaranya, di negara lain, untuk melindungi warga negara yang sedang berpergian atau bekerja di negara perwakilan tersebut.

Selain itu, duta besar juga harus bekerja sama dalam bidang politik ekonomi serta menjaga perdamaian dunia.

Staf Kedutaan, lulusan HI dari luar negeri juga bisa bekerja menjadi staff kedutaan yang memiliki tugas untuk menjaga hubungan politik dan ekonomi serta membantu mengatasi masalah yang terjadi dalam bidang tersebut.

Jurnalis, memiliki tugas untuk menulis, mengumpulkan dan mendistribusikan berita. Selain itu, wawancara dan riset berita terkini yang penting dan akurat untuk disampaikan kepada masyarakat, juga menjadi tugas utama seorang jurnalis.

Jurnalis juga sering ditugaskan hingga ke luar negeri.

Konsultan Internasional, bekerja untuk mewakili perusahaan dalam menangani masalah prospek perusahaan tersebut di kancah internasional.

Masalah marketing, manajemen sumber daya manusia, IT dan lain sebagainya biasanya harus ditangani seorang konsultan internasional.

Government Relation Officer, seorang GRO biasanya bekerja di perusahaan asing yang ada di Indonesia atau perwakilan perusahaan Indonesia di negara asing.

Seorang GRO harus memiliki kemampuan negosiasi yang baik agar dapat bekerja dengan mudah.

Dosen, lulusan HI dari luar negeri juga bisa berkarir menjadi seorang Dosen.

Untuk itu, Anda harus menyelesaikan pendidikan di jurusan hubungan internasional untuk gelar magister atau pasca sarjana (S2) terlebih dulu.

Berikut adalah perkiraan rata-rata gaji lulusan hubungan internasional di Australia menurut Payscale:

Kedutaan Besar Rp. 43 juta per bulan
Staf Kedubes Rp. 15 juta per bulan
Konsultan Internasional (Perusahaan asing) Rp. 50 juta per bulan
Government Relation Officer ( PT. Freeport) Rp. 95 juta per bulan
Dosen di Luar Negeri Rp. 20 juta per bulan
Jurnalis di luar negeri Rp. 58 juta per bulan

*Sesuai nilai kurs per awal 2019

Apa Saja Universitas yang Direkomendasikan untuk Kuliah Hubungan Internasional di Luar Negeri?

Saatnya mengetahui daftar universitas terbaik di beberapa negara, yang menawarkan program kuliah hubungan internasional terbaiknya, untuk program kuliah (S1) maupun untuk kuliah gelar (S2). Berikut beberapa universitas tersebut :

  1. Oxford University, London
  2. London School of Economics & Political Science, London
  3. Geneva School of Diplomacy & International Relations, Switzerland
  4. Columbia University, USA
  5. Nanyang Technological University, Singapura
  6. University of Amsterdam, Belanda

Berapa lama Durasi Kuliah Hubungan Internasional?

Kuliah di jurusan hubungan internasional di luar negeri, ditentukan berdasarkan lamanya mengambil program kuliah. Jika memilih program sarjana (S1) durasi kuliah yang ditempuh sekitar 4 tahun. Jika memilih program pasca sarjana (S2) kuliah yang ditempuh sekitar 2 tahun.


Bagaimana, apakah Anda sudah yakin untuk memilih kuliah hubungan internasional? Silahkan mulai mengecek informasi melalui website  universitas masing-masing. Anda juga bisa bertanya seputar informasi kuliah di luar negeri pada EasyUni, karena kami siap membantu kamu untuk memberikan informasi lengkapnya.  

You might be interested in...