Kuliah Jurusan Pertambangan dan Perminyakan di Luar Negeri

Daftar program Teknik Pertambangan dan Perminyakan dan studi terbaik di luar negeri
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

teknik perminyakan dan pertambangan

Perkenalan
Apa itu jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan?
Alasan kuliah jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan
Yang dipelajari dalam jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan
Karakter yang cocok untuk jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan
Universitas terbaik jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan
Prospek kerja dan gaji lulusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan
Durasi kuliah jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan
Persyaratan masuk universitas jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan
Biaya kuliah jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Aktivitas pertambangan telah dilakukan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Berkat dari aktivitas pertambangan ini, peradaban manusia telah melalui zaman perunggu dan zaman besi.

Pertambangan juga merupakan suatu hal yang penting dalam pemenuhan energi untuk kehidupan manusia. Sejak zaman revolusi industri, permintaan batu bara yang tinggi menjadikan pertambangan sebagai salah satu sektor penggerak perekonomian dunia.

Apabila anda berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jurusan pertambangan atau migas, banyak universitas dan perguruan tinggi di luar negeri yang dapat dijadikan pilihan.

Beberapa negara yang umum dijadikan tujuan untuk kuliah pada jurusan tersebut di antaranya Amerika Serikat, Australia, dan Kanada.

 

Apa itu jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan?

apa yang dipelajari teknik perminyakan pertambangan

Lulusan jurusan pertambangan atau migas dari luar negeri akan memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkarir dalam bidang pertambangan dan eksplorasi mineral dan gas. Melalui karir di bidang tersebut, anda akan mendapat banyak keuntungan baik secara personal maupun profesional.

Tidak hanya batu bara, sektor pertambangan juga menghasilkan berbagai logam dan mineral yang berperan penting bagi kehidupan manusia. Beberapa di antaranya adalah emas, timah, tembaga, nikel, mangan, intan, serta masih banyak lagi.

Selain barang tambang, minyak dan gas juga merupakan komoditas penting yang dapat menjadi sumber energi global yang sangat vital. Saking pentingnya komoditas ini, minyak dan gas seringkali menjadi alasan terjadinya konflik bersenjata di berbagai belahan dunia.

Karena sifatnya sebagai sektor yang sangat vital dan strategis, sektor pertambangan, minyak, dan gas seringkali kekurangan tenaga kerja teknis yang berkeahlian. Oleh karena itu, permintaan lulusan jurusan pertambangan atau migas dalam industri-industri ini sangatlah tinggi.

Baca juga jurusan terkait: Kuliah jurusan teknik di luar negeri

 

Mengapa Kuliah di Jurusan Pertambangan dan Perminyakan?

mengapa kuliah teknik perminyakan pertambangan

Berikut beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah jurusan pertambangan dan migas di luar negeri:

1. Potensi Penghasilan yang Sangat Tinggi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jurusan pertambangan dan migas mampu mengantarkan lulusan-lulusannya kepada pekerjaan berpenghasilan tinggi. Hal ini dapat terjadi karena barang tambang dan migas merupakan komoditas yang harganya sangat tinggi.

Khususnya pada bidang migas, lulusan jurusan pertambangan dan migas saat ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi tren yang sedang berkembang, yakni eksplorasi shale oil.

2. Kemajuan Teknologi di Bidang Pertambangan dan Migas

Seiring dengan berkembangnya tren teknologi di bidang energi ke arah yang lebih berkelanjutan, sektor pertambangan dan migas juga mengalami perkembangan yang membuat produksi sektor tersebut lebih ramah lingkungan. 

Apabila anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke jurusan pertambangan dan migas di luar negeri, anda akan berkesempatan untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan teknologi pertambangan dan migas berkelanjutan tersebut.

3. Kesempatan Karir yang Luas

Apabila anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan pertambangan dan migas, anda tidak akan menemukan banyak kesulitan dalam mencari pekerjaan. Lulusan jurusan pertambangan dan migas sangat dibutuhkan oleh berbagai sektor terkait, baik pemerintahan maupun swasta. 

Perusahaan atau institusi yang membutuhkan lulusan jurusan pertambangan dan migas sangat beragam, di antaranya BUMN, kementerian/lembaga, hingga perusahaan swasta seperti perusahaan tambang atau migas nasional dan internasional.

4. Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di luar negeri telah diakui oleh berbagai akreditor dari banyak negara di dunia maupun internasional.

Lulusan jurusan pertambangan dan migas dari luar negeri telah diakui oleh berbagai perusahaan dan institusi di bidang permesinan, robotika, maupun mekatronika dengan jenjang karir internasional.

 

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Pertambangan dan Perminyakan?

bidang jurusan teknik pertambangan perminyakan

Di jurusan pertambangan dan migas, anda akan mempelajari berbagai hal terkait dengan pertambangan, eksplorasi, geologi, serta mineral dan gas bumi.

Mata kuliah yang akan anda ambil bervariasi, tergantung pada spesialisasi jurusan pertambangan dan migas yang akan anda tempuh.

Sebagai contoh, berikut beberapa mata kuliah yang akan anda pelajari pada jurusan pertambangan dan migas yang dapat anda temukan di universitas terbaik di Amerika Serikat di antaranya:

Tahun Pertama

  • Kalkulus
  • Geologi Dasar
  • Pengantar Teknologi SDA
  • Matematika Teknik
  • Ekonomi Pertambangan
  • Mekanika Batuan
  • Manajemen Pertambangan
  • Dasar Metalurgi

Tahun Kedua hingga Akhir

  • Teknik Peledakan
  • Geoteknik
  • Teknik Gas Bumi
  • Fisika Teknik
  • Evaluasi Proyek Pertambangan/Migas
  • Geomorfologi
  • Teknik Reservoir

Baca juga: Panduan kuliah jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan di Malaysia

 

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Pertambangan dan Perminyakan?

skill yang diperlukan bidang pertambangan perminyakan

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan pertambangan dan migas:

1. Mudah Beradaptasi dan Fleksibel

Karir di bidang pertambangan dan migas akan menuntut anda untuk banyak bekerja di lapangan. Dikarenakan lingkungan kerjanya yang sangat dinamis, anda akan dituntut untuk fleksibel dan mudah beradaptasi terhadap segala macam keadaan.

Banyak faktor yang akan mengubah rencana yang telah anda buat, misalnya cuaca, kondisi lapangan, dan lain-lain. Untuk menghadapi hal ini, anda perlu membuat rencana cadangan atau berimprovisasi.

2. Dinamis dan Aktif

Berbeda dengan perkuliahan di bidang geologi atau geosains murni yang fokus pada teori-teori, perkuliahan di bidang pertambangan dan migas akan banyak melibatkan studi kasus dan praktek lapangan. Jika anda memutuskan untuk terjun di bidang pertambangan dan migas, anda akan berurusan langsung dengan kasus nyata.

Kepribadian yang dinamis dan aktif akan membantu anda dalam mengatasi masalah-masalah yang anda temukan di lapangan.

3. Memiliki Kemampuan untuk Berpikir Kritis

Karir di bidang pertambangan dan migas akan menuntut anda untuk mengevaluasi masalah dengan cepat untuk kemudian mengambil keputusan dengan tepat.

Kemampuan berpikir kritis akan membantu anda mengambil keputusan yang tepat serta fleksibel terhadap keadaan.

Hal ini penting karena lingkungan kerja di bidang pertambangan dan migas biasanya sangat dinamis dan cepat berubah-ubah.

4. Mampu Bekerja dalam Tim

Sebagai bidang yang dipengaruhi oleh banyak peran dan pekerjaan lainnya, pekerjaan anda di bidang pertambangan dan migas banyak dipengaruhi oleh pekerjaan orang lain.

Anda akan bekerja dengan banyak lulusan jurusan lainnya, seperti geologi atau teknik lainnya. 

Hal ini akan menuntut anda untuk dapat menyesuaikan ritme kerja dengan rekan-rekan anda serta memahami pekerjaan lain yang berada di luar bidang anda.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan pertambangan dan migas.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan pertambangan dan migas serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

 

Universitas Terbaik Mana Saja di Luar Negeri yang Menawarkan Jurusan Pertambangan dan Perminyakan?

school of mines universitas pertambangan terbaik di dunia

Banyak universitas berkualitas internasional yang dapat anda pilih di luar negeri jika hendak kuliah di jurusan pertambangan dan migas.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di dunia di bidang pertambangan dan migas menurut QS Universities:

Universitas

Lokasi

Ranking Dunia 
Per-jurusan

Colorado School of Mines

Amerika Serikat

1

Curtin University

Australia

2

McGill University

Kanada

3

The University of Western Australia

Australia

4

The University of Queensland

Australia

5

The University of New South Wales (UNSW)

Australia

6

Queen’s University at Kingston

Kanada

7

Universidad de Chile

Chile

8

University of British Columbia

Kanada

8

Pennsylvania State University

Amerika Serikat

1

Beberapa negara favorit di dunia lainnya yang secara umum menjadi negara tujuan untuk melanjutkan kuliah pada jurusan pertambangan dan migas di antaranya:

1.   Saudi Arabia

2.   Norwegia

3.   Jerman

4.   Meksiko

5.   Afrika Selatan

6.   Belanda

7.   Rusia

8.   Perancis

9.   Italia

10.   China

 

Bagaimana Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Jurusan Pertambangan dan Perminyakan?

Prospek karir utama lulusan jurusan pertambangan dan migas terletak di bidang terkait pertambangan, eksplorasi mineral, serta pengolahan produk industri tambang dan migas.

Setelah lulus, anda dapat memilih berbagai jenis karir profesional di bidang tersebut, bergantung pada spesialisasi jurusan yang anda pilih.

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan pertambangan dan migas di antaranya:

  • Insinyur pengeboran

  • Insinyur reservoir

  • Ahli geologi perminyakan

  • Insinyur perminyakan

  • Insinyur pertambangan

  • Ahli geologi teknik

  • Insinyur energi

  • Insinyur perencanaan tambang

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan pertambangan dan migas di luar negeri umumnya sangat tinggi, bergantung pada bidang pekerjaannya.

Sebagai contoh, berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan pertambangan dan migas di Amerika Serikat beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Insinyur pengeboran

76,000 - 180,000 USD per tahun

Insinyur reservoir

77,000 - 176,000 USD per tahun

Ahli geologi perminyakan

65,000 - 170,000 USD per tahun

Insinyur perminyakan

61,000 - 170,000 USD per tahun

Insinyur pertambangan

55,000 - 117,000 USD per tahun

Ahli geologi teknik

40,000 - 113,000 USD per tahun

Insinyur energi

53,000 - 94,000 USD per tahun

 

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Pertambangan dan Perminyakan?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan pertambangan dan migas di luar negeri ditentukan oleh jenjang kuliah yang anda ambil.

Foundation

1 tahun

Diploma

1-2 tahun

Sarjana (S1)

3-4 tahun

Magister (S2)

1-2 tahun

 

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Pertambangan dan Perminyakan?

Masing-masing universitas di bidang pertambangan dan migas di dunia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan pertambangan dan migas.

Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas yang terdapat di berbagai negara di dunia.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA)

IELTS

Minimal 6.0 - 6.5 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.5 - 7.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Pertambangan dan Perminyakan di Luar Negeri?

Biaya kuliah di luar negeri bervariasi, bergantung pada negara, universitas, dan jurusan yang dipilih. Sebagai contoh, perkiraan biaya kuliah rata-rata per tahun untuk jurusan pertambangan dan migas di beberapa universitas terbaik di luar negeri di antaranya sebagai berikut:

Colorado School of Mines

USD 38,584

Pennsylvania State University

USD 33,664

McGill University

CAD 45,263

Curtin University

AUD 8,768

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri bergantung dari negara dan kota tempat universitas berada.


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Bukankah cadangan minyak semakin berkurang sehingga prospek bagi lulusan jurusan pertambangan dan migas semakin menurun?

Perkiraan cadangan minyak dunia yang dikabarkan akan segera habis hanya didasarkan pada cadangan minyak yang telah ditemukan saja.

Saat ini, cadangan minyak baru terus ditemukan dan memperpanjang umur produksi minyak dunia. Di Indonesia, cadangan minyak yang baru ditemukan di antaranya di Sumur Benewangi, Riau, dan Sumur Tambakboyo, Jawa Timur.

2. Apakah tren penggunaan hasil pertambangan dan migas semakin menurun karena digantikan oleh energi terbarukan yang lebih berkelanjutan?

Dalam jangka waktu dekat, produksi energi terbarukan belum akan dapat menandingi hasil produksi energi dari produk pertambangan dan migas.

Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa tren energi terbarukan perlahan akan menyaingi produksi pertambangan dan migas.

Menghadapi hal ini, program pertambangan dan migas di luar negeri senantiasa menyiapkan mahasiswanya untuk menghadapi tren tersebut dengan materi-materi mengenai energi terbarukan.

3. Bagaimana menyiapkan diri saya untuk kuliah di jurusan pertambangan dan migas?

Dalam perkuliahan di jurusan pertambangan dan migas, anda akan menemukan mata kuliah-mata kuliah terkait matematika dan fisika tingkat lanjutan. Anda dapat mempersiapkan diri dengan menantang diri anda dengan soal-soal matematika dan fisika yang sangat sulit.

Anda juga perlu terbiasa untuk belajar kelompok. Dalam perkuliahan di jurusan pertambangan dan migas maupun teknik lainnya secara umum, penting untuk memiliki teman diskusi.

4. Bagaimana cara memilih kampus yang baik untuk kuliah di jurusan pertambangan dan migas?

Anda sebaiknya memilih kampus yang anda rasa cocok dengan diri anda. Beberapa faktor yang dapat anda pertimbangkan di antaranya lingkungan kampus, lokasinya, dan harganya.

Anda mungkin dapat mempertimbangkan banyak sekolah pertambangan dan migas di luar negeri yang tidak termasuk dalam top 10.

Berbagai informasi mengenai sekolah pertambangan dan migas di luar negeri dapat anda peroleh secara bebas di internet. Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan pertambangan dan migas di luar negeri yang sesuai bagi anda.

Jika anda sudah membulatkan tekad untuk melanjutkan kuliah pada jurusan pertambangan dan migas di luar negeri, anda dapat langsung menyiapkan dokumen dan persyaratan untuk proses pendaftaran mulai dari sekarang.

Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan seperti EasyUni!

 

You might be interested in...