9 Buku yang harus dibaca mahasiswa sebelum kuliah

1. The Art of Happiness by The Dalai Lama

Kebahagiaan itu ditntukan oleh keadaan pikiran seseorang dalam sesuatu peristiwa. Buku yang di tuliskan Dalai Lama dapat membantu calon mahasiswa dan tentunya semua orang yang membacanya untuk belajar dan memahami bagaimana untuk mencapai kepuasan dan kesenangan dalam hidup.

2. To Kill a Mockingbird by Harper Lee

Kamu tidak akan pernah memahami seseorang sampai kamu berdiri di sudut pandang mereka dan mempertimbangkannya. Ini adalah buku yang menceritakan tentang seorang gadis muda yang tumbuh besar melewati petualangan yang menyenangkan dan kisah persahabatan. Gadis ini memiliki peluang untuk belajar banyak hal yang terjadi di sekitarnya seperti ketidakadilan hidup untuk anak-anak, orang-orang lemah yang dijumpainya atau orang-orang dengan warna kulit yang berbeda. Dari apa yang dilalui, kita dapat mempelajari dan melihat bahwa kebaikan, simpati dan saling mendukung tidak tergantung pada warna kulit, status sosial atau opini publik seseorang. Itu semua tergantung pada jiwa manusia.

3. Norwegian Wood by Haruki Murakami

"Jangan merasa kasihan pada diri sendiri. Hanya bajingan melakukan itu. " Ini adalah kisah tentang cinta sejati dan persahabatan, yang terjadi ketika salah satu mahasiswa harus merubah prinsip dan sikap hidupnya untuk segala sesuatu yang terjadi di sekitar. Ini mengajarkan kita untuk menghargai persahabatan dan orang tercinta sekitar kita dan siap untuk menerima kebenaran yang menyakitkan dari kehidupan.

4. Fangirl by Rainbow Rowell

Merupakan salah satu buku yang menceritakan kehidupan seorang mahasiswa. bukan hanya cerita mengenai apa yang terjadi di universitas, buku ini juga mengungkit masalah keluarga, kecemasan dan persahabatan baru semua sepanjang tahun pertama dan buku ini sangat mudah dan menyenangkan dibaca. Buku ini menunjukkan sudut pandang yang berbeda dari fiksi yang pada umumnya menceritakan mengenai universitas dan persahabatan.

5. Confessions of a Shopaholic by Sophie Kinsella

Sebagai mahasiswa kita mempunyai banyak kesempatan untuk belanja, belanja dan menghabiskan, Novel yang di tulis oleh Sophie Kinsella adalah buku yang sempurna untuk setiap kalangan. Buku ini menceritakan seorang jurnalis keuangan yang mempunyai ide untuk mengelola keuangan dengan hanya melempar tagihan kartu kredit di bawah tempat tidur: dan ini membuat sang jurnalis terlilit hutang. Buku ini selain cocok dengan apa yang terjadi di kehidupanya nyata juga sangat lucu ini mempunyai cerita tersembunyi dan makna di balik seseorang baik dan periang. Cerita yang berhubungan dengan keadaan masyarakat kita inilah yang membuat novel ini penting untuk di baca sebelum mulai kuliah.

6. The Alchemist – by Paulo Coelho

Sangat mudah di baca dan sangat jelas. Novel ini menceritakan dan mengajar tentang bagaimana untuk mencapai mimpi kamu. Belajar dari rintangan dan bagaimana untuk  menyalurkan keberanian kamu.

7. Life of Pi by Yann Martel

Buku ini menceritakan lelaki india yang terdampar di tengah lautan pasifik dengan sebuah perahu dan dia tidak sendirian. Selama berhari-hari di tengah lautan dia harus membagi kehidupan bersama zebra, hyena, simpanse dan harimau bengal.Konsep yang sedikit tidak masuk akal,ini membuat cerita lelaki india ini sulit dan juga dapat menangani tema kesendiriannya dengan agama dan iman, serta relativitas kebenaran. Bagi semua calon mahasiswa penting untuk membaca buku ini sebelum mulai kuliah karena akan mengajarkan apa itu rintangan dan bagaimana menanganinya.

8. The Kite Runner by Khaled Hosseini

Amir, seorang anak muda yang lahir dan dibesarkan di Afghanistan, memiliki banyak pasang surut dalam kehidupan dan banyak dari kita akan mengalami hal seperti ini. Buku ini akan membuat kamu menangis. Buku ini akan membuat kamu marah dan akan membuat kamu bahagia. Kamu akan mengalami rahasia keluarga, cinta pertama dan apa arti sebuah persahabatan bagi semua orang.

9. I am Malala by Malala Yousafzai

Gadis muda ini pasti akan menjadi panutan bagi kamu yang membacanya. Pada umur 18 tahun, Malala telah menulis sebuah buku, mulai penggalangan dana dan memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian. Saat membaca buku ini, kamu akan menyadari sebagai manusia, kita mengambil banyak hal yang sebenarnya dapat kita berikan dan bagaimana kebaikan menolong seseorang.

Jadi tunggu kapan lagi? Yuk beli buku ini dan persiapkan hati kamu untuk kuliah nantinya!

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini