Kandidat Pilkada Serentak 2018 Yang Lulusan Kuliah Luar Negeri

Tidak selamanya panggung politik hanya berisikan dengan kalangan militer. Tetapi kini; menurut jurnalis New York Times, Philip Carter; lahan politik sudah membuka anak muda yang datang dari background yang berbeda. Beberapa kandidat dari Pilkada Serentak 2018 sendiri merupakan alumni dari universitas luar negeri. Siapa aja?

Ridwan Kamil (Amerika Serikat)

ridwan kamil
source: https://tribunnews.com

Mantan Walikota Bandung yang terkenal dengan sapaan ‘Kang Emil’ merupakan alumni dari University of California, Berkeley. Menengok latar belakang pendidikan yang ditempuh oleh Ridwan Kamil, beliau merupakan lulusan dari ITB dengan jurusan arsitektur untuk gelar S1 dan dilanjutkan oleh jurusan Urban Design untuk pendidikan S2 nya di negara paman sam. Tawaran-tawaran dari 5 universitas terbaik di Amerika telah diterimanya pada tahun 1997, namun hanya UC Berkeley lah yang memberi beasiswa. Jadi, tidak mustahil untuk kamu yang menginginkan beasiswa dari universitas luar negeri, nih 😁


source: http://bair.berkeley.edu/

Dinobatkan sebagai universitas ke-18 terbaik di dunia sesuai dengan nominasi Times Higher Education, UC Berkeley juga terkenal dengan alumni lainnya seperti mantan presiden dan perdana menteri Pakistan, Zulfikar Ali Bhutto.

bay area UC berkeley
source: https://www.cityofberkeley.info/

Berlokasi di wilayah teluk San Fransisco (Bay Area), kebun raya (botanical garden) merupakan salah satu daya tarik universitas ini juga.

botanical garden UC berkeley
source: https://talentneeds.com

Arsyadjuliandi Rachman (Amerika Serikat)

andi rachman
source: https://riausky.com

Terkenal dengan sosok yang berbeda dengan gubernur Riau sebelumnya, Arsyadjuliandi Rachman juga terkenal sebagai salah satu alumni dari Oklahoma City University. Mantan walikota gubernur Riau yang lebih akrab dikenal dengan nama Andi Rachman telah menamatkan gelar S1-nya di Universitas Sebelas Maret, Surakarta dari fakultas pertanian. Gelar MBA (Master of Business Administration) pun diraihnya dari universitas swasta di Amerika Serikat pada tahun 1986.

oklahoma city university
source: https://thoughtco.com

Almamater calon gubernur Riau tersebut mendekapkan konsep beasiswa yang tidak pandang bulu dalam hal kepercayaan spiritualitas masing-masing. Kurikulum yang tertata pun didasarkan oleh konsep liberalisme yang fokus akan hal-hal yang berbau soft skill seperti hal nya leadership dan moral development. Tak heran, sebagai alumnus, Andi Rachman berhasil membenahi sistem administrasi pemerintahan Riau pada masa periode sebelumnya.

Kehidupan mahasiswa di Oklahoma City University juga dikenal dengan keberadaan multikultural dan kegiatan organisasi yang beragam.

oklahoma city university student lif
source: https://okcu.edu

Emil Dardak (Australia & Jepang)

 easyuni emil dardak
source: https://global-news.co.id

Tak hanya berbekal dengan wajah tampan, calon wakil gubernur Jawa Timur ini juga dilengkapi dengan pendidikan luar negeri. Sejak awal, Emil memperoleh gelar diplomanya dari Melbourne Institute of Business and Technology dan kembali mengenyam gelar S1 nya di negeri yang sama, namun dari University of New South Wales.

unsw easyuni
source: https://honisoit.com

Tak lepas dari situ, beliau meneruskan studi nya sampai tingkat S3 di Jepang. Gelar doktor yang diperolehnya dari Ritsumeikan University ini juga merupakan sebuah pencapaian karena usianya yang sangat muda, yakni 22 tahun saja.

ritsumeikan university
source: https://univinjapan.com

Dengan background pendidikan yang beragam, Emil menjadi lebih sensitif dan berempati karena pemahaman akan perbedaan yang digeluti nya sedari dini. Kedua almamater Emil yang berasal dari Australia merupakan kedua institusi pendidikan yang favorit di Australia, terutama bagi siswa internasional.

kuliah luar negeri
source: https://unswlawsoc.org

Terinspirasi untuk melanjutkan kuliah kamu di luar negeri tapi bingung mau mulai dari mana? Tenang aja, selalu ada EasyUni kok untuk membantu kamu 😉 

Diposting pada 02 Jul 2018
Berita

Bagikan ini