Kehidupan Kuliah: Bagaimana Cara Menjalani Kehidupan Universitas


Mahasiswa baru perlu mengingat bahwa kebebasan ini datang dengan tanggung jawab. Ketahanan hidup merupakan hal penting dalam lingkungan yang tidak dikontrol oleh orangtua. Kampus kuliah anda akan memiliki peraturan-peraturan, akan tetapi mahasiswa harus bisa mengatur waktu mereka dan menentukan perilaku mereka. Saat anda meninggalkan rumah, anda memiliki kesempatan untuk menjadi mandiri karena andalah yang harus membuat keputusan-keputusan penting dalam kehidupan anda.


Ada beberapa tips yang kami sediakan untuk menghadapi kehidupan kampus anda, agar anda menikmati kehidupan kampus anda. Sangat mudah bagi anda untuk merasa senang setiap saat oleh karena semua kesenangan. Anda bahkan bisa melupakan fokus anda yang seharusnya tentang mendapatkan pengetahuan dan pelajaran hidup yang diperlukan untuk membantu anda mendapatkan karir yang anda impikan.

Minggu Pertama Anda: Masuk

Ini merupakan salah satu waktu yang paling penting di kampus bagi mahasiswa baru. Di minggu pertama anda, beberapa keputusan yang anda ambil bisa memiliki pengaruh yang penting yang penting dalam kehidupan kampus anda. Berhati-hatilah dengan hal-hal yang anda lakukan di minggu pertama. Di kebanyakan situasi, ini merupakan waktu yang sulit bagi mahasiswa karena mereka berada di lingkungan yang baru. Anda akan merindukan rumah anda dan merasa stress, akan tetapi hal-hal ini akan hilang seiring berjalannya waktu. Rahasianya adalah dengan menjadi diri anda sendiri dan menikmati pengalaman kampus anda. Ingat, semua mahasiswa juga sama seperti anda, jadi anda tidak usah merasa malu jika anda merasa sulit untuk beradaptasi di minggu pertama universitas anda. Awal dari sebuah perjalanan baru tidak selalu mudah akan tetapi ini semua merupakan bagian dari proses pembelajaran.


Orientasi kampus anda biasanya diselenggarakan di minggu awal dan ini memberikan anda kesempatan untuk menjelajahi lingkungan baru anda. Hampir semua mahasiswa berasumsi bahwa ini merupakan hal yang tidak penting, akan tetapi informasi yang disediakan di waktu tersebut bisa sangat berguna. Ini adalah waktu dimana anda akan berlajar tentang kelas-kelas anda. Anda bahkan memiliki kesempatan untuk mengetahui semua fasilitas yang disediakan oleh kampus anda. Jangan menghindari orientasi kampus karena kemungkinan anda akan mempersulit diri anda sendiri saat anda melewatkan nasihat yang penting. Hampir disemua kasus, akan ada orientasi yang lebih dari satu kali. Datanglah ke semua orientasi yang diumumkan. Ini akan memberikan anda keuntungan karena anda telah mendapatkan informasi lebih dibandingkan mahasiswa lain. Jika anda berada dilingkungan yang nyaman, anda akan siap untuk menghadapi tantangan..

Tinggal di dalam atau tinggal di luar?

Salah satu tantangan utama bagi mahasiswa baru di kampus adalah mengatur tempat tinggal mereka. Jika anda mendaftarkan diri di universitas yang jauh dari rumah, anda harus tinggal di asrama kampus atau menyewa kamar disekitar kampus. Tinggal di kampus merupakan bagian penting dari kehidupan kampus; ini merupakan waktu dimana anda akan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kampus, membentuk persahabatan dan mengembangkan kedisiplinan. Tinggal di kampus juga merupakan hal yang baik untuk mencari teman sekelas anda dan menghadiri kelas bersama.


Jika anda tinggal di kampus, anda harus tinggal bersama dengan mahasiswa lain, kecuali asrama anda menawarkan satu kamar. Anda perlu mengerti bahwa teman sekamar atau serumah anda mungkin juga merasa takut sama seperti anda tentang pengalaman baru ini. Mereka merupakan orang pertama yang akan berinteraksi dengan anda, jadi anda harus mengenali mereka, karena anda akan tinggal bersama mereka sampai anda selesai kuliah atau per semester. Bercakap-cakaplah dengan mereka dan cari tahu informasi penting seperti mereka berasal darimana dan apa ketertarikan mereka. Anda bahkan akan mendapatkan teman sekamar dengan kota yang sama dengan anda. Kebanyakan orang dewasa membentuk persahabatan jangka panjang dan ini merupakan kesempatan anda untuk melakukan hal tersebut. Kenali mahasiswa lain di kelas anda juga, jangan batasi interaksi anda. Dengan lebih banyak orang untuk berinteraksi, anda akan merasa nyaman dan tidak takut.

Carilah tempat belajar yang nyaman

Ada banyak distraksi di universitas seperti olahraga, acara, pesta dan mahasiswa lain yang lebih suka berinteraksi dibandingkan berlajar. Anda memerlukan tempat yang tenang untuk dapat fokus pada tugas-tugas anda tanpa adanya distraksi. Carilah tempat ini di kampus. Pilihlah tempat khusus seperti di kamar anda atau di perpustakaan. Ini akan memberikan anda sebuah ruang yang dapat anda gunakan untuk belajar dan mendapatkan nilai bagus.

Anda merupakan pengatur diri anda sendiri

Anda bisa dengan mudahnya terdistraksi dan melupakan fokus anda sebagai mahasiswa baru karena tidak ada orang yang membantu anda dalam mengatur kehidupan anda di universitas. Kebanyakan mahasiswa menghadapi kesulitan untuk pindah dari sekolah menengah, karena disana guru-guru mereka mengatur semua aspek pembelajaran untuk mereka. Di kampus, anda harus mengaturnya sendiri. Dosen anda akan memberikan tugas di awal semester dan terserah pada anda untuk mengerjakannya dan menyerahkannya tepat waktu. Ini artinya, anda harus mengatur waktu anda sebaik-baiknya dan pastikan anda mengerjakan semua tugas anda tepat waktu. Tidak ada peringatan seperti di sekolah menengah dimana tugas-tugas yang telat dikumpulkan dapat menyebabkan anda gagal. Gunakan smartphone dan tablet anda untuk mengatur waktu anda. Atur peringatan-peringatan untuk tugas anda di HP anda. .

Jangan bolos atau tidur!

Ini merupakan hal yang sangat menggoda untuk dilakukan, apalagi bagi mahasiswa baru. Anda mungkin menikmati tidur yang lebih lama karena pengalaman yang membangunkan anda setiap pagi selama bertahun-tahun. Dosen biasanya memerlukan sejumlah angka dari kelas dan kehadiran mahasiswa yang akan berkontribusi untuk nilai akhir anda. Namun, anda tetap harus menghadiri kelas walaupun anda harus bangun jam 7 atau 8 pagi. Hal terbaik tentang tinggal di kampus adalah anda bisa berjalan kaki ke kelas.


Hindari bolos. Kelas-kelas ini mengizinkan anda untuk mendapatkan informasi pentng dari dosen. Biasanya akan ada sesi tanya jawab dimana anda bisa memperdalam pengertian anda akan topik yang diajarkan saat itu. Kebanyakan dosen akan memberikan rincian tugas saat mengajar dan ini akan membuat anda siap. Batas waktu akan berubah. Dosen memakai banyak waktu dan usaha untuk membuat tugas untuk anda agar anda siap menghadapi ujian dan tugas-tugas lainnya. Saat anda menghadiri kelas, anda mendapat pandangan yang lebih luas. Inilah yang diharapkan dari anda dan inilah yang membuat anda sukses nantinya.

Bangunlah Hubungan Baik dengan Dosen

Mahasiswa baru biasanya ingin tidak dikenal dan ini merupakan hal yang mudah karena ada banyak mahasiswa lain. Professor anda tidak dapat mengingat semua mahasiswa di kelas. Ada beberapa hal yang menguntungkan untuk berinteraksi dengan professor anda di luar kelas. Salah satu manfaat utama adalah anda bisa berinteraksi dengan mereka lebih mudah. Biasanya professor perlu mengatur waktu untuk dapat bertemu dengan mahasiswa mereka. Ambil kesempatan ini untuk berkenalan dengan dosen anda. Anda lebih baik melakukan ini di tahun pertama anda karena beberapa dari mereka akan mengajar anda lebih dari satu tahun.

Capailah keseimbangan

Alasan utama untuk berkuliah ialah untuk mendapatkan gelar sarjana, akan tetapi ini bukan berarti anda harus belajar terus menerus. Anda perlu mencapai keseimbangan dengan mengatur kegiatan-kegiatan sosial di kehidupan anda. Pastikan tugas-tugas anda selesai sehingga ini dapat mengizinkan anda untuk menikmati waktu luang anda. Anda bisa hadir di acara-acara olahraga dan hubungan sosial lainnya di kampus anda. Interaksi dengan mahasiswa lain merupakan kesempatan belajar yang akan anda lewati jika anda terus menerus berada di dalam perpustakaan. Bekerja keraslah untuk kuliah anda akan tetapi berikan diri anda sendiri waktu luang untuk bersenang-senang. Kuliah anda harus menjadi prioritas utama anda akan tetapi jika anda mengatur waktu anda dengan baik, anda akan mendapatkan kesempatan untuk menikmati waktu anda.


Sebagai mahasiswa baru, anda mungkin akan merasa seperti kesepian dan merasakan perasaan rindu akan rumah. Namun, cara yang terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah ikut terlibat dengan aktivitas-aktivitas yang disediakan. Bergabunglah dengan beberapa klub dan organisasi untuk membuat anda lebih mudah melewati masa-masa transisi anda. Ini merupakan hal yang baik untuk mencapai keseimbangan antara kehidupan sosial dan akademik anda. Selain membantu anda merasa nyaman, aktivitas-aktivitas ini juga merupakan hal penting ketika anda mencari pekerjaan di masa depan nanti. Partisipasi yang aktif di aktivitas-aktivitas ini menunjukan bahwa anda merupakan orang yang menaruh kepentingan akademik, fisik dan pengembangan sosial di level yang sama.


Anda akan merasa terlalu nyaman dengan aktivitas-aktivitas ini karena mereka semua terlalu menyenangkan, akan tetapi anda harus membatasi diri anda sendiri untuk mengikuti beberapa aktivitas saja untuk memastikan anda mempunyai waktu yang cukup untuk belajar. Grup-grup ini akan membuat anda lebih mudah untuk berteman dan belajar beberapa keahlian. Seiring berjalannya waktu, anda akan merasa nyaman dengan kehidupan kampus.

Gunakan Sumber Pembelajaran

Sekolah menengah mungkin merupakan tempat yang mudah untuk anda dan anda selalu mendapatkan nilai yang bagus tanpa harus berusaha. Akan tetapi sekarang semuanya sangat berbeda. Professor di kampus anda akan membuat anda bekerja untuk mendapatkan nilai anda. Ini artinya, anda harus memiliki tujuan dan bekerja keras untuk mencapainya. Salah satu manfaat utama di kampus ialah anda memiliki banyak sumber pembelajaran. Saat orientasi, perhatikanlah lokasi pembelajaran kampus anda. Mereka akan membantu anda ketika anda memperlukan bantuan untuk mengerjakan tugas-tugas anda. Kampus-kampus juga menawarkan guru privat jika anda tertarik. Jangan merasa malu tentang guru privat anda. Professor tidak memiliki waktu untuk mengajari anda dan anda akan sulit mengerti konsep-konsep tertentu, dan oleh karena itu guru privat akan sangat membantu.

Waktu sendiri

Banyak hal terjadi di kampus dan anda bisa dengan mudah merasakan bahwa anda tidak memiliki waktu untuk diri sendiri. Anda harus tinggal bersama-sama dengan teman anda, tidak seperti dirumah dimana anda bisa mempunyai kamar sendiri. Memberi waktu untuk aktivitas yang anda sukai merupakan hal yang penting. Jika anda suka bermain game, maka pastikan anda memiliki waktu untuk melakukan ini dua sampai tiga kali per minggu. Anda bisa menyimpan sebuah jurnal, latihan yoga atau menonton film yang menarik. Waktu sendiri ini sangat penting karena ini membantu anda untuk bersantai dan bahkan memikirkan kehidupan anda.

Kebutuhan akan kehidupan malam

Bersosialisasi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan kampus setelah hal akademik. Mahasiswa baru mendapatkan kesempatan untuk melihat kehidupan malam yang menyenangkan, terutama di kota-kota dimana pilihan hiburannya sangat banyak. Mereka menawarkan kesempatan-kesempatan bagus untuk melakukan pertemanan baru dan membentuk sebuah memori yang berharga di pikiran anda. Namun, ini bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan sehingga anda lupa bahwa anda adalah seorang mahasiswa. Sebaiknya anda menikmatinya dengan perilaku yang bertanggung jawab.

Lihat, belajar dan lakukan

Sebagai mahasiswa baru, anda mungkin berada di sebuah kota baru, dan ini merupakan kesempatan yang bagus untuk berpetualang. Apapun dapat anda lakukan selama semuanya berada dibawah hukum. Ambil bagian dalam aktivitas yang anda lupakan di SMA∕SMP. Jangan batasi diri anda hanya di aktivitas yang ‘aman’. Anda memiliki kesempatan untuk menjadi mandiri di universitas anda. Orang tua anda tidak perlu menyediakan biaya untuk anda jika anda bisa mendapatkan pekerjaan yang berhubungan dengan karir yang anda inginkan. Beberapa universitas menawarkan mahasiswa untuk bekerja di kampus. Ini akan mengizinkan anda untuk bekerja tanpa harus meninggalkan kampus.

Aturlah keuangan anda

Mengatur keuangan anda merupakan hal yang tidak mudah bagi mahasiswa baru di universitas. Ini sangat benar apalagi jika orang tua anda yang mengatur seluruh keputusan keuangan anda di SMA∕SMP. Sangat mudah untuk menggunakan uang tanpa memikirkan akibatnya. Belajarlah cara mengatur keuangan dari orang tua anda (atau beasiswa) untuk memastikan kebutuhan-kebutuhan anda tercapai. Selain itu, mencari pekerjaan merupakan hal yang perlu dilakukan. Namun, anda harus ingat bahwa pekerjaan bisa menjadi distraksi bagi anda yang sedang berkuliah. Belajar untuk berhemat dengan membuat keputusan keuangan yang bijak. Saat anda pergi berbelanja, lakukan tawar menawar, terutama untuk hal-hal seperti perlengkapan mandi, yang biasanya standart untuk semua merek.


Ada banyak kemungkinan di universitas karena anda berada di lingkungan baru dan memiliki semua sumber untuk membantu anda dalam mencapai impian anda. Jelajahilah lingkungan anda dan ingatlah bahwa kuliah anda merupakan hal yang paling penting. Berinteraksilah dengan mahasiswa lain, ambil manfaat dari sumber pembelajaran, bangunlah hubungan dengan professor anda, dan bertanggung jawablah tentang keuangan anda. Tips-tips ini akan membuat kehidupan kampus anda lebih menyenangkan dan mengesankan.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini