Olimpiade Rio 2016: Besok 28 Atlet Indonesia Siap Berkompetisi

Olahraga yang diperlombakan pun mencapai 41 cabang yang beragam mulai dari sepak bola, bulu tangkis, atletik, bola tangan, tinju, hingga menembak, dsb. Semua cabang olahraga ini diluar olahraga musim dingin yang hanya memiliki 15 cabang olahraga. 

indonesia olympic rio

Untuk Olimpiade Rio kali ini, Indonesia sendiri mengirim 28 atlet dari 7 cabang olahrga termasuk bulu tangkis, atletik, panahan, rowing, angkat besi, balap sepeda, dan renang.

Dari sejumlah cabang olahraga diatas, tidak bisa dipungkiri kalau bulu tangkis Indonesia selalu menjadi sorotan publik. Berikut wajah para pemain bulu tangkis Indonesia yang siap bertanding di Rio besok.

olympic rio

Di tingkat ganda putra, Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan yang menduduki peringkat 2 dunia versi BWF Rangking dan diapit oleh pasangan dari Korea Selatan di posisi 1 dan 3. Hendra dan Ahsan sendiri sudah sangat berpengalaman dalam perlombaan bulu tangkis tingkat dunia.

Pasangan Ganda Putri Indonesia yaitu Nitya Krishinda Maheswari / Greysia Polii menduduki peringkat 4 dunia versi BWF Rangking. Berada di bawah Jepang dan Cina tidak membuat pasangan ganda putri Indonesia lengah, mereka berhasil melewati pasangan dari Korea Selatan dan Denmark.

Di ganda campuran, Indonesia mempunyai Tantowi Ahmad / Liliyana Natsir yang berhasil menduduki peringkat 3 dunia dan Praveen Jordan / Debby Susanto yang berada di peringkat 5 dunia. Untuk pasangan Tantowi dan Liliyana yang sudah senior di cabang bulu tangkis Indonesia, Praveen dan Debby juga membuktikan kalau mereka mampu untuk membawa nama baik Indonesia di tingkat dunia.

Di cabang tunggal putra, Tommy Sugiarto menempati peringkat 8 dunia yang membuat dunia tidak bisa memandang sebelah mata para pemain bulu tangkis di Indonesia. Berbeda dengan tunggal putri Indonesia yang menduduki peringkat 20 dunia, Lindaweni Fanetri. Walaupun ia jarang menjuari pertandingan dunia, namun ia sempat mengalahkan pemain-pemain peringkat atas dunia, salah satunya Ratchanok Intanon (peringkat 5) dalam ajang BWF World Championship di Jakarta pada tahun 2015 lalu.

Di cabang olaharaga lain, atlet angkat besi Indonesia juga mencantumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade London tahun 2012 lalu. Triyatno mendapat medali perak dalam cabang angkat besi 69kg dan Eko Yuli Irawan mendapat medali perunggu dalam cabang 62kg.

Mari bersama-sama kita dukung ke 28 atlet Indonesia yang akan berkompetisi di ajang Olimpiade Rio, Brazil 2016. Semoga mereka dapat membuat harum nama Indonesia di tingkat olahraga dunia.

Diposting pada 09 Okt 2017
Berita, Karir

Bagikan ini