Panduan Untuk Pekerjaan Saat Anda Kuliah

 

Ada banyak variasi pekerjaan yang tersedia untuk mahasiswa universitas di seluruh dunia. Badan bulletin persatuan mahasiswa, karir kampus, atau bahkan kantor mahasiswa internasional bisa membantu anda dalam mencari pekerjaan yang cocok untuk anda.

 

Pekerjaan apa saja yang tersedia?

Terdapat banyak peluang kerja paruh-waktu untuk mahasiswa, baik di kampus maupun di luar kampus. Pekerjaan-pekerjaan ini bisa memerlukan keahlian, tenaga, atau waktu. Mahasiswa bisa memilih pekerjaan di kampus, atau bahkan pekerjaan yang mengizinkan mereka untuk bekerja dari rumah. Dengan pilihan-pilihan ini, akan selalu ada pekerjaan yang cocok dengan apa yang anda cari.

Les∕Bimbingan Privat

Jika anda memiliki bakat dalam mengajar, maka les bisa menjadi cara anda meningkatkan kualitas CV anda. Anda bisa mendapatkan uang sambil mengasah keahlian mengajar anda. Les juga membantu anda membuat pengetahuan anda tentang pelajaran yang anda ajarkan semakin bertambah. Selain itu anda juga bisa membimbing tugas-tugas, seperti mengajar alat musik, sampai pada pelajaran kimia atau bahasa prancis. Dan juga orang yang anda bimbing bisa datang dari umur dan keahlian yang berbeda, seperti mahasiswa yang membutuhkan bantuan untuk tugas sekolahnya, juga mahasiswa SMA yang membutuhkan bantuan untuk pendaftaran esai universitas dan persiapan tes.
 

Salah satu keuntungan les adalah anda bisa mendapatkan bayaran dari yang paling minimum sampai pada bayaran yang tinggi, dan ini semua tergantung pada pengalaman anda, agen bimbingan privat (atau jika anda sedang melakukan pekerjaan bebas), dan tingkat orang yang anda bimbing. Anda bisa selalu memeriksa harga untuk bimbingan tugas melalui agen bimbingan privat lainnya atau website. Keuntungan lainnya adalah anda bisa mengatur jadwal kelas tersebut agar sesuai dengan jadwal anda, seperti 1-2 jam seminggu, sampai pada waktu lainnya. Jika menurut anda mengajar orang lain merupakan cara untuk memenuhi waktu anda, maka bimbingan privat merupakan pilihan yang ideal untuk anda!

Freelancing

Ada banyak website yang menghubungkan para pekerja bebas dengan orang yang membutuhkan mereka. Sebagai seorang pekerja bebeas, anda bisa membangun pelayanan anda pada klien di website-website tersebut. Pekerjaan bebas bisa meliputi desain website dan program aplikasi, sampai pada mengoreksi dan menerjemahkan dokumen, atau bahkan peran kesenian, seperti desain grafis dan komposer musik.
 

Freelancer dibayar per jam atau dengan harga yang sudah ditentukan per tugas. Jika anda memiliki portofolio dan pengarah yang bagus, anda bisa mendapatkan bayaran yang melebihi harga pasar kerja. Salah satu keuntungan dari pekerjaan bebas adalah anda merupakan bos diri anda sendiri, jadi anda bisa memutuskan jam kerja anda diikuti dengan lokasi dan lingkup kerja. Ini juga merupakan cara bagus untuk mengisi portofolio anda untuk magang atau pendaftaran pekerjaan tetap setelah anda lulus!

Pekerjaan dikampus

Pekerjaan kampus yang tersedia bagi mahasiswa bisa mencakup pekerjaan di persatuan mahasiswa, kafe dan restoran kampus, perpustakaan atau bahkan gym. Pekerjaan-pekerjaan ini biasanya didesain secara spesifik untuk melengkapi jadwal para mahasiswa yang sibuk, dan lebih bagusnya lagi, pekerjaan ini terletak di kampus. Selain itu, pekerjaan ini meliputi interaksi dengan mahasiswa lain (seperti, menjadi resepsionis di tempat pusat mahasiswa) atau mahasiswa yang berpotensi (seperti memberikan tur, menjawab pertanyaan dari calon mahasiswa, dan lain-lain).
 

Jika anda sedang kuliah S2, maka sangat memungkinkan untuk mendapatkan pekerjaan seperti menjadi asisten dosen atau asisten penelitian. Professor atau departemen pelaksanaan anda mungkin memiliki lebih banyak informasi tentang peran-peran apa yang tersedia dan proses seleksi yang akan anda hadapi.
 

Pekerjaan kampus biasanya memberikan bayaran minimum dan ditargetkan untuk membantu keperluan finansial mahasiswa. Banyak kampus juga memiliki program kerja dan kuliah yang membantu mahasiwa menemukan pekerjaan yang cocok. Jadi bicaralah pada kantor pusat karir atau kantor pusat mahasiswa untuk informasi lebih lanjut!

Peran Pelayanan

Peran pelayanan seperti peran di dapur, meja tunggu, katering, atau bartender menawarkan jam kerja yang fleksibel, lingkungan sosial dan juga kesempatan memperluas koneksi anda. Menjadi barista di toko kopi lokal, atau pelayan di restoran memberikan anda tantangan-tantangan, seperti jam kerja yang panjang dan beberapa pelanggan yang tidak sopan atau pelanggan yang banyak permintaan. Pekerjaan ini juga memiliki keuntungan, seperti memberikan anda pengetahuan yang berharga tentang industri pelayanan (sangat bagus, terutama untuk mahasiswa pariwisata) dan juga pengalaman dalam mengatasi orang yang berbeda-beda.
 

Peran-peran ini biasanya dibayar dengan bayaran minimum, tapi akan selalu ada kesempatan bagi anda dalam mendapatkan tip-tip menarik dari pelanggan; selain itu pekerjaan ini juga memberikan keuntungan lainnya seperti makanan lebih dan gratis.

Brosur dan promosi

Pekerjaan ini tergolong pekerjaan yang menggunakan tenaga. Sering kali pekerjaan ini membutuhkan anda untuk berdiri di jalanan ramai untuk menyebarkan brosur, melakukan pekerjaan yang mempromosikan, atau mensurvei orang-orang. Tingkat kesulitannya ada banyak variasi dan tergantung untuk siapa ada bekerja, apa yang anda promosikan, dan apa bayaran anda. Dengan pekerjaan yang bersangkutan dengan promosi, sebaiknya anda selalu memastikan untuk memeriksa apakah anda dibayar berdasarkan komisi atau tidak. Meskipun ini bisa menjadi dasar yang kuat bagi anda yang ingin bergerak dibidang sales, jika bayarannya tidak sesuai, anda mungkin mau mencari pekerjaan lain yang memberikan bayaran per jam. Lagipula tidak ada jaminan untuk bayaran yang didasarkan pada komisi.

Retail

Pekerjaan retail meliputi menjadi pembelanja pribadi atau menawarkan produk make-up gratis sampai pada menyetok ulang rak-rak supermarket dengan makanan kaleng. Meskipun beberapa pekerjaan lebih bagus daripada yang lain, pekerjaan ini sering kali melibatkan tugas dan pekerjaan yang berulang-ulang, meskipun anda bisa melihat sebagian besar teman anda memiliki waktu luang dan sedang menangani konsumen yang tidak sopan. Keuntungan pekerjaan ini mencakup jam kerja yang fleksibel, lingkungan kerja yang menyenangkan (biasanya) dan diskon khusus untuk para pekerja.

Penjaga bayi∕rumah

Selama anda bisa membuktikan bahwa anda adalah orang yang bertanggung jawab, dewasa dan dapat diandalkan, maka terdapat beberapa peran penjaga yang tersedia di sebagian besar kota. Pekerjaan ini melibatkan anda untuk menjaga anak-anak di sore hari atau hewan peliharaan di akhir minggu, atau bahkan rumah ketika pemiliknya pergi untuk berlibur.
 

Pekerjaan semacam ini berhubungan dengan waktu, akan tetapi memiliki banyak keuntungan. Contohnya, menjaga rumah memerlukan usaha minimal dan memberikan anda liburan yang menyenangkan. Bagi pecinta binatang, menjaga binatang bisa menjadi hal yang menyenangkan karena anda dapat memiliki hewan tanpa perlu adanya komitment jangka panjang; dan untuk mahasiswa yang menyukai anak-anak, menjadi babysitter merupakan cara bagus untuk mendapatkan uang sambil bermain dengan anak-anak. (Tentu saja diikuti dengan anak-anak yang suka marah, susah makan dan tidak bisa diatur. Ini akan membutuhkan lebih banyak usaha.
 

Meskipun susah untuk memulai pekerjaan sebagai penjaga∕perawat, anda bisa mencoba bertanya pada orang-orang disekitar anda yang membutuhkan pelayanan ini, atau agensi-agensi.Orang yang mencari penjaga∕perawat biasanya sering kita dengar dari mulut-ke-mulut, jadi setelah anda mendapatkan beberapa klien yang baik, maka anda akan lebih mudah mencari pekerjaan. Perawat∕penjaga biasanya dibayar per jam, akan tetapi penjaga rumah bisa dibayar per hari atau dengan jumlah bayaran yang sudah ditentukan.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini