Petunjuk Kuliah dan Kursus Bahasa dan Sastra Inggris di Luar Negeri

Alasan Kuliah dan Kursus Bahasa Inggris di Luar Negeri

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang dapat menghubungkan kita dengan berbagai orang di seluruh dunia. Saat ini, di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) sebagian orang Indonesia, terutama generasi muda, banyak yang berminat untuk belajar bahasa inggris. Belajar bahasa inggris di luar negeri, tidak hanya melalui kuliah jurusan bahasa inggris saja, tapi kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa inggris yang juga banyak ditawarkan di luar negeri.

Jika kamu memilih kursus bahasa inggris, maka waktu pembelajaran akan lebih singkat, Namun, bagi kamu yang berminat memperdalam tentang bahasa dan sastra inggris dan menyukai iklim kerja internasional di masa depan, maka kuliah jurusan bahasa sastra inggris adalah pilihan yang tepat untukmu, dengan rata-rata waktu kuliah hingga 3 tahun.

Alasan Kuliah dan Kursus Bahasa Inggris di Luar Negeri

Memilih kuliah di luar negeri tentunya memiliki keuntungan yang tidak dimiliki jika kamu memilih kuliah di Indonesia. Khusus untuk jurusan bahasa inggris, kamu akan lebih mudah dalam mempelajari serta memahaminya, sebab bahasa inggris menjadi bahasa pengantar kuliah dan bahasa sehari-hari yang digunakan di luar negeri. Berikut ini beberapa alasan untuk memilih kuliah dan kursus  jurusan bahasa inggris luar negeri :

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan menguasai bahasa inggris dari luar negeri, seseorang cenderung akan merasa lebih percaya diri dibandingkan orang lain pada umumnya. Tingginya rasa percaya diri yang dimiliki, akan memudahkan karir pekerjaanya nanti, terutama di perusahaan yang sedang menghadapi situasi yang sulit dan banyak tekanan.

Bahasa Inggris adalah Asset

Seseorang yang bisa berbahasa inggris, maka memiliki asset untuk masa depanya. Bahasa inggris dikenal dengan sebutan lingua franca yang artinya banyak digunakan sebagai bahasa universal oleh berbagai jenis orang dari latar belakang bahasa yang berbeda-beda. Dengan menguasai bahasa inggris, kamu bisa terhubung dengan orang-orang baru dalam mewujudkan suatu ide yang menguntungkan di masa depan.

Memungkinkan Untuk Bekerja di Berbagai Negara

Jika kamu sudah menjadi karyawan yang bekerja di perusahaan asing, tentunya memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di berbagai Negara yang mengutamakan karyawan berbahasa inggris yang lancar, baik dalam lisan maupun tulisan. Selain gaji yang cukup tinggi, Kamu juga memiliki kesempatan untuk berpergian ke berbagai Negara tentunya.

Eksis di Era Globalisasi

Indonesia sudah memasuki era globalisasi, dimana keadaan Negara kita sudah modern dan banyak diketahui pihak asing. Baik dalam hal pekerjaan maupun menjalankan bisnis, jika kamu menguasai bahasa inggris dan merupakan lulusan luar negeri, maka tidak akan sulit dalam memperluas jangkauan pasar untuk mendapatkan pelanggan asing yang lebih menguntungkan.

Karakter Pegawai yang Banyak Dibutuhkan

Di Indonesia sendiri, perusahaan Negara maupun perusahaan asing tentunya akan mencari kandidat pegawai yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, salah satunya adalah yang menguasai bahasa inggris. Karyawan yang menguasai bahasa inggris dengan baik, dipercaya dapat memiliki tekad serta toleransi yang lebih tinggi dalam kinerjanya.

Mudah dalam Menyerap Informasi

Saat ini, dunia digital juga banyak menyediakan informasi dalam bahasa inggris. Tidak hanya itu, jika kamu hendak menonton film asing, atau menggunakan gadget baru, rata-rata bahasa pengantarnya adalah bahasa inggris. Jika kamu sudah menguasai bahasa inggris, maka kamu akan lebih mudah dalam menyerap informasi terkini.

Kuliah Jurusan Bahasa Inggris dan Kursus Singkat Bahasa Inggris di Luar Negeri

Bagi kamu yang memilih untuk melanjutkan kuliah jurusan bahasa dan sastra inggris, Berikut ini penjelasan lebih detailnya:

1. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris

Kamu yang memilih program sarjana (S1) jurusan sastra bahasa inggris atau sastra inggris di luar negeri, akan mempelajari tentang sastra, terutama dalam bahasa inggris. Tersedia juga program pascasarjana (S2) untuk kamu yang hendak melanjutkan kuliah jurusan sastra inggris secara lebih spesifik.Pengertian sastra sendiri adalah suatu peniruan atau gambaran dari kenyataan yang pernah ada. berikut ini beberapa hal yang dipelajari dalam jurusan sastra inggris luar negeri :

  • Seputar karya tulis ilmiah dalam bentuk buku berbahasa inggris.

  • Menganalisis teori dari karya ilmiah yang ditulis oleh penulis inggris.

  • Belajar untuk menganalisa adanya perbedaan gaya, serta perubahan penulisan dari setiap kebudayaan yang ada.

  • Mempelajari berbagai jenis novel berbahasa inggris

  • Memposisikan karya tulis ilmiah bahasa inggris tersebut dalam konteks budaya serta sejarah.

Umumnya, perkuliahan jurusan sastra inggris di luar negeri akan banyak memberikan tugas menulis esai di setiap minggunya. Selain itu, mahasiswa dan mahasiswinya juga rajin mengikuti sesi debat tentang karya tulis sastra secara singkat, sehingga mampu meningkatkan daya analisanya, terhadap sastra inggris dengan maksimal.

Syarat Masuk Jurusan Sastra Inggris di Luar Negeri

Untuk bisa masuk kuliah ke jurusan bahasa dan sastra inggris, dan mengambil program sarjana (S1), syarat yang utama adalah merupakan lulusan sekolah menengah atas, dengan nilai bahasa inggris atau sastra inggris yang maksimal. Untuk usia, maksimal usia pelajar yang mendaftar adalah 18 tahun.

Sedangkan untuk program pascasarjana (S2) syarat utamanya adalah memiliki nilai kemampuan bahasa inggris dari universitas sebelumnya minimal level B1, maksudnya kamu yang memiliki nilai tes bahasa inggris standar berkualitas tinggi seperti IELTS dengan nilai 4.0 hingga 5.0. Selain itu, sudah lulus pada program S1 jurusan bahasa dan sastra inggris.

2. Kursus Singkat Bahasa Inggris di Luar Negeri

Kursus semacam ini, biasanya dibutuhkan bagi kamu yang ingin menjadi tenaga pengajar bahasa inggris di Negara asing atau ingin menjadi seorang professional dalam bahasa inggris sebagai bahasa asing yang utama. Kursus dapat dilakukan secara offliine maupun online, dengan rata-rata jangka waktu kursus berkisar dari 6 bulan hingga 1.5 tahun.

Beberapa kursus bahasa inggris di luar negeri yang banyak ditawarkan seperti TEFL, TESOL, CELTA, ESL dan EFL. Lulus dari kursus bahasa inggris di luar negeri, kamu akan mendapatkan seritifikat yang bisa memudahkan kamu mencari pekerjaan sebagai pengajar bahasa inggris di berbagai Negara.

Negara Tujuan Kuliah dan Kursus Bahasa Inggris Serta Biaya Rata-rata yang Diperlukan

Beberapa Negara dibawah ini banyak dijadikan pilihan untuk menempuh pendidikan bahasa dan sastra inggris di luar negeri , juga kursus singkat bahasa inggris yang direkomendasikan untuk kamu:

Australia

Australia merupakan Negara favorit yang menjadi tujuan untuk menempuh pendidikan tinggi. Iklim pendidikan di negri kangguru ini memang mendukung, dan membuka peluang kerja yang cerah di masa depan. Australia juga menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya, sehingga belajar sastra inggris akan lebih mudah.

Biaya kuliah di Australia, untuk program S1 jurusan bahasa dan sastra inggris, rata-rata membutuhkan budget sekitar IDR 150 juta hingga 300 juta per tahunya. Pemerintah Australia juga menghimbau kepada mahasiswa dan mahasiswi internasional untuk menyiapkan sekitar AUD$ 18.000 atau IDR  200 jutaan dalam setahun.

Biaya tiket pesawat ke Australia untuk satu kali jalan, membutuhkan budget sekitar IDR 4 juta hingga 10 jutaan. Janga lupa untuk menyiapkan budget untuk visa ke Australia.

Biaya kursus bahasa inggris seperti ESL atau TESOL di Australia, tergantung dari durasi waktu serta jenis kursus yang diambil. Biaya rata-rata kursus di dua Negara tersebut sekitar IDR 6 juta hingga IDR 20 jutaan, dengan durasi waktu 12 minggu hingga 50 minggu.

New Zealand

Selain Inggris juga Amerika, Negara favorit lainya yang cocok untuk berkuliah di luar negeri adalah New Zealand. Negara yang memiliki populasi domba sekitar 60 juta ini, cocok untuk kuliah jurusan sastra inggris, karena penduduk NZ juga menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari. Di New Zealand, bahkan setelah lulus, kamu dapat bekerja secara full time di NZ.

Di New Zealand, biaya kuliah yang diperlukan untuk program S1 rata-rata sekitar IDR 216 jutaan per tahunya. Adapun biaya hidup di NewZealand sekitar IDR 148 jutaan per tahun, biaya tersebut sudah termasuk biaya akomodasi, tempat tinggal, makanan, pulsa internet dan lainya.

Sedangkan ke New Zealand, membutuhkan budget sekitar IDR 6 juta hingga 10 jutaan untuk satu kali perjalanan dengan menggunakan pesawat dari Indonesia.

Biaya kursus bahasa inggris seperti ESL atau TESOL di New Zealand, tergantung dari durasi waktu serta jenis kursus yang diambil. Biaya rata-rata kursus di dua Negara tersebut sekitar IDR 6 juta hingga IDR 20 jutaan, dengan durasi waktu 12 minggu hingga 50 minggu.

Inggris

Selain Australia, Inggris juga merupakan salah satu Negara yang menjadi incaran mahasiswa internasional untuk mengambil kuliah jurusan bahasa dan sastra inggris. Salah satu faktor yang membuat daya tarik kuliah di Inggris begitu diminati adalah biaya kuliahnya yang cukup terjangkau dibandingkan di Australia.

Bagi yang memilih kuliah jurusan bahasa dan sastra inggris di Negara ratu Elizabeth ini, Rata-rata biaya kuliahnya sebesar GBP 10.000 atau IDR 189. 640.000 per tahunya. Siapkan juga biaya untuk Visa pelajar sekitar GBP 1.015 atau IDR 19.248.460 setiap tahunya.  Biaya tinggal dan akomodasi di Inggris per tahunya sekitar GBP 12.200 atau IDR. 231.360.000 per tahun.

Untuk biaya kursus bahasa inggris di sekitar Negara Inggris, untuk durasi waktu rata-rata 4 minggu, membutuhkan biaya sekitar IDR 21 jutaan, ditambah dengan biaya buku panduan (jika membeli buku baru) sekitar IDR 845.000.  Untuk tiket pesawat, satu kali jalan ke Inggris sekitar IDR 12 juta hingga 20 jutaan. Siapkan juga budget untuk visa, karena Inggris akan meminta visa untuk mahasiswa atau mahasiswi internasional.

Irlandia

Irlandia merupakan salah satu Negara pilihan lainya, yang banyak diburu untuk berkuliah. Jika memilih jurusan bahasa dan sastra inggris di Irlandia, kamu akan lebih mudah menjalani perkuliahan, sebab bahasa pengantar perkuliahan di Irlandia menggunakan bahasa inggris. Adapun bahasa lokal warga Irlandia adalah bahasa gaelic.

Bagi kamu yang memilih kuliah jurusan bahasa dan sastra inggris di Irlandia yang beribu kota Dublin ini, Rata-rata biaya kuliah jurusan bahasa inggris berkisar antara EUR 9.100 hingga EUR 15.500 atau dalam Rupiah,  IDR 151.251.100 hingga IDR 257.625. 500 per tahunya. Sementara untuk biaya hidup dan tinggal di Irlandia, harus mempersiapkan budget sekitar EUR 8.000 hingga EUR 12.100 atau IDR 133 jutaan hingga IDR 201 jutaan per tahunya. Biaya hidup tersebut sudah termasuk biaya listrik, keperluan makan, buku-buku kuliah serta pengeluaran pribadi dan akomodasi.

Untuk biaya kursus bahasa inggris di sekitar Negara Inggris, untuk durasi waktu rata-rata 4 minggu, membutuhkan biaya sekitar IDR 21 jutaan, ditambah dengan biaya buku panduan (jika membeli buku baru) sekitar IDR 845.000.  Untuk tiket pesawat, satu kali jalan ke Inggris sekitar IDR 12 juta hingga 20 jutaan. Siapkan juga budget untuk visa, karena Inggris akan meminta visa untuk mahasiswa atau mahasiswi internasional.

Untuk harga tiket pesawat yang harus dipersiapkan untuk berangkat ke Irlandia dari Indonesia, sebesar IDR 5.400.000 untuk satu kali perjalanan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan Visa ke Irlandia.

Malaysia

Jika kamu berasal dari Indonesia, dan ingin kuliah di luar negeri namun tidak ingin terlalu jauh dari Indonesia, Malaysia, bisa menjadi alternatif pilihan untuk kuliah dan mengambil jurusan bahasa dan sastra inggris atau kursus bahasa inggris singkat. Masyarakat Malaysia juga terbiasa menggunakan bahasa inggris, selain itu biaya kuliah di Malaysia juga cukup terjangkau dibandingkan Negara lain.

Memilih kuliah di Malaysia sepertinya akan menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang mau melanjutkan kuliah di luar negeri. Biaya kuliah rata-rata di Malaysia untuk program sarjana (S1) setiap tahunya sekitar MYR 29.000 hingga 40.000 atau dalam IDR sekitar Rp. 102.000.000 hingga Rp. 141.000.000 per tahunya.

Adapun untuk biaya hidup sehari-hari, rata-rata yang diperlukan untuk semua kebutuhan (listrik, pulsa, kost, makanan, pengobatan dan lainya) sekitar MYR 1.800 atau IDR 6.400.000 per bulanya. Untuk tiket pesawat, bisanya satu kali perjalanan ke Malaysia membutuhkan budget sekitar Rp. 750.000 hingga 1.500.000 (sekali jalan). Malaysia bebas visa untuk warga  negara Indonesia.

Kursus bahasa inggris di Malaysia, umumnya membutuhkan waktu selama 4 hingga 12 minggu. Adapun biaya rata-rata untuk kursus bahasa inggris sekitar IDR 7 juta hingga 60 juta. Rate harga tersebut tergantung dengan durasi waktu dan jenis kursus yang dipilih.

Singapura

Singapura sudah terbukti menjadi Negara pilihan favorit mahasiswa internasional, untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Singapura memiliki dua universitas terbaik di dunia, yaitu Singapore National University dan Nanyang Technological University, yang masuk ranking TOP 15 Universitas terbaik di seluruh dunia. Penduduk Singapura juga sudah fasih berbahasa inggris, tentunya belajar sastra inggris akan lebih mudah.

Memilih kuliah di Singapura juga merupakan pilihan yang tepat, untuk kamu yang memang berminat melanjutkan study sastra dan bahasa inggris di luar negeri. Untuk program sarjana (S1) rata-rata biaya kuliah yang dibutuhkan adalah SGD $ 24.000 hingga 40.000 atau jika dirupiahkan sekitar IDR Rp. 250.000.000 per tahunya.

Untuk biaya hidup sehari-hari, termasuk pada( biaya kost, makanan, transportasi, pengeluaran pribadi) rata-rata yang dibutuhkan sekitar SGD $2.050 atau IDR 21.350.000 setiap bulanya. Biaya hidup di Singapura termasuk tinggi. Untuk biaya tiket pesawat sekali jalan (Indonesia – Singapura) budget yang dibutuhkan hingga SGD $250 atau IDR 2.500.000 (sekali jalan, tergantung jenis maskapai yang dipilih). Indonesia ke Singapura juga bebas Visa (visa on arrival).

Biaya kursus di Singapura juga tergantung kepada jenis kursus bahasa inggris dan durasi waktu kursus  yang dipilih. Biaya rata-rata kursus bahasa inggris disana sekitar IDR 7 juta hingga 12 jutaan.

Prospek Kerja Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris

Setelah lulus dari jurusan bahasa dan sastra inggris di luar negeri, kamu dapat memilih jenis pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan tersebut, dengan gaji yang cukup tinggi. Bidang pekerjaan yang bisa dipilih sebagai berikut:

  • Bidang jurnalis dan media

  • Tenaga pengajar bahasa inggris

  • Marketing, periklanan, Public Relation

  • Bidang Publishing percetakan dan penerbitan

  • Penerjemah bahasa inggris

  • Penulis kreatif bahasa inggris

 

Sudah punya gambaran untuk kuliah di luar negeri? Persiapkan segala hal yang penting dan diperlukan untuk mewujudkan keinginan kamu kuliah di luar negeri. Kami, dari EasyUni siap membantu kamu yang membutuhkan informasi lengkap tentang petunjuk kuliah dan kursus  bahasa dan sastra inggris di luar negeri.

Related guides