Kuliah jurusan Jurnalistik di Luar Negeri

Meskipun banyak yang memilih jurusan lainnya yang lebih teknikal, Jurnalistik juga tidak bisa dikatakan jurusan yang tidak populer.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

jurusan jurnalisme kerja di PBB
Sumber: UN.org

Pernahkah Anda memiliki impian untuk pergi berkeliling dunia menemukan hal-hal menarik, melakukan wawancara dengan sosok hebat, atau meliput aktivitas selebritis yang tidak sabar dinanti oleh para penggemarnya?

Tidak bisa ditampik bahwa pekerjaan sebagai jurnalis memang menarik, terlebih ketika media online kian menggeliat. Begitu mudah orang-orang membagikan dan menemukan berita, sehingga menyebabkan permintaan pasar terhadap berita dan informasi pun kiat meningkat.

Jika Anda memiliki impian tersebut, maka kuliah Jurnalistik di luar negeri bisa menjadi pilihan tepat. Simaklah panduan kuliah jurusan Jurnalistik di luar negeri di bawah ini yang menyajikan beberapa informasi bermanfaat bagi Anda!

Seperti Apakah Jurusan Jurnalistik?

Kata jurnalistik berasal dari dua kata, yaitu “Jurnal” dan “Istik”. Jurnal diambil dari kata “journal” yang merupakan istilah dalam bahasa Perancis yang berarti “catatan harian, sedangkan “istik” mengartikan adanya estetika. 

Jadi, Jurnalistik adalah seni mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan mendistribusikan berita atau informasi dengan indah, apik, dan jelas, sehingga dapat dinikmati dan bermanfaat bagi pembaca. 

Di samping itu, para pelajar jurusan jurnalistik juga akan belajar menetapkan tujuan dari setiap konten yang dibuatnya dan menyajikan informasi dengan cara tertentu, sehingga memengaruhi pikiran, tindakan, dan pendapat para pembaca.

Oleh karena itu, konten yang disajikan tentunya harus bermanfaat dan positif. Anda pun harus mematuhi kode etik jurnalis agar tidak menimbulkan konflik dengan pihak lain. Pada masa kini, kegiatan jurnalisme lebih banyak bergulat di media online, seperti website atau blog, podcast, vlog, social media, dan lainnya.

Karakter Apa Yang Cocok Untuk Jurusan Ini?

Setelah memutuskan untuk memilih jurusan Jurnalistik dan juga mengetahui garis besarnya, anda juga harus mengetahui karakteristik penting apa yang diperlukan untuk berkuliah jurusan Jurnalistik.

Beberapa dari karakteristik ini bahkan merupakan bagian dari prinsip Jurnalistik.

Berikut beberapa karakteristik penting untuk berkuliah di jurusan Jurnalistik:

  • Jujur

Kejujuran adalah karakteristik terpenting dalam Jurnalistik. Sebagai jurnalis, anda harus berpegang teguh pada kejujuran karena menyebarkan kebohongan adalah sesuatu yang fatal dalam Jurnalistik.

  • Bersikap netral

Ini adalah karakteristik yang paling menantang. Dalam mendalami dan memproduksi berita berdasarkan sebuah kejadian, anda harus bisa mencari jalan tengah; tidak mendukung siapapun atau pihak manapun karena sejatinya anda hanya menginformasikan kejadian tanpa memihak siapapun.  

  • Memiliki determinasi 

Mempelajari Jurnalistik bukan hanya teori saja. Tidak dapat dipungkiri bahwa anda juga bisa saja diharuskan untuk mempelajari isu/berita sensitif yang terlibat dalam dunia Jurnalistik yang akan berbahaya.

Namun anda harus memiliki determinasi untuk mengutamakan tanggung jawabmu sebagai jurnalis.

  • Memiliki pikiran terbuka

Memiliki karakteristik open-minded sangat cocok dalam dunia Jurnalistik. Dalam memandang sebuah isu/kejadian anda harus bisa mengesampingkan stigma “one-fit-all” anda karena bisa saja ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi isu/ kejadian tersebut.

Jadi sebaiknya anda berusaha memandang kejadian tersebut secara keseluruhan dari berbagai sudut pandang.

Diatas adalah 4 karakteristik penting yang sangat berguna dalam berkuliah di jurusan Jurnalistik, namun juga sangat baik untuk dimiliki sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa Ambil Jurusan Jurnalistik di di luar negeri?

jurusan jurnalisme bisa bercabang ke bagian reporter
Sumber: ThoughtCo

Seiring perkembangan teknologi informasi, maka tingkat kebutuhan akan informasi yang luas di berbagai  bidang dan skala global semakin tinggi. Tidak jarang, berita-berita hangat dan hebat dari kalangan selebritis, politisi, maupun fakta menarik tersedia di luar negeri.

Dengan demikian, program studi Jurnalistik di luar negeri pun memiliki peran penting terhadap karir Anda kelak. Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda memilih kuliah di luar negeri pada jurusan ini.

Berikut alasan umum mengapa kuliah Jurnalistik di luar negeri!

1. Banyak pilihan universitas terkemuka

Anda tidak perlu bingung memikirkan tempat kuliah di luar negeri yang menawarkan jurusan Jurnalistik. Hal ini dikarenakan ada banyak universitas jurusan Jurnalistik di luar negeri. Universitas-universitas tersebut tersebar di berbagai benua dan negara.

Tidak sedikit dari universitas-universitas jurusan Jurnalistik yang tersedia di luar negeri memiliki kualitas tinggi. Jadi, Anda memiliki banyak pilihan tempat kuliah terkemuka yang menyediakan sistem pendidikan bermutu tinggi.

2. Tersedia berbagai spesialisasi dan konsentrasi

Selain melimpah akan universitas, kuliah Jurnalistik di luar negeri juga menyediakan spesialisasi jurusan dan konsentrasi yang beraneka ragam. Sebagaimana kita ketahui bahwa program studi Jurnalistik terdiri dari beberapa macam spesialisasi jurusan dan konsentrasi.

Hampir semua spesialisasi jurusan dan konsentrasi tersebut ada di kampus-kampus di luar negeri. Anda pun tidak perlu kehilangan kesempatan untuk memilih spesialisasi jurusan dan konsentrasi yang Anda inginkan dan berprospek cerah.

3. Para pengajar berkualitas

Kualitas universitas jurusan Jurnalistik di luar negeri yang bermutu tinggi merupakan hal wajar. Pasalnya, sistem pendidikan kampus-kampus jurnalistik di luar negeri diperkuat dengan para pengajar yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Selain berkompeten, tidak sedikit juga para pengajar yang terlibat dalam kegiatan jurnalistik. Dengan begitu, para pelajar bisa menerima banyak ilmu-ilmu bermanfaat dan relevan dari para ahli. 

4. Kurikulum terkini dan berbasis industri

Jurnalistik merupakan ilmu dan bidang yang terus mengalami perkembangan dan perubahan dengan cepat. Oleh karena itu, kurikulum pendidikan jurusan Jurnalistik haruslah relevan dan mengikuti perubahan.

Selain memiliki kurikulum terkini, banyak universitas terkemuka jurusan Jurnalistik di luar negeri yang memiliki rancangan kurikulum berbasis industri. Ini merupakan sebuah keunggulan bagi Anda saat memasuki dunia kerja. Anda sudah mempelajari ilmu-ilmu yang dibutuhkan perusahaan media atau lainnya. Bekerja pun menjadi lebih lancar.

Baca juga: Alasan perusahaan menyukai lulusan luar negeri

5. Terdapat jaringan profesional yang kuat

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa jurnalis merupakan salah satu profesi yang memiliki ikatan jaringan profesional yang kuat. Hal tersebut menandakan bahwa tergabung dalam jaringan profesional merupakan suatu keharusan bagi para jurnalis.

Banyak universitas jurusan Jurnalistik di luar negeri memiliki hal tersebut. Jaringan profesional yang solid bahkan telah difasilitasi oleh lembaga pendidikan setempat. Ikatan ini akan berguna kelak di masa depan karena banyak rekan seprofesi yang saling membantu dan mendukung. 

6. Pertukaran pelajar

Jika Anda memilih kuliah di luar negeri pada jurusan Jurnalistik, maka Anda tidak hanya bisa belajar di satu negara melainkan lebih dari satu negara. Ini dikarenakan adanya kerjasama pihak universitas dengan lembaga pendidikan tinggi di negara lain. 

Biasanya, program pertukaran pelajar atau kuliah di negara lain berlangsung di tahun ke-2 atau ke-3. Anda akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan keilmuan jurnalistik, wawasan budaya global, dan mencoba kurikulum pendidikan yang berbeda.

7. Pengalaman magang

Hampir semua universitas terkemuka yang menawarkan program studi Jurnalistik di luar negeri menyediakan program magang untuk para pelajarnya di tahun-tahun terakhir. Pasalnya, kampus-kampus terkemuka di luar negeri memiliki koneksi yang kuat dengan industri seperti perusahaan media, teknologi, dan lainnya.

8. Jenjang pendidikan lengkap

Ada beberapa jenjang pendidikan pada program studi Jurnalistik. Kabar baiknya adalah semua jenjang pendidikan itu tersedia di luar negeri. Jadi, Anda dapat menempuh pendidikan Jurnalistik mulai dari tingkat prasarjana hingga pascasarjana. Beberapa universitas juga menyediakan program double degree. 

9. Kesempatan bekerja di luar negeri

Menempuh pendidikan bertahun-tahun di luar negeri terlebih jika itu di negara maju bukanlah hal yang sia-sia. Hal tersebut memiliki dampak positif bagi masa depan Anda. 

Berbekal ilmu Jurnalistik dari universitas yang diakui secara global dan terbiasa dengan atmosfer global tentunya akan membuat ijazah Anda berharga di mata para rekrutmen. 

Peluang untuk bekerja di luar negeri pun semakin terbentang bagi Anda.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

Mata Kuliah yang Dipelajari saat mengambil jurusan Jurnalistik

bagian penyiaran di bidang jurnalisme
Sumber: Columbia College Chicago

Salah satu informasi perkuliahan yang sebaiknya tidak dilewatkan adalah daftar mata kuliah. Anda perlu mengetahui daftar mata kuliah jurusan Jurnalistik dengan spesialisasi tertentu di universitas yang Anda hendak tuju.

Sebagai contohnya, inilah daftar mata kuliah untuk program pendidikan tingkat Sarjana jurusan Journalism and Communications di Cardiff University, Inggris:

Tahun ke-1:

  • History of Mass Communication and Culture

  • Representations

  • Media Scholarship

  • An Introduction to Media Audiences

  • Advertising and the Consumer Society

  • Understanding Journalism Studies

Tahun ke-2:

  • Data Journalism in Theory and Practice

  • Doing Media Research: Approaches and Methods

  • Mata kuliah pilihan

    • Media and Gender

    • Mediation of Political Violence

    • Yr Ystafell Newyddion 1

    • Yr Ystafell Newyddion 2

    • Birth and Death and Marriage in the Media

    • Managing Media Communications

    • Dan lainnya

Tahun ke-3:

  • Dissertation

  • Mata kuliah wajib dan Mata kuliah pilihan

    • Media Law

    • Mediating Childhood

    • The Making and Shaping of News

    • Media, Racism, Conflict

    • Public Relations and The News Media

    • Sport and the Media

    • Communicating Causes

    • Understanding Media Business

    • Reporting Conflict and the Civil Sphere

    • Reporting the World

    • Media, Money and Markets

    • Popular Music, Media, & Culture

    • A Century of War Photojournalism

    • Power and Resistance in the Big Data Age

    • Introduction to Broadcast Journalism

    • Dan lainnya

Bagaimana prospek kerja jurusan jurnalisme?

mahasiswa jurnalistik bisa merangkap kameramen
Sumber: Pixabay

Seorang lulusan jurnalisme bisa bekerja dimana saja, seperti kantor surat kabar, majalah, publikasi stasiun tv, radio dan masih banyak lagi.

Dalam penugasannya, jurnalis perlu menghadiri berbagai acara dan pertemuan, mengadakan wawancara, berkonsultasi dengan ahli ataupun konsultan. Berikut adalah jenjang karir pilihan yang bisa diambil dari jurusan jurnalisme:

  • Jurnalis penyiar
  • Jurnalis majalah
  • Editor Pers
  • Redaksi
  • Jurnalis koran
  • Periklanan dan marketing
  • Reporter

Berapa kisaran gaji untuk setiap peluang profesi lulusan Jurnalistik?

Kabar baik bagi para lulusan Jurnalistik tidak hanya sekedar prospek masa depan melainkan juga besarnya penghasilan yang kelak didapatkan. Penghasilan yang bisa Anda hasilkan cukup besar terlebih jika Anda bisa berkarir di negara maju.

Berikut ini adalah rata-rata gaji untuk beberapa contoh profesi yang berkaitan dengan Jurnalistik jika Anda bekerja di luar negeri menurut Glassdoor.

No.

Jenis Profesi

Rata-Rata Gaji

1.

Journalist 

Rp54.000.000/bulan

2.

Content Writer 

Rp57.000.000/bulan

3.

Copywriter

Rp71.000.000/bulan

4.

Editor 

Rp63.000.000/bulan

5.

Content Manager 

Rp76.000.000/bulan

Universitas Terbaik di luar negeri yang Menawarkan Jurusan Jurnalistik

Nah, setelah anda mengerti dengans emua informasi diatas dan yakin anda masih ingin berkuliah Jurnalistik di salah satu kampus terbaik di di luar negeri, tentunya kami juga menyediakan informasi mengenai kampus terbaik dengan jurusan Jurnalistik di di luar negeri.

Dibawah ini adalah kampus tersebut beserta lokasinya:

Ada banyak universitas di luar negeri yang menawarkan jurusan Hukum Internasional. Universitas-universitas tersebut di berbagai negara dan benua. Apakah Anda sudah melirik negara atau universitas tertentu untuk dijadikan tujuan kuliah Hukum Internasional di luar negeri?

Berikut ini adalah daftar universitas terbaik di luar negeri jurusan Hukum Internasional:

Inggris

university of edinburgh

Australia

griffith university

Eropa

eth zurich

Amerika Serikat

harvard university

Asia

yonsei university

Universitas diatas ini adalah daftar universitas terbaik di di luar negeri, negeri maupun swasta dengan jurusan Jurnalistik. Beberapa universitas negeri tidak menerima mahasiswa asing, jadi disarankan untuk menghubungi EasyUni untuk pertanyaan lebih lanjutnya.

Berapa biaya kuliah jurusan jurnalistik di di luar negeri dalam Rupiah?

Berikut ini adalah kisaran biaya umum kuliah jurusan jurnalisme di di luar negeri. Harga berbeda-beda tergantung institusi dan program kuliah yang Anda pilih:

Jenjang Kuliah

Total Biaya

Pre-University

IDR 50 - 100 juta

S1 (Sarjana)

IDR 130 - 350 juta

S2 (Magister)

IDR 80 - 200 juta

Untuk program pra-universitas sebelum mengambil jurusan jurnalisme, anda bisa memilih program Diploma, Foundation, A-Levels, atau International Baccalaureate (IB). Kalau ingin tahu lebih lanjut yang mana yang cocok untuk anda, sila hubungi konselor kami!

Dokumen yang diperlukan untuk memenuhi syarat berkuliah di di luar negeri

Mendaftar ke universitas di luar negeri cenderung memerlukan lebih banyak dokumen persyaratan ketimbang mendaftar di universitas lokal di Indonesia. Namun tenang saja, kami sudah mempersiapkan daftar dokumen-dokumen yang diperlukan agar anda tidak lupa untuk mengumpulkannya.

Berikut dokumen yang diperlukan untuk mendaftar kuliah:

Sarjana (S1)

  • Fotokopi paspor (identitas + semua halaman)
  • Transkrip nilai Ujian Akhir/ Ujian Nasional SMA
  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor min. -- IELTS: 5.5 - 6.0, TOEFL: 60-78 (iBT), 450 - 500 (PBT), 190-213 (CBT)

Magister (S2)

  • Fotokopi paspor (identitas + semua halaman)
  • Transkrip nilai hasil program S1
  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor min. -- IELTS: 6.5 - 7.0, TOEFL: 563 dan TOEFL minimum 550 - 613 (PBT), 79 - 103 (iBT), 213 - 240 (CBT)

Perlu diketahui bahwa syarat masuk ke masing-masing universitas tentu saja berbeda, jadi anda harus proaktif untuk mencari tahu dokumen apa saja yang diperlukan.

Kalau anda kurang yakin, jangan segan-segan untuk menghubungi kami disini.

Bagaimana Proses pengajuan Visa untuk Berkuliah di di luar negeri?

Jika anda sudah memiliki paspor dengan masa berlaku lebih dari 9 bulan, syarat utama untuk mendapatkan visa pelajar di di luar negeri sudah terpenuhi.

Visa pelajar adalah semacam keterangan bahwa anda boleh tinggal di di luar negeri lebih dari waktu yang ditentukan sebagai pelajar secara legal. Tanpa visa ini, kamu akan menjadi pelajar illegal dan bisa ditangkap sewaktu-waktu.

Langkah pertama pengajuan visa adalah dengan mendapatkan surat penerimaan dari institusi kuliah pilihanmu.

Dengan begitu surat ini akan digunakan untuk pengajuan VDR (Visa Dengan Rujukan) ke kedubes di luar negeri yang ada di Indonesia sebagai Single Entry Visa menuju di luar negeri yang berlaku selama 3 bulan. VDR ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 800 ribu.

Setelah anda sampai di di luar negeri, anda akan diminta untuk mengumpulkan paspor oleh pihak universitas anda, dimana mereka akan melakukan pengajuan Visa Pelajar (Student Pass) sebagai Multiple Entry Visa untuk anda. Pada saat ini anda hanya perlu mengumpulkan dokumen sesuai yang diminta.

Berapa Lama Durasi yang Diperlukan untuk Pendaftaran Mahasiswa Baru di di luar negeri?

Jika tekad anda sudah pasti, pendaftaran online untuk universitas anda bisa dilakukan melalui situs resmi mereka. Agar anda ada di zona aman alias bisa menyelesaikan pendaftaran tepat waktu, anda bisa melakukan pendaftaran dari sekarang hingga Juni tahun depan. Namun anda juga harus mengingat bahwa setiap universitas memiliki periode semester yang berbeda.

Berikut ini adalah durasi kuliah untuk setiap jenjang pendidikan pada jurusan Jurnalistik di luar negeri:

  • Diploma : 1-2,5 tahun

  • Associate Sarjana : 2 tahun

  • Sarjana : 3-4 tahun

  • Magister : 1-2 tahun

  • Doktor : 1,5-4 tahun


FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Bagaimanakah cara memilih spesialisasi jurusan Jurnalistik yang tepat?

Tidak sedikit pelajar yang bingung ketika memilih spesialisasi jurusan pada program studi Jurnalistik. Hal itu wajar tetapi jangan sampai membuat Anda gelisah. Ada cara mudah untuk memilih peminatan pada jurusan Jurnalistik.

Hal yang pertama perlu dilakukan adalah mengetahui terlebih dahulu semua spesialisasi jurusan Jurnalistik. Jika Anda sudah mengetahui semuanya, maka  galilah lebih dalam peminatan yang ada. Dengan begitu, Anda akan tahu spesialisasi mana yang paling cocok dengan minat dan bakat Anda.

2. Berapa biaya hidup di luar negeri?

Para pelajar yang hendak kuliah Jurnalistik di luar negeri memang perlu mengetahui kisaran biaya hidup dan biaya akomodasi. Ini penting agar Anda dan orang tua dapat mengukur jumlah uang yang harus disiapkan hingga kelulusan. 

Biaya hidup selama kuliah di luar negeri bervariasi. Hal ini tergantung pada negara yang dituju dan tingkat gaya hidup Anda. Anda bisa mengetahui hal ini dengan membaca artikel  panduan kuliah di berbagai negara.

3. Bagaimana cara memilih tujuan negara untuk kuliah di luar negeri?

Pemilihan negara tujuan untuk kuliah di luar negeri biasanya dilakukan setelah Anda menentukan universitas yang ingin dituju. Pastikan universitas tersebut menyediakan spesialisasi jurusan yang Anda minati. 

Selain dikarenakan keberadaan universitas pilihan, para pelajar juga mempertimbangkan beberapa hal terhadap negara tujuan pendidikan, yakni seperti budaya, lingkungan sosial, kemajemukan masyarakat, biaya hidup, biaya kuliah, dan lainnya.

Bagaimana? Apakah  panduan kuliah Jurnalistik di luar negeri cukup membantu Anda menemukan informasi penting? Jika masih ada hal yang ingin diketahui tetapi tidak terdapat di dalam panduan ini, Anda bisa menghubungi EasyUni!

You might be interested in...