18 Pelajaran Hidup dari How I Met Your Mother

1. Tidur sejenak merupakan hal yang kadang anda butuhkan


Ted terobsesi dalam memastikan hidup dia berjalan sesuai dengan rencana dia. Tetapi seperti yang dikatakan Marshal, lupakan rencana anda, untuk saat ini. Terkadang, sesuatu terjadi karena ada suatu maksud. Jika sesuatu tidak terjadi sesuai dengan yang anda rencanakan, ingatlah, hidup anda tidak bisa didesain seperti gedung, kejadian terjadi dan anda harus ,menjalaninya. Saat mereka membuat anda merasa terpuruk, tidur sejenak, kumpulkan tenaga dan serang dengan rencana baru. Menjaga diri sendiri merupakan hal penting.

2. Sikap anda menentukan Tindakan anda


Hidup akan memberikan banyak rintangan di dalam perjalanan anda, anda hanya perlu menerimanya dan mengatasinya. Itu merupakan motto yang harus anda lakukan dalam menghadapi setiap masalah. Jika anda melihat setiap masalah sebagai suatu tantangan yang bisa anda atasi, rasa percaya diri dan tekad anda akan memberikan anda langkah awal untuk mengatasinya. Dan juga, mendorong diri anda di luar zona nyaman adalah cara untuk bertumbuh menjadi lebih baik.

3. Jadilah motivator diri anda sendiri


Penting untuk mempunyai harga-diri yang sehat. Banggalah untuk setiap pencapaian anda sekecil apapun. Berikanlah diri anda pujian setiap saat.

4. Keajaiban dapat terjadi


Ketika anda merasa terpuruk dan sepertinya setiap hal tidak berjalan sesuai yang anda harapkan, percayalah bahwa keajaiban dapat terjadi. Entah mereka datang dalam bentuk batas waktu yang diperpanjang, seorang wanita, teman-teman anda, atau bahkan pembatalan ujian disaat anda tiba-tiba jatuh sakit, keajaiban-keajaiban itu akan terjadi.

5. Anda perlu menerima kapan waktu untuk melangkah maju


Sekali-kali, ada beberapa hal yang di luar jangkauan anda. Anda perlu menerima bahwa mereka memang berada diluar jangkauan anda. Entah itu teman lama atau teman sekelas, beberapa orang memang bukan merupakan pelengkap permanen kehidupan anda. Sama dengan kelas dan jurusan. Terkadang, anda membuat pilihan yang buruk, jadi anda perlu mengetahui kapan anda perlu melangkah maju dan memulai kembali..

6. ..dan kapan waktu untuk menunggu


Roma tidak dibangun dalam waktu sehari. Semua hal tidak terjadi dengan satu sentakan jari. Semua hal butuh waktu, dan hal-hal tersebut akan terjadi. Jadi, anda harus berpikir sebelum memutuskan untuk melangkah maju, atau menunggu.

7. Mintalah bantuan


Semua orang memiliki kemampuan masing-masing. Jangan takut untuk meminta bantuan. Teman anda, professor dan keluarga anda bersedia membantu. Entah itu perpanjangan waktu untuk esai, atau bantuan belanja, ketahuilah kapan anda memerlukan bantuan.

8. Semua tergantung dengan pola pikir anda


Perhatikan tips dari Barney. Jangan biarkan kemunduran dan hal-hal buruk menjadi diri anda. Jika anda terjebak dalam kepanikan, kembali ke langkah pertama, tidur sejenak, dan jadilah keren.

9. Terkadang teman kita mengetahui diri kita lebih baik daripada diri kita sendiri


Cara Lily mengatakan opininya mengenai semua hal kepada ted secara langsung, dimulai dari pakaiannya sampai pada pilihan hidupnya, itu membuktikan bahwa Lily hanya mencoba menjaga Ted. Seperti yang dikatakan Robin, teman merupakan mereka yang menyadari kesalahan kita dan cukup peduli untuk memberitahu kita. Terkadang, teman kita mengetahui apa yang kita inginkan lebih dari apa yang kita pikirkan.

10. Tak ada hal baik yang terjadi setelah jam 2 pagi


Seperti yang ditunjukan Ted di seri pertama ketika ia kehilangan Victoria dan Robin sekitar jam 2 pagi, menunjukan bahwa tidak ada hal baik yang terjadi setelah jam 2 pagi. Pulanglah kerumah. Ini juga bermanfaat jika anda terjebak dalam sebuah tugas atau mengalami pertengkaran dengan teman atau pacar anda. Jika lewat dari jam 2 pagi, dan anda merasa terjebak, lebih baik anda berhenti dan tidur.

11. Jangan paksakan suatu hubungan


Ted memiliki sejarah balikan dengan mantan kekasihnya dan tidak pernah berhasil. Di dalam sembilan seri dia berhubungan dengan 36 wanita sebelum dia menemukan “yang sesuai”. Jangan pernah paksakan sebuah hubungan; anda akan menemukan orang tersebut pada akhirnya, akan tetapi tidak dengan kembali pada hubungan-hubungan sebelumnya yang tidak berhasil atau mencoba untuk memperpanjang sebuah hubungan. Hal ini juga berlaku untuk pertemanan dan karir.

12. Referensi dari Star Wars membantu di dalam setiap situasi


Entah itu makan malam formal pekerjaan atau malam santai di bar, referensi dari star wars selalu berkaitan dan diterima secara umum.

13. Jangan berpikir terlalu banyak, atau anda akan mendapatkan “The Yips”


Didapatkan dari adik Barnet, “The Yips” merupakan hal yang terjadi kepada anda jika anda terlalu banyak berpikir sampai pada titik dimana anda berbicara sendiri dan tidak melakukannya. Lebih baik anda melakukannya saja atau anda akan kehilangan banyak kesempatan di hidup ini. Jika anda mulai berpikir berlebihan dan bertanya pada diri anda sendiri, anda akan mulai ragu tentang setiap hal kecil, seperti mengeja nama anda sendiri.

14. Kejarlah cita-cita/mimpi anda


Jangan terpaku pada satu jurusan, karir atau pekerjaan hanya karena anda takut meninggalkannya atau terlalu beresiko untuk menggapai apapun yang anda mau. Kejarlah mimpi anda meskipun anda takut.

15. Terkadang berbohong demi kebaikan merupakan hal bagus


Minuman elixir Barney memberikan sebuah kebohongan yang membuat temannya merasa lebih baik. Tidak semua kebohongan memiliki maksud yang buruk. Jika anda melakukannya dengan maksud baik dan untuk membantu orang lain, apakah berbohong termasuk hal buruk?

16. Hanya karena anda tidak menyukai sesuatu dulu, bukan berarti anda tidak akan menyukainya sekarang


Berikan kesempatan untuk segala hal; anda berubah dan begitu juga dengan pilihan anda. Mungkin anda akan mengetahui bahwa anda menyukai makanan penutup yang anda benci saat kanak-kanak. Mungkin anda akan mengetahui bahwa anda tidak tertarik pada bidang yang anda pelajari saat anda sekolah. Ini semua bekerja dua arah. Selalu terbuka pada perubahan.

17. Tes di balkon depan


Lily menggunakan “tes di balkon depan” untuk melihat apakah kekasih Ted merupakan orang yang cocok untuk Ted atau tidak. Anda juga seharusnya menggunakan metode itu juga untuk pilihan hidup anda. Bayangkan anda berumur 70 tahun, duduk di balkon depan dan mengingat kembali kehidupan anda. Akankah anda senang dengan pilihan ini? Apakah itu penting? Apakah ini pilihan panjang, dan jika iya apakah anda bisa melihat diri anda bertumbuh? (Berlaku untuk karir, tato dan teman!)

18. Beberapa teman bisa menjadi teman sepanjang hidup


Hal yang sama di kehidupan Ted di film ini hanyalah teman-temannya. Mereka membantu dia melewati masa-masa sulit, tertawa terhadap hal-hal memalukan yang dia lakukan, dan membimbing dia kembali kepada jalan yang benar ketika diperlukan. Akan tetapi secara keseluruhan, mereka peduli kepadanya dan mendapatkan waktu menyenangkan bersama. Jangan pernah melewatkan waktu-waktu menyenangkan dengan teman-teman anda. Beberapa teman anda akan menjadi teman sepanjang hidup.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa

Bagikan ini