Bagaimana Melakukan Aktivitas lain dalam waktu yang singkat : Peraturan emas dalam mengatur waktu

planning

(Sumber: locality.org.uk)

 

Menurut buku pengembangan diri dari guru Stephen Covey, "First things first", ada 4 tahapan manajemen waktu:

Generasi 1: Bereaksi
Dalam manajemen waktu secara tradisional seperti kegiatan telepon, membuat catatan dan checklists, email dan mengandalkan memori untuk melakukan hal-hal yang muncul di siang hari.

Generasi 2: Perencanaan
Perencanaan memainkan peran yang lebih besar di mana orang biasanya menggunakan kalender dan buku appointments, mempersiapkan jadwal untuk membantu mencapai tujuan.

Generasi 3: Memprioritaskan
Tugas diprioritaskan menggunakan jadwal yang dapat mencakup seluruh minggu, bulan atau bahkan satu tahun. Dimulai dari memprioritaskan hal-hal yang paling penting.

Generasi ke 4: Manajemen Diri

Di sini, kamu harus memprioritaskan tugas-tugas berdasarkan kepentingan, dan tidak mendesak. Hal ini akan memastikan hanya hal-hal yang paling penting yang akan berhasil. Seperti yang kamu lihat, sementara kamu melakukan hal-hal yang cepat, itu tidak berarti kamu bekerja pada tugas yang paling penting. Itu kembali kepada manajemen diri.

 

3 peraturan Universal untuk hidup yang lebih efisien

 

Setiap waktu di hidup kamu, kamu hanya memiliki 100 % dari uang, kesehatan, energi, dan yang paling penting adalah waktu. Waktu adalah satu sumber daya yang kita dapatkan secara gratis. Waktu itu efektif dalam memberikan ebih banyak kekayaan, kesehatan dan kebahagiaan. Untuk mengatur waktu kamu dengan bijaksana maka kamu harus ikuti 3 peraturan emas ini.

1. Tentukan prioritasmu

priorities

(Sumber: www.wikihow.com)

 

Banyak sekali aktivitas yang ingin kita lakukan setiap hari. Bagaimana caranya kita mencari waktu untuk melakukan semua aktivitas itu? Nah, jawabannya adalah kamu tidak perlu cari waktunya. Mulailah mencoba untuk untuk memprioritaskan dan hanya berkonsentrasi pada hal-hal di bidang yang kamu sukai atau aktivitas yang paling penting untuk kamu suoaya kamu bisa mencapai hasil yang kamu inginkan. Cobalah tips-tips kecil yang berguna ini: Buatlah tabel dan tulis tugas-tugas kamu di bawah kolom kategori masing-masing, (lihat contoh di bawah). Coba pikirkan yang mana yang "paling penting" misalnya seperti tugas yang harus dikumpul besok, fitness atau photoshop skills yang selalu kamu inginkan untuk dipelajari. Fokuslah kepada hal-hal yang akan membawa kamu lebih dekat untuk mencapai goals kamu. Singkirkanlah kegiatan yang membuang waktu seperti menonton TV atau hanya bermalas-malasan agar kamu bisa memaksimalkan goals yang bisa kamu capai dalam satu hari.

 

2. Rencanakan goals

set goals

(Sumber: lorcankinsella.com)

 

Untuk menyelesaikan hal-hal yang sedang kamu kerjakan, kamu harus tahu apa yang kamu inginkan. Hal ini mengharuskan kamu untuk menjadi benar-benar jelas dan fokus di saat kamu membuat goals jadi perbuatan kamu hanya diarahkan untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. Ingatlah, tujuan kamu hanya ada jika tujuan itu ditulis di atas kertas. Akan menjadi lebih baik jika kamu meletakkan tulisan ini di mana kamu bisa melihatnya setiap hari.

Salah satu cara yang baik untuk menyelesaikan tugas-tugas yang besar adalah memecahkan tugas besar tersebut menjadi lebih kecil. Ini akan membantu kamu untuk tetap fokus, terorganisir. Tips-tips lain yang bagus untuk memulai hari kamu adalah untuk bekerja pada paling tidak kamu sukai di pagi hari. Menyelesaikan tugas yang paling kamu sukai akan menghasilkan energi positif . Ditambah,  tugas lain yang kamu ambil akan tampak lebih mudah dan lebih menyenangkan setelah kamu menyingkirkan tugas yang paling tidak menyenangkan.

3. Hilangkan kebiasaan yang menyita waktu

No time wasters cat

(Sumber: blog.mediasilo.com)

 

Di hari sekarang ini, kita selalu dibombardir dengan hal-hal yang menyita waktu. Hal ini dapat berasal dari kegiatan anda di Facebook, Twitter atau Instagram atau obrolan di Whatsapp, Line atau Viber. Cara yang paling efektif adalah mematikan ponsel kamu, TV atau radio dan fokus pada penyelesaikan tugas-tugas kamu. Ada lagi tips lain untuk memaksimalkan efisiensi dengan cara belajar untuk berkata "Tidak" untuk hang out, bermalas-malasan, menonton TV, membuka Youtube dan disiplin untuk menyelesaikan tugas-tugas kamu terlebih dahulu sebelum menikmati waktu luang kamu.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini