Berkuliah di Luar Negeri vs. Berkuliah di Dalam Negeri. Apa yang Terbaik untuk Anda?

study abroad

Pertimbangan Biaya

Status keuangan dan rencana merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan ketika anda memilih untuk berkuliah di luar negeri. Biaya yang anda keluarkan bisa sangat mahal karena ini tergantung pada universitas yang anda pilih. Ketika anda tiba di Negara pilihan anda, Anda akan membutuhkan biaya yang cukup memadai sebagai pendukung kehidupan anda nanti. Ini merupakan hal yang sangat penting karena kebanyakan Negara tidak mengizinkan mahasiswa luar negeri untuk bekerja. Selain biaya kuliah anda, biaya sehari-hari anda juga harus diperhatikan.


Dibandingkan dengan berkuliah di luar negeri, biaya kuliah di Malaysia dapat dikatakan lebih rendah. Melissa Ram, 25, dari Petaling Jaya, yang telah mendapatkan gelar sarjana hukum di Malaysia, mengatakan bahwa biaya kuliahnya selama empat tahun hanya mengeluarkan biaya sebesar RM 50,000. Biayanya akan mencapai tiga kali lipat jika dia menyelesaikan kuliahnya di luar negeri. Melissa juga menambahkan bahwa anda tidak perlu menghadapi perasaan rindu karena keluarga berada dekat dengan anda. Selain itu, anda tidak perlu menghadapi perbedaan budaya dan membuat pertemanan baru.


Berkuliah di dalam negeri mengizinkan anda juga untuk melakukan apa yang anda inginkan saat libur semesteran. Anda bisa mencari pekerjaan sementara dengan mudah tanpa keterbatasan bahasa atau kekhawatiran akan izin kerja. Variasi makanan di Malaysia juga lebih banyak jika dibandingkan dengan Negara-negara lain.

Memperluas Pandangan Anda

Melebihi segalanya, berkuliah diluar negeri memperluas pandangan mahasiswa dan memberikan pengalaman yang kaya dengan wawasan-wawasan baru. Hal-hal yang biasanya hanya dapat anda lihat di TV, dapat anda coba sendiri sekarang seperti; makanan, baju dan bangunan, dan hal-hal lainnya. Anda dapat juga melihat tradisi dan adat istiadat yang berbeda. Walaupun penduduk Malaysia mempunyai ikatan yang kuat dengan keluarga mereka, anda mungkin melihat bahwa hal ini sangat berbeda dengan Negara-negara barat.


Memperkenalkan orang-orang muda kepada budaya dan pengalaman yang berbeda merupakan hal penting karena ini dapat mengajarkan mereka bahwa setiap budaya memiliki keunikan masing-masing, dan setiap budaya layak dihargai, walaupun budaya tersebut bukanlah budaya anda. Pada saat yang sama, orang-orang disekitar anda juga akan menghargai budaya anda.


Anda juga harus memiliki kemauan yang kuat dan tekad yang bulat untuk berkuliah di luar negeri, karena hal ini bukanlah hal yang mudah; anda harus dengan cepat beradaptasi dengan budaya baru, berinteraksi dengan orang yang berbeda dengan anda dan mengalami cara hidup yang berbeda. Tantangan-tantangan ini akan membuat anda menjadi orang yang lebih mandiri dan percaya diri.

Pegawai Yang Sempurna

Berkuliah di luar negeri membuat CV anda terlihat lebih mengagumkan. Walaupun tidak selalu begitu, beberapa perusahaan lebih memilih orang-orang yang berkuliah di luar negeri. Menurut direktur eksekutif dari Federasi Pengusaha Malaysia, Shamsudin Bardan, ada preferensi umum terhadap mahasiswa lulusan luar negeri, yaitu karena mereka mempunyai keahlian dalam berbahasa inggris.


Selain dari itu, mereka mempunyai pemikiran yang lebih baik, dan juga lebih dewasa dan mandiri, jika dibandingkan dengan mahasiswa lulusan dalam negeri. Walaupun perbedaan antara lulusan luar dan dalam negeri tidak banyak, jika dilihat dari kualifikasinya atau kemampuan teknisnya, namun kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain(soft skills) akan membedakan kedua lulusan ini, dan jelas kemampuan ini lebih menguntungkan bagi lulusan luar negeri.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini