Desa Pemuteran: Salah Satu Wisata terbaik di Asia 2016.

Sejarah Singkat Desa Pemuteran.

desa pemuteran

Sumber: says.com

Desa Pemuteran yang terletak di bagian selatan pulau Bali ini memang tidak terlalu dikenal orang banyak karena lokasinya yang jauh dan keadaan desa yang tandus yang mayoritas penduduknya hanyalah berprofesi sebagai nelayan. Pada tahun 80-an, masyarakat setempat selalu mencari ikan dengan menggunakan bom ikan dan merusak lingkungan terumbu karang. Namun pada tahun 2000, suatu komunitas karang setempat melestarikan kembali keindahan bawah laut yang ada di Desa Pemuteran tersebut. Letak lokasi yang jauh dari perkotaan seperti di Pantai Kuta atau Ubud membuat tempat ini jauh dari keramaian di perkotaan. Di Desa Pemuteran ini sendiri, terkenal dengan penginapan yang sederhana bahkan banyak pondok-pondok dan guest house yang disewakan untuk menginap disana.

Suasana yang Nyaman dan Tenang.

meditasi bali

Sumber: rykyoga.com

Di Desa Pemuteran memang tidak seindah pantai kuta yang berpasir putih apalagi ombak yang besar untuk berselancar. Tapi disini, kamu bisa menikmati ketentraman dan pantai yang tenang karena disini tidak terdapat hotel yang megah, restoran yang mewah, bahkan bar pun tidak ada di desa ini. Kepercayaan pada adat istiadat yang masih kental membuat para investor harus mentaati budaya disana apabila mereka ingin membangun sebuah properti disana. Kebanyakan dari para wisatawan yang datang kesini melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran mereka dan melumpuhkan sejenak syaraf-syaraf dan otot-otot tubuh mereka.

Keindahan Bawah Laut Kelas Dunia.

pemuteran bali

Sumber: indonesia.tripcanvas.co

pemuteran bali

Sumber: indonesia.tripcanvas.co

pemuteran bali

Sumber: pinterest.com

pemuteran bali

Sumber: says.com

Alasan utama para wisatawan datang ke Desa Pemuteran ini adalah karena keindahan bawah laut yang sangat cocok untuk diving serta snorkeling di Pulau Menjangan. Ini adalah pulau terbesar di Taman Nasional Bali Barat (TNBB) serta memiliki candi bawah laut yang menakjubkan. Pada tahun 2010, keberadaan candi bawah laut mulai dikenal public melalui potret yang diunggah Paul Turley dan Chris Brown di Twitter dan YouTube.

Transportasi.

Jika kamu datang dari Kuta atau Sanur dengan perjalanan berkendara menuju Pemuteran bisa ditempuh sekitar 3–4 jam. Dari Ubud, perjalanan berkendara hanya sekitar 2-3 jam. Untuk menuju ke Desa Pemuteran dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam karena jarak yang jauh sekitar 144 km.

Kuliner.

Walaupun letaknya yang jauh dari keramaian tidak membuat Desa Pemuteran kekurangan pedagang makanan. Di jalan utama Desa Pemuteran terdapat banyak pedagang makanan, salah satunya Warung Condon Blue dapat kamu kunjungi untuk menikmati sajian ikan rica-rica yang disebut sebagai yang terbaik di Bali.

Penginapan.

Banyak penginapan yang terletak sepanjang garis pantai Desa Pemuteran seperti Hotel, Resort, serta Guest House. Apabila kamu mencari penginapan yang murah, kamu bisa menginap di Guest House atau pondok-pondok yang tersedia disana tapi kamu memerlukan waktu sekitar 5 menit berjalan kaki untuk menuju pantai.

Aktivitas Lain.

pantai lovina

Sumber: garut.co

Saat pagi hari, kamu bisa menyewa boat trip untuk berkeliling melihat matahari terbit atau melihat atraksi lumba-lumba di pantai dengan latar gunung di seberang pulau yang sangat menawan. Selain itu, Pura Pemuteran adalah tempat pemandian air panas yang bisa kamu coba, dengan terdapat dua kolam untuk dewasa dan anak-anak.

Sebagai taman yang dilindungi, kamu juga bisa menantang diri kamu untuk trekking ke lokasi yang rimba yang menjadi habitat burung endemik khas Bali dan jalak Bali di Taman Nasional Bali Barat ini.

Penangkaran Penyu juga teradapat di Pemuteran, kamu bisa mengunjungi tempat ini untuk melihat tukik-tukik penyu yang berjuang meraih air laut. Aktivitas yang sederhana ini sangat mengasyikan dan kamu bisa memasukan aktivitas ini di agenda kamu.

Desa Pulaki yang terkenal dengan perkebunan anggur bisa kamu jadikan aktivitas yang sederhana tapi menarik saat kamu berada di Pemuteran, Bali. Lokasi pantai pemuteran juga tidak jauh dari Pantai Lovina yang juga terkenal dengan keindahan pantainya dan populer dengan jalur lumba-lumba liar yang melintas disekitar pantai. Untuk sampai ke Pantai Lovina, kamu membutuhkan waktu berkendara sekitar 1 jam dari Desa Pemuteran.

Jadi apa kamu sudah berencana berlibur ke Desa Pemuteran, Bali? Apabila tempat wisata ini sudah masuk agenda liburan kamu, sebaiknya kamu sudah mulai untuk mencari tiket murah untuk ke Bali karena Bali termasuk tujuan yang sangat populer di Indonesia maupun dunia. Diving atau Snorkeling adalah aktivitas yang wajib apabila kamu pergi kesini.

Diposting pada 09 Okt 2017
Tips & saran

Bagikan ini