Kepengen buka usaha online? Apakah kamu sudah mengantisipasi hal ini?

Sumber: primer.com.ph

1. Domain dan hosting

Bagi kamu yang baru pertama kalinya ingin membuka Toko online pasti akan merasa asing dengan perkataan ini. Domain adalah sebuah nama, branding kepada toko online yang ingin kamu bangun. Kenapa domain penting, ini akan menjadi jati diri untuk toko online kamu dan kamu harus menentukan nama ini dengan matang. Tentunya sesuatu yang catchy dan unik.

Lalu hosting adalah suatu tempat atau ruang di internet untuk menyimpan hal-hal mengenai toko online kamu. Ruang/ tempat tersebut boleh di kategorikan seperti, situs dari suatu perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Situs atau website online ini harus sesuatu yang dapat di akses semua orang.

2. Keamanan Toko Online kamu

Bukan hanya toko kamu di Mangga Dua aja yang butuh keamanan ketat biar tidak kecurian. Toko Online kamu juga perlu keamanan sebagai tindakan mencegah adar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Dengan keamanan yang tinggi ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko kamu. Salah satu cara untuk menghindari kecolongan di website toko online, kamu perlu menginstall anti virus dan membeli sertifikasi SSL.

3. Pembayaran dan Pengiriman

Nah ini selalu menjadi pertimbangan orang indonesia. Gimana bayarnya? Bisa transfer? Pengirimannya cepat sampai? Aman nggak pengirimannya?. Tentunya untuk menyediakan kenyamanan yang maksimal untuk para pelanggan, kamu harus memilih provider yang menyediakan berbagai macam metode pembayaran dan pengiriman yang mudah dan tentunya aman juga.

4. Branding, Desain dan Konten

Web design sangat penting dalam menentukan apakah pelanggan akan betah atau tidak melihat barang ataupun belanja di website kamu. Website ini tentunya perlu dibuat dengan tampilan simple dan elegan. Sama halnya dengan konten, untuk meyakinkan pelanggan dengan produk yang kamu jual, kamu perlu memberikan penjelasan dan gambar yang jelas dan menarik. Website dan konten yang terlalu ruwet akan membuat pelanggan bingung. Jangan lupa website beserta konten adalah identitas utama untuk merek kamu.

5. Promosi

Sama seperti toko offline, usaha online juga membutuhkan strategi marketing agar masyarakat mengenali merek, produk dan kualitas yang kamu jual. Strategi untuk jualan dapat berbeda-beda sesuai dengan marketing zaman sekarang. Seperti, sosial media, iklan adwords ataupun apa yang sering kita lakukan untuk toko offline juga kadang bisa diterapkan dalam usaha online juga. Jadi penting buat kamu browsing tentang teknik penjualan zaman sekarang untuk meningkatkan traffic usaha online kamu.

Membangun usaha online bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan dalam sehari. Kamu perlu untuk bersabar dan teliti dalam mempersiapkan, membangun dan menjalankan usaha ini. Usaha ini bukanlah pekerjaan yang singkat. Jadi perlu untuk kamu merencanakan segalanya secara matang.

Diposting pada 09 Okt 2017
Tips & saran

Bagikan ini