Ketrampilan Terpenting yang Dibutuhkan Semua Mahasiswa


Manajemen waktu artinya menghabiskan waktu dengan melakukan sesuatu yang membantu anda mencapai tujuan anda dan juga hal-hal lain yang secara pribadi anda prioritaskan dan hargai, daripada memikirkan bagaimana anda telah membuang waktu 3 jam dengan sia-sia. Terdapat beberapa cara untuk mengatur diri anda sendiri: jadwal, waktu, tujuan harian∕per jam, daftar-daftar yang harus dilakukan, mengatur distraksi, dan banyak lagi.

4
(source: www.ingeniusprep.com)


Sebagai mahasiswa, anda tidak akan mendapatkan kelas dari pagi sampai siang, hanya dengan waktu istirahat siang, seperti pada waktu masih disekolah. Anda justru akan mendapatkan istirahat pada waktu siang, atau bahkan anda memiliki 1 hari penuh hanya dengan satu kelas, atau bahkan tidak ada kelas! Mengatur waktu untuk belajar sendiri sangat penting terutama di saat-saat seperti ini karena di tingkat pendidikan anda diharapkan untuk melakukan bacaan tambahan dan latihan sendiri. Professor anda akan berasumsi bahwa anda telah mempersiapkan diri untuk kelas anda dan tidak akan menghabiskan waktu dalam mengajarkan kembali latar belakang informasi tersebut atau memberikan anda materi mudah.

1
(source: www.htir.co.in)


Untuk membantu diri anda sendiri dan tidak menghabiskan satu semester penuh dengan bermain-main, sangat penting untuk mengatur waktu anda dengan baik. Ini sangatlah penting karena waktu anda di universitas merupakan waktu dimana anda menjelajahi aktivitas dan ketertarikan yang berbeda-beda yang mungkin anda sukai. Ini merupakan waktu dimana anda mengembangkan rencana anda untuk masa depan dan juga dan membangun pertemanan. Pastinya akan sulit untuk melakukannya jika anda tidak bisa mengatur waktu anda.


Langkah pertama untuk manajemen waktu yang efisien ialah memprioritaskan apa yang penting. Jika anda bisa menuliskan daftar-daftar apa yang harus anda lakukan, diikuti dengan batas waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas ini, dan menyusunnya dari yang paling penting hingga tidak penting, maka anda bisa dikatakan hampir menyelesaikan setengah prioritas anda. Langkah selanjutnya ialah, untuk membagi-bagikan tugas-tugas ini untuk menjadi tugas yang bisa diselesaikan dalam waktu 30 menit sampai 1 jam. Sekarang, ambil kalender, atau rencana harian, buku dengan tanggalan. Disini, mulailah anda mengatur tugas-tugas tersebut menjadi tugas-tugas yang bervariasi. Dan disitulah anda telah merencanakan tugas-tugas anda dan menciptakan jadwal sederhana untuk mengatur tugas anda.

3
(source: www.media.jrn.com)
 

Tips untuk Mengoptimalkan Jadwal Anda:

  • Jangan multitask Jika anda ingin membagi-bagikan jadwal anda ke beberapa bagian kecil yang bisa diselesaikan selama 20-30 menit maka itu bagus, akan tetapi anda lebih baik fokus pada satu aktivitas agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.
     
  • Istirahat Minum kopi, jalan sejenak, atau tidur sejenak. Ini sangat penting agar pikiran anda beristirahat setelah melakukan pekerjaan yang cukup lama. Istirahat memberikan pikiran anda keperluan untuk rileks dan juga mempersiapkan diri untuk tugas selanjutnya.
     
  • Belajar Katakan Tidak Meskipun anda tidak bisa menolak professor anda dalam mengerjakan tugas anda, anda tentu bisa menolak ajakan teman atau menolak mengerjakan tugas mereka.
     
  • Buatlah Daftar Tugas yang Harus Anda Lakukan Semudah Mungkin Setelah anda memprioritaskan tugas-tugas anda, buatlah daftar-tugas-yang-mesti-anda-lakukan, lalu simpan mereka di tempat yang terlihat. Tarulah mereka di atas laptop anda, karena dengan begitu anda akan ingat.
     
  • Teman untuk Belajar Bersama Dibutuhkan Selalu mudah untuk menyelesaikan sesuatu jika anda memiliki seseorang yang memotivasi anda dan juga memonitor anda. Carilah teman yang bisa belajar bersama dengan anda (tanpa terkena distraksi) dan pastikan anda berdua mengetahui tujuan anda belajar. Setelah anda mengatur tujuan anda, ingatlah untuk saling membantu satu sama lain!
5
 

Kesalahan-kesalahan umum yang mesti dihindari:

  • Tidak memiliki tujuan Tanpa memiliki tujuan yang spesifik, anda akan kehilangan perasaan mendesak dan kepuasan yang berpotensi dalam mengerjakan hal-hal yang ingin anda kerjakan. Memiliki tugas yang spesifik untuk dicapai akan membantu anda memotivasi diri sendiri.
     
  • Menunda Meskipun sangat mudah untuk kehilangan fokus anda dan terkena distraksi, salah satu bagian dalam mengatur waktu anda ialah dengan memprioritaskan tugas-tugas anda dan menghilangkan distraksi anda. Sangat menggoda untuk menunda, tidak hanya dengan menonton TV, akan tetapi juga dengan melakukan tugas-tugas yang tidak penting secara asal-asalan. Untuk menghindari penundaan, sebaiknya anda mencoba memecahkan tugas-tugas anda ke beberapa bagian yang dapat dicapai dan istirahat yang cukup.
     
  • Tidak Memiliki Tempat untuk Bekerja. Sangat penting untuk memiliki lingkungan untuk bekerja yang terpisah dari lingkungan santai anda. Ini untuk mengurangi distraksi dan membuat otak anda bekerja, dan juga ini penting karena anda bisa sepenuhnya santai ketika anda sedang beristirahat. Cari tahu apa yang cocok untuk anda. Bisakah anda bekerja di perpustakaan dengan keheningan atau di kafe dengan kebisingan? Apakah anda merasa lebih fokus ketika ditemani alunan music atau terdistraksi dengan mudah? Cari tahu lingkungan kerja anda dan buatlah sebuah ruangan untuk itu.
     
  • Mudah Menyerah Manajemen waktu merupakan keahlian yang anda perlukan untuk perlahan-lahan berkembang, melalui tantangan dan kesalahan. Anda mungkin akan gagal di percobaan pertama untuk melakukan sebuah rutinitas. Anda mungkin akan merasa segala sesuatu lebih mudah daripada melakukan tugas, atau mungkin tugas tersebut terlalu membosankan, atau anda tidak mengerti. Ini mungkin terlihat terlalu berat untuk diselesaikan. Semakin lama anda menunda, semakin anda akan merasa berat dalam mengerjakan tugas tersebut dan juga dalam menghadapi diri anda. Anda mungkin akan merasa tidak termotivasi, stress, frustrasi, dan bahkan memberontak. Untuk melewati ini, ingatlah anda membutuhkan keinginan yang kuat dan ketekunan untuk menyelesaikan ini semua. Jika anda mengontrol waktu yang anda habiskan, anda akan bisa mencapai target melebihi yang ekspektasi anda, termasuk juga dengan aktivitas-aktivitas di waktu senggang yang anda sukai, tanpa merasa bersalah.
2
(source:www.cdn2.hubspot.net)
 

Bagaimana jika saya gagal? Belajar untuk melakukan segalanya dengan tenang. Ini merupakan masalah umum bagi mahasiswa. Jika anda gagal, sangatlah penting untuk melihat bagian mana yang kurang. Namun, merasa tidak memiliki harapan merupakan hal yang kontra-produktif: anda tidak hanya menghabiskan waktu merasa bersalah, anda bahkan menaruh pikiran dan perasaan negatif pada diri anda yang akan menghilangkan fokus anda. Jika anda gagal, langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan menentukan seberapa jauh jarak anda dengan tujuan anda. Apakah anda tidak mengerjakan tugas minggu lalu atau apakah anda masih mencari tahu pelajaran apa saja yang dibahas di kelas bulan lalu? Setelah anda mencari tahu, penting untuk membuat sebuah pertemuan dengan professor anda.


Sebagai mahasiswa universitas, anda pasti diharapkan untuk memantau rutinitas anda dan mengatur tugas-tugas anda, professor anda bisa membantu anda dengan berbagai macam cara. Dia mungkin akan merujuk anda pada bimbingan konselor yang akan membantu anda merencanakan rutinitas anda. Anda mungkin akan mendapat perpanjangan waktu untuk beberapa tugas utama atau batas waktu jika anda meminta bantuan di awal. Assiten dosen mungkin akan direkomendasikan untuk membantu anda dalam mengejar ketinggalan anda dalam pelajaran. Langkah terakhir ialah untuk berdiskusi dan mencari tahu di bagian mana anda tidak dapat fokus dan bagaimana cara anda menghindari hal tersebut untuk terjadi di masa depan. Jadi, ini adalah bimbingan dari kami mengenai bagaimana cara anda mengatur waktu anda secara efisien untuk mahasiswa universitas. Apa cara favorit anda dalam mengatur rutinitas anda?

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini