Kuliah Di Negara Terbahagia di Dunia, Bebas Biaya Pendidkan!



Dengan melihat surga di luar negara ini, perlu anda ketahui bahwa negara ini telah dikenal sebagai “Tempat Terbaik untuk Hidup” untuk beberapa tahun diikuti dengan “Tempat Paling Bahagia di Dunia”. Norwegia memiliki peringkat kedua pada laporan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Negara Terbahagia di tahun 2013 dan telah juga memiliki peringkat pertama secara keseluruhan di Indeks Institusi Kemakmuran Legathum sejak tahun 2010. Menurut The Economist’s Glass Ceiling Index, Norwegia merupakan negara terbaik untuk bekerja bagi para wanita. Institusi Penelitian Legathum juga menunjukkan bahwa Norwegia memiliki level kepuasan tertinggi kedua dengan standar kehidupan mereka. Sekitar 95% penduduk Norwegia merasa puas dengan tingkat kebebasan pribadi di negara tersebut dan sekitar 74% (lebih tinggi daripada negara lain) mengatakan bahwa orang lain dapat dipercaya di negara ini.


Ini digabungkan dengan sebuah fakta dimana Norwegia memiliki 4 universitas diantara 400 universitas unggul di dunia (menurut peringkat QS) yang membuat negara ini sebagai tempat tujuan ideal untuk melanjutkan pendidikan bagi para mahasiswa. Seperti buah ceri di atas kue menunjukan fakta bahwa mayoritas pendidikan tinggi institusi Norwegia telah didanai secara umum. Ini menunjukan bahwa tidak ada biaya yang dipungut untuk sebagian besar jurusan di universitas negara dan kampus di Norwegia. Pelepasan-pembayaran ini juga berlakubagi semua mahasiswa asing.

Norwegia memiliki reputasi biaya tinggi, akan tetapi berkuliah di negara ini mungkin tidak semahal yang anda pikirkan!


Pemerintah Norwegia sangat mementingkan pendidikan. Angka pendidikan dan tingkat pencapaian pendidikan termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Menurut indeks kehidupan yang lebih baik OECD, sekitar 82% orang dewasa dari umur 25-64 telah mendapatkan gelar yang sejajar dengan sekolah menengah atas. Oleh sebab pemerintah sangat mementingkan akses ke pendidikan yang lebih tinggi bagi semua penduduk agar mereka bisa menjadi bagian penting dari komunitas Norwegia, maka anda bisa melihat bahwa mahasiswa asing di semua tingkat, termasuk S1, S2 dan S3 menerima biaya pendidikan yang gratis.


Ada beberapa biaya yang harus ditanggung mahasiswa, seperti biaya ujian dan kesejahteraan mahasiswa. Ini berkisar dari NOK 300 – 600 (sekitar 50 – 100 USD). Pembayaran di semester ini diperlukan untuk mendapatkan kartu mahasiswa , yang dibandingkan dengan kepentingan lainnya, membantu mahasiswa mengurangi biaya mereka seperti dari, transportasi umum dan harga tiket yang lebih murah untuk beberapa acara budaya. Harga tersebut juga menyediakan akses bagi mahasiswa untuk bisa menggunakan pelayanan kesehatan kampus, konseling, fasilitas olah raga, dan manfaat lainnya yang ditawarkan oleh organisasi kesejahteraan mahasiswa.


Terdapat juga beasiswa, pemberian dan cicilan yang disediakan bagi mahasiswa asing yang ingin berkuliah di Norwegia. Ini mencakup dari pemberian satu bulanan sampai pada program pertukaran mahasiswa dan beasiswa penuh. Mahasiswa asing bisa juga bekerja paruh waktudi Norwegia. Entah itu magang paruh waktu atau pekerjaan di industri pelayanan, mahasiswadiberikan waktu untuk bekerja sebanyak 20 jam per minggu di semester tersebut.


Walaupun universitas-universitas seperti, Universitas Oslo, Universitas Bergen, Universitas Sains dan Teknologi Norwegia, dan universitas Tromso, yang merupakan universitas di antara 400 universitas unggul di dunia yang sama sekali tidak memungut biaya, perlu diketahui bahwa banyak universitas swasta yang memungut biaya. Selain itu, institusi-institusi ini bahkan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pilihan melanjutkan pendidikan di luar negeri lainnya. Tidak hanya biayanya saja yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan negara lain, akan tetapi ada faktor lain yang membuat Norwegia sebagai negara yang terjangkau. Perbedaan yang paling penting antara Norwegia dengan negara lain adalah mahasiswa asing tidak membayar biaya kuliah yang lebih tinggi dari mahasiswa lokal.


Dengan semua manfaat ini, mahasiswa yang sedang mencari pilihan untuk melanjutkan pendidikan di luar harus mempertimbangkan Norwegia sebagai salah satu pilihan unggul di daftar mereka.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kuliah di Luar Negeri, Tips & saran

Bagikan ini