Mengungkap Misteri Bagaimana Kita Bisa Lupa.

Menurut artikel National Geography, terdapat beberapa jenis ingatan dan otak memiliki cara tersendiri untuk melupakannya. Ahli Psikologi dan ahli biologi telah meyakinkan lupa adalah hal yang normal dan penting untuk otak. Jadi kamu jangan berfikir kamu itu telah kena penyakit pikun, mungkin otak kita semacam memory card yang sudah penuh dan menghapus beberapa memory yang tidak penting supaya dapat mengisi memory yang baru.

Pintu penghancur memori

Pernahkah kamu tiba-tiba berada di sebuah ruangan dan kamu lupa apa yang kamu ingin lakukan di ruangan itu? Menurut para peneliti, pintu mungkin salah satu yang membuat kita lupa. "Memasuki atau keluar melalui pintu berfungsi sebagai batas peristiwa dalam pikiran, yang memisahkan episode aktivitas dan file yang akan disimpan," kata Gabriel Radvansky, psikolog di Universitas  Notre Dame pada Live Science. Jadi pintu itu check point manusia seperti dalam sebuah permainan video game? Tidak ada yang tahu pastinya.

Aktivitas Menghapus Pikiran

Tanpa kamu sadari, kegiatan atau aktivitas tertentu akan mengakibatkan kamu melupakan memori yang disebut, Transient Global Amnesia. Hal ini disebabkan adanya kejadian buruk yang memberikan komplikasi kepada ingatan kamu dan melupakan hal terakhir yang terjadi sebelum kejadian yang buruk dan menghadapi kesulitan untuk melupakan kejadian buruk ini dan kesulitan dalam membentuk kenangan baru. Para peneliti juga tidak tahu pasti bagaimana hal ini terjadi bahkan pemindai otak tidak dapat mendeteksi jenis amnesia ini karena tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Kenangan bisa hidup tanpa kamu ketahui keberadaannya

Pada tahun 2013, Jurnal Frontiers of Neurology mengungkapkan seorang wanita memiliki halusinasi musik dari lagu yang tidak dia kenal dan terdapat kemungkinan bahwa wanita ini mengenali beberapa nada dalam lagu tersebut tapi lupa. Ini seperti suara dalam otak kita yang mengatakan kita tahu lagu ini tapi tepatnya apa kamu tidak pasti dan terkadang memori ini dihasilkan karena tanpa kamu sadari kamu mendengarkan hal ini yang akhirnya menjadi memori yang dapat diakses namun tidak dikenali.

Otak itu seperti memory card

Kenangan paling awal memudar dari ingatan kita adalah kenangan masa kecil. Kebanyakan orang tidak mengingat kenangan awal kehidupan mereka sebelum umur 3 atau 4 tahun yang disebut amnesia infantil. Banyak penelitian yang memberikan beberapa teori bagaimana amnesia infantil bisa terjadi tapi hanya satu penjelasan yang mungkin terjadi bahwa otak kita tumbuh berkembang dan sel-sel baru akan menghapus kenangan lama yang tersimpan.

Cedera otak

Ini adalah salah satu kemungkinan yang pastinya banyak dari kamu mengetahuinya bagaimana cedera otak dapat membuat kamu lupa. Otak berfungsi untuk menyimpan dan secara khusus terlibat dalam penanganan pembentukan dan pemeliharaan memori. Kerusakan dalam otak tentunya akan menghasilkan amnesia terhadap memori tertentu. Terdapat satu kasus dimana seorang pasien kehilangan kemampuan untuk membuat kenangan baru karena sebagian otaknya, hippocampus telah dihapus dengan operasi untuk mengobati epilepsinya.

Dikutip dari: nationalgeographic.co.id

Jadi apakah misteri bagaimana kita bisa lupa terungkap? Tidak ada yang tahu dan otak merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang paling rumit dan tidak terpecahkan. Semoga artikel ini menambah wawasan kalian ya!

 

Diposting pada 09 Okt 2017
Infographics, Tips & saran

Bagikan ini