Panduan Hidup di Asrama: Apa yang Harus Dibawa


Persiapkan Mental Anda

Seperti yang kami katakan, pengalaman anda tergantung pada sesiap apakah anda dan sebagaimana baiknya anda belajar untuk mengatasi semua tantangan jauh dari rumah dan berbagi tempat tinggal dengan seratus mahasiswa. Anda hampir akan menghadapi tempat tinggal yang kecil ukurannya (dan harus berbagi dengan orang lain). Ruangan tersebut merupakan ruangandimana anda akan menghabiskan seluruh waktu anda, melakukan semuanya dimulai dari tidur dan makan, sampai pada belajar dan bermain game. Anda tidak akan lagi memiliki kesenangan akan kamar yang berbeda dengan tujuan yang berbeda seperti yang sering anda lakukan dirumah. Semua yang anda lakukan akan anda lakukan di ruangan kecil ini. Jadi sangat penting untuk mempersiapkan diri akan perubahan ini, baik persiapan emosional dan persiapan barang-barang yang anda bawa.

(Source: www.s3-ec.buzzfed.com)

Apa yang mesti dibawa?

Oleh karena ruangan kecil ini akan menjadi tempat tinggal anda untuk masa depan yang akan datang, bagaimana cara anda menggunakannya bisa menentukan pengalaman apa yang anda dapati. Kita telah memberi anda daftar barang-barang anda untuk membantu mengatur tas anda lebih baik:

Kebutuhan mendasar:

Baju

Kebutuhkan mendasar ini cukup penting untuk dibawa, seperti pakaian anda yang akan anda pakai setiap hari ke kelas. Pastikan pakaian anda layak dipakai dan cukup bagus. Meskipun anda tidak memiliki pakaian resmi untuk ke kampus, akan lebih baik jika anda tetap tampil rapih dan tidak memperlihatkan baju tidur anda. Dan juga, anda perlu mengepak satu set baju formal untuk presentasi, wawancara dan acara-acara formal lainnya. Anda juga perlumembawa baju-baju nyaman supaya anda bisa bersantai ria. Jangan lupa untuk membawa pakaian dalam, kaos kaki dan juga sepatu. Karena anda akan mencuci pakaian anda sendiri, makan pastikan anda telah mengepak sesuai kebutuhan, agar anda tidak memakai pakaian kotor ke kelas di saat-saat terakhir hanya karena anda lupa mencuci baju.


Perlengkapan Mandi

Sikat gigi biasanya merupakan barang yang secara umum lupa dibawa, entah itu untuk menginap satu malam atau pindahan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengingat untuk membawa perlengkapan mandi lainnya, dan perlengkapan lainnya yang menurut anda penting. Anda mungkin atau mungkin tidak akan mendapatkan perlengkapan ini di sekitar kampus, dan juga sangatpenting untuk memeriksa perlengkapan mandi anda agar anda tidak merusak rambut anda dengan produk perawatan rambut baru.


Material untuk kampus

Sangat bagus untuk mengingat bahwa anda berkuliah di universitas, jadi anda perlu membawa semua material penting, termasuk buku catatan, tempat pensil dan laptop (dan juga chargernya) dan perlengkapan lainnya (mungkin kamus bahasa asing?) yang anda butuhkan.


Sekarang kami telah membantu anda dalam mengatur peralatan biasa (tapi penting) untuk dibawa, maka mari kita lihat hal-hal penting lainnya yang sering lupa dipertimbangkan mahasiswa.

(Source: www.hackcollege.com)


Barang-barang untuk dekorasi

Menghias kamar asrama anda merupakan sebuah kunci. Hal pertama yang mesti anda lakukanketika anda masuk ke asrama anda ialah untuk membuatnya menjadi tempat layak hidup. Kamarini akan menjadi tempat tinggal anda, rumah anda, untuk empat tahun kedepan. Akan lebihbaik jika anda memastikan bahwa tempat ini merupakan tempat dimana anda akan merasa nyaman.Kunci untuk menghias dan mengatur ruangan kecil ini ialah untuk berpikir dan menggunakan ruangan-ruangan sempit lainnya. Anda akan memiliki ruangan yang sangat kecil, jadi menggunakan rak di atas meja dan lemari untuk menyimpan barang-barang anda akan memberikan lebih banyak tempat untuk mendekorasi serta ini sangat membantu. Tempat kosong dibawah tempattidur anda merupakan tempat yang bagus untuk menyimpan bagasi, pembersih atau barang lainyang tidak anda perlukan untuk kegiatan sehari-hari anda.


Bagian penting lainnya dalam mendekorasi kamar anda adalah dengan memlibatkan warna diruangan tersebut. Anda bisa memasang foto-foto, poster, seprai berwarna, karpet, lampu dan barang lainnya yang mengingatkan anda kepada rumah, keluarga, dan teman anda. Ruang tamu yang nyaman yang terasa seperti dirumah merupakan hal penting dalam beradaptasi karena anda sekarang memiliki kehidupan yang jauh dari rumah. Menghias tidak hanya untuk wanita.Kamar ini akan menjadi tempat dimana anda menghadapi pertempuran sengit, tugas-tugas dan hari-hari emosional. Pastikan kamar ini dapat memberikan anda energi baru disaat hari-hari buruk.

(Source: www.media-cache-ak0.pinimg.com)


Makanan

Kebanyakan asrama memiliki restoran dan kantin di dalam gedung atau di area sekitarnyadekat kampus. Namun, jangan lupa untuk menyimpan beberapa makanan untuk sarapan di kamar anda untuk waktu-waktu dimana anda tidak ada kelas di pagi hari atau sedang merasa tidak ingin ke kantin. Selain itu, memiliki makanan yang bisa langsung dimakan merupakan hal yang bagus ketika anda telat ke kelas dan membutuhkan sarapan sambil bersiap-siap. Lebih penting lagi, sebaiknya anda selalu menyimpan makanan ringan favorit anda di kamar anda. Makanan ini tidak hanya untuk keperluan di siang hari akan tetapi mereka juga merupakan teman ngemil di malam hari disaat anda sedang bergadang dan belajar semalaman penuh.


Pembersih

Sangat penting untuk menjaga kebersihan kamar anda. Kamar yang kotor tidak hanya membawa serangga dan semut, akan tetapi mereka juga bisa mengotori baju-baju anda yang bersih,memberikan bau tidak sedap pada baju dan barang-barang anda, atau bahkan membuat anda dikuncilkan oleh asrama anda. Pembersih-pembersih yang kami rekomendasikan untuk mahasiswa mencakup kain pel (yang bisa membantu anda dalam menyapu dan mengepel kamar anda), kain microfiber (yang bisa membantu anda mengelap meja dan jendela kamar anda), pembersih cair dengan bau wangi (yang bisa digunakan untuk mengepel dan mengelap jendela dan meja kamar anda). Dan juga lebih baik anda memilih detergen dan pelembut yang wangi untuk baju-baju anda, disertai dengan satu tempat∕basket untuk menyimpan alat-alat dan bahan-bahan pembersih anda.

(Source: www.db2.stb.s-msn.com)


Barang-barang yang sering dilupakan

Dalam mengepak dan mempersiapkan barang-barang, terdapat banyak hal yang terlewati tanpa anda sadari sampai pada saat anda membutuhkan mereka. Berikut ini adalah beberapa barang yang paling sering dilupakan yang harus anda kemas:


Jam weker

Meskipun HP anda bisa menjadi alat dalam membangunkan anda secara rutinitas, tetap saja tidak akan ada pengganti untuk jam weker, apalagi ketika anda tidak dapat mencari charger anda dan HP anda mati.


Obat-obatan

Pusat kesehatan universitas merupakan tempat yang bagus untuk mengatasi flu dan keluardari kelas. Akan tetapi, untuk perut sakit di malam hari, tidak bagus. Oleh karena itu disarankan anda memiliki beberapa obat-obatan dan suplemen sendiri yang bisa anda simpan untuk waktu-waktu tertentu.


Gantungan baju

Anda mungkin lebih memilih untuk melipat baju anda, akan tetapi akan lebih baik untuk menyediakan lebih banyak gantungan, apalagi jika anda tiba-tiba menyadari bahwa anda perlu berpakaian formal di pagi hari dan lebih memilih untuk menyetrika baju tersebut malam sebelumnya.


Garpu, sendok dan toples

Kantin akan menyediakan alat-alat makan, akan tetapi anda akan mengembalikannya. Memiliki satu set peralatan makan merupakan ide bagus ketika anda ingin makan dikamar anda atau bahkan memasak. (Kita akan mendiskusikan perlengkapan dapur yang penting di panduan hidup asrama bagian lainnya).


Pembersih

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, banyak mahasiswa lupa bahwa merekalah yang akan mengatur kebersihan tempat tinggal mereka, dan sangat penting untuk siap akan hal tersebut.


Kabel sambungan

Ini merupakan barang yang paling sering diremehkan oleh mahasiswa sampai pada saat mereka mulai bertempat tinggal dikamar mereka. Akan tetapi ketika anda menyadari bahwa satu atau dua stop kontak di kamar anda tidak cukup untuk semua perlengkapan elektronik dan lampu anda, atau anda tidak memiliki stop kontak yang dekat dengan tempat tidur anda dan anda harus duduk dekat dengan pintu untuk menggunakan HP anda sambil memenuhi baterai HP anda, maka pada saat itulah anda akan berharap untuk membawa beberapa kabel sambungan.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini