Panduan Hidup di Asrama: Pilihan Apa yang Tersedia?


Di bagian pertama panduan ini, kita mendiskusikan kehidupan asrama yang mendasar. Beberapa hal yang harus diketahui dan dimengerti ialah pilihan-pilihan dan fasilitas-fasilitas berbeda yang tersedia untuk anda.

(source:vinu.edu)


Terdapat banyak jenis kamar dan perumahan yang berbeda yang ditawarkan di setiap universitas. Nama dan fasilitas mereka beranekaragam dari satu universitas ke universitas lain. Balai-balai di satu universitas mungkin memiliki fasilitas dan desain yang sama dengan kampusperumahan di universitas lain. Satu lagi hal yang mesti dicatat ialah universitas-univeritas Amerika memiliki perumahan wanita dan kelompok di kampus.


Secara umum, terdapat 5 cara yang membantu anda melihat bermacam-macam tempat tinggal dikampus:

(source:studentslife101.com)


1. Penempatan

Kamar asrama merupakan istilah umum untuk sebuah kamar yang ditawarkan oleh perumahan kampus. Istiliah ini meliputi semua kamar, baik kamar individu maupun kamar yang berbagi.Kamar yang berbagi biasanya lebih besar daripada kamar individu, akan tetapi beberapa orang mungkin akan merasa tidak nyaman berbagi tempat tinggal dengan orang asing.

(source:housing.ua.edu)


2. Pengelompokan

Entah anda berbagi kamar atau sendiri, anda pasti akan tinggal dengan orang lain di asrama. Kamar anda, satu atau dua kamar, bisa menjadi kamar sendiri di koridor asrama dengan kamar mandi dan dapur yang berbagi, atau bisa dikelompokan menjadi sebuah apartemen dengan 3 – 5 kamar. Di dalam apartemen, anda akan berbagi ruang tamu, kamar mandi dan dapur dengan orang lain di apartment anda. Di dalam kamar sendiri, fasilitas ini akan tersedia di lantai masing-masing.

(source:ummchealth.com)


3. Rencana Makan

Beberapa asrama memiliki rencana makan yang mesti diikuti, beberapa memiliki pilihan rencana makan, dan beberapa asrama lainnya tidak menawarkan rencana makan apapun. Meskipun akan terdapat banyak kantin dan pilihan makanan di kampus, rencana makan bisa membantu masa transisi anda dengan mudah di universitas. Tentu saja, anda mungkin lebih memilih rencana makan anda sendiri yang sering kali berakhir dengan menghabiskan uang karena bisa saja mereka tidak menyukai makanan tersebut atau tidak sesuai dengan waktu mereka, atau mungkin mereka lebih menyukai memasak makanan mereka sendiri dengan program diet mereka sendiri.

(source:magazine.uc.edu)


4. Aktifitas

Asrama yang berbeda membutuhkan tingkat partisipasi yang berbeda dari mahasiswa. Beberapa kampus perumahan mungkin membutuhkan mahasiswa untuk mengambil kelas-kelas atau modulspesifik untuk memenuhi beberapa kriteria di program mereka. Perumahan balai lainnya mungkin membutuhkan mahasiswa untuk mewakilkan mereka di bidang olah raga, argumentasi, festival budaya atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Banyak asrama suka mengolah sebuah lingkungan yang berhubungan dengan mahasiswa. Mereka biasanya menggunakan persyaratan ini sebagai bagian dari sistem poin untuk menilai partisipasi mahasiswa. Terdapat juga, asrama yang tidak memerlukan residen mereka untuk mengikuti partisipasi.

(source:thesalfordian.co.uk)


5. Fasilitas

Terdapat beranekaragam fasilitas yang mungkin atau mungkin tidak tersedia untuk anda di asrama. Beberapa kamar asrama memiliki wastafel di kamar mereka, kamar lainnya memilikifasilitas kamar mandi didalam kamar. Jika anda tidak memiliki kamar mandi di dalam kamar,anda mesti berbagi kamar mandi di lantai apartemen. Beberapa kamar memiliki AC atau pemanas ruangan. Entah anda hidup di apartemen, atau balai perumahan, biasanya akan anda dapurkecil atau tempat istirahat atau ruang tamu. Asrama biasanya memiliki tempat cuci baju dan tempat belajar yang disediakan untuk residen. Asrama juga biasanya menyediakan fasilitas olah raga atau gym untuk mahasiswa mereka.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa

Bagikan ini