Semua yang perlu Anda ketahui tentang Universitas di Malaysia


Pendidikan tingkat tinggi dan mahasiswa asing di Malaysia

Dengan umur rata-rata 24, sudah jelas bahwa belajar dan universitas merupakan topik keluarga Malaysia setiap hari. Menurut mentri pendidikan tingkat tinggi di tahun 2011, sekitar lebih dari satu juta mahasiswa mendaftarkan diri di universitas-universitas Malaysia.


Jumlah mahasiswa asing yang datang dari 100 negara di seluruh dunia mencapai angka yang signifikan. Untuk lebih spesifik, mereka mencapai 10% untuk semua mahasiswa asing, yang sama dengan 96.000. Jumlah terbesar datang dari Cina, Indonesia, Iran, Nigeria, Yemen, Bangladesh, Botswana, Libya, Sudan, Iraq, Pakistan dan negara-negara lainnya. Tentu saja jumlah besar ini disebabkan oleh suatu alasan.


Mengapa mahasiswa asing memilih Malaysia sebagai tempat melanjutkan pendidikan?

Ada beberapa alasan tertentu yang berprinsip yang menyebabkan mahasiswa asing memilih Malaysia sebagai tempat studi mereka. Pertama, faktor keuangan. Jika seseorang dari Cina atau Indonesia ingin mendapatkan gelar UK, maka dia memiliki kesempatan untuk pergike UK untuk berkuliah selama tiga atau empat tahun dan mendapatkan gelar UK. Biaya hidup dan biaya kuliahnya termasuk menengah dan tinggi – dan keluarga anda perlu menanggungbiaya-biaya ini. Namun, universitas-universitas Malaysia memenuhi persyaratan ini dengan bekerja sama dengan institusi-institusi pendidikan dari UK. Hasilnya, institusi-institusi Malaysia bisa menyediakan gelar UK dengan biaya yang jauh lebih rendah, itu berasal dari biaya hidup dan biaya kuliah yang jauh lebih rendah.


Selain itu Malaysia merupakan Negara dengan keanekaragaman budaya. Suku-suku mereka mencakup melayu yang menganut agama muslim, cina menganut agama buddha dan india yang menganut agama hindu dan kristen. Oleh karena itu mahasiswa asing tidak perlu menghadapiperbedaan budaya ketika mereka datang, lagipula orang Indonesia, Cina atau mahasiswa dari timur tengah melihat budaya dan kepercayaan mereka sendiri di negara ini.


Seberapa pentingkah mahasiswa asing?

Mahasiswa asing mendapatkan banyak manfaat dengan tinggal di Malaysia. Negara di Asia ini mendapatkan manfaat juga dari pikiran-pikiran cemerlang mahasiswa asing. Sekali lagi melihat dari pandangan keuangan – sumber pemasukan ekstra dapat didapatkan. Mahasiswa yang datang dari luar negeri, menukar mata uang asing mereka ke ringgit Malaysia danmembiayai biaya hidup mereka. Mereka menyewa kamar, membayar biaya kuliah, membayar taksi, membayar makanan lezat – yang merupakan hal yang terkenal di Malaysia. Mempertimbangkan bahwa mahasiswa yang tinggal selama tiga sampai lima tahun, telah membentuk sumberpemasukan yang bernilai untuk negara ini. Tidak hanya untuk pemerintah, ini terjadi di aktivitas sehari-hari dimana orang-orang seperti supir taksi, pemilik restoran dan penjaga toko dibayar dengan uang dari mahasiswa asing.


Selain itu, kehadiran mahasiswa asing memberikan suatu reaksi terhadap mahasiswa lokal. Walaupun Malaysia dikenal dengan keanekaragamannya, semua orang lokal masih dapat membedakan mana orang Malaysia asli dan yang tidak. Dengan demikian, masih ada identitasdasar dan keberadaan budaya umum. Agar mahasiwa asing siap dengan dunia global yang berhubungan satu sama lain, mereka perlu memilki keahlian untuk menghadapi orang-orang yang berbeda budaya. Jumlah besar mahasiswa asing, kehadiran mereka di kelas dan interaksimereka dengan mahasiswa lokal maupun internasional dapat membantu mereka menyingkirkan prasangka setiap hari dan membuka diskusi yang berpantangan. Hasilnya, pegawai-pegawai masa depan nanti telah memiliki keahlian yang diperlukan untuk menghadapi konsumen, klien atau teman kerja yang memiliki budaya yang berbeda dan yang datang dari negara lain.


Dalam jangka waktu yang lama manfaatnya akan terlihat. Mahasiwa akan memilih untuk tinggal di Malaysia dan menjadi bagian dari tenaga kerja. Karena mahasiswa asing telah mendapatkan gelar sarjana, mereka memenuhi syarat dan bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan Malaysia atau cabang perusahaan internasional. Karena kegiatan di dalam perusahaan maka perusahaan ini akan lebih sering melakukan pergantian, lebih banyak pajak yang dibayar dan Malaysia bisa melakukan investasi lebih di pelayanan umum.


Selain itu, ada juga mahasiswa asing yang akan memilih untuk kembali ke negara asal mereka. Seseorang yang telah tinggal di Malaysia sekitar lebih dari tiga tahun telah menciptakan koneksi dan kontak dengan penduduk lokal dan budaya Malaysia. Dengan demikian, mahasiwa asing akan berperan sebagai ambasador Malaysia dan oleh karena pengetahuan dan kontak-kontak mereka, mereka bisa mempromosikan bangsa ini di Asia tengah. Contohnya, mahasiswa Iran yang berkuliah IT di Malaysia, kembali ke negara asalnya dan membuka usaha sendiri. Ia masih berhubungan dengan teman Malaysianya dan koneksi perdagangan bisa terjadi.


Bagaimana mencapai itu?

Universitas-universitas di Malaysia memiliki hubungan dengan agen-agen diseluruh dunia yang beroperasi yang juga merekomendasikan universitas-universitas Malaysia kalau-kalau ada mahasiswa dan jurusan universitas yang klop satu sama lain. Namun, ada beberapamasalah. Pertama, sulit untuk agen-agen tersebut untuk menyediakan informasi yang objektif ke mahasiswa karena model komisi bisnis mereka. Mahasiswa mungkin akan datang ke universitas yang tidak cocok dengan yang mereka pilih karena informasi dari agen. Oleh karena itu masalah tambahan terbentuk dan mahasiswa tersebut mungkin perlu pindah ke unversitas lain atau memilih untuk pergi ke negara lain, yang merupakan skenario terburuk.Kedua, mahasiswa dari seluruh dunia mencoba mencari pendidikan tingkat tinggi sendiri. Perkembangan teknis seperti internet atau smartphone mengizinkan mereka untuk mendapatkan informasi online dan memilih universitas dan jurusan yang cocok dengan mereka.


Oleh karena perkembangan ini, beberapa portal pendidikan muncul untuk membantu. Di Asia, easyuni merupakan yang terunggul dengan pengunjung lebih dari 1,000,000 dari Indonesia, Cina, Malaysia, Sri Lanka, India dan lain-lain. Pelayanan dasarnya adalah menyediakan semua informasi yang diperlukan seperti universitas, jurusan dan informasi kontekstual untuk mahasiwa asing yang tertarik. Ini mencakup hal-hal seperti persyaratan entri, biaya atau batas waktu pengajuan.


Untuk tambahan, website ini menyediakan dan mengumpulkan informasi kontekstual tentang negara-negara yang disukai mahasiswa. Ini termasuk dengan biaya hidup, gaya hidup, komposisi mahasiswa asing di negara tertentu, posisi universitas, persyaratan visa, prospek kerja dan pengeluaran ekonomi, pengeluaran gaji dan juga peluang kerja ketika mahasiswa tersebut telah mendaftarkan diri. Mahasiswa-mahasiwa yang berpotensi dari luar negeri memiliki kesempatan untuk mencari informasi yang dibutuhkan tentang semua negara.


Didirikan di tahun 2008, easyuni telah menjadi platform yang stabil yang terus menerus menambahkan fitur-fitur untuk mempermudah proses keseluruhannya, yang dimulai dari pengambilan informasi ke pendaftaran ke universitas. Sebelum itu mahasiswa harus melihatwebsite universitas tersebut agar dapat mendaftar atau bahkan bertanya. Akan tetapi halini telah berubah – dengan pendaftaran satu kali, setiap pengunjung yang tertarik dapatmengirimkan pertanyaan mereka untuk mendapatkan informasi lebih tentang jurusan yangmereka sukai atau bahkan mengirimkan pendaftaran mereka yang akan langsung di kirim kekonselor universitas.


Secara keseluruhan dapat di katakan bahwa mahasiswa asing memiliki pengaruh positif bagi Malaysia. Mereka membeli produk Malaysia, tinggal di negara ini dan membayar sewa bulanan, membayar taksi dan membayar biaya kuliah. Tambahannya, mahasiswa lokal belajaruntuk berinteraksi dengan orang dari luar negeri dan dari sini koneksi akan terjalin dan ini dapat berguna di masa depan. Platform seperti easyuni yang membantu mahasiswa dalam menemukan jurusan dan universitas yang cocok dengan mereka, mempercepat keinginan Malaysia akan mahasiswa asing dengan menyediakan dan informasi yang sudah dikumpulkan danmempermudah proses pengajuan.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini