Tidak suka mudik dengan kemacetan? Jalur udara pilihannya!

Dengan melonjaknya kendaraan yang melintasi jalur darat, kebanyakan orang memilih untuk menggunakan transportasi udara yaitu menggunakan Pesawat. Beberapa maskapai penerbangan juga berlomba-lomba bersaing harga untuk mendapatkan penumpang sebanyak-banyaknya. Agar perjalanan udara kamu aman dan nyaman, ikuti 5 tips berikut ini.

mudik dengan pesawat

Sumber: http://beritadaerah.co.id/

1. Pastikan bandara dan terminal keberangkatan.

Beberapa kota di Indonesia memiliki bandara lebih dari satu seperti di Jakarta terdapat bandara Soekarno-Hatta dan bandara Halim Perdanakusuma. Pastikan kamu menuju bandara yang tepat dan terminal keberangkatan yang sesuai sehingga kamu tidak menghabiskan waktu untuk ke terminal lainnya.

2. Berangkat lebih awal.

Dalam periode arus mudik, kamu disarankan untuk berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan yang tidak bisa di prediksi. Ada baiknya kamu menunggu di bandara daripada harus terburu-buru. Untuk penerbangan domestik, kamu dihimbau untuk sampai 3 jam lebih awal dan 4 jam lebih awal untuk penerbangan internasional.

3. Naik kendaraan umum.

Mengapa kendaraan umum? Selama libur lebaran, penumpang akan berbondong-bondong datang dan kamu akan kesulitan mencari parkir. Kalau kamu menggunakan kendaraan umum, kamu tidak perlu kuatir soal tempat parkir dan sesampainya kamu di bandara, kamu bisa langsung check-in.

4. Online check-in.

Beberapa maskapai penerbangan menyediakan aplikasi online check-in seperti Garuda Indonesia, AirAsia, dan juga Citilink. Apabila kamu sudah melakukan online check-in, kamu bisa mengatri di jalur khusus sehingga kamu bisa menghemat waktu.

AirAsia menyediakan mesin otomatis untuk mencetak boarding pass sendiri, jika kamu hanya membawa bagasi kabin, kamu bisa langsung masuk ke boarding gate nya tanpa mengantri di kaunter check-in lagi.

5. Lepas aksesori untuk memperlancar proses check-in.

Untuk menghemat waktu, setelah check-in sebaiknya kamu langsung melepas semua aksesori seperti jam tangan, ikat pinggang, topi, jaket, dll dan masukkan ke dalam tas sampai anda berada di gerbang keberangkatan. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu saat pemeriksaan.

Semoga dengan tips ini kamu bisa pulang kampung dengan aman dan nyaman. 

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini