Kuliah Jurusan Teknik Mesin di Luar Negeri

Daftar program Teknik Mesin dan studi terbaik di luar negeri
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

jurusan teknik mesin

Perkenalan
Apa itu jurusan Teknik Mesin?
Alasan kuliah jurusan Teknik Mesin
Yang dipelajari dalam jurusan Teknik Mesin
Karakter yang cocok untuk jurusan Teknik Mesin
Universitas terbaik di dunia jurusan Teknik Mesin
Prospek kerja dan gaji lulusan Teknik Mesin
Durasi kuliah jurusan Teknik Mesin
Persyaratan masuk universitas jurusan Teknik Mesin
Biaya kuliah jurusan Teknik Mesin
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Dalam kehidupan manusia modern, interaksi antara manusia dengan mesin hampir pasti terjadi. Mesin telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia.

Salah satu isu yang sedang berkembang di antara masyarakat global saat ini adalah dapat tergantikannya tenaga kerja manusia oleh robot. Di negara-negara maju, banyak pekerjaan berat yang telah digantikan oleh robot.

Hal ini telah menjangkau berbagai bidang, seperti pertanian, industri, manufaktur, logistik, bahkan kesehatan dan hubungan masyarakat. Untuk menghadapi tren ini, dibutuhkan banyak tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang mesin.

 

Apa itu jurusan Teknik Mesin?

apa yang dipelajari jurusan teknik mesin

Teknik mesin merupakan jurusan yang multidisiplin dan beragam. Teknik mesin mempelajari tentang objek dan sistem dalam pergerakannya.

Di kata lain, bidang teknik mesin menyentuh semua aspek kehidupan modern, termasuk tubuh manusia yang merupakan mesin kompleks. 

Peran teknik mesin adalah membawa konsep produk dari sebuah ide ke pasar yang ada.

Untuk mencapai ini, teknik mesin harus memperkirakan tenaga dan pembuatan yang akan dilalui sebuah produk dan bagian kecil hingga subsistemnya; mendesain fungsinya, estetika, dan keawetan; dan memutuskan cara yang terbaik dalam menghasilkan produk yang memastikan keberhasilan operasinya. 

Perkembangan teknologi mesin dan robotika ini membuat lulusan jurusan teknik mesin semakin diminati dari tahun ke tahun. Akan tetapi, belum semua lulusan jurusan teknik mesin mampu memenuhi kebutuhan tersebut dengan orientasi pengembangan teknologi.

Apabila anda berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jurusan teknik mesin, banyak universitas dan perguruan tinggi di luar negeri yang dapat dijadikan pilihan.

Kemajuan teknologi yang sangat pesat di luar negeri merupakan alasan utama.

Lulusan jurusan teknik mesin dari luar negeri akan memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkarir dalam bidang keteknikan, khususnya teknik mesin dan robotika. Melalui karir di bidang tersebut, anda akan mendapat banyak keuntungan baik secara personal maupun profesional.

Baca juga jurusan terkait: Semua hal tentang jenis-jenis jurusan teknik di luar negeri

 

Mengapa Kuliah di Jurusan Teknik Mesin?

mengapa kuliah jurusan teknik mesin

Berikut beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah jurusan teknik mesin di luar negeri:

1. Potensi Penghasilan yang Sangat Tinggi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jurusan teknik mampu mengantarkan lulusan-lulusannya kepada pekerjaan berpenghasilan tinggi. Hal ini dapat terjadi karena sifat pekerjaan bidang keteknikan yang umumnya sangat kompleks.

 Khususnya pada bidang teknik mesin, lulusan jurusan teknik mesin saat ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan internasional yang beriorientasi kepada tren global.

2. Beragam Pilihan Konsentrasi Jurusan Teknik Mesin

Berbagai universitas dan perguruan tinggi di berbagai negara di dunia dapat menawarkan program teknik mesin yang sesuai dengan konsentrasi yang menjadi minat anda.

Sebagai contoh, Amerika Serikat memiliki banyak universitas dengan jurusan teknik mesin yang memiliki kekhususan di bidang material dan struktur. 

Jika anda ingin mengambil kekhususan di bidang mekatronika dan robotika, Jerman atau China memiliki perguruan tinggi yang telah maju di bidang tersebut. Masih banyak lagi konsentrasi jurusan teknik mesin yang dapat anda temukan di luar negeri.

3. Tidak Akan Kesulitan dalam Mencari Pekerjaan

Apabila anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan teknik, anda tidak akan menemukan banyak kesulitan dalam mencari pekerjaan. Lulusan jurusan teknik sangat dibutuhkan oleh berbagai sektor, baik pemerintahan maupun swasta.

 Pekerjaan di bidang teknik memiliki kecenderungan untuk berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini membuat jenis karir di bidang teknik cenderung berkembang.

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

4. Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di luar negeri telah diakui oleh berbagai akreditor dari banyak negara di dunia maupun internasional.

Lulusan jurusan teknik mesin dari luar negeri telah diakui oleh berbagai perusahaan dan institusi di bidang permesinan, robotika, maupun mekatronika dengan jenjang karir internasional.

 

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Teknik Mesin?

jurusan terkait teknik mesin

Di jurusan teknik mesin, anda akan mempelajari berbagai hal terkait dengan perancangan mesin, termodinamika, serta model dan simulasi mesin. Mata kuliah yang akan anda ambil bervariasi, tergantung pada spesialisasi jurusan teknik mesin yang akan anda tempuh.

Sebagai contoh, berikut beberapa mata kuliah yang akan anda pelajari pada jurusan teknik mesin yang dapat anda temukan di universitas terbaik di Amerika Serikat di antaranya:

Tahun Pertama

  • Pengantar Keteknikan
  • Kalkulus I
  • Kalkulus II
  • Pengantar C++
  • Perancangan Teknik
  • Gambar Teknik
  • Fisika Kalkulus

Tahun Kedua hingga Akhir

  • Mekanika Bahan Padat
  • Termodinamika
  • Mekanika Fluida
  • Model dan Simulasi Mesin
  • Perancangan Komponen Mesin
  • Dasar Kelistrikan
  • Sistem Kontrol
  • Operasi MATLAB
  • Teknik Otomotif
  • Teknik Manufaktur
  • Robotika
  • Mekatronika
  • Nanoteknologi

 

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Teknik Mesin?

skill keterampilan dibutuhkan teknik mesin

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan teknik mesin:

1. Memiliki Kemampuan untuk Berpikir Kritis

Karir di bidang teknik mesin akan menuntut anda untuk mengevaluasi masalah dengan cepat untuk kemudian mengambil keputusan dengan tepat.

Kemampuan berpikir kritis akan membantu anda mengambil keputusan yang tepat serta fleksibel terhadap keadaan. Hal ini penting karena lingkungan kerja di bidang mesin dan robotika biasanya sangat dinamis dan cepat berubah-ubah.

2. Menyukai Matematika dan Sains

Jika anda memutuskan untuk menempuh perkuliahan di bidang teknik mesin, anda akan banyak menemukan permasalahan matematika dan sains.

Jurusan teknik umumnya dirancang agar lulusannya memiliki kemampuan nalar dan pemecahan masalah yang baik. Pada jurusan teknik mesin, latihan-latihan matematika banyak digunakan sebagai pengukur kemampuan tersebut.

3. Dinamis dan Aktif

Berbeda dengan perkuliahan di bidang sains murni yang fokus pada teori-teori, perkuliahan di bidang teknik akan banyak melibatkan studi kasus dan praktek lapangan. Jika anda memutuskan untuk terjun di bidang teknik, anda akan berurusan langsung dengan kasus nyata.

Kepribadian yang dinamis dan aktif akan membantu anda dalam mengatasi masalah-masalah yang anda temukan di lapangan.

4. Mampu Fokus Terhadap Suatu Hal

Bidang teknik memiliki banyak cabang. Khususnya pada jurusan teknik mesin, anda akan diarahkan untuk mempelajari suatu disiplin terapan tertentu.

Setelah lulus, karir di bidang teknik mesin akan menuntut anda untuk memiliki kemampuan khusus di pada bidang yang lebih detil. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan untuk fokus terhadap suatu hal.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan teknik mesin.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan teknik mesin serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

 

Universitas Terbaik Mana Saja di Luar Negeri yang Menawarkan Jurusan Teknik Mesin?

Banyak universitas berkualitas internasional yang dapat anda pilih di luar negeri jika hendak kuliah di jurusan teknik mesin. Berikut daftar 10 universitas terbaik di dunia di bidang teknik mesin menurut QS Universities:

Universitas

Lokasi

Ranking Dunia

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Amerika Serikat

1

Stanford University

Amerika Serikat

2

University of Cambridge

Inggris

3

Delft Institute of Technology

Belanda

4

Harvard University

Amerika Serikat

5

University of California, Berkeley (UCB)

Amerika Serikat

6

Politecnico di Milano

Italia

7

University of Michigan

Amerika Serikat

8

University of Oxford

Inggris

8

Imperial College London

Inggris

10

Beberapa negara favorit di dunia lainnya yang secara umum menjadi negara tujuan untuk melanjutkan kuliah pada jurusan teknik mesin di antaranya:

1.   Singapura

2.   Swiss

3.   China

4.   Jerman

5.   Korea Selatan

6.   Kanada

7.   Hong Kong

8.   Belgia

9.   Jepang

10.   Taiwan

 

Bagaimana Prospek Karir Lulusan Jurusan Teknik Mesin?

Prospek karir utama lulusan jurusan teknik mesin terletak di bidang terkait mesin seperti industri manufaktur dan otomotif. Selain itu, dengan bertambahnya minat dunia internasional pada energi ramah lingkungan dan konversi energi, bidang tersebut juga dapat menjanjikan karir yang prospektif.

Setelah lulus, anda dapat memilih berbagai jenis karir profesional di bidang tersebut, bergantung pada spesialisasi jurusan yang anda pilih.

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan teknik mesin di antaranya:

  • Spesialis otomotif

  • Analis kontrol kualitas

  • Spesialis robotik

  • Analis industri kedirgantaraan

  • Analis industri bioteknologi

  • Analis industri manufaktur

  • Manajer kontrol kualitas sistem

  • Operator Pabrik dan Sistem

 Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan teknik mesin di luar negeri umumnya sangat tinggi, bergantung pada bidang pekerjaannya.

Sebagai contoh, berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan teknik mesin di Amerika Serikat beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Insinyur otomotif

43,000 - 103,000 USD per tahun

Analis QC

39,000 - 75,000 USD per tahun

Insinyur robotika

56,000 - 123,000 USD per tahun

Insinyur kedirgantaraan

60,000 - 128,000 USD per tahun

Insinyur manufaktur

53,000 - 90,000 USD per tahun

Manajer QC

45,000 - 100,000 USD per tahun

Manajer pabrik dan sistem

50,000 - 142,000 USD per tahun

 

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Teknik Mesin?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan teknik di luar negeri ditentukan oleh jenjang kuliah yang anda ambil.

Foundation

1 tahun

Diploma

1-2 tahun

Sarjana (S1)

3-4 tahun

Magister (S2)

1-2 tahun

 

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Teknik Mesin?

Masing-masing universitas di bidang teknik mesin di dunia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan teknik mesin. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas yang terdapat di berbagai negara di dunia.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA)

IELTS

Minimal 6.0 - 6.5 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.5 - 7.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di luar negeri adalah Paspor dan visa pelajar yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar untuk kuliah di luar negeri, Silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Teknik Mesin di Luar Negeri?

Biaya kuliah di luar negeri bervariasi, bergantung pada negara, universitas, dan jurusan yang dipilih.

Sebagai contoh, perkiraan biaya kuliah rata-rata per tahun untuk jurusan teknik mesin di beberapa universitas terbaik di Amerika Serikat di antaranya sebagai berikut:

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

USD 53,450

Stanford University

USD 52,450

Harvard University

USD 67,580

University of California, Berkeley (UCB)

USD 47,293

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri bergantung dari negara dan kota tempat universitas berada.


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Apakah saya harus menguasai mata pelajaran fisika untuk menempuh perkuliahan di jurusan teknik mesin?

Oleh karena kurikulum pada jurusan teknik mesin yang umumnya banyak mengandung mata kuliah fisika murni dan fisika terapan, anda harus menguasai seluruh mata pelajaran bidang fisika, mulai dari mekanika dasar, mekanika fluida, termodinamika, serta fisika listrik.

Tidak hanya fisika, anda juga harus menguasai mata pelajaran matematika karena perkuliahan di jurusan teknik mesin akan mengantarkan anda pada banyak mata kuliah aljabar dan kalkulus.

Anda juga perlu menguasai kimia apabila hendak mengambil konsentrasi material dan bahan-bahan mesin.

2. Apa perbedaan antara kuliah sains murni dan teknik?

Dalam perkuliahan sains murni, mahasiswa akan mempelajari fakta hasil observasi dan hasil pengujian yang berulang-ulang. Hal ini akan menghasilkan teori mengenai alam yang dapat dikomunikasikan kepada masyarakat.

Perkuliahan teknik akan mempelajari mengenai bagaimana teori-teori tersebut dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

3. Bagaimana menyiapkan diri saya untuk kuliah di jurusan teknik mesin?

Dalam perkuliahan di jurusan teknik mesin, anda akan menemukan mata kuliah-mata kuliah terkait matematika dan fisika tingkat lanjutan. Anda dapat mempersiapkan diri dengan menantang diri anda dengan soal-soal matematika dan fisika yang sangat sulit.

Anda juga perlu terbiasa untuk belajar kelompok. Dalam perkuliahan di jurusan teknik secara umum, penting untuk memiliki teman diskusi.

4. Bagaimana cara memilih kampus yang baik untuk kuliah di jurusan teknik mesin?

Anda sebaiknya memilih kampus yang anda rasa cocok dengan diri anda. Beberapa faktor yang dapat anda pertimbangkan di antaranya lingkungan kampus, lokasinya, dan harganya.

Anda mungkin dapat mempertimbangkan banyak sekolah teknik di luar negeri yang tidak termasuk dalam top 10.

Berbagai informasi mengenai sekolah teknik di luar negeri dapat anda peroleh secara bebas di internet. Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan teknik di luar negeri yang sesuai bagi anda.

Jika anda sudah membulatkan tekad untuk melanjutkan kuliah pada jurusan teknik mesin di luar negeri, anda dapat langsung menyiapkan dokumen dan persyaratan untuk proses pendaftaran mulai dari sekarang.

Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan seperti EasyUni!

You might be interested in...